Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
NAMA: DIELA ARIYANTO
NIM: 858926385
POKJAR: PURWOHARJO
UPBJJ-UT: JEMBER
Izin untuk menanggapi video pembelajaran ini. Menurut pendapat saya video ini berisi tentang seorang guru yang mengajarkan tentang bagaimana cara membaca kepada siswa menggunakan cara dengan lebih mengenal tentang nama-nama huruf abjad terlebih dahulu. Kelemahan pembelajarn dalam video ini ialah pada awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam terlebih dahulu dan sebelum memulai pembelajaran guru tidak menerapkan doa terlebih dahulu dan tidak mengabsensi kehadiran kelas. Kelebihan pembelajarn dalam video ini ialah dengan adanya kegiatan ice breaking sebelum pemebelajaran dimulai dapat meningkatkan konstrentasi siswa. Selain itu, guru juga memberikan definisi berupa gambar, sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami kosa kata melalui definisi gambar tersebut. Hal unik dalam pembelajaran video ini guru memanfaatkan kardus sebagai alat bantu untuk membantu siswa dalam proses belajar membaca. Yaitu dengan cara menggunting kardus dalam bentuk persegi dan memberikan tulisan huruf abjad yang acak. Dan siswa diminta untuk menyusun huruf abjad tersebut dengan benar sesuai dengan gambar yang telah diberikan oleh guru. Menurut saya upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran ialah, saat awal pembelajaran guru hendaknya mengucapkan salam dan menerapkan doa terlebih dahulu. Sebagai rasa syukur kita atas karunia yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Nama : Nuril Safitri
Nim :858708465
UPBJJ:SURABAYA
POKJAR : Bangkalan
Semester : 6
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
– Reaksi siswa pada vidio pembajaran diatas sangat ceria dan semangat dalam mengikuti pembelajaran
-semua siswa memperhatikan guru menjelaskan
-menjelaskan materi dengan media gambar dengan bagus
2.kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
-tidak bisa mengatasi beberapa siswa yang bosen dan kurang konsentrasi
-awal pembelajaran guru tidak memberi salam melainkan langsung bernyanyi
-guru langsung memberikan tugas membaca tanpa mengenalkan huruf abjad dan vokal
3.kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
–Guru berpakaian rapi sehingga mencontoh kebaikan kepada siswa
-teknik pembelajaran guru sangat bagus untuk anak yang dalam transisi
-Guru sangat sabar menjarkan siswa saru per satu
– Siswa mengikuti pelajaran dengan bahagia
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
-metode pembelajaran Guru memakai banyak variasi untuk siswa nya
-Guru memberikan tantangan kepada anak-anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat, sehingga meningkatkan keterampilan membaca mereka.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
– kegiatan pembuka dan penutup kegiatan pembelajaran tidak ada
-Memberikan dukungan yang lebih intensif: Guru dapat memberikan dukungan yang lebih intensif kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca, termasuk dengan memberikan waktu ekstra untuk bimbingan tambahan
Nama : DARIN NISRINA
Nim : 855788582
Upbjj : Palembang
Pokjar : Indralaya
Izin untuk menanggapi video diatas
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : reaksi siswa pada saat proses pembelajaran ada beberapa orang yang antusias memperhatikan gurunya menjelaskan dan ada pula swasta yang sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing sehingga tidak memperhatikan gurunya pada saat guru tersebut menjelaskan.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan yang ada pada guru tersebut pada saat proses pembelajaran ialah
– guru tersebut tidak menyuruh siswanya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai proses pembelajaran
– guru tersebut tidak mengabsen masing-masing siswa baik yang hadir maupun yang tidak hadir
– media pembelajaran yang tidak menarik sehingga ada beberapa siswa yang tidak begitu antusias saat belajar
– guru belum menguasai kelas sehingga banyak siswa yang tidak fokus pada saat proses pembelajaran dimulai
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
Jawab : kelebihan yang ada pada guru tersebut dalam melakukan pembelajaran ialah
– guru tersebut memberi tahu kepada sisanya untuk menyamakan tulisan sehingga siswa dengan mudah mengetahui huruf dan mengejar kata
– guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui faham atau tidaknya siswa dengan materi pembelajaran tersebut
– guru mengajak siswa bernyanyi sebelum memulai pelajaran dan mengingatkan tentang keluarga kepada siswa
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
Jawab :
Pada saat guru mengeluarkan media pembelajaran dengan menggunakan media gambar dan tulisan dengan menyamakan huruf sehingga siswa dengan mudah menyamakan huruf tersebut dengan media gambar tadi
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab :
Untuk pembelajaran kedepannya guru dapat lebih baik dalam membuka mata pelajaran dengan menyuruh siswa untuk berdoa terlebih dahulu dan mengakses siswa sehingga guru mengetahui siswa mana saja yang tidak hadir pada hari itu, guru juga harus lebih bisa menguasai kelas sehingga tidak ada lagi siswa yang tidak fokus dalam proses pembelajaran dan guru juga menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik supaya siswa bersemangat dalam proses pembelajaran.
Terima kasih
izin menanggapi
nama : andri yanzah
nim : 856818617
upbjj : bengkulu
pokjar :argamakmur
1.bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab :
1. anak anak aktip mengikuti pembelajaran dan senang terhadap materi ynag di sampaikan
2. kelemahan guru biasa nya terhadap media pembelajaran yang di sampai kan guru kurang menarik minat siswa
3. guru mampu mendidik siswa dengan sabar dan mendidik siswa dengan penuh semangat
4.guru memberikan metode pembelajaran yang variatif seperti menggunakan lagu lagu, kemudian guru juga melibatkan gambar serta tantangan kepada anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat sehingga meningkatkan ketrampilan membaca mereka
5.mencari metode yang lebih efektip, melakukan refleksi oleh guru, pembelajaran terpokus pada siswa
Nama : Putri Rahmayani Ritonga
Nim : 877524564
Pokjar : labuhanbatu selatan
Semester 6
Izin menanggapi video pembelajaran diatas dari video ini kita dapat melihat anak-anak murid yang aktif dan tanggap dalam menjawab pertanyaan ini guru, disini juga kita melihat ibu guru sangat aktif mengajar anak-anak murid , ibu guru yang sangat riang juga bisa membuat anak-anak untuk semangat belajar, ibu guru melukakn langsung praktek mengenalkan angka yang dimana kegiatan itu bisa membuat anak-anak akan lebih mudah paham atau mengerti tetapi sayangnya saat mulai pelajaran tidak melakukan doa dan ice breaking.
PUPUT SHOUMA HANDAYANI
856640313
S1 PGSD UT Jambi
Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD. Belajar membaca bagi siswa kelas 1 SD tidaklah mudah, walaupun dibantu dengan media gambar dan metode yang bervariasi lainnya. Karena keadaan dan kondisi siswa satu dengan yang lain sangat lah beragam, mungkin ada beberapa anak yang belum mengenal huruf abjad, sebagian anak belum dapat merangkai suku kata maupun kalimat. Anak sulit membaca disebabkan malas, bosan, kurang konsentrasi ataupun kurang perhatian guru, bisa jadi tidak ada media pembelajaran, ataupun siswa yang tergolong belajar lambat (slow learner).
Solusi yang tepat untuk menghadapi permasalahan siswa dalam kesulitan membaca yaitu : membimbing siswa membaca permulaan dengan mengeja abjad, melatih siswa metode kata atau kalimat, dan menggunakan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) yang dimana melatih siswa untuk terampil dalam mencari huruf & suku kata.
Nama : HARI PERNANDO PURBA
NIM : 877527093
PRODI : PGSD S1
POKJAR SIANTAR-SIMALUNGUN
Setelah saya menonton Video diatas tentu ada kelebihan dan kekurangannya.
Adapun kekurangan dari vidio pembelajaran diatas, guru belum bisa menarik perhatian siswa untuk materi yang akan disampaikan, hal ini dikarenakan guru kurang dapat menarik perhatian peserta didik, menurut saya apabila guru melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan cara pengucapan salam dan berdoa tentu akan membuat siswa berkonsentrasi dalam pembelajaran.
Adapun kelebihan dari vidio pembelajaran diatas guru sudah tepat mengajak siswa bernyanyi untuk menarik konsentrasi siswa, dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca huruf, suku kata, dan kalimat, dan melakukan tanya jawab. Guru juga telah menggunakan media gambar untuk menarik minat siswa yang dilengkapi dengan tulisan atau bacaan dengan tujuan untuk mempermudahkan siswa untuk membaca. Namun pendapat saya membaca permulaan pada sekolah dasar tidak mudah. Membaca haruslah dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan minat baca pada siswa. Pada kelas rendah pasti terdapat siswa yang belum dapat merangkai suku kata dan kalimat..
Kesimpulan saya ialah bahwa vidio diatas sangat memotivasi kami sebagai seorang guru, supoaya bisa meningkatkan semangat untuk menjadi lebih baik kedepannya.
Terimakasih
Nama: FEBRIYANTI
NIM: 855740119
Pokjar: SIDOMULYO
UPBJJ: UT BANDAR LAMPUNG
Kelas: 6B
Materi Pembelajaran : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Dari video pembelajaran yang saya amati di vidio tersebut tentang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat adalah saya melihat reaksi anak pada video tersebut anak sangat tertib belajar dan kelihatan semangat mendengarkan apa yang guru sampaikan. Kelemahan pada video tersebut ialah guru tidak membuka pelajaran dengan mengucapkan salam berdoa, dan tidak mengabsen kehadiran siswa. Kelebihan dalam proses pembelajaran pada video tersebut guru mampu membuat suasana kelas menjadi ceria, menyenangkan, sehingga memacu siswa untuk belajar dengan fokus dan semangat dengan mengajak siswa bernyanyi bersama-sama sesuai dengan materi yang akan dibahas. media yang digunakan guru sudah baik sehingga dapat membuat anak menjadi paham dengan apa yang diajarkan ibu guru tersebut. dan hal unik yang ditemukan dalam video tersebut yaitu guru mengajak siswa bernyanyi tentang keluarga di kegiatan alam pelajaran. Sehingga hal tersebut membuat siswa semua menjadi ceria dan semangat untuk belajar. Penggunaan media gambar yang sangat menarik membuat siswa tertarik untuk belajar. Dan guru terlihat sangat ramah dan sabar dalam menghadapi dan mengajarkan anak didiknya sehingga suasana kelas pun terlihat tenang.
Semoga kedepannya tetap terlahir guru-guru yang kreatif, inovatif dan interaktif dalam menentukan metode, teknik pembelajaran serta media pembelajaran agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan lancar.
Sekian pendapat saya terima kasih.
Nama : NURAINI
Nim : 877530608
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : ASAHAN
Semester : 6
Izin menanggapi video di atas Bapak/Ibu terkait dengan video pembelajaran bahasa Indonesia yang berjudul “Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas Rendah”
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru?
■ Anak menunjukan respon yang baik terhadap materi yang disampaikan. Tetapi anak-anak terlihat kurang antusias dan rasa ingin tahunya tidak besar walaupun guru telah menggunakan media pembelajaran.
2.Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
■Guru kurang aktif dalam mengelola kelas. Sebaiknya guru terlebih dahulu menanyakan kabar anak-anak, mengajak berdoa, melakukan ice breaking yang lebih aktif lagi sehingga kelas lebih hidup.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
■Guru telah menyiapkan media pembelajaran berdasarkan materi yang diajarkan. Sehingga media yang ada membantu siswa berdasarkan kebutuhannya.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
■Siswa yang mengantuk, siswa yang mengkhayal, siswa yang aktif dan guru yang semangat.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
■ pertama : guru membangkitkan gairah belajar siswa. Dengan cara menanyakan kabar, melakukan aice breaking.
Kedua : guru menyiapkan media pembelajaran yang lebih berwarna agar merangsang motorik anak agar lebih ingin tahu.
Ketiga : mengajak siswa belajar membaca sambil bermain agar menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Keempat : siswa memberi tugas kepada siswa dan akan memberi reward bagi siswa yang paling cepat dan tepat dalam menyelesaikan tugas.
Kelima : guru melakukan refleksi serta memberikan reward kepada siswa/i yang berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan.
Yaang terakhir guru melibatkan orang tua agar membantu siswa/i membaca suku kata, kata dan kalimat dirumah.
Demikian tanggapan dari saya.
Terima kasih.
Nama: Lia iriani
Nim : 855864905
Pokjar : sei balai
Upbjj 12 UT Medan
Izin menanggapi, vidio pembelajaran diatas menurut saya sudah baik dengan pembukaan awal pembelajaran dikelas rendah guru tersebut menggunakan nyanyian yang dapat memicu semangat minat belajar siswa.Salah satu strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa yaitu memberikan perhatian dan motivasi secara khusus pada siswa.
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru?
Reaksi siswa akan semangat karena guru tersebut membangun semangat dengar menyanyi agar menumbuhkan semangat siswanya
2.Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut pendapat saya, disini guru kurang memberikan perhatian kepada murid sehingga beberapa anak masih belum bisa memahami apa yang dimaksud oleh ibu guru. Dan disini juga ibu guru kurang memperhatikan siswanya ada yg bermain,ada yang asik sendiri dengan dunia nya.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran adalah Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat pada anak sehingga anak anak juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada anak meskipun belum keseluruhan dari seluruh siswa.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Keunikan yang ada di dalam vidio tersebut adalah ciri khas anak sekolah dasar kalau guru menjelaskan ada yg bermain,ada yang asik dengan dunianya sendiri itu lah ciri khas anak sekolah dasar.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang dapat diusulkan adalah ibu guru lebih kreatif lagi untuk meningkatkan semangat peserta didik agar siswa lebih semangat lagi,ibu guru lebih meningkatkan perhatian agar peserta didik dapat memperhatikan juga penjelasan ibu guru tersebut sehingga tidak ada yang bermain, dan meningkatkan alat bantu belajar agar lebih menarik.