silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

284 Comments

  1. Nama:kamila simanjuntak
    nim:859804807
    pokjar :labura

    Setelah saya melihat video ini saya melihat dari awal seharusnya guru nya memberi salam dulu atau memberikan pengarahan kepad siswanya agar siswa lebih tertarik untuk memulai pelajaran apalagi pelajaran matematika mungkin anak anak ada yang suka tapi kebayakan tidak sukanya.maka dari itu agar lebih dekat dengan siswanya.memulai dengan pengaran dulu.terima kasih

  2. Nama : OBRIN SITORUS
    NIM : 855859365

    Video tersebut sangat menginspirasi, inovasi dalam pembelajaran kelas rendah sangat penting untuk membantu anak-anak mengembangkan kreativitas dan minat belajar mereka. Saya senang melihat bagaimana metode-metode baru diterapkan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif bagi para siswa. Semoga semakin banyak guru yang terinspirasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan inklusif bagi semua siswa.

  3. Nama : Yulia Christin Br Bangun
    NIM : 855856796
    Pokjar : Labuhanbatu Utara

    Pada video tersebut sangat bermafaaat bagi guru untuk pembelajaran di kelas rendah, pada video tersebut banyak ditemukan inovasi-inovasi baru terutama dalam pembelajaran di kelas rendah untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dari video tersebut juga banyak ditemukan metode-metode baru yang didapat digunakan guru dan bermanfaat digunakan di dalam kelas agar proses pembelajaran menjadi menarik perhatian siswa. Setelah menonton video tersebut maka guru banyak ide ide kreatif untuk mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa masing masing terutama di kelas rendah.

  4. Nama : Erna Puji Astuti
    NIM : 857626014

    Ijin menanggapi video pembelajaran di atas. Pada dasarnya proses pembelajaran ada 3 tahapan prosedur yang harus ditempuh, yaitu awal pembelajaran, inti pembelajaran dan penutup pembelajaran. Sedangkan dalam video pembelajaran tersebut, guru tidak melakukan langkah awal pembelajaran, guru langsung memulai pembelajaran dengan kegiatan inti yang mana guru langbsung memberikan materi dan selanjutnya memberi tugas kepada siswa secara berkelompok.

  5. Nama : Dini Gusri Ningsih
    Nim : 856233316
    tanggapan saya setelah melihat video diatas adalah
    Pada saat proses pembelajaran, model pembelajaran kelompok diterapkan guru sudah cukup bagus, karena siswa dapat berdiskusi dan kerja sama dalam memahami materi, namun disini guru tidak memberikan arahan dan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi tentang materi, hanya memberi kesempatan kepada individu utuk menjawab pertanyaan maju kedepan, tidak terlihat adanya kerja sama antar murid. Sehingga model pembelajaran kelompok yang digunakan kurang efektif.
    Selanjutnya tentang penggunaan media,penggunaan media bisa lebih ditingkatkan lagi

  6. Nama : Marta Cristina Gultom
    NIM : 877528816

    Setelah menonton tayangan video tentang innovasi pembelajaran di kelas rendah, saya menganalisis bahwa sangat minim ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran.
    Terdapat kelebihan dan kelemahan dari proses pembelajran di atas :
    1. Kelebihan
    – Guru menggunakan media untuk mempermudah pemahaman siswa
    – Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
    2. Kelemahan
    – Guru belum mampu menciptakan suasana kondusif di dalam kelas
    – Guru tidak mengkoordinir siswa
    – Tidak peka terhadap siswa, dimana sangat jelas dari awal hingga akhir pembelajaran siswa tidak satu pun mengeluarkan bukunya.
    – Guru tidak melakukan kegiatan awal (pembuka)

    Adapun upaya yang bisa saya usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sebaiknya guru harus bisa menguasai kelas dan mampu menciptakan suasa yang kondusif dan menyenangkan. serta guru harus memperhatikan gerak-gerak siswa dalam kelas( peka terhadap lingkungan kelas).

  7. Nama : Stania Early P.M
    Nim : 858811096
    Dari vidio yang telah saya tonton diatas terdapat beberapa kekurangan dan juga kelebihan, tapi untuk kekurangan sangat terlihat jelas yaitu kurangnya ketertarikan siswa terhadap proses pembelajaran matematika. Berikut adalah beberapa kekurangan dan kelebihan proses pembelajaran diatas :
    A. KELEBIHAN
    • guru sudah pelibatkan siswa dalam proses pembelajaran
    • guru menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah siswa paham akan materi yang disampaikan
    B. KEKURANGAN
    • Guru kurang mampu mengatur kelas
    • Tidak ada salam awal pembelajaran
    • Tidak ada pengarahan terhadap siswa temtang tujuan pembelajaran yang akan dilakukan

  8. Nama : Sri Ulan Dari
    Nim : 856022423
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar : Asahan
    Menurut saya Kelebihan nya yaitu didalam video guru memberikan media gambar dengan jelas dan guru mempermudah siswa dalam belajar.
    Kelemahan nya yaitu guru tidak melakukan kegiatan awal atau tidak memberi salam kepada siswa.

  9. Nama: Natasya
    Nim: 856751232
    Pokjar: Gelumbang
    kelebihan dan kelemahan dari proses pembelajaran di atas :
    1. Kelebihan
    – Guru menggunakan media untuk mempermudah pemahaman siswa
    – Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
    2. Kelemahan
    – Guru tidak melakukan kegiatan awal
    – Guru belum mampu menciptakan suasana kondusif di dalam kelas
    – Guru tidak mengkoordinir siswa
    – Tidak peka terhadap siswa, dimana sangat jelas dari awal hingga akhir pembelajaran siswa tidak satu pun mengeluarkan bukunya.

  10. Nama : Intan Nurmayanti
    Nim : 857450925
    Pokjar Pangandaran

    Untuk meningkatkan dalam memberikan pembelajaran kepada siswa seharusnya guru memberikan kesempatan untuk bertanya terhadap beberapa orang supaya nanti kita sebagai guru mengetahui apakah siswa tersebut sudah memahami atau belum. Namun untuk metode yang di berikan menurut saya, sudah cukup bagus karena sudah menggunakan metode yang tepat.

Leave a Reply