Similar Posts
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama: Windi Saputri
Nim : 859402532
Pokjar : Luwu Timur
Upbjj: Makassar
Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam pembelajaran?
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam pembelajaran?
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Video kedua, kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat
1. Suasana di dalam kelas kondusif, siswa mendengerkan dan fokus memperhatikan gurunya, sebab adanya interaksi antara guru dan siswa, guru bertanya siswa menjawab dengan semangat.
2. menurut saya tidak ada kelemahan guru di dalam video tersebut. Guru tersebut menjadikan saya termotivasi untuk menerapkan metode pembelajaran yang guru tersebut bawakan.
3. kelebihan guru tersebut adalah guru dapat membagi kebutuhan belajar siswanya dengan baik seperti bagi yang belum bisa membaca akan menggunakan metode abjad, eja, suku kata, kata dan kalimat. Sedangkan bagi anak yang sudah lancar membaca akan menggunakan metode SAS. Hal ini merupakan pembelajaran berdiferensiasi
4. hal-hal unik yang ditemukan adalah penggunaan media pembelajaran yang menarik siswa untuk belajar membaca, berupa kertas yang berisi abjad, ejaan, kata dan kalimat disertakan dengan gambar sehingga siswa termotivasi untuk membacanya.
5. usulan untuk meningkatkan kualitas belajar yaitu guru dapat menampilkan gambar-gambar, kata-kata, kalimat-kalimat dengan menggunakan LCD sehingga siswa dapat melihatnya dengan semangat.
nama : hafidz muhammad ridho
nim : 857832216
progdi : PGSD
upbjj : surakarta
Berdasarkan video yang saya amati, dalam proses awal pembelajaran sudah baik untuk menarik perhatian siswa karena di awali dengan permainan dan ice breaking agar dapat merangsang semangat belajar siswa sehingga anak bisa antusias dalam proses belajarnya. dan pada saat pembelajaran guru tersebut menggunakan metode gambar sehingga mudah dimengerti siswa serta memberikan semangat lebih untuk siswa belajar terutama pada kelas rendah,dengan menggunakan cara begitu dapat mengatasi kesulitan belajar membaca huruf pada anak. Hanya saja untuk media gambar yang digunakan bisa diperbesar lagi dan memilih gambar yang berwarna supaya siswa yang lain terutama siswa yang duduk dibelakang juga dapat melihat dengan jelas media gambar yang digunakan serta dapat menarik perhatian siswa.
Nama: Teodora Sunarti
NIM: 858071328
UPBJJ: UT Pontianak
Pokjar: Mempawah
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru diatas adalah beragam. Ada yang semangat, bahkan ada yang tidak semangat.
2. Kelemahan yang ada pada video diatas adalah kurangnya persiapan untuk kegiatan pembukaan. Menurut saya seharusnya pada awal pembukaan kegiatan pembelajaran tidak langsung menyanyikan lagu. Boleh dengan sapaan terlebih dahulu, atau menanyakan kabar siswa.
3. Kelebihan yang ada pada video diatas adalah guru sudah bisa membawa siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, menggunakan media yang sesuai dengan materi yang disampaikan, dan adanya apresiasi terhadap siswa serta adanya umpan balik dari siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru nya.
4. Menurut saya ada beberapa hal unik yang terdapat pada video diatas. Pertama adalah pada saat pembukaan guru tidak melakukan sapaan terlebih dahulu, tidak ada doa pembuka, tidak ada mengisi daftar kehadiran siswa. Menurut saya itu adalah hal menarik, kenapa? Karena saya melihat guru diatas seharusnya sudah biasa melakukan hal itu, namun beliau seperti melupakan hal tersebut. Kedua, ketika guru menggunakan media yang bisa membuat siswa tertarik dengan pembelajaran tersebut sehingga anak-anak pun bisa antusias mengikuti pembelajaran tersebut.
5. Menurut saya yang harus dilakukan guru pada pembelejaran selanjutnya adalah tidak lupa dengan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan, seperti kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kemudian untuk media pembelajaran sebaiknya boleh menggunakan media yang lebih besar dan bisa lebih menarik.
Terima kasih 🙏
Nama: Teodora Sunarti
NIM: 858071328
UPBJJ: UT Pontianak
Pokjar: Mempawah
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru diatas adalah beragam. Ada yang semangat, bahkan ada yang tidak semangat.
2. Kelemahan yang ada pada video diatas adalah kurangnya persiapan untuk kegiatan pembukaan. Menurut saya seharusnya pada awal pembukaan kegiatan pembelajaran tidak langsung menyanyikan lagu. Boleh dengan sapaan terlebih dahulu, atau menanyakan kabar siswa.
3. Kelebihan yang ada pada video diatas adalah guru sudah bisa membawa siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, menggunakan media yang sesuai dengan materi yang disampaikan, dan adanya apresiasi terhadap siswa serta adanya umpan balik dari siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru nya.
4. Menurut saya ada beberapa hal unik yang terdapat pada video diatas. Pertama adalah pada saat pembukaan guru tidak melakukan sapaan terlebih dahulu, tidak ada doa pembuka, tidak ada mengisi daftar kehadiran siswa. Menurut saya itu adalah hal menarik, kenapa? Karena saya melihat guru diatas seharusnya sudah biasa melakukan hal itu, namun beliau seperti melupakan hal tersebut. Kedua, ketika guru menggunakan media yang bisa membuat siswa tertarik dengan pembelajaran tersebut sehingga anak-anak pun bisa antusias mengikuti pembelajaran tersebut. 5. Menurut saya yang harus dilakukan guru pada pembelejaran selanjutnya adalah tidak lupa dengan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan, seperti kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kemudian untuk media pembelajaran sebaiknya boleh menggunakan media yang lebih besar dan bisa lebih menarik.
Terima kasih 🙏
Nama: Teodora Sunarti
NIM: 858071328
UPBJJ: UT PONTIANAK
Pokjar: Mempawah
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru diatas adalah beragam. Ada yang semangat, bahkan ada yang tidak semangat.
2. Kelemahan yang ada pada video diatas adalah kurangnya persiapan untuk kegiatan pembukaan. Menurut saya seharusnya pada awal pembukaan kegiatan pembelajaran tidak langsung menyanyikan lagu. Boleh dengan sapaan terlebih dahulu, atau menanyakan kabar siswa.
3. Kelebihan yang ada pada video diatas adalah guru sudah bisa membawa siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, menggunakan media yang sesuai dengan materi yang disampaikan, dan adanya apresiasi terhadap siswa serta adanya umpan balik dari siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru nya.
4. Menurut saya ada beberapa hal unik yang terdapat pada video diatas. Pertama adalah pada saat pembukaan guru tidak melakukan sapaan terlebih dahulu, tidak ada doa pembuka, tidak ada mengisi daftar kehadiran siswa. Menurut saya itu adalah hal menarik, kenapa? Karena saya melihat guru diatas seharusnya sudah biasa melakukan hal itu, namun beliau seperti melupakan hal tersebut. Kedua, ketika guru menggunakan media yang bisa membuat siswa tertarik dengan pembelajaran tersebut sehingga anak-anak pun bisa antusias mengikuti pembelajaran tersebut. Ketiga, pada judul videonya adalah “kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” namun pada video diatas tidak memperlihatkan bahwa ada siswa yang kesulitan dalam hal itu.
5. Menurut saya yang harus dilakukan guru pada pembelejaran selanjutnya adalah tidak lupa dengan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan, seperti kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kemudian untuk media pembelajaran sebaiknya boleh menggunakan media yang lebih besar dan bisa lebih menarik.
Sekian dari saya. Terima kasih 🙏
Nama : Sendy Oktaviani
NIM : 858071177
UPBJJ : PONTIANAK
POKJAR : MEMPAWAH
• Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran di lakukan guru?
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu terdapat beberapa siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran, tetapi ada beberapa siswa juga yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran. Pada awal pembelajaran Guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama hal tersebut membuat siswa lebih semangat untuk belajar.
• Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah guru belum mengkondisikan kelas seperti mengucapkan salam, berdo’a, melakukan absensi. Guru juga belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. selain itu, kurangnya penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa, seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa
• Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah guru mampu menyampaikan materi dengan jelas, metode yang diajarkan oleh guru menarik yang dimana siswa sangat antusias dalam menjawab pertanyaan guru karena menggunakan media gambar, ketika ada siswa yang mengalami kesulitan membaca guru juga sudah membantu dengan memberikan media huruf yang akan dicocokkan dengan tulisan yang ada pada gambar. Guru dapat menghidupkan suasana kelas dengan cara ice breaking
• Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal unik yang di temukan dalam video tersebut adalah guru menggunakan media visual dalam proses pembelajaran agar siswa lebih tertarik untuk mengikuti kelas.
• Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Guru mengajar dengan sangat baik di video tersebut. Memulai membaca di sekolah dasar tidaklah mudah. sehingga di ampuh dengan berbagai cara agar siswa mudah untuk membaca.
Penyebab siswa tidak suka membaca adalah rasa malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, dan kurang lingkungan belajar nya.
NAMA : FARAH TAZKI R
NIM : 858571554
POKJAR : AL HUDA KEDIRI
Assalamualiakum wr wb.
Mohon izin menanggapi video pembelajaran tersebut.
Soal
1) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
2) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
3) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
4) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
5) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab
1) Anak selalu dipacu untuk semangat dan pekerja keras, sehingga menunjukkan semangat dan kegembiraan dalam belajar.
a) Beberapa anak mengalami kesulitan membaca huruf, suku kata, dan kalimat.
b) Mengajari anak yang belum bisa membaca berbagai metode pembelajaran seperti metode alfabet, metode suku kata, dan metode global.
c) Perkaya media pembelajaran Anda: Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan mendukung, termasuk audiovisual, flashcard, dan permainan edukatif, untuk membantu siswa belajar membaca dan menulis.
d) Keterlibatan Orang Tua: Guru dapat melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, misalnya dengan memberikan informasi dan tips untuk membantu anak belajar membaca dan menulis di rumah.
2) – Kurangnya perhatian guru
– Kurangnya media pembelajaran
– Kurangnya metode pembelajaran yang menarik
3) – Memberikan bimbingan langsung
– Mendorong semangat mengajar
– Mengajarkan nilai-nilai sosial
– Mendorong partisipasi aktif anak
4) – Guru menggunakan lagu untuk menarik perhatian siswa untuk membaca
– Guru mendorong anak membaca huruf, suku kata, dan kalimat untuk meningkatkan pemahaman bacaan
5) – Meningkatkan keragaman metode pembelajaran:
Guru dapat terus mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang kreatif dan efektif untuk membantu siswa memahami materi, termasuk dapat memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik
– Keterlibatan Orang TuaGuru dapat melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, misalnya dengan memberikan informasi dan tips untuk membantu anak belajar membaca dan menulis di rumah.
NAMA : FARAH TAZKIA R
NIM : 858571554
POKJAR : AL HUDA KEDIRI
Assalamualaikum wr wb
Mohon izin menanggapi video pembelajaran tersebut.
Soal
1) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
2) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
3) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
4) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
5) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab
1) Anak selalu dipacu untuk semangat dan pekerja keras, sehingga menunjukkan semangat dan kegembiraan dalam belajar.
a) Beberapa anak mengalami kesulitan membaca huruf, suku kata, dan kalimat.
b) Mengajari anak yang belum bisa membaca berbagai metode pembelajaran seperti metode alfabet, metode suku kata, dan metode global.
c) Perkaya media pembelajaran Anda: Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan mendukung, termasuk audiovisual, flashcard, dan permainan edukatif, untuk membantu siswa belajar membaca dan menulis.
d) Keterlibatan Orang Tua: Guru dapat melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, misalnya dengan memberikan informasi dan tips untuk membantu anak belajar membaca dan menulis di rumah.
2) – Kurangnya perhatian guru
– Kurangnya media pembelajaran
– Kurangnya metode pembelajaran yang menarik
3) – Memberikan bimbingan langsung
– Mendorong semangat mengajar
– Mengajarkan nilai-nilai sosial
– Mendorong partisipasi aktif anak
4) – Guru menggunakan lagu untuk menarik perhatian siswa untuk membaca
– Guru mendorong anak membaca huruf, suku kata, dan kalimat untuk meningkatkan pemahaman bacaan
5) – Meningkatkan keragaman metode pembelajaran:
Guru dapat terus mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang kreatif dan efektif untuk membantu siswa memahami materi, termasuk dapat memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik
– Keterlibatan Orang TuaGuru dapat melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, misalnya dengan memberikan informasi dan tips untuk membantu anak belajar membaca dan menulis di rumah.
Terima kasih.
Nama : sahsa chotimatul zahra
Nim : 855742112
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : 20/ bandar Lampung
TEMA “ belajar Membaca di Sekolah Dasar”
1. Reaksi anak pada video adalah anak sangat baik belajar dan tampak senang serta semangat belajar
2. Kelemahan guru dalam video
– Guru tidak mengucapkan salam pembuka ataupun salam penutup
– Di bagian awal guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu
3. Keunggulan video
– Guru memulai pembelajaran dengan mengajak siswa menyayi sesuai materi yang akan dibahas.
– Guru menggunakan media yang mudah dipahami oleh siswa
4. Hal unik dalam video
– Guru mengajak siswa untuk menyayi di bagian awal sehingga anak menjadi semangat.
– Guru menggunakan media gambar yang mudah dipahami anak
– Guru mengajar siswa dengan ramah dan sabar sehingga anak menjadi merasa nyaman.
Nama : Sahsa chotimatul zahra
Nim : 855742112
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : 20 / bandar Lampung
TEMA “ belajar Membaca di Sekolah Dasar”
1. Reaksi anak pada video adalah anak sangat baik belajar dan tampak senang serta semangat belajar
2. Kelemahan guru dalam video
– Guru tidak mengucapkan salam pembuka ataupun salam penutup
– Di bagian awal guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu
3. Keunggulan video
– Guru memulai pembelajaran dengan mengajak siswa menyayi sesuai materi yang akan dibahas.
– Guru menggunakan media yang mudah dipahami oleh siswa
4. Hal unik dalam video
– Guru mengajak siswa untuk menyayi di bagian awal sehingga anak menjadi semangat.
– Guru menggunakan media gambar yang mudah dipahami anak
– Guru mengajar siswa dengan ramah dan sabar sehingga anak menjadi merasa nyaman.