silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

364 Comments

  1. Nama : Dian Irnadi
    NIM : 860036952
    Jurusan : PGSD
    1. Bagaimana pendapat anda mengenai video pembelajaran ini?
    Ki Hajar Dewantara menciptakan metode Among, yang menekankan pendekatan pendidikan yang berbasis pada kebebasan, bimbingan, dan keteladanan. Metode ini dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Pada video tersebut memberikan siswa kesempatan untuk mempelajari matematika secara mandiri dan bebas. Guru pun menggunakan pendekatan yang lebih personal untuk mengajar siswa sehingga mereka lebih mudah memahami materi. Dan guru menjadi contoh bagi siswa, di mana guru tidak hanya mengajar tetapi juga menunjukkan bagaimana ketauladan sebelum belajar berdoa dulu. Matematika dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Metode Among telah terbukti efektif dalam pembelajaran matematika untuk membangun karakter siswa dan meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep matematika.
    2. Hal penting apa yang anda peroleh dalam video pembelajaran ini?
    Pemahaman konseptual siswa dalam pembelajaran matematika ditingkatkan melalui proyek nyata, seperti membuat proyek dari kertas origami. PjBL telah terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar matematika karena membuat mereka lebih aktif dan terlibat dalam proyek. Membantu siswa memahami hubungan antara matematika dan dunia nyata, membantu mereka memahami bentuk bangun datar yang ada di sekitar kelas.
    Metode Among Ki Hajar Dewantara memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi konsep matematika secara mandiri melalui bentuk bangun ruang. Dengan menggunakan pendekatan personal untuk membimbing siswa, guru berfungsi sebagai mentor yang menawarkan bimbingan tanpa memaksakan metode belajar tertentu kepada siswa. Menjadi contoh bagi siswa guru tidak hanya menunjukkan cara mengajar, tetapi juga menunjukkan bagaimana matematika dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
    3. Apa saja hal yang baik dalam video ini?
    Dengan menggabungkan PjBL dan Metode Among Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran matematika, siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih interaktif, kontekstual, dan berpusat pada siswa. Metode ini mengajarkan siswa tidak hanya memahami konsep matematika tetapi juga belajar bagaimana konsep-konsep ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  2. NAMA : PUTRI ALFINA DAMAYANTI
    NIM : 860058331
    PRODI : PGSD – S1
    UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG

    1. Bagaimana pendapat anda mengenai video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Jawab :
    Dari pengamatan yang saya lakukan mengenai video pembelajaran berbasis kasus ini, model pembelajaran Project Based Learning dengan metode Among sangat cocok dan efektif diimplementasikan dalam proses pembelajaran, dikarenakan menurut sistem Among setiap pamong dalam hal ini guru tentunya melaksanakan proses pendidikan Tut Wuri Handayani, Ing Madya Mangun Karsa (Di Tengah Membangun Semangat), Ing Ngarsa Sung Tuladha (Di Depan Memberi Teladan). Dimana prinsip metode Among yaitu melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), asuh (bimbingan) hal itu sangat cocok dengan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas sehingga komunikasi dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Jawab :
    a. Sebelum memulai pembelajaran guru harus menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan
    b. Tujuan metode Among Ki Hajar Dewantara untuk membangun anak didik menjadi manusia beriman dan bertaqwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani
    c. Metode Among melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), asuh (bimbingan)
    d. Guru dalam pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) guru harus memberikan stimulus kepada siswanya agar aktif di kelas dan memahami tujuan pembelajarannya
    e. Guru menanamkan spiritual kepada siswa (berdoa sebelum memulai pelajaran, bertanya kabar siswa dan menanamkan sikap kebersihan)

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    Jawab :
    Iyah, dikarenakan dengan proses pembelajaran seperti ini siswa dengan mudah untuk mencerna arahan arahan dari guru dan memberikan rasa nyaman, bukan takut pada saat proses pembelajaran sehingga tercapaian nya tujuan pembelajaran

    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Jawab :
    Dalam video pembelajaran ini menurut saya sudah baik, dikarenakan guru menjelaskan dan terlebih dahulu memberikan stimulus pertanyaan- pertanyaan yang mudah dimengerti yang berkaitan tentang materi pembelajaran. Dengan melakukan metode Among siswa merasa nyaman dalam belajar dan akan lebih mudah menghadirkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas pada siswa. Oleh karena itu interaksi guru dan siswa berjalan dengan baik

  3. Nama : Yuni Chairani
    NIM : 856763688
    Prodi : S1 – FKIP PGSD
    UPBJJ: PALEMBANG

    Assalammualaikum, Izin Menanggapi pertanyaan diskusi mengenai materi “Implementasi Metode Among Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran Matematika”.
    1. Pendapat Tentang Video PjBL
    Video ini sangat efektif dalam mengajarkan pelestarian lingkungan karena menggabungkan teori dengan praktik. Metode PjBL memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif, sehingga mereka lebih memahami dampak dari tindakan mereka terhadap lingkungan.

    2.Hal Penting yang Diperoleh:
    Poin utama yang dapat diambil adalah pentingnya kesadaran terhadap komponen biotik dan abiotik. Siswa belajar bahwa tindakan kecil, seperti mendaur ulang botol bekas, dapat berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem.

    3.Kesesuaian Tayangan:
    Video ini sangat sesuai dengan kebutuhan dalam merancang pembelajaran. Metodologi yang digunakan dapat diadaptasi untuk berbagai tingkat pendidikan dan membantu siswa memahami konsep lingkungan secara lebih mendalam.

    4.Aspek yang Baik dalam Video:
    Elemen yang sangat baik termasuk cara penyampaian yang interaktif, penggunaan contoh nyata (botol bekas), dan dialog siswa yang menggugah kesadaran. Selain itu, video ini memberikan langkah konkret yang dapat diambil oleh siswa untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

    Terimakasih…

  4. Nama : Yuni Chairani

    NIM : 856763688

    Prodi : S1 – FKIP PGSD

    UPBJJ: PALEMBANG

    Assalammualaikum, Izin Menanggapi pertanyaan diskusi mengenai materi “Implementasi Metode Among Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran Matematika”.

    1. Pendapat Tentang Video PjBL Video ini sangat efektif dalam mengajarkan pelestarian lingkungan karena menggabungkan teori dengan praktik. Metode PjBL memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif, sehingga mereka lebih memahami dampak dari tindakan mereka terhadap lingkungan.

    2.Hal Penting yang Diperoleh: Poin utama yang dapat diambil adalah pentingnya kesadaran terhadap komponen biotik dan abiotik. Siswa belajar bahwa tindakan kecil, seperti mendaur ulang botol bekas, dapat berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem.

    3.Kesesuaian Tayangan: Video ini sangat sesuai dengan kebutuhan dalam merancang pembelajaran. Metodologi yang digunakan dapat diadaptasi untuk berbagai tingkat pendidikan dan membantu siswa memahami konsep lingkungan secara lebih mendalam.

    4.Aspek yang Baik dalam Video: Elemen yang sangat baik termasuk cara penyampaian yang interaktif, penggunaan contoh nyata (botol bekas), dan dialog siswa yang menggugah kesadaran. Selain itu, video ini memberikan langkah konkret yang dapat diambil oleh siswa untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

    Terimakasih…

Leave a Reply