Similar Posts
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama: Lia iriani
Nim : 855864905
Pokjar : sei balai
Upbjj 12 UT Medan
Izin menanggapi, vidio pembelajaran diatas menurut saya sudah baik dengan pembukaan awal pembelajaran dikelas rendah guru tersebut menggunakan nyanyian yang dapat memicu semangat minat belajar siswa.Salah satu strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa yaitu memberikan perhatian dan motivasi secara khusus pada siswa.
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru? Reaksi siswa akan semangat karena guru tersebut membangun semangat dengar menyanyi agar menumbuhkan semangat siswanya
2.Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Menurut pendapat saya, disini guru kurang memberikan perhatian kepada murid sehingga beberapa anak masih belum bisa memahami apa yang dimaksud oleh ibu guru. Dan disini juga ibu guru kurang memperhatikan siswanya ada yg bermain,ada yang asik sendiri dengan dunia nya.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran adalah Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat pada anak sehingga anak anak juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada anak meskipun belum keseluruhan dari seluruh siswa.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Keunikan yang ada di dalam vidio tersebut adalah ciri khas anak sekolah dasar kalau guru menjelaskan ada yg bermain,ada yang asik dengan dunianya sendiri itu lah ciri khas anak sekolah dasar.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Upaya yang dapat diusulkan adalah ibu guru lebih kreatif lagi untuk meningkatkan semangat peserta didik agar siswa lebih semangat lagi,ibu guru lebih meningkatkan perhatian agar peserta didik dapat memperhatikan juga penjelasan ibu guru tersebut sehingga tidak ada yang bermain, dan meningkatkan alat bantu belajar agar lebih menarik.
Nama: Lia iriani
Nim : 855864905
Pokjar : sei balai
Upbjj 12 UT Medan
Izin menanggapi, vidio pembelajaran diatas menurut saya sudah baik dengan pembukaan awal pembelajaran dikelas rendah guru tersebut menggunakan nyanyian yang dapat memicu semangat minat belajar siswa.Salah satu strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa yaitu memberikan perhatian dan motivasi secara khusus pada siswa.
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru? Reaksi siswa akan semangat karena guru tersebut membangun semangat dengar menyanyi agar menumbuhkan semangat siswanya
2.Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Menurut pendapat saya, disini guru kurang memberikan perhatian kepada murid sehingga beberapa anak masih belum bisa memahami apa yang dimaksud oleh ibu guru. Dan disini juga ibu guru kurang memperhatikan siswanya ada yg bermain,ada yang asik sendiri dengan dunia nya.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran adalah Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat pada anak sehingga anak anak juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada anak meskipun belum keseluruhan dari seluruh siswa.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Keunikan yang ada di dalam vidio tersebut adalah ciri khas anak sekolah dasar kalau guru menjelaskan ada yg bermain,ada yang asik dengan dunianya sendiri itu lah ciri khas anak sekolah dasar.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Upaya yang dapat diusulkan adalah ibu guru lebih kreatif lagi untuk meningkatkan semangat peserta didik agar siswa lebih semangat lagi,ibu guru lebih meningkatkan perhatian agar peserta didik dapat memperhatikan juga penjelasan ibu guru tersebut sehingga tidak ada yang bermain, dan meningkatkan alat bantu belajar agar lebih menarik.
Nama : Anastasya Resti Dwi Damayanti
Nim : 857453343
Semester : 8
Pokjar/kelas : Centeh/A
mohon izin menanggapi video pembelajaran yang membahas tentang ” Kesulitan Membaca huruf, Suku kata, kata dan kalimat ”
1. Guru tidak mengucapkan salam pembuka dan melakukan apersepsi
2. Guru langsung menjelaskan materi yang akan diajarkan dengan menggunakan kartu bergambar tanpa mengulas materi sebelumnya.
3. ketika guru menjelaskan ada beberapa anak yang kurang memperhatikan dan merasa bosan sehingga anak tersebut kurang semangat.
4. lalu ketika guru melakukan pembimbingan mengeja huruf yang ada di kartu bergambar guru tersebut kurang melakukan pembimbingan secara keseluruhan sehingga ada beberapa anak yang tidak memiliki semangat untuk membaca. maka seharusnya guru membagi kedalam beberapa kelompok sehingga anak yang kurang mendapat perhatian akan terlihat.
5. guru tersebut hanya menggunakan satu media pembelajaran saja sehingga media yang digunakan kurang bervariatif.
6. beberapa anak mengalami kesulitan karena ada anak yang masih belum mengenal huruf bahkan merangkai suku kata, kata serta kalimat.
Nama : Yuliet Pujianti
NIM : 856814777
Pokjar : Mukomuko
Para senior, izinkan saya menanggapi video yang telah kita saksikan tadi. Yaitu tentang “Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat”.
1. Pembelajaran dilakukan di kelas satu
2. Metode belajar : interaktif
3. Materi/sub bab : Keluargaku, tema 4 sub tema 1
1. Identifikasi masalah. Permasalahan kesulitan membaca di kelas rendah sering kita jumpai. Hal tersebut dirasa sangat wajar karena kelas rendah, khusunya dikelas 1 siswa masih masa peralihan dari TK. Mereka masih terbiasa belajar sambil bermain. Untuk itu perlu adanya pendekatan yang hampir sama seperti seorang guru TK mengajar. Agar tidak terjadi kebosanan. Tayangan video diatas menurut saya sudah bagus. Gurunya sangat komunikatif dan perhatian terhadap semua muridnya. Dalam penggunaan media pembelajaran juga sudah sangat bagus, namun akan lebih menarik lagi bila menggunakan media pembelajaran yang bersifat kekinian. Seperti perangkat laptop dan infocus yang mampu menyajikan video pelajaran yang lebih menarik lagi. Sehingga antusias siswa terhadap pelajaran bisa lebih maksimal.
2. Anak di kelas rendah mengalami kesulitan membaca dikarenakan beberapa sebab, antara lain:
* Anak malas
* Anak merasa bosan
* Kurang konsentrasi
* Tidak ada media pembelajaran
* Pembelajaran lambat karena slow learner
* Guru yang kurang mampu berkomunikasi dengan baik kepada siswa.
3. Alternatif/solusi pemecahan masalah :
Untuk menarik perhatian para siswa, seorang guru harus mampu tampil menarik dihadapan para siswa. Rapi penampilannya, baik komunikasinya, menggunakan media pembelajaran yang menarik serta menyelingi pelajaran dengan nyanyian atau ice breaking agar anak tidak merasa bosan. Penampilan video diatas menurut saya sudah bagus sekali. Bisa menjadi referensi kita sebagai calon guru.
4. Tujuan perbaikan.
Sudah barang tentu perbaikan dilakukan agar tujuan capaian pembelajaran dapat tercapai dengan mudah untuk semua siswa yang ada di kelas. Anak jadi mudah dalam memahami apa yang diarahkan oleh gurunya dengan suasana hati yang baik, sehingga keinginannya untuk dapat membaca jadi mudah diwujudkan.
Tentunya dalam mendidik para siswa seorang guru juga harus mampu menjalin kerjasama yang baik dengan para orang tua siswa. Hal tersebut dilakukan agar apa yang diajarkan di sekolah dengan apa yang di ajarkan di rumah bisa sejalan.
Nama : shela agusriani
Nim :855852821
Pokjar : binjai
Upbjj : medan
Semester : 6
Izin menanggapi video diatas yang berjudul ” kesulitan membaca permulaan dikelas rendah ”
1. Bagaimana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab:
menurut saya pada video tersebut anak-anak menunjukkan sikap antusias dan semangat belajar serta aktif saat bernyanyi bersama guru dan dalam video pembelajaran tersebut membuat anak berpikir untuk menjawab dan tertantang untuk menyelesaikan perintah atau pertanyaan dari guru.
2. Secara keseluruhan Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab:
Menurut saya pada video tersebut guru kurang memberikan perhatian kepada siswanya sehingga beberapa anak masih ada yang belum bisa memahami apa yang dimaksud oleh gurunya. Selain itu guru juga kurang memiliki variasi sistem pembelajaran.
3. Secara keseluruhan Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab:
Menurut pendapat saya kelebihan secara keseluruhan guru dalam melakukan pembelajaran adalah pada video tersebut guru berhasil menghidupkan suasana semangat belajar siswa dan menumbuhkan keaktifan siswa dengan mengajak siswa untuk bernyanyi , dan kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada siswa.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab:
Ada video tersebut hal unik yang ditemukan adalah guru memberikan variasi dalam pembelajaran menggunakan media belajar yang sangat sederhana yaitu menggunakan media gambar dan potongan kertas yang berisikan ejaan suku kata sehingga dapat mengasah kemampuan membaca para siswa.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Jawab:
Upaya yang mungkin dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah guru bisa lebih menambah variatif pembelajaran contohnya dengan menggunakan media pembelajaran yang lainnya seperti menggunakan musik, menggunakan media gambar yang lebih menarik, menambah metode pembelajaran dan memperhatikan proses pembelajaran mulai dari awal, pembukaan ,kegiatan inti ,hingga penutup dan refleksi dengan baik.
Nama : Aprisanto
Nim : 855740355
UPBJJ : Bandar Lampung
Menanggap vidio pembelajaran diatas menurut saya sudah baik dengan pembukaan awal pembelajaran dikelas rendah guru tersebut menggunakan nyanyian yang dapat memicu semangat minat belajar siswa.Salah satu strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa yaitu memberikan perhatian dan motivasi secara khusus pada siswa. Strategi yang dilakukan oleh guru ini dapat membangkitkan semangat dan minat siswa dalam belajar membaca
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru?
Menurut saya anak anak menunjukkan semangat dan antusiasme yang baik selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, anak anak juga terkesan sangat menyanyagi serta menghormati guru yang sedang menyampaikan pembelajaran di depan kelas. Peserta didik juga sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti bernyanyi.
2.Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut pendapat saya, disini guru kurang memberikan perhatian kepada murid sehingga beberapa anak masih belum bisa memahami apa yang dimaksud oleh ibu guru. Selain itu, guru juga kurang memiliki variasi pembelajaran meskipun guru telah menggunakan metode yang bervariasi. Mungkin disini nanti, guru akan lebih menekankan dan memberikan perhatian lebih kepada anak yang belum bisa membaca. Bukan hanya itu, guru juga masih menggunakan media pembelajaran yang terbatas sehingga siswa belum terlalu paham dalam pembelajaran.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran adalah Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat pada anak sehingga anak anak juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada anak meskipun belum keseluruhan.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru memberikan metode pembelajaran yang variatif seperti menggunakan lagu lagu, kemudian guru juga melibatkan gambar serta tantangan kepada anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat sehingga meningkatkan ketrampilan membaca mereka.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
-Memperhatikan proses pembelajaran mulai dari kegiatan awal/pembukaan, kegiatan inti, penutup dan refleksi dengan baik.
-Menambah metode pembelajaran
-Menggunakan media pembelajaran yang variatif
-Pembelajaran yang berfokus kepada murid/Student Center.
-Melibatkan orang tua murid
Nama : febrisna Dian Margaretha gulo
Nim : 855854936
Jurusan : PGSD-S1
Mohon izin menanggapi Bapak Ibu
Terkait video pembelajaran bahasa indonesia yang berjudul “Kesulitan membaca permulaan di SD kelas rendah”
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab :
1. -Anak-anak menunjukkan semangat dan antusiasme dalam belajar, seperti diajak untuk selalu penuh semangat dan rajin.
-Mereka diajarkan untuk menghormati guru dan menyayangi teman-teman mereka.
-Anak-anak terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bernyanyi lagu pergi ke sekolah.
-Terdapat tantangan dalam membaca huruf, suku kata, dan kalimat yang mungkin membuat beberapa anak mengalami kesulitan.
-Anak-anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan berbagai metode pembelajaran, seperti metode abjad, metode suku kata, dan metode global.
2. -Kurangnya perhatian: Guru mungkin kurang memberikan perhatian yang cukup kepada setiap siswa, sehingga beberapa anak mungkin merasa tidak terbantu dengan baik.
-Kurangnya variasi metode pembelajaran: Meskipun telah menggunakan metode yang bervariasi, masih ada beberapa anak yang belum mengenal huruf dan belum dapat merangkai suku kata-kata dan kalimat.
-Kurangnya media pembelajaran: Beberapa anak mungkin mengalami kesulitan karena tidak adanya media pembelajaran yang memadai.
3. -Mendorong semangat dan antusiasme belajar: Guru mendorong anak-anak untuk selalu penuh semangat dan rajin dalam belajar.
-Mengajarkan nilai-nilai sosial: Guru mengajarkan anak-anak untuk menghormati guru, menyayangi teman-teman, dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
-Memberikan bimbingan: Guru memberikan bimbingan kepada anak-anak yang belum dapat membaca dengan berbagai metode pembelajaran, seperti metode abjad, metode suku kata, dan metode global.
-Mendorong keterlibatan aktif: Anak-anak diajak untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bernyanyi lagu pergi ke sekolah.
4. -Guru menggunakan lagu sebagai sarana untuk memotivasi anak-anak dalam belajar, seperti lagu pergi ke sekolah.
-Guru melibatkan interaksi antara anak-anak dan gambar-gambar sebagai metode pembelajaran, seperti mengajak anak-anak membaca huruf dan suku kata dari gambar.
-Guru memberikan tantangan kepada anak-anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat, sehingga meningkatkan keterampilan membaca mereka.
5. – Meningkatkan perhatian individual: Guru dapat lebih memperhatikan kebutuhan individual setiap siswa, termasuk yang mengalami kesulitan dalam membaca, sehingga dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif.
-Memperluas variasi metode pembelajaran: Guru dapat terus mengembangkan variasi metode pembelajaran yang kreatif dan efektif untuk membantu siswa dalam memahami materi, seperti dengan memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.
-Memperkaya media pembelajaran: Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan mendukung, seperti audio visual, flashcards, atau permainan edukatif, untuk membantu siswa dalam belajar membaca.
-Memberikan dukungan yang lebih intensif: Guru dapat memberikan dukungan yang lebih intensif kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca, termasuk dengan memberikan waktu ekstra untuk bimbingan tambahan.
-Melibatkan orang tua: Guru dapat melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, seperti dengan memberikan informasi dan tips kepada orang tua untuk membantu anak-anak belajar membaca di rumah.
Jois Septiana says:
April 26, 2024 at 3:22 pm
Nama : Jois Septiana Gesti Sabrina
NIM : 858571142
UT MALANG
Pokjar : Al Huda
Semester 6
Mohon Izin untuk menanggapi Bapak/Ibu terkait dengan video pembelajaran bahasa Indonesia yang berjudul “Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas Rendah”
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru?
Menurut saya anak anak menunjukkan semangat dan antusiasme yang baik selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, anak anak juga terkesan sangat menyanyagi serta menghormati guru yang sedang menyampaikan pembelajaran di depan kelas. Peserta didik juga sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti bernyanyi.
2.Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut pendapat saya, disini guru kurang memberikan perhatian kepada murid sehingga beberapa anak masih belum bisa memahami apa yang dimaksud oleh ibu guru. Selain itu, guru juga kurang memiliki variasi pembelajaran meskipun guru telah menggunakan metode yang bervariasi. Mungkin disini nanti, guru akan lebih menekankan dan memberikan perhatian lebih kepada anak yang belum bisa membaca. Bukan hanya itu, guru juga masih menggunakan media pembelajaran yang terbatas sehingga siswa belum terlalu paham dalam pembelajaran.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran adalah Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat pada anak sehingga anak anak juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada anak meskipun belum keseluruhan.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru memberikan metode pembelajaran yang variatif seperti menggunakan lagu lagu, kemudian guru juga melibatkan gambar serta tantangan kepada anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat sehingga meningkatkan ketrampilan membaca mereka.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
-Memperhatikan proses pembelajaran mulai dari kegiatan awal/pembukaan, kegiatan inti, penutup dan refleksi dengan baik.
-Menambah metode pembelajaran
-Menggunakan media pembelajaran yang variatif
-Pembelajaran yang berfokus kepada murid/Student Center.
-Melibatkan orang tua murid
Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih.
Nama Serini Dawolo
Nim 855855794
Semester 6.
Pada saat membuka pelajaran terlihat bersemangat dengan mengawali bernyanyi bersama dan memberi motivasi kepada siswa sehingga kelas terlihat aktif.serta pada saat menyampaikan materi dengan menggunakan media gambar serta huruf.
Solusi bagaimana kita mengatasi membaca?.
Dengan menggunakan media gambar siswa menebak huruf pada gambar tersebut.
Nama : Nia Agustina
Nim : 856469145
Izin menanggapi video di atas, menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat baik. sebelum melakukan pembelajaran guru membuka pembelajaran dengan ice breaking menyanyi bersama-sama terlebih dahulu, sehingga membuat anak-anak semangat belajar. dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut.
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Menurut saya reaksi peserta didik terhadap pembelajaran tersebut sangat bersemangat dan bahagia mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh gurunya,
peserta didik sangat aktif dan ikut bernyanyi bersama-sama dengan guru.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut pendapat saya kelemahan guru tersebut yaitu guru kurang memberikan perhatian yang adil kepada peserta didiknya, guru tersebut hanya
memberikan perhatian hanya kepada beberapa anak saja, sehingga ada beberapa anak yang belum mengerti pembelajaran yang dilakukan oleh guru
tersebut. setelah itu guru belum melakukan doa terlebih dahulu sebelum belajar.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kelebihan guru tersebut yaitu semangat yang sangat luar biasa dalam membuka awal pembelajaran dikelas sebelum memulai pembelajaran
dengan menyanyi bersama-sama.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru membawa gambar saat pembelajaran sehingga membuat peserta didik fokus saat proses pembelajaran.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan
kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut saya upaya yang harus ditingkatkan yaitu menambah metode pembelajaran, menggunakan media pembelajaran yang lebih kreatif, memperhatikan
seluruh peserta didik dengan adil, dan memperhatikan kegiatan awal pembukaan, inti, dan akhir pembelajaran dengan baik.
NAMA : Porisa Pebria Nasarani
NIM : 877315073
Berdasarkan vidio pembelajaran “Kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat” menurut saya guru sudah melakukan pembukaan awal pembelajaran dikelas rendah dengan baik. Guru menggunakan pembukaan dengan menyanyi sehingga dapat memicu semangat minat belajar siswa. Salah satu strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada peserta didik yaitu memberikan perhatian dan motivasi secara khusus pada peserta didik. Strategi yang dilakukan oleh guru tersebut dapat membangkitkan semangat dan minat siswa dalam belajar membaca.
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru?
Menurut saya reaksi anak menunjukkan semangat dan antusiasme dengan baik. Selain itu, anak anak juga santun serta menghormati guru yang sedang menyampaikan pembelajaran di depan kelas. Peserta didik juga sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
2. Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya, guru kurang memiliki variasi pembelajaran dan kurang perhatian terhadap peserta didik. Sehingga guru harus lebih menekankan dan memberikan perhatian lebih kepada anak yang belum bisa membaca. Selain itu guru juga masih menggunakan media pembelajaran yang terbatas sehingga peserta didik belum terlalu paham dalam pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran adalah Guru mampu mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat pada anak sehingga anak anak juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada anak meskipun belum menyeluruh.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru memberikan metode pembelajaran yang variatif seperti menggunakan lagu lagu. Guru juga melibatkan gambar serta tantangan kepada anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat sehingga meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
1. Memperhatikan proses pembelajaran mulai dari kegiatan awal/pembukaan, kegiatan inti, penutup dan refleksi dengan baik;
2. Menambah metode pembelajaran;
3. Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi;
4. Pembelajaran yang berfokus kepada peserta didik;
5. Melibatkan orang tua murid;