Similar Posts
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Assalamu’alaikum wr wb
Setelah menyimak video pembelajaran diatas, maka saya menyimpulkan bahwa :
Kelebihan guru dalam video pembelajaran :
1. dalam Menyampaikan Materi Guru terlihat Tegas dan mantap.
2. pembukaan kegiatan belajar dilakukan dengan bernyanyi dan bertepuk tangan.
3. siswa rapi dan tenang dalam pelaksanaan Kegiatan belajar
4. guru dan siswa saling berinteraksi dalam pendalaman materi belajar secara bersama-sama.
5. guru menggunakan Media atau Alat Peraga yang berkaitan dengan tema belajar adalah penunjang penjelasan materi agar lebih siswa fahami dengan mudah.
Adapun kelamahan guru dalam video tersebut yaitu:
1. tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran gambar media yang disajikan sesuai dengan lagu
2. tidak mengucapkan salam pada saat awal memulai pembelajaran
3. tidak menanyakan kabar siswa
4. tidak menanyakan tentang kehadiran
5. media pembelajaran kurang lengkap
6. hanya fokus kepada siswa yang didepan kelas
7. dalam proses belajar siswa tampak kurang antusias
Sekian analisis saya pada video pembelajaran kali ini.
Assalamu’alaikum wr wb
Nama : Kapita Sari
NIM : 858043408
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : Pontianak
Setelah menyaksikan video diatas yang saya amati dari vidoe tersebut adalah pembelajaran kelas rendah yang di lakukan seorang guru kepada murid di materi membaca. pada awal pelajaran guru mengajak semua murid untuk membaca bersama-sama lembar yang di pegang guru. dimana di lembar tersebut terdapat gambar dan tulisan. ketika guru menjelaskan materi secara klasikal siswa sebagian besar bersemangat dan mengikuti intruksi gurunya. namun ketika mereka di berikan intruksi untuk membaca di bukunya masing-masing, ada beberapa anak yang mulai hilang konsentrasi. terlebih anak-anak yang masih belum bisa membaca tanpa di bantu gurunya. cara guru dalam mengajarkan baca per huruf, kata, maupun kalimat sudah sangat baik. memalui gambar yang bertulisan dan menyuruh anak untuk mencari huruf yang sama dengan digambar. maupun mencocokan tulisan dengan kartu yang bergambar dan tulisan. agar suasana tetap kondusif dan anak tetap bisa berkonsentrasi kepada materi yang diajarkan alangkah baik nya guru memberi refleksi atau ice breaking ditengan-tengah pembelajaran. hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya bosan dan mecairkan suasana agar anak tidak mengantuk saat di jam pelajaran.
Nama: Winda Ningsih
NIM : 857531991
UPBJJ: Bandung
Prodi/Sem :PGSD/6
Berdasarkan Video yang telah saya simak mengenai materi pembelajaran B.Indonesia “Kesulitan Membaca Huruf,Suku kata,Kata dan Kalimat diatas menampilkan bahwa kesulitan dalam membaca dan lainya dapat diatasi dengan menggunakan alat peraga yang menunjang atau relevan seperti dalam video yang digunakan oleh ibu guru yaitu menggunakan metode bernyanyi untuk mempermudah mengenal kata. lalu selanjutnya guru membantu siswa dalam mengenal kata, ejaan kata,dengan alat peraga gambar yang mudah di identifikasi dengan kata yang diperkenalkan kepada siswa. Selain itu pemberian tulisan berupa abjad yang dapat disusun oleh siswa mempermudah siswa mengeja ejaan kata.
Nama : Neli Nadia Adawiah
NIM : 857532083
UPBJJ : Bandung
Prodi : PGSD
Berdasarkan video mengenai kesulitan membaca huruf, suku kata, dan kalimat pada awal pembelajaran guru dimulai dengan bernyanyi bersama. Hal itu membuat anak-anak lebih bersemangat untuk belajar.
Interaksi yang terjadi antara anak-anak tersebut dengan guru baik. Media pembelajaran disertai gambarpun menjadi alat bantu yang bagus agar anak-anak lebih tertarik pada saat proses belajar.
Namun, ada beberapa siswa yang dalam membaca permulaan mengalami kendala salah satunya sulit membedakan huruf atau ada anak yang dalam penyerapan materinya lambat. Diperlukan kesabaran untuk guru yang mengajarinya. Dan untuk metodenya pula bisa di tambah, misalnya mengenalkan huruf dengan nyanyian atau langsung melalui contoh bendanya agar anak-anak dapat lebih mudah paham hurufnya.
Nama : DELIAR NOR
NIM : 825966207
Ketika saya mengajar di kelas rendah kesulitan yang paling banyak ditemui yaitu kesulitan dalam mengajarkan membaca. Dikelas rendah tingkat kebosanan anak sangat tinggi ketika dihadapkan dengan pembalajaran membaca karna anak-anak kelas 1 lebih senang belajara menggunakan benda konkrit. Adapun cara yang lebih efektif menurut saya yaitu dengan cara :
1).Seperti halnya yang ada di video diatas terkadang saya lebih mensiasati media pembelajran dengan gambar yang menarik dan berwarna cerah atau potongan huruf berwarna.
2).Untuk mempermudah dalam hal menyediakan media terkadang saya gunakan proyektor sederhana untuk menampilkan gambar- gambar yang menarik perhatian anak sehingga meningkatkan minat belajar anak.
3). Untuk memudahkan mengingat huruf-huruf yang sulit di ingat saya lebih meumpamakan huruf dgn benda- benda sekitarnya,misalkan huruf “h” mirip kursi atau di umpamakan huruf yang menyerupai suara pedas.
Terimakasih
Nama : DELIAR NOR
NIM : 825966207
Ketika saya mengajar di kelas rendah kesulitan yang paling banyak ditemui yaitu kesulitan dalam mengajarkan membaca. Dikelas rendah tingkat kebosanan anak sangat tinggi ketika dihadapkan dengan pembalajaran membaca karna anak-anak kelas 1 lebih senang belajara menggunakan benda konkrit. Adapun cara yang lebih efektif menurut saya yaitu dengan cara :
1).Seperti halnya yang ada di video diatas terkadang saya lebih mensiasati media pembelajran dengan gambar yang menarik dan berwarna cerah atau potongan huruf berwarna.
2).Untuk mempermudah dalam hal menyediakan media terkadang saya gunakan proyektor sederhana untuk menampilkan gambar- gambar yang menarik perhatian anak sehingga meningkatkan minat belajar anak.
3). Untuk memudahkan mengingat huruf-huruf yang sulit di ingat saya lebih meumpamakan huruf dgn benda- benda sekitarnya,misalkan huruf “h” mirip kursi atau di umpamakan huruf yang menyerupai suara pedas.
Terimakasih
Nama : Ana Fadhiatus Soleha
NIM : 858100731
Judul : Analisis Vidio Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata, dan Kalimat
Hasil analisis dari vidio yang saya tontom tersebut adalah dari segi peserta didik sendiri masih banyak yang kebingungan karena tidak hafal dengan lagu yang guru bawakan. Namun mereka tetap aktif dan memerhatikan guru di depan dengan sangat baik.
Kekurangan Guru
1. Tidak memberikan media visual seperti vidio untuk membantu peserta didiknya memahami lagu terlebih dahulu, sehingga beberapa anak masih kebingungan.
2. Guru lebih fokus pada Ibu dan Ayah yang mana mungkin beberapa anak tidak memiliki itu, bisa ditambahkan pengertian bahwa keluarga bisa juga nenek dan kakek atau adik dan kakak.
Kelebihan Guru
1. Guru memiliki pribadi yang menyenangkan sehingga peserta didiknya terlihat sangat nyaman di vidio.
2. Guru mengayomi peserta didiknya dengan sangat baik, dengan cara membimbing satu persatu peserta didiknya dalam proses pembelajarannya.
3. Media ajar yang digunakan juga sangat baik dan terlihat penuh usaha dalam mengajari peserta didiknya.
Hal unik yang dimiliki guru tersebut adalah pembawaanya yang menarik serta kesungguhannya dalam mengajari peserta didik kelas rendah sangat baik untuk dicontoh kita semua.
Upaya yang dapat saya berikan sebagai masukan adalah sebaiknya menggunakan media visual seperti vidio pada layar proyektor saat mengajak peserta didik bernyanyi. Agar peserta didik lebih tertarik dan tidak kebingungan. Terutama jika ini kelas rendah.
Sekian terima kasih.
Nama : Miftahul jannah
NIM : 856583245
UPBJJ : Jambi
Prodi : PGSD
mengenai kesulitan membaca huruf, suku kata, dan kalimat pada awal pembelajaran guru memulai pembelajaran dengan bernyanyi bersama.
Hal itu membuat menambah semangat belajar anak anak-anak, sebelum masuk kemateri pembelajaran.
Interaksi yang terjadi antara anak dan guru harus sangat baik apalagi dalam sedang mengajar, guru menggunakan media / metode pembelajaran yang menarik salah satunya yaitu metode gambar, menjadi alat bantu yang efektif agar anak-anak lebih tertarik pada saat proses belajar mengajar.
Namun, ada beberapa siswa yang dalam membaca permulaan mengalami kendala salah satunya sulit membedakan huruf atau ada anak yang dalam penyerapan materinya lambat. Diperlukan kesabaran untuk guru yang mengajarnya. Dan untuk metodenya pula bisa di tambah, misalnya mengenalkan huruf dengan nyanyian atau langsung melalui contoh bendanya agar anak-anak dapat lebih mudah paham hurufnya.
Nama : Mey Damawarni Gulo
NIM : 858043311
Semester 8 S1-PGSD
Menurut saya, dari menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
Dengan cara seperti ini dapat membangun semangat peserta didik untuk memulai pembelajaran. Kemudian guru tersebut juga mengaitkan lagu tersebut dengan pembelajaran materi Keluarga yang akan dipelajari, menggunakan media gambar untuk menarik perhatian peserta didik dalam mengenal huruf dan belajar mengeja per suku kata.
Di akhir video juga terlihat guru tersebut mendatangi beberapa siswa yang merasa kesulitan dalam mengeja serta mengajarinya bagaimana mengeja dengan baik dan benar. Dengan tindakan mendatangi dan mengajarkan peserta didik yang terlihat masih kesulitan dalam mengeja dapat membangun semangat dan kepercayaan diri peserta didik tersebut, serta membuat anak merasa terbimbing dan diperhatikan.
NAMA : ANAK AGUNG PUTRI WAHYUNI(SEMESTER 6)
NIM : 859038874
PRODI : PEND. PGSD POKJAR KUTA UTARA-BADUNG
Berdasarkan pengamatan dalam video ini dapat saya analisis mengenai Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat. Pada video tsb, siswa sangat antusias dalam merespon peryanyaan gurunya dan siswa sudah diberikan ice breaking di tahap awal pembelajaran, namun guru disini belum memberikan motivasi dan apresiasi masuk dlm proses pembelajaran. Dilihat dari segi pengajaran gurunya, belum memberikan pengenalan huruf alfabet secara menyeluruh, namun kelemahannya guru belum mengajarkan suku kata pd siswa yang belum bisa belajar membaca atau kesulitan dalam membaca suku kata, Jika diamati kelebihannya guru sudah memberikan contoh media gambar untuk mengaitkan kemmapuan berpikir logis siswa terhadap suatu pengenalan bacaan merujuk pd simbol/gambar berdasarkan bacaan yang diarahkan guru itu. Dan yang dilihat hal unik dlm pembelajarn ini adalah guru memfokuskan media gambar dgn bacaan kata,mencari huruf bacaan dgn menghubungkan pd gambar sehingga siswa lebih cepat untuk menemukan gambar dgn kata pd bacaan itu. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bacaan suku kata, huruf, kata dan kalimat mesti diberikan ketrampilan penguatan secara berulang-ulang, ketrampilan mengadakan variasi, keterampilan mengajar kelompok kecil atau perorangan. Demikian yang dapata saya berikan ulasan analisis dlm video pembelajaran ini. Teriamkasih