Sinopsis

Atmosfir dan hidrosfir merupakan dasar bagi pengkajian lingkungan udara dan siklus air di permukaan bumi yang sangat diperlukan di dunia ini. Sebagai guru IPS di SMP harus bisa membangkitkan semangat siswa untuk belajar yang menyenangkan. Pada video ini menggambarkan strategi guru untuk membantu siswa memahami atmosfir dan hidrosfir. Guru mengajak siswa untuk bermain dengan huruf acak yang merupakan sebuah kata (Metode Cooperative Learning tipe Word Square dan Scramble), untuk menjelaskan atmosfir dan hidrosfir. Siswa terlibat langsung dalam menyusun huruf-huruf acak menjadi sebuah kata yang merupakan jawaban dari pertanyaan guru. Siswa bersemangat untuk menjawab pertanyaan guru. Pada akhir pembelajaran guru memberikan pujian pada kelompok yang bisa menjawab pertanyaan guru paling banyak.

Sri Sumiyati

Kesan Umum:
Pembelajaran tentang Atmosfer & Hidrosfer dalam tayangan video ini sangat menarik dengan menggunakan metode Cooperatif Learning tipe ini. Pada awal pembelajaran guru memberikan apersepsi tentang konsep Atmosfer & Hoidrosfer, namun sebagian besar siswa tidak memahami konsep tersebut. Hal ini dikarenakan guru juga belum menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa, sehingga siswa belum memahami konsep yang dimaksud.

Guru hanya menjelaskan tentang metode yang akan digunakan, bukan menjelaskan konsep materi yang dibahas. Penggunaan Metode Cooperatif learning tipe ini pada awal pembelajaran sangat menarik karena siswa aktif belajar dalam kelompoknya, namun pada saat akan berakhir metode ini terkesan sulit dipamahi, karena pilihan jawaban yang disediakan guru dalam kotak di papan tulis kurang jelas. Selain itu hasil kerja kelompok tidak dipresentasikan.

Saran:
Pemilihan metode yang digunakan guru sebaiknya sesuai dengan usia siswa.

Pada akhir pembelajaran sebaiknya guru memberikan kesimpulan dan umpan balik terhadap hasik kerja kelompok agar setiap kelompok merasa yakin akan jawaban yang mereka kerjakan di papan tulis.

Pemberian contoh kongkrit sangat disarankan untuk mempermudah pemahaman siswa tentang materi yang dibahas.

Sri Sumiyati

Similar Posts

Leave a Reply