Similar Posts
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Nama : Nalurita Kusuma Ardani
Nim : 858568169
Pokjar : Al-Huda Salut Kota Kediri
UPBJJ : Malang
Semester : 6
Mohon izin menanggapi Bapak Ibu
Terkait video pembelajaran ips yang berjudul “Kesulitan membaca permulaan di SD kelas rendah”
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab :
1. -Anak-anak menunjukkan semangat dan antusiasme dalam belajar, seperti diajak untuk selalu penuh semangat dan rajin.
-Mereka diajarkan untuk menghormati guru dan menyayangi teman-teman mereka.
-Anak-anak terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bernyanyi lagu pergi ke sekolah.
-Terdapat tantangan dalam membaca huruf, suku kata, dan kalimat yang mungkin membuat beberapa anak mengalami kesulitan.
-Anak-anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan berbagai metode pembelajaran, seperti metode abjad, metode suku kata, dan metode global.
2. -Kurangnya perhatian: Guru mungkin kurang memberikan perhatian yang cukup kepada setiap siswa, sehingga beberapa anak mungkin merasa tidak terbantu dengan baik.
-Kurangnya variasi metode pembelajaran: Meskipun telah menggunakan metode yang bervariasi, masih ada beberapa anak yang belum mengenal huruf dan belum dapat merangkai suku kata-kata dan kalimat.
-Kurangnya media pembelajaran: Beberapa anak mungkin mengalami kesulitan karena tidak adanya media pembelajaran yang memadai.
3. -Mendorong semangat dan antusiasme belajar: Guru mendorong anak-anak untuk selalu penuh semangat dan rajin dalam belajar.
-Mengajarkan nilai-nilai sosial: Guru mengajarkan anak-anak untuk menghormati guru, menyayangi teman-teman, dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
-Memberikan bimbingan: Guru memberikan bimbingan kepada anak-anak yang belum dapat membaca dengan berbagai metode pembelajaran, seperti metode abjad, metode suku kata, dan metode global.
-Mendorong keterlibatan aktif: Anak-anak diajak untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bernyanyi lagu pergi ke sekolah.
4. -Guru menggunakan lagu sebagai sarana untuk memotivasi anak-anak dalam belajar, seperti lagu pergi ke sekolah.
-Guru melibatkan interaksi antara anak-anak dan gambar-gambar sebagai metode pembelajaran, seperti mengajak anak-anak membaca huruf dan suku kata dari gambar.
-Guru memberikan tantangan kepada anak-anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat, sehingga meningkatkan keterampilan membaca mereka.
5. – Meningkatkan perhatian individual: Guru dapat lebih memperhatikan kebutuhan individual setiap siswa, termasuk yang mengalami kesulitan dalam membaca, sehingga dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif.
-Memperluas variasi metode pembelajaran: Guru dapat terus mengembangkan variasi metode pembelajaran yang kreatif dan efektif untuk membantu siswa dalam memahami materi, seperti dengan memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.
-Memperkaya media pembelajaran: Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan mendukung, seperti audio visual, flashcards, atau permainan edukatif, untuk membantu siswa dalam belajar membaca.
-Memberikan dukungan yang lebih intensif: Guru dapat memberikan dukungan yang lebih intensif kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca, termasuk dengan memberikan waktu ekstra untuk bimbingan tambahan.
-Melibatkan orang tua: Guru dapat melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, seperti dengan memberikan informasi dan tips kepada orang tua untuk membantu anak-anak belajar membaca di rumah.
Nama : Nalurita Kusuma Ardani
Nim : 858568169
Pokjar : Al-Huda Salut Kota Kediri
UPBJJ : Malang
Semester : 6
Mohon izin menanggapi Bapak Ibu
Terkait video pembelajaran bahasa indonesia yang berjudul “Kesulitan membaca permulaan di SD kelas rendah”
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab :
1. -Anak-anak menunjukkan semangat dan antusiasme dalam belajar, seperti diajak untuk selalu penuh semangat dan rajin.
-Mereka diajarkan untuk menghormati guru dan menyayangi teman-teman mereka.
-Anak-anak terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bernyanyi lagu pergi ke sekolah.
-Terdapat tantangan dalam membaca huruf, suku kata, dan kalimat yang mungkin membuat beberapa anak mengalami kesulitan.
-Anak-anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan berbagai metode pembelajaran, seperti metode abjad, metode suku kata, dan metode global.
2. -Kurangnya perhatian: Guru mungkin kurang memberikan perhatian yang cukup kepada setiap siswa, sehingga beberapa anak mungkin merasa tidak terbantu dengan baik.
-Kurangnya variasi metode pembelajaran: Meskipun telah menggunakan metode yang bervariasi, masih ada beberapa anak yang belum mengenal huruf dan belum dapat merangkai suku kata-kata dan kalimat.
-Kurangnya media pembelajaran: Beberapa anak mungkin mengalami kesulitan karena tidak adanya media pembelajaran yang memadai.
3. -Mendorong semangat dan antusiasme belajar: Guru mendorong anak-anak untuk selalu penuh semangat dan rajin dalam belajar.
-Mengajarkan nilai-nilai sosial: Guru mengajarkan anak-anak untuk menghormati guru, menyayangi teman-teman, dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
-Memberikan bimbingan: Guru memberikan bimbingan kepada anak-anak yang belum dapat membaca dengan berbagai metode pembelajaran, seperti metode abjad, metode suku kata, dan metode global.
-Mendorong keterlibatan aktif: Anak-anak diajak untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bernyanyi lagu pergi ke sekolah.
4. -Guru menggunakan lagu sebagai sarana untuk memotivasi anak-anak dalam belajar, seperti lagu pergi ke sekolah.
-Guru melibatkan interaksi antara anak-anak dan gambar-gambar sebagai metode pembelajaran, seperti mengajak anak-anak membaca huruf dan suku kata dari gambar.
-Guru memberikan tantangan kepada anak-anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat, sehingga meningkatkan keterampilan membaca mereka.
5. – Meningkatkan perhatian individual: Guru dapat lebih memperhatikan kebutuhan individual setiap siswa, termasuk yang mengalami kesulitan dalam membaca, sehingga dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif.
-Memperluas variasi metode pembelajaran: Guru dapat terus mengembangkan variasi metode pembelajaran yang kreatif dan efektif untuk membantu siswa dalam memahami materi, seperti dengan memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.
-Memperkaya media pembelajaran: Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan mendukung, seperti audio visual, flashcards, atau permainan edukatif, untuk membantu siswa dalam belajar membaca.
-Memberikan dukungan yang lebih intensif: Guru dapat memberikan dukungan yang lebih intensif kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca, termasuk dengan memberikan waktu ekstra untuk bimbingan tambahan.
-Melibatkan orang tua: Guru dapat melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, seperti dengan memberikan informasi dan tips kepada orang tua untuk membantu anak-anak belajar membaca di rumah.
Nama : Evi Yaumil AKhir
NIM : 857378388
POKJAR : Bogor Selatan
Assalamualaikum…
Mohon izin menanggapi video tersebut, dapat saya lihat bahwa :
1. Reaksi peserta didik saat saat belajar sangat bervariasi, ada yang terlihat begitu semangat belajar dan adapula sebagian peserta didik belum fokus selama proses belajar berlangsung, Jika dilihat dari awal pembelajaran guru sudah sesuai mengaitkan tema pembelajaran dengan memantik fokus peserta didik lewat bernyanyi.
2. Metode serta media yang digunakan sudah cukup sesuai dengan tema pembelajaran yang di berikan, di awali dengan bernyai “Pergi Belajar” lalu guru mengaitkan dengan media gambar yang sesuai dengan penggalan lirik lagu tersebut serta guru menyiapkan media suku kata dimana siswa dapat berperan aktif untuk mencocokan suku kata sesuai dengan kata yang ada pada media bergambar tersebut.
3. Hal unik yang dapat di temukan pada saat proses belajar mengajar berlangsung adalah adanya beberapa peserta didik yang belum fokus terhadap pembelajaran meski guru sudah menyediakan metode serta media pembelajaran yang menarik dan bervariasi.
4. Upaya yang dilakukan guru pada proses belajar mengajar berlangsung pada video tersebut sudah baik, namun ada beberapa opsi yang dapat di ganti oleh guru tersebut pada proses pembelajaran, misalnya guru mengganti media gambar yang digunakan di ganti dengan gambar yang berwarna cerah, serta gambar dan lagu di tampilkan melalui video/proyektor sehingga menarik perhatian peserta didik dan diharapkan lebih meningkatkan kefokusan belajar peserta didik.
Di dalam video tersebut dapat di simpulkan bahwa guru yang mengajarkan huruf, membaca kata dengan baik kepada murid. Ibu guru sudah memberikan apersepsi dengan baik yaitu menyanyikan lagu “pergi belajar”, secara bersama-sama dengan tujuan memberi semangat dan memastikan jika peserta didik sudah siap dalam pembelajaran. Penyampaian materi guru sudah bagus dan jelas, serta cara mengajar. Penggunaan media gambar alangkah baiknya digunakan secara lebih variatif, agar anak lebih cepat mudah dan memahami isi dari gambar tersebut. Alangkah baiknya jika media yang di gunakan di tambah dan bervariasi dan di bagikan kepada anak di setiap meja. Dan pada setiap anak membaca media yg di pegangnya bisa terlihat dimana kesulitan setiap anak saat membaca Pada tahap pembelajaran untuk mengenal huruf memiliki proses dan kesabaran, sehingga kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran dan bervariasi Kesulitan atau permasalahan dalam membaca permulaan, yaitu
1 Anak malas
2. Anak mudah bosan
3 Pembelajaran lambat
4 Tidak ada media pembelajaran.
Kesulitan atau permasalahan dalam membaca permulaan bisa di atasi guru, yaitu dengan cara terus memberikan motivasi dan bimbingan kepada anak yang masih belum bisa menulis dan membara, yaitu dengan memegang tangan anak membantunya menulis hurup, dan dengan sentuhan guru supaya anak mau terus belajar menulis dan membaca Guru pun harus lebih bisa menciptakan suasana kelas semenarik mungkin untuk membangkitkan rasa semangat siswa dalam belajar.
Nama : Jois Septiana Gesti Sabrina
NIM : 858571142
UT MALANG
Pokjar : Al Huda
Semester 6
Mohon Izin untuk menanggapi Bapak/Ibu terkait dengan video pembelajaran bahasa Indonesia yang berjudul “Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas Rendah”
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru?
Menurut saya anak anak menunjukkan semangat dan antusiasme yang baik selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, anak anak juga terkesan sangat menyanyagi serta menghormati guru yang sedang menyampaikan pembelajaran di depan kelas. Peserta didik juga sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti bernyanyi.
2.Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut pendapat saya, disini guru kurang memberikan perhatian kepada murid sehingga beberapa anak masih belum bisa memahami apa yang dimaksud oleh ibu guru. Selain itu, guru juga kurang memiliki variasi pembelajaran meskipun guru telah menggunakan metode yang bervariasi. Mungkin disini nanti, guru akan lebih menekankan dan memberikan perhatian lebih kepada anak yang belum bisa membaca. Bukan hanya itu, guru juga masih menggunakan media pembelajaran yang terbatas sehingga siswa belum terlalu paham dalam pembelajaran.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran adalah Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat pada anak sehingga anak anak juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada anak meskipun belum keseluruhan.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru memberikan metode pembelajaran yang variatif seperti menggunakan lagu lagu, kemudian guru juga melibatkan gambar serta tantangan kepada anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat sehingga meningkatkan ketrampilan membaca mereka.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
-Memperhatikan proses pembelajaran mulai dari kegiatan awal/pembukaan, kegiatan inti, penutup dan refleksi dengan baik.
-Menambah metode pembelajaran
-Menggunakan media pembelajaran yang variatif
-Pembelajaran yang berfokus kepada murid/Student Center.
-Melibatkan orang tua murid
Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih.
Nama :NURTANG
Nim :859642963
Pokjar :luwuk banggai
UPJJ : PALU
Assamualaikum wr wb
Dari vidio yang saya liat ,reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu pada awal pembelajaran guru mengajak siswa beryanyi bersama tetapi tidak semua siswa bersemangat bernyanyi,ada beberapa siswa kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran.kemudian guru menanyakan isi dari lagu tersebut yang berkaitan dengan keluarga, dengan materi membaca dan mengeja suku kata ayah dan ibu .kemudian guru menggunakan media gambar ayah dan ibu ,dan diberi keterangan tulisan ayah dan ibu. sehingga siswa dapat membaca kata terrsebut.
kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut,guru belum mengucapkan salam,berdoa,melakukan absen ,dan guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut guru menyampaikan materi dengan jelas dan guru
menggunakan media menarik yang mana siswa sangat antusia dalam menjawab pertanyaan guru.
Nama :NURTANG
Nim :859642963
Pokjar :luwuk banggai
UPJJ :PALU
bismilahirahmaanirahim
menurut pendapat saya dengan vidio yang saya liat.guru sudah pembelajaran yang sangat baik,kelas dibuka dengan bernyanyi yang bisa membuat siswa lebih bersemangat.tetapi tidak semua siswa fokus dalam pembelajaran tersebut apalagi pada saat awal pembelajaran siswa diajak bernyanyi namun masih ada siswa yang tidak benyanyi.guru sudah sangat bagus memilih media pembelajaran,dengan adanya media yang digunakan yang akurat dalam membantu siswa belajar,sehingga siswa diharapkan mampu menerima dan memahami pelajaran dengan baik.tetapi untuk memaksimalkan pembelajaran sebaiknya siswa dibuat perkelompok ,siapa yang belum bisa membaca huruf ,kata atau kalimat dan siapa yang sudah bisa membaca dengan benar.
Nama :NURTANG
NIM: 859642963
Pokjar :luwuk banggai
UPJJ :PALU
BISMILAHIRAHMANIRAHIM
menurut pendapat saya dengan vidio yang saya liat, guru sudah memberikan pembelajaran yang sangat baik.kelas dibuka dengan bernyanyi yang bisa membuat siswa lebih bersemangat.tetapi tidak semua sisa fokus dalam pembelajaran tersebut.apalagi pada saat awal pembelajaran siswa diajak bernyanyi namun masih ada siswa yang bernyanyi.guru sudah sangat bagus memilih media pembelajaran,dengan adanya media yang digunakan sudah akurat dalam membantu siswa dalam pembelajaran.
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan video pembelajaran ? Reaksi siswa sangat bagus, mereka semangat dan penuh antusias. Hal tersebut terjadi karena sang guru sangat kreatif dalam menarik perhatian siswa, dijadikannya suasana kelas yang menyenangkan sehingga siswa merasa bahagia, senang dan tidak jenuh dalam proses kegiatan belajar mengajar.
2. Apa saja kelemahan guru dalam video pembelajaran? Secara keseluruhan sudah bagus, hanya saja dalam kegiatan pembelajaran tersebut sang guru mendatangi meja dari salah satu murid untuk melakukan pembelajaran/contoh cara membaca dan mengenal huruf dengan alat peraga. Hal tersebut membuat siswa yang lain tidak kondusif karena merasa tidak di perhatikan.
3. Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan dari proses pembelajaran tersebut yaitu dengan adanya metode pembelajaran yang variatif, sang guru pun kreatif dalam segala hal mulai dari cara mengondisikan kelas, menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran dll.
4. Hal unik apa yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut?
Ada beberapa hal unik yang ada dalam proses pembelajaran tersebut, salah satunya yaitu kekreatifan guru yang menjadikan lagu sebagai media pembelajaran. Siswa di ajak bernyanyi bersama kemudian guru menanyakan hal-hal terkait pembelajaran yang ada di dalam lagu tersebut. Dengan demikian secara tidak langsung guru tidak hanya menjadikan lagu sebagai media pembelajaran melainkan dengan adanya lagu dapat membuat kelas menjadi menyenangkan.
5. apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Seperti yang saya bahas sebelumnya ketika guru hanya terfokus pada salah satu meja murid dan menyebabkan murid yang lain tidak kondusif hal tersebut mungkin akan lebih menarik ketika di buat game seperti dipilih dari yang tercepat mengangkat tangan dan lain sebagainya dan siswa maju ke depan supaya semua siswa dapat menyaksikan nya dan ikut memperhatikan tanpa ada yang terabaikan.
Terimakasih.
NAMA : NURUL SAFITRI
NIM : 856976148
Izin menanggapi, vidio pembelajaran diatas menurut saya sudah baik dengan pembukaan awal pembelajaran dikelas rendah guru tersebut menggunakan nyanyian yang dapat memicu semangat minat belajar siswa.Salah satu strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa yaitu memberikan perhatian dan motivasi secara khusus pada siswa. Strategi yang dilakukan oleh guru ini dapat membangkitkan semangat dan minat siswa dalam belajar membaca
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru?
Menurut saya anak anak menunjukkan semangat dan antusiasme yang baik selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, anak anak juga terkesan sangat menyanyagi serta menghormati guru yang sedang menyampaikan pembelajaran di depan kelas. Peserta didik juga sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti bernyanyi.
2.Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut pendapat saya, disini guru kurang memberikan perhatian kepada murid sehingga beberapa anak masih belum bisa memahami apa yang dimaksud oleh ibu guru. Selain itu, guru juga kurang memiliki variasi pembelajaran meskipun guru telah menggunakan metode yang bervariasi. Mungkin disini nanti, guru akan lebih menekankan dan memberikan perhatian lebih kepada anak yang belum bisa membaca. Bukan hanya itu, guru juga masih menggunakan media pembelajaran yang terbatas sehingga siswa belum terlalu paham dalam pembelajaran.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran adalah Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat pada anak sehingga anak anak juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada anak meskipun belum keseluruhan.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru memberikan metode pembelajaran yang variatif seperti menggunakan lagu lagu, kemudian guru juga melibatkan gambar serta tantangan kepada anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat sehingga meningkatkan ketrampilan membaca mereka.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
-Memperhatikan proses pembelajaran mulai dari kegiatan awal/pembukaan, kegiatan inti, penutup dan refleksi dengan baik.
-Menambah metode pembelajaran
-Menggunakan media pembelajaran yang variatif
-Pembelajaran yang berfokus kepada murid/Student Center.
-Melibatkan orang tua murid
Sekian tanggapan dari saya yang dapat saya sampaikan, terimakasih.