Sinopsis

Video ini berisi tentang metode Cooperative Learning Type Think Pair Share (berpikir bersama untuk dibagikan bersama). Yang dapat mengaktifkan siswa, metode ini menjadikan siswa aktif berfikir dan tidak jenuh pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Yos Sudarso

Tujuan penayangan video dalam proses pembelajaran “Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya” sangat baik. Melalui video ini para guru dapat memperoleh pengalaman visual tentang penggunaan model Coperative Learningtipe Think Pair Share(berpikir bersama untuk dibagikan bersama) dalam pembelajaran IPS. Metode ini juga dapat mengaktifkan proses berfikir siswa dan menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, tidak menjenuhkan.

Cara guru membuka pembelajaran dengan menginformasikan topik pembelajaran yang akan dibahas dan didiskusikan, yang kemudian dilanjutkan dengan mengajukan pertanyaan terfokus pada dua orang peserta didik tentang “kebutuhan primer” cukup baik (walaupun keduanya tidak bisa menjawab). cara ini memungkinkan guru untuk menarik perhatian dan menciptakan kondisi siap belajar peserta didik.

Cara guru mengisi pembelajaran menggunakan pendekatan, strategi dan metode ‘coperative learning’ melalui pembentukan kelompok-kelompok diskusi dengan pertanyaan atau tugas yang berbeda terkait dengan kebutuhan hidup manusia cukup baik. Melalui pendekatan, strategi dan metode tersebut guru dapat mendorong peserta didik untuk berpikir sesuai dengan kemampuan masing-masing, dan saling berbagi ide atau jawaban ke dalam forum kelompok atau forum kelas. Penguatan yang dilakukan oleh guru (verbal) juga cukup baik, dan dapat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk belajar lebih semangat.

Pembentukan kelompok-kelompok diskusi juga memungkinkan terciptanya situasi pembelajaran yang dapat memicu dan memacu partisipasi aktif siswa dalam kelompok maupun dalam kelas. Jika hal ini dapat dikembangkan dalam kelas nyata, maka guru dapat menghindarkan situasi pembelajaran yang bersifat monoton dan membosankan.

Cara guru menutup pembelajaran juga bagus, dengan memberikan pemantapan dan simpulan singkat tentang jenis-jenis kebutuhan manusia.

Video juga sangat sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik jenjang SMP dan kurikulum yang berlaku. Secara umum video proses pembelajaran “Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya” tersebut cukup menarik baik dari sisi visualisasi maupun suaranya.

Saran atau usul perbaikan terhadap video proses pembelajaran sebagai berikut:
1. Lama waktu diskusi kelompok perlu dijelaskan kepada peserta didik, sehingga mereka dapat mengatur waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

2. Pemenggalan sebagian episode dalam video perlu dilakukan dengan cermat, agar tidak terjadi distorsi informasi yang disampaikan. Dalam kasus ini, pemenggalan dilaukan pada saat kelompok satu menyampaikan hasil diskusinya “sedikit mengganggu”, karena tidak sesuai dengan simpulan guru tentang “tiga faktor pendorong bertambahnya kebutuhan masyarakat”.

Pengelolaan waktu belajar selama diskusi kelompok juga perlu diperhatikan, karena model pembelajaran ini bersifat “time consuming”.

Mohammad Imam Farisi

Similar Posts

7 Comments

  1. NAMA : FIKA NUR MAULIDIAH
    NIM : 045103122
    PRODI : PENDIDIKAN EKONOMI
    Video dengan seri pembelajaran yang saya lihat adalah dapat mengaktifkan siswa untuk berfikir aktif, kreatif dan tidak merasa jenuh lebih terasa menyenangkan saat pembelajaran berlangsung.

  2. Setelah saya menyaksikan video ini, diawal pertanyaan yang diajukkan oleh guru terlihat para siswa literasinya membacanya masih kurang karena siswa belum bisa menjawabnya. kemudian disaat diskusi kelompok barulah terlihat adanya interaksi timbal balik antara guru dan siswa sehingga siswa menjadi kreatif dan berfikir kritis dalam memberikan jawaban pada pertanyaan diskusi yang dilakukan dalam pembelajaran tersebut.

  3. setelah saya menganalisi video metode pembelajaran yang digunakan guru membuat siswa bisa saling berdiskusi dengan aktif karena siswa bisa berfikir, berdiskusi, dan berbagi dikelopok lain sehingga pertanyaan yang disampaikan guru dapat ditanggapi atau dijawab dengan benar.

  4. Nama : Mila Suprapti
    Nim : 042730314
    Prodi : Pendidikan Ekonomi
    Setelah menyimak video pembelajaran dengan metode cooperative learning type think pair share atau dapat diartikan pembelajaran kooperatif berpikir bersama untuk dibagikan bersama. Di awal pembelajaran peserta didik masih belum paham tentang materi yang akan dipelajari. Akan tetapi setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe think pair and share (TPS) peserta didik mulai aktif dalam pembelajaran. Saya tertarik untuk menerapkannya nanti di kelas saya. Terimakasih sudah menginspirasi.

  5. nama :yohana afriani rambe
    nim :030936574
    prodi : pendidikan ekonomi
    setelah menyimak vidio ini menurut pendapat saya vidio ini sudah baik dan biasanya saya di dalam kelas melaksanakannya,kelas di bagi beberapa kelompok kemudian berdiskusi dan mempersentasikan hasilnya dan berkomentar setelah itu saya memberikan penguatan terhadap materi yang diajarkan ,,terimakasi

  6. Menurut pendapat saya, metode pembelajaran yang diterapkan dalam video tersebut bagus dan bisa menjadi salah satu alternative untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS. Dalam video tadi, pembelajaran sudah mengarah pada cara untuk mengaktifkan siswa berfikir dan berpendapat. Mungkin bisa ditambah sedikit lagi dengan meminta siswa lain menanggapi pendapat temannya sehingga lebih banyak lagi siswa yang bisa aktif baru kemudian guru menjelaskan atau mempertegas jawaban dari soal yang dibahas.

  7. Nama Siti khuswatun
    Nim 020627708
    Prodi ekonomi pendidikan
    Setelah saya melihat video ini menurut pendapat saya model pembelajaran yang digunakan sangat bagus dapat menumbuhkan daya kreatif siswa untuk berfikir dan berdiskusi, dan mengemukakan pendapat.

Leave a Reply