silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

284 Comments

  1. Seorang guru yang membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam Peserta didik belajar mengenai materi waktu yang di kaitkan dengan kegiatan sehari hari peserta didik .
    pengetahuan peserta didik di bangun oleh serangkain kegiatan yang di tuangkan dalam media gambar yang di presentasiakan di depan kelas.
    tetapi pada video diatas terlihat bahwa guru hanya fokus di depan kelas saja dan terlihat beberapa siswa tidak fokus dalam penyampaian materi yang disampaikan mungkin karena peserta didik belum memahami materi bisa juga karena kurang menarik media belajar yang presentasiaka.

  2. Nama : Arli Ruspandi
    NIM : 501222476
    UPBJJ : Bogor
    dengan melihat video pembelajaran ini, guru memberikan materi yang menarik sehingga siswa fokus pada materi yang mengaitkan antara waktu dan kegiatan.

  3. Nama : Inayatullah
    NIM : 857126292

    Dalam video tersebut, inovasi pembelajaran tentang konsep waktu disajikan dengan memanfaatkan media visual yang menghubungkan jam dengan aktivitas sehari-hari siswa. Kelebihan dari pembelajaran ini meliputi penggunaan media interaktif, pendekatan kontekstual, dan penerapan model pembelajaran kelompok. Namun, terdapat beberapa kekurangan, seperti pembukaan yang kurang menarik, tidak adanya apersepsi atau tujuan pembelajaran yang jelas, kurangnya kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi, serta penutupan yang minim penguatan konsep. Pengelolaan kelas juga perlu ditingkatkan karena beberapa siswa kurang fokus.

  4. Nama: Neneng Apriliasanti
    NIM: 877966871

    Mohon izin menanggapi video inovasi pembelajaran dalam kelas rendah memiliki kekurangan dan kelebihan.

    Kekurangan:

    Dalam video tersebut guru cenderung lebih fokus hanya pada materi yang disampaikan tidak memperhatikan bagaimana respon siswa ketika di jelaskan. Siswa ada yang bermain sendiri, ramai sendiri, bahkan ada yang kurang memperhatikan guru.

    Kelebihan:
    Dalam pembelajaran kelas rendah hendaknya lebih memiliki inovasi, kreativitas dan mampu menguasai siswa. Dalam video tersebut guru memiliki kreativitas yang tinggi karena menghubungkan materi pembagian waktu yaitu berupa jam dengan kegiatan sehari-hari. seperti bangun tidur di mulai jam berapa dan aktivitas lainnya sehingga siswa cenderung lebih mudah memahami materi yang di sampaikan, selain itu siswa juga diberikan kesempatan untuk maju kedepan untuk menyampaikan pendapat mereka dalam beraktivitas sehari-hari hal itu dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa ketika maju kedepan kelas

    Solusi:
    Pembelajaran kelas bawah harus kreatif dan tidak membosankan jadi harus menggunakan media pembelajaran yang lebih inovatif lagi agar siswa lebih mudah memahami materi, misal memberikan tugas menggambar jam dan mewarnai dengan kreatif serta diberikan keterangan aktifitas pada jam tersebut, karena pada kelas bawah siswa masih cenderung menyukai menggambar dan mewarnai sesuai dengan kreatifitas mereka, hal yang menyenangkan akan memberikan kesan senang terhadap siswa sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi tersebut

  5. Asalamu’alaikum
    Nama : Lusyana Dwi Astuti
    NIM : 857639493
    Pokjar : Rembang Purbalingga

    1. Reaksi anak terhadap kegiatan yang dilakukan guru
    – anak cukup antusias terhadap pembelajaran yang guru sampaikan
    2. Kelemahan guru melihat dari vidio diatas
    – Guru kurang memperhatikan anak-anak yang bermain sendiri
    – guru tidak memberikan contoh dalam mengisi kegiatan yang ada dipapan tulis
    – guru tidak menggunakan alat peraga langsung misal jam dinding.
    3. Kelebihan guru dalam mengajar
    – guru sudah menggunakan gambar dan lembar kerja dalam pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran.
    – Guru juga sudah sangat aktif dalam mengajar.
    4. Hal Unik yang terjadi saat pembelajaran
    – Guru sudah kreatif dalam pembelajaran pengenalan jam ke anak-anak, dengan mengkaitkan materi dengan kegiatan-kegiatan yang sehari-hari dilakukan oleh anak.
    5. upaya yang dapat meningkatkan pembelajaran menurut saya
    – grur sebaiknya melakukan pembeljaran dengan menciptakan permainan-permainan yang dapat membuat anak lebih aktif belajar dan lebih ekploratif.

  6. Nama : SUPARTIKA DEWI (855835144) dari Pokjar : LABURA
    Berdasarkan video pembelajaran diatas
    1. Reaksi anak / siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru yaitu :
    masih kurang respon yang baik dimana antara guru dan murid kurang adanya kerja sama, guru hanya terfokus pada pembelajaran yang beliau sampaikan tanpa tidak mau tau apakah murid tersebut mampu dengan baik menerima pelajaran yang beliau sampaikan.
    2. kelemahan guru dari video di atas adalah guru terlalu terfokus pada pembelajaran yang guru sampaikan, tidak memperhatikan murid yang sedang bermain dan bercanda-canda dengan teman sebangkunya.
    3. kelebihan guru dari video diatas adalah guru tersebut sangat kreatif didalam menyampaikan pelajarannya, ini terlihat disaat guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan pelajaran yang guru sampaikan.
    4. hal- hal unik dari Video diatas adalah memunculkan keinginan kita setiap guru untuk ikut berkreasi menggunakan media pembelajaran karena dengan adanya media pembelajaran maka murid-murid akan mudah menyerap pelajaran yang kita sampaikan.
    5. upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan yaitu seorang guru hendaklah terus berkreatif untuk selalu menggunakan media pembelajaran karena hal ini sangat penting karena memperlancar proses belajar mengajar pada siswa, siswa cepat mengerti dan guru pun mudah untuk menyampaikan materi dengan cepat dan jelas.

  7. Nama : Inayatullah
    NIM : 857126292
    UPBJJ : UT Jakarta

    Menurut saya, video ini menampilkan pendekatan yang menarik dalam mengajarkan konsep waktu dengan menggunakan gambar jam yang terkait dengan aktivitas siswa sehari-hari. Pendekatan kooperatif melalui kelompok kecil cukup berhasil melibatkan siswa, tetapi bagian pembukaannya masih kurang menarik. Menurut saya, penggunaan benda konkret seperti jam nyata dan jam digital akan jauh lebih efektif dalam menarik perhatian siswa serta membuat pembelajaran lebih interaktif. Selain itu, penutupan pembelajaran perlu diperkuat dengan menjelaskan pentingnya memahami waktu dalam kehidupan sehari-hari agar siswa lebih menghargai konsep tersebut.
    Secara keseluruhan, inovasi ini sudah cukup baik, tetapi masih memerlukan peningkatan di beberapa aspek seperti apersepsi, pengelolaan kelas, serta keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran.

  8. NAMA : RAKHMANIA NURHAMIDAH
    NIM : 858557166

    ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN
    Sumber Video Pembelajaran pada laman GPO : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/07/inovasi-pembelajaran-dikelas-rendah/
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
     Pada saat guru membuka pembelajaran siswa cenderung bersemangat dan aktif saat kegiatan pembelajaran dilakukan, dilihat dari semangat siswa dalam membuat kelompok belajar serta menjawab pertanyaan dari guru dengan serentak.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
     Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
     Guru juga cenderung terlalu fokus pada materi yang disampaikan tanpa semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Hasilnya, beberapa siswa mungkin kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
     Alat bantu menggunakan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), seharusnya dikembangkan dengan media manipulatif seperti jam weker atau jam digital yang memiliki alarm. Agar siswa bisa mengembangkan pengetahuan tentang pembelajaran pengukuran waktu.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
     Guru membangun pengetahuan siswa tentang pembelajaran pengukuran waktu melalui konsep gambar jam dinding atau jam analog yang dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari siswa sehingga memudahkan siswa untuk dapat memahaminya.
    4. Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
     Penggunaan media pembelajaran yang konkret seperti gambar jam analog untuk mengajarkan konsep waktu. Guru juga menerapkan pendekatan yang lebih interaktif dengan menghubungkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari siswa. Pendekatan ini membantu membuat siswa lebih terlibat aktif dan memahami pelajaran.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tanyangan video, Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
     Memberikan lebih banyak aktivitas yang mendorong siswa menjadi bersemangat untuk belajar,
     Menerapkan variasi metode pembelajaran agar semua siswa dapat mudah memahami,
     Menyediakan lebih banyak media pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari,

  9. Perkenalkan nama saya Laila Hayati Al-Qomariah dar upbjj Jakarta jurusan pgsd-s1 semester 6, izinkan saya berkomentar mengenai video diatas :

    1. Video diatas sangat menarik peserta didik untuk belajar matematika

    2. Guru divideo tersebut sangat sabar untuk membimbing peserta didik hingga bisa

    3. Dengan menggunakan teknik berkelompok seperti ini sangat bagus karena peserta didik mampu bertukar pendapat
    atau yang paling unggul dapat memberitahukan yang belum paham dengan materi ini

    4. Pembelajaran seperti ini sangat membantu peserta didik untuk lebih bersemangat dalam belajar

    5. Namun kekurangan dari video ini adalah media pembelajaran, alangkah sebaiknya guru tersebut membagikan gambar tersebut kepada setiap kelompok
    agar peserta didik bagian belakang dapat melihat lebih jelas

    Sekian dari komentar saya apabila ada kesalahan dalam berkomentar mohon dimaafkan karena saya saat ini sedang memperluas pengetahuan yang saya miliki dan masih dalam keadaan belajar tetapi dengan adanya video ini saya sangat berterimakasih sehingga saya tahu langkah-langkah dalam mengajar, terimakasih.

  10. Perkenalkan nama saya Laila Hayati Al-Qomariah dari upbjj Jakarta jurusan PGSD-S1. Izinkan saya untuk mengomentari video diatas.
    Dari video diatas pembelajaran dengan menggunakan teknik tersebut dapat menarik peserta didik untuk mengetahui materi pembelajaran yang sedang berlangsung dan dengan dibentuknya perkelompok juga dapat memudahkan peserta didik yang belum memahami untuk bertanya/tutor dengan teman sebaya. Namun ada kekurangan dalam video tersebut yaitu guru seharusnya membagikan media pembelajaran ke setiap kelompok agar kelompok yan belakang dapat melihat gambar dengan jelas dan tidak terjadi kericuhan karena masing-masing kelompok sedang mengamati gambar tersebut.

    Sekian dari komentar saya apabila ada kesalahan mohon untuk dimaafkan dan diperbaiki, karena saat ini saya sedang memperluas wawasan ilmu pengetahuan dan adanya video ini saya juga dapat mengajar dengan baik dan tepat serta bersikap andil kepada peserta didik, terimakasih.

Leave a Reply