silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

370 Comments

  1. Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) yang dikolaborasikan dengan metode Among dari Ki Hajar Dewantara ini menghasilkan pembelajaran yang sangat luar biasa. Dimana membuat pembelajaran dikelas menjadi menarik dan menyenangkan. Dengan Media-media yang digunakan sangat memudahkan anak untuk memahami materi yang disampaikan dan siswa dapat ikut berperan aktif didalam pembelajaran. Sehingga anak tidak merasa bosan dan jenuh.

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    => Hal yg dapat di ambil dari video ini adalah anak anak bersungguh sungguh dalam belajar. Minat dan bakat siswa dapat berkembang seluas mungkin. Dengan penerapan metode PBL guru bisa dengan mudah mempresentasikan materi dengan menggunakan media pembelajaran.

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    => Video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi dan dapat membantu saya didalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa.

  2. Apriliani halawa
    Nim:856037337

    Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) yang dikolaborasikan dengan metode Among dari Ki Hajar Dewantara ini menghasilkan pembelajaran yang sangat luar biasa. Dimana membuat pembelajaran dikelas menjadi menarik dan menyenangkan. Dengan Media-media yang digunakan sangat memudahkan anak untuk memahami materi yang disampaikan dan siswa dapat ikut berperan aktif didalam pembelajaran. Sehingga anak tidak merasa bosan dan jenuh. 2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini? => Hal yg dapat di ambil dari video ini adalah anak anak bersungguh sungguh dalam belajar. Minat dan bakat siswa dapat berkembang seluas mungkin. Dengan penerapan metode PBL guru bisa dengan mudah mempresentasikan materi dengan menggunakan media pembelajaran. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran? => Video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi dan dapat membantu saya didalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa.

  3. 1. Menurut saya pembelajaran PBJL sangat bermanfaat sekali untuk siswa.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video tersebut yaitu dapat memberikan contoh kepada saya saat mengajar.
    3. Sudah sesuai dengan kebutuhan mengajar
    4. Hal yang sudah sangat baik dalam video adalah penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL

  4. Nama : Sandra Amelia Hardianti
    NIM : 857694848
    Pokjar : Bangsri

    1. Menurut saya pembelajaran PBJL sangat bermanfaat sekali untuk siswa.

    2. Hal penting yang saya peroleh dari video tersebut yaitu dapat memberikan contoh kepada saya saat mengajar.

    3. Sudah sesuai dengan kebutuhan mengajar.

    4. Hal yang sudah sangat baik dalam video adalah penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL.

  5. Nama : Lupita Warni
    NiM: 856793791
    Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika

    silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar

    Sinopsis
    Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

    Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.

    Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.

    Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

    PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

    Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    April 14, 2023 Seri Pembelajaran SDAdmin GPO58 Comments
    Post navigation
    Previous Post
    Cara tepat mengenalkan IT pada Anak (literasi digital)
    Next Post
    Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
    58 thoughts on “Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika”
    rizkyhandayani2801 says:
    April 26, 2023 at 7:17 pm
    Nama:Rizki Handayani
    Nim:856022946
    Prodi:S1 PGSD

    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Project based learning adalah model pembelajaran yang didasarkan pada proyek, di mana siswa dihadapkan dengan masalah yang ada di dunia nyata yang dianggap bermakna, kemudian bertindak secara kolaboratif untuk menciptakan solusi dari masalah tersebut.Pembelajaran berbasis proyek membuat pembelajaran menjadi sesuatu yang lebih hidup bagi siswa. Siswa Bapak dan Ibu Guru akan mengerjakan proyek dalam waktu tertentu, di mana mereka terlibat langsung dalam proses pemecahan masalah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kompleks.
    Menurut pendapat saya mengenai video tersebut adalah metode Among dari Ki Hajar Dewantara, dimana dalam metode ini seorang guru semestinya mampu menjadi pamong, mendidik dengan penuh kasih sayang dengan pertumbuhan dan perkembangan si anak. sistem pendidikan mampu menumbuhkan disiplin dan rasa ingin tahu dalam belajar. sehingga metode ini sangat bagus diterapkan di dalam kelas.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini adalah saya mendapatkan pembelajaran tentang metode pembelajaran baru yang dapat menuntun saya untuk membangun peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas, terampil, sehat, jasmani dan rohani sesuai dengan tujuan dari Metode Among Ki Hajar Dewantara.
    -kita sebagai guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan antusias dalam melakukan pembelajaran, sehingga siswa dapat menangkap pelajaran dan memahami dengan mudah.
    3. Menurut saya video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena dapat saya jadikan sebagai alat bantu dalam mengajar supaya peserta didik saya mudah memahami materi yang saya ajarkan dan senang dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
    -video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    dalam metode among ini, guru menarik minat perhatian siswa dalam pembelajaran, dimana para siswa bisa dengan mudah mengaplikasikan pembelajaran gurunya dikarenakan pembelajaran yang menarik dan tidak mudah jenuh .
    -video ini menayangkan kesiapan seorang guru dlm memberikan materi pada proses pembelajaran sehingga peserta didik dpt lebih mudah memahami materi yg diberikan .
    -Hal baik dalam vidio adalah kita tidak hanya mengajar dan menjadi pengajar melainkan kita sebagai keluarga bagi murid-murid, sehingga mereka jauh merasa lebih dekat dan mereka lebih antusias serta semangat dalam mengikuti pembelajaran

  6. Nama:Nila Niamilah
    Nim:857699689
    Prodi:S1 PGSD
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Project based learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai subjek atau pusat pembelajaran, menitikberatkan proses belajar yang memiliki hasil akhir berupa produk. Artinya, peserta didik diberi kebebasan untuk menentukan aktivitas belajarnya sendiri, mengerjakan proyek pembelajaran secara kolaboratif sampai diperoleh hasil berupa suatu produk. Itulah mengapa kesuksesan pembelajaran ini sangat dipengaruhi oleh keaktifan peserta didik.
    Menurut pendapat saya mengenai video tersebut adalah metode Among dari Ki Hajar Dewantara, seorang guru semestinya mampu menjadi pamong, mendidik dengan welas asih sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan si anak. Sistem pendidikan yang terbaik adalah yang mampu menumbuhkan disiplin dan pemahaman mengenai kesejatian hidup dari dalam diri siswa sendiri.
    Dalam sistem among, guru memiliki tiga fungsi utama. Di depan, ia menjadi teladan atau contoh yang baik bagi para murid. Di tengah, menjadi pendorong atau pemberi semangat. Dan, di belakang mengamati kemajuan para murid.

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Dalam video tersebut Guru memberikan kesempatan seluas-luasnya pada kemandirian siswa. Peserta didik didorong untuk mengembangkan disiplin diri yang sejati, melalui pengalaman, pemahaman, dan upayanya sendiri. Dan yang terpenting adalah guru menjaga agar kesempatan ini tidak membahayakan si anak atau mengancam keselamatan orang lain.
    Dalam video tersebut, guru memiliki tiga fungsi utama. Di depan, ia menjadi teladan atau contoh yang baik bagi para murid. Di tengah, menjadi pendorong atau pemberi semangat. Dan, di belakang mengamati kemajuan para murid.

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    Menurut saya video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa. Dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL

    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    hal yang sudah sangat baik dalam video ini yaitu untuk membangun anak didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, merdeka lahir dan batin, budi pekerti luhur, cerdas dan berketrampilan, serta sehat jasmani maupun rohani. Serta bertujuan agar anak kelak menjadi seseorang yang bertanggung jawab dan mandiri.
    Dalam video tersebut juga tidak melibatkan adanya paksaan dan tuntutan dalam belajar, sehingga anak dapat memiliki jiwa merdeka dalam dirinya.
    memberikan kesempatan peserta didik untuk melakukan usaha sendiri, dan ada ada kemungkinan mengalami atau melakukan kesalahan, setiap kesalahan yang dialami tersebut brsifat mendidik.

  7. 1. Pendapat saya mengenai vidio ini adalag sangat bagus sekali, metode Among yang digunakan sangat berguna bagi peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.
    2. Hal penting yang terdapat pada vidio adalah
    1. pembukaan di awali dengan mengucapkan semangat pagi (yel-yel), memeriksa kelengkapan seragam,
    kebersihan dan berdoa. Hal tersebut bisa menghilangkan kekakuan di dalam kelas terlebih materi yang
    akan di pelajari adalah matematika. Sehingga siswa lebih semangat dan siap mengawali pembelajaran.
    2. Menyampaikan materi secara jelas disertai dengan media. Hal ini sangat penting, karena dengan
    adanya
    media siswa mampu memhami pembelajaran yang akan di lakukan pada hari itu. Kemudian adanya rasa
    kekeluargaan di mana guru dalam menyampaikan kalimat ada kata-kata “sayang”, “nak”, jadi
    pembelajaran
    sepertinya dalam kondisi yang nyaman. Kemudian adanya pengawasan ketika diskusi di laksanakan,
    artinya guru tetap membersamai semua kegiatan sehingga bisa mengetahui jika ada peserta didik yang
    belum paham .
    3. Adanya evaluasi dalam pembelajaran. Ini sangat penting untuk mengetahui kemampuan peserta didik
    dalam memahami suatu materi yang disampaikan.
    3. iya sangat membantu saya dalam membuat rancangan pembelajaran di kelas
    4. Hal yang sudah sangat baik dalam vidio ini adalah penjelasan tentang metode Among Ki Hadjar
    Dewantara. pelaksanaan metode among di kelas, penggunakan konsep PjBL dikelas. Peserta didik bisa
    memahami konsep bangun ruang pada mata pelajaran matematika dikaitkan dengan contoh benda yang
    ada di sekitar, disini guru juga membawa media yang bisa di lihat langsung sehingga peserta didik mampu
    menyebutkan benda lain yang sesuai dengan media yang ditampilkan. Dengan demikian pengalaman
    belajar yang telah di dapatkan,menyebabkan peserta didik mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

  8. 1. Pendapat saya mengenai vidio ini adalah sangat bagus sekali, metode Among yang digunakan sangat berguna bagi peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.
    2. Hal penting yang terdapat pada vidio adalah
    1. pembukaan di awali dengan mengucapkan semangat pagi (yel-yel), memeriksa kelengkapan seragam,
    kebersihan dan berdoa. Hal tersebut bisa menghilangkan kekakuan di dalam kelas terlebih materi yang
    akan di pelajari adalah matematika. Sehingga siswa lebih semangat dan siap mengawali pembelajaran.
    2. Menyampaikan materi secara jelas disertai dengan media. Hal ini sangat penting, karena dengan
    adanya
    media siswa mampu memhami pembelajaran yang akan di lakukan pada hari itu. Kemudian adanya rasa
    kekeluargaan di mana guru dalam menyampaikan kalimat ada kata-kata “sayang”, “nak”, jadi
    pembelajaran
    sepertinya dalam kondisi yang nyaman. Kemudian adanya pengawasan ketika diskusi di laksanakan,
    artinya guru tetap membersamai semua kegiatan sehingga bisa mengetahui jika ada peserta didik yang
    belum paham .
    3. Adanya evaluasi dalam pembelajaran. Ini sangat penting untuk mengetahui kemampuan peserta didik
    dalam memahami suatu materi yang disampaikan.
    3. iya sangat membantu saya dalam membuat rancangan pembelajaran di kelas
    4. Hal yang sudah sangat baik dalam vidio ini adalah penjelasan tentang metode Among Ki Hadjar
    Dewantara. pelaksanaan metode among di kelas, penggunakan konsep PjBL dikelas. Peserta didik bisa
    memahami konsep bangun ruang pada mata pelajaran matematika dikaitkan dengan contoh benda yang
    ada di sekitar, disini guru juga membawa media yang bisa di lihat langsung sehingga peserta didik mampu
    menyebutkan benda lain yang sesuai dengan media yang ditampilkan. Dengan demikian pengalaman
    belajar yang telah di dapatkan,menyebabkan peserta didik mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

  9. Nama: alvira triardana
    Nim: 856024498

    1. Pendapat saya mengenai vidio ini adalah sangat bagus sekali, metode Among yang digunakan sangat berguna bagi peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.
    2. Hal penting yang terdapat pada vidio adalah
    1. pembukaan di awali dengan mengucapkan semangat pagi (yel-yel), memeriksa kelengkapan seragam,
    kebersihan dan berdoa. Hal tersebut bisa menghilangkan kekakuan di dalam kelas terlebih materi yang
    akan di pelajari adalah matematika. Sehingga siswa lebih semangat dan siap mengawali pembelajaran.
    2. Menyampaikan materi secara jelas disertai dengan media. Hal ini sangat penting, karena dengan
    adanya
    media siswa mampu memhami pembelajaran yang akan di lakukan pada hari itu. Kemudian adanya rasa
    kekeluargaan di mana guru dalam menyampaikan kalimat ada kata-kata “sayang”, “nak”, jadi
    pembelajaran
    sepertinya dalam kondisi yang nyaman. Kemudian adanya pengawasan ketika diskusi di laksanakan,
    artinya guru tetap membersamai semua kegiatan sehingga bisa mengetahui jika ada peserta didik yang
    belum paham .
    3. Adanya evaluasi dalam pembelajaran. Ini sangat penting untuk mengetahui kemampuan peserta didik
    dalam memahami suatu materi yang disampaikan.
    3. iya sangat membantu saya dalam membuat rancangan pembelajaran di kelas
    4. Hal yang sudah sangat baik dalam vidio ini adalah penjelasan tentang metode Among Ki Hadjar
    Dewantara. pelaksanaan metode among di kelas, penggunakan konsep PjBL dikelas. Peserta didik bisa
    memahami konsep bangun ruang pada mata pelajaran matematika dikaitkan dengan contoh benda yang
    ada di sekitar, disini guru juga membawa media yang bisa di lihat langsung sehingga peserta didik mampu
    menyebutkan benda lain yang sesuai dengan media yang ditampilkan. Dengan demikian pengalaman
    belajar yang telah di dapatkan,menyebabkan peserta didik mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

  10. Nama : Nuraisyah Telaumbanua
    NIM : 859876158
    Prodi : PGSD-BI
    Seperti yang disarankan oleh tutor saya , metode ini sangat cocok untuk pelajaran matematika, karna membangun anak didik menjadi anak yang terampil, yang dijelaskan juga oleh Ki Hajar Dewantara.

Leave a Reply