Similar Posts
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Nama : Dinda Fahira sirait
Nim : 85621779
Kesimpulan yang saya lihat dari vidio, keesulitan anak-anak di kelas bawah dalam menuliskan huruf, suku kata dan kata dalam pembelajaran bahasa Indonesia.Banyak faktor yang membuat siswa-siswa kurang mampu dalam menuliskan huruf, suku kata dan kata diantaranya anak tersebut malas, kurang konsentrasi dalam belajar, kurang media yang digunakan oleh guru, kurang latihan atau bisa jadi dikarenakan kurang perhatiannya dari guru pada saat pembelajaran.Solusi atau Penanganannya : dari video tersebut kita dapat mengambil banyak solusi diantaranya dengan menggunakan media gambar sehingga membantu anak – anak pada saat menulis, guru memberikan contoh dengan membantu menggerakkan tangan anak sehingga anak akan terbiasa dan juga memberikan perhatian dan juga pujian bagi anak-anak yang sudah berusaha untuk berlatih, menggunakan cara menyanyi pun dapat menarik perhatian siswa yang diawal mungkin tidak akan konsentrasi.
Pentingnya bagi guru untuk mengajar kan hal hal dasar terlebih dahulu untuk anak didik nya.
Nama : Anisa Daniati
Nim : 856031454
Upbjj : UT Medan
Program studi : FKIP
Menurut pendapat saya, cara mengajar guru dan interaksi nya dengan siswa sudah bagus, tetapi lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambahkan dengan menggunakan video pembelajaran ditambah kan dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantu nya mengatasi kesulitan dalam menulis.
Setelah menyimak video pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut, yang dilakukan guru tersebut sudah baik dan benar. Guru tersebut berperan aktif dalam mengajar. Dimulai dari metode ceramah, metode gambar dan menerangkan cara menulis didepan papan tulis untuk memberi contoh kepada anak-anak cara penulisnya dipapan tulis serta membimbing anak menulis dibuku tulis.
Nama: Hastutik
Nim : 857751955
PGSD BI UT SEMARANG
Setelah melihat video diatas,teknik pembelajaran yang dilakukan sangat tepat,karena guru tersebut menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran anak,sehingga anak dengan mudah mengingat dan dapat lebih memicu interaksi komunikasi antara guru dan murid. Mengajar anak di kelas rendah memang sangat sulit,terutama bagi anak yang tidak memiliki pengetahuan dasar tentang menulis,dan cara menulis yang benar.kadang cara penulisan huruf ada yang terbalik.Maka penting juga memberikan teknik penulisan yang benar di kelas. Seperti yang bu guru lakukan di video diatas,yaitu memberikan juga cara menulis huruf yang benar dipapan tulis,dan anak anak disuruh untuk menperhatikan dan menuliskan kembali di buku.
Nama : Agustin Auliya Sari
NIM : 856974438
Pokjar: Kotaagung Barat (Tanggamus-Lampung)
Kelebihan Pembelajaran dalam video
Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul
“Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
1) Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
2) Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
3) Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
4) Guru kreatif murid menjadi aktif
5) Mekongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.
Saya Putri Nur Ramadhani dari kelas 6B akpmm NIM 856020895
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa indonesia tersebut untuk mengatasi kesulitan siswa menulis ,guru harus menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat menyanyikan lagu menggunakan buku tulis garis 5 atau menggunakan buku gambar. Bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf atau kata bagi siswa. Dalam membantu meningkatkan kemampuan menulis anak, bisa kita biasakan terlebih dahulu pengasahan kemampuan motorik halus anak,seperti memegang pensil, menulis huruf di papan tulis, menulis tanah Hal ini dilakukan agar anak terbiasa melakukan pergerakan kecil di tangannya. Dari video tersebut guru juga harus memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba menulis ke depan kelas supaya Siswa memiliki tantangan dan rasa ingin tahu yang besar sehingga menciptakan suasana kelas yang aktif.
Nama : Siti Kumsa Ulfa
NIM : 857696107
Program studi : S1 PGSD
menurut hasil analisis saya setelah menyimak video tersebut yaitu, pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sangat baik karena guru melakukan apersepsi dengan mengajak anak didik untuk bernyanyi lagu dengan tema keluarga yang sesuai tema pelajarannya, dan anak didik sanagat beremangat mengikutinya. Kemudian guru tersebut juga sudah menggunakan media dan metode pembelajaran yang baik, sehingga memotivasi anak untuk memperhatikan dalam pembelajaran. Dengan metode dan media pembelajaran tersebut, diharapkan anak didik akan mudah memahami materi pembelajaran dengan baik dan tidak kesulitan dalam menulis permulaan.
Nama : Kartini Susiyanti Sirait
Nim : 855844817
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Tanjung Balai (UT-Medan)
Komentar saya
Menjelaskan sinopsis atau ringkasan video yang berupa isi proses pembelajarannya.
– Sebelum memulai pelajaran guru dan murid menyanyikan lagu oh ibu dan ayah selamat pagi.
– Guru menunjukkan bahan ajar berupa foto ayah dan ibu.
– Guru menyuruh siswa membaca sama-sama tulisan ayah dan ibu.
– Guru menjelaskan cara menulis huruf a y a h
– Guru menjelaskan cara menulis i b u
– Guru menggunakan metode bervariasi
– Sebagian siswa terdapat kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.
– Penyebab kesulitan menulis permulaan yaitu :
a. Anak malas dan bosan
b. Kurang konsentrasi
c. Kurang perhatian guru
d. Tidak ada media pembelajaran
e. Anak tergolong slow learner
f. Kelainan motorik halus
g. Kurang latihan menulis dirumah
– Solusinya :
Bagaimana kita mengatasi kesulitan menulis permulaan antara lain:
a. Guru sebaiknya menugaskan murid untuk berlatih berulang-ulang terutama huruf, suku kata, kata dan kalimat
b. Bagi anak yang lambat menulis guru dapat membantu memegang tangan anak didik untuk menulis di pasir, ditepung dan diangkasa
c. Gunakan media pembelajaran seperti gambar
d. Gunakan metode yang mudah dipahami oleh siswa
e. Meningkatkan interaksi guru ke siswa
Kelemahan pembelajaran dalam video
Kelemahan-kelemahan guru dalam video pembelajaran yaitu :
a. Guru dalam mengenalkan huruf a terlebih dahulu menulis huruf c dan menyuruh murid menarik garis dari atas membentuk huruf a dan juga dengan huruf lainnya seperti membentuk huruf y dimulai dari dari menuliskan huruf u dan menarik garis dari atas kebawah untuk membentuk huruf y dan juga huruf-huruf lainnya.
b. Menurut saya guru bisa lebih hemat dengan menggambarkan huruf-huruf dengan pola gambar yang mirip dengan huruf tersebut, karena siswa atau murid pemula belum kenal semua huruf sehingga kurang efektif dalam pembelajarannya.
Kelebihan pembelajaran dalam video
Kelebihan guru dalam video adalah :
a. Guru menggunakan metode bervariasi
b. Guru menggunakan alat bantu yang tepat seperti gambar ayah dan ibu
c. Guru sudah berinteraksi dengan murid. Menuntun tangan murid untuk menulis, inovatif dan kreatif.
Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran adalah :
Ketika guru mengajarkan murid untuk penulisan huruf-huruf dengan cara menuliskan huruf c untuk membentuk huruf a dengan cara menarik garis. Kita tau bahwa murid juga belum tentu mengenal huruf c karena dalam alphabet huruf dimulai dengan huruf a. kenapa bisa siswa dikenalkan dulu huruf c dari pada huruf a ? atau huruf c untuk membentuk pola huruf a, berarti dalam video tersebut semua murid sudah mengenal huruf, bukan pemula lagi.
Rancangan perbaikan yang dapat dilakukan
– Guru harus bisa lebih baik dalam menyampaikan materi
– Guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih semangat lagi dalam belajar.
NAMA : BUNGA AGUWANGI FIRDAUS
NIM : 858893248
PRODI :S1 PGSD
Saya akan menanggapi terkait video tentang “kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat”.
Adapun kelemahan guru dalam memulai pembelajaran :
. Guru belum mengucapkan salam
. Guru tidak mengabsensi murid
. Guru tidak mengajak murid berdoa terlebih dahulu
. Guru tidak menanyakan pelajaran sebelumnya (apersepsi)
. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
*Kelebihan*
• guru di Vidio tersebut mampu membangkitkan semangat siswa dalam belajar dengan mengajak siswa nya bernyanyi terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
• saat proses pembelajaran guru tersebut mengajar menggunakan media , yaitu media gambar . dengan begitu sangat mudah untuk di pahami
siswa.
• guru tersebut juga mengarahkan siswa disaat ada yang kesulitan dalam menulis.
nah dari video tersebut saya bisa menarik kesimpulan yakni sebelum mengajak anak untuk menulis kita harus membangun semangatnya terlebih dahulu melalui ice breaking. kemudian dilanjut dengan membaca bersama dengan media yang mendukung. lalu menulis bersama-sama. sebenarnya memang menjadi tantangan tersendiri bagi kelas rendah terkait belajar menulis dan membaca. maka dari itu kita sebagai guru kelas rendah harus terampil saat pembelajaran berlangsung
NAMA : SITI NUR
NIM : 856027597
MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
UPBJJ : UT MEDAN
POKJAR : BINJAI
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Setelah saya menyimak video tentang “Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”, menurut saya video singkat tersebut sudah memberikan pembelajaran yang yang cukup baik, sama halnya dengan video pertama guru mampu menarik perhatian siswa dengan mengajak bernyanyi bersama-sama sehingga siswa bersemangat dan siap untuk melaksanakan pembelajaran. Guru juga terlihat antusias dan memberikan perhatian kepada seluruh siswa. Namun saya memahami mungkin dari video singkat ini tidak cukup waku untuk menampilkaan pembukaan kelas yang semestinya seperti salam, doa, mengecek kehadiran dan memberikan motivasi di awal pembelajaran. Anak- anak semangat dalam pembelajaran tersebu, mengikuti guru yang sedang menjelaskan pembelajaran yang dijelaskan, menjawab pertanyaan guru mengenai huruf yang ditulis membantu siswa untuk terus berpikir tentang huruf. Guru juga sangat baik saat menjelaskan pembelajaran kepada anak murid, guru memberikan solusi kepada anak yang kurang dalam huruf, suku kata dan kalimat dengan cara menghampiri anak tersebut, mengajari secara langsung dan membantu memegang tangan anak saat menulis. Disamping itu video singkat ini membantu saya melihat sisi penyebab kesulitan anak menulis dan memberikan solusi yaitu sebagai berikut :
PENYEBAB KESULITAN ANAK MENULIS ADALAH :
1. Anak malas
2. Bosan
3. Kurang konsentrasi
4. Kurang perhatian guru
5. Tidak menggunakan media pembelajaran
6. Pembelajaran lambat /slow learner
7. Kelainan motorik halus
8. Kurang latihan
SOLUSI MENGATASI KESULITAN MENULIS PERMULAAN YAITU :
1. Memberi kesempatan latihan berulang-ulang menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat
2. Gunakan media pembelajaran untuk menulis
3. Gunakan metode bervariasi
4. Meningkatkan interaksi seperti tatapan, sentuhan, tepukan, memegang tangan murid
Inilah hasil analisis video kasus pembelajaran dari Portal Guru Pintar Online yang saya buat, saya mengharapkan dukungan dan bimbingan dari tutor. Terimakasih pihak UT yang sudah menyediakan portal guru pintar online yang membantu kami sebagai guru pemula yang banyak belajar dari portal ini. Sekian lebih dan kurang saya mohon maaf.
Nama : Agustin Auliya Sari
NIM : 856974438
Pokjar: Kotaagung Barat (Tanggamus-Lampung)
Setelah menonton Vidio yang berjudul Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” menurut saya ada beberapa kelemahan didalamnya, diantaranya:
a) Tidak adanya kegiatan pendahuluan yaitu guru tidak mengartikan salam,mengajak siswa
berdoa,mengecek kesiapan siswa
Guru tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk menulis di papan tulis sebagai contoh siswa
lain
b) Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran.
c) Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
d) Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.
Kelebihan Pembelajaran dalam video Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
1) Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
2) Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
3) Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
4) Guru kreatif murid menjadi aktif
5) Mekongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.