silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

396 Comments

  1. Nama : Dinda Fahira sirait
    Nim : 85621779
    Kesimpulan yang saya lihat dari vidio, keesulitan anak-anak di kelas bawah dalam menuliskan huruf, suku kata dan kata dalam pembelajaran bahasa Indonesia.Banyak faktor yang membuat siswa-siswa kurang mampu dalam menuliskan huruf, suku kata dan kata diantaranya anak tersebut malas, kurang konsentrasi dalam belajar, kurang media yang digunakan oleh guru, kurang latihan atau bisa jadi dikarenakan kurang perhatiannya dari guru pada saat pembelajaran.Solusi atau Penanganannya : dari video tersebut kita dapat mengambil banyak solusi diantaranya dengan menggunakan media gambar sehingga membantu anak – anak pada saat menulis, guru memberikan contoh dengan membantu menggerakkan tangan anak sehingga anak akan terbiasa dan juga memberikan perhatian dan juga pujian bagi anak-anak yang sudah berusaha untuk berlatih, menggunakan cara menyanyi pun dapat menarik perhatian siswa yang diawal mungkin tidak akan konsentrasi.
    Pentingnya bagi guru untuk mengajar kan hal hal dasar terlebih dahulu untuk anak didik nya.

  2. Nama : Anisa Daniati
    Nim : 856031454
    Upbjj : UT Medan
    Program studi : FKIP

    Menurut pendapat saya, cara mengajar guru dan interaksi nya dengan siswa sudah bagus, tetapi lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambahkan dengan menggunakan video pembelajaran ditambah kan dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantu nya mengatasi kesulitan dalam menulis.
    Setelah menyimak video pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut, yang dilakukan guru tersebut sudah baik dan benar. Guru tersebut berperan aktif dalam mengajar. Dimulai dari metode ceramah, metode gambar dan menerangkan cara menulis didepan papan tulis untuk memberi contoh kepada anak-anak cara penulisnya dipapan tulis serta membimbing anak menulis dibuku tulis.

  3. Nama: Hastutik
    Nim : 857751955
    PGSD BI UT SEMARANG

    Setelah melihat video diatas,teknik pembelajaran yang dilakukan sangat tepat,karena guru tersebut menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran anak,sehingga anak dengan mudah mengingat dan dapat lebih memicu interaksi komunikasi antara guru dan murid. Mengajar anak di kelas rendah memang sangat sulit,terutama bagi anak yang tidak memiliki pengetahuan dasar tentang menulis,dan cara menulis yang benar.kadang cara penulisan huruf ada yang terbalik.Maka penting juga memberikan teknik penulisan yang benar di kelas. Seperti yang bu guru lakukan di video diatas,yaitu memberikan juga cara menulis huruf yang benar dipapan tulis,dan anak anak disuruh untuk menperhatikan dan menuliskan kembali di buku.

  4. Nama : Agustin Auliya Sari
    NIM : 856974438
    Pokjar: Kotaagung Barat (Tanggamus-Lampung)

    Kelebihan Pembelajaran dalam video
    Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul
    “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
    1) Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
    2) Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, ​​guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
    3) Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
    4) Guru kreatif murid menjadi aktif
    5) Mekongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.

  5. Saya Putri Nur Ramadhani dari kelas 6B akpmm NIM 856020895
    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa indonesia tersebut untuk mengatasi kesulitan siswa menulis ,guru harus menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat menyanyikan lagu menggunakan buku tulis garis 5 atau menggunakan buku gambar. Bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf atau kata bagi siswa. Dalam membantu meningkatkan kemampuan menulis anak, bisa kita biasakan terlebih dahulu pengasahan kemampuan motorik halus anak,seperti memegang pensil, menulis huruf di papan tulis, menulis tanah Hal ini dilakukan agar anak terbiasa melakukan pergerakan kecil di tangannya. Dari video tersebut guru juga harus memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba menulis ke depan kelas supaya Siswa memiliki tantangan dan rasa ingin tahu yang besar sehingga menciptakan suasana kelas yang aktif.

  6. Nama : Siti Kumsa Ulfa
    NIM : 857696107
    Program studi : S1 PGSD

    menurut hasil analisis saya setelah menyimak video tersebut yaitu, pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sangat baik karena guru melakukan apersepsi dengan mengajak anak didik untuk bernyanyi lagu dengan tema keluarga yang sesuai tema pelajarannya, dan anak didik sanagat beremangat mengikutinya. Kemudian guru tersebut juga sudah menggunakan media dan metode pembelajaran yang baik, sehingga memotivasi anak untuk memperhatikan dalam pembelajaran. Dengan metode dan media pembelajaran tersebut, diharapkan anak didik akan mudah memahami materi pembelajaran dengan baik dan tidak kesulitan dalam menulis permulaan.

  7. Nama : Kartini Susiyanti Sirait
    Nim : 855844817
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Tanjung Balai (UT-Medan)
    Komentar saya
    Menjelaskan sinopsis atau ringkasan video yang berupa isi proses pembelajarannya.
    – Sebelum memulai pelajaran guru dan murid menyanyikan lagu oh ibu dan ayah selamat pagi.
    – Guru menunjukkan bahan ajar berupa foto ayah dan ibu.
    – Guru menyuruh siswa membaca sama-sama tulisan ayah dan ibu.
    – Guru menjelaskan cara menulis huruf a y a h
    – Guru menjelaskan cara menulis i b u
    – Guru menggunakan metode bervariasi
    – Sebagian siswa terdapat kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.
    – Penyebab kesulitan menulis permulaan yaitu :
    a. Anak malas dan bosan
    b. Kurang konsentrasi
    c. Kurang perhatian guru
    d. Tidak ada media pembelajaran
    e. Anak tergolong slow learner
    f. Kelainan motorik halus
    g. Kurang latihan menulis dirumah
    – Solusinya :
    Bagaimana kita mengatasi kesulitan menulis permulaan antara lain:
    a. Guru sebaiknya menugaskan murid untuk berlatih berulang-ulang terutama huruf, suku kata, kata dan kalimat
    b. Bagi anak yang lambat menulis guru dapat membantu memegang tangan anak didik untuk menulis di pasir, ditepung dan diangkasa
    c. Gunakan media pembelajaran seperti gambar
    d. Gunakan metode yang mudah dipahami oleh siswa
    e. Meningkatkan interaksi guru ke siswa
    Kelemahan pembelajaran dalam video
    Kelemahan-kelemahan guru dalam video pembelajaran yaitu :
    a. Guru dalam mengenalkan huruf a terlebih dahulu menulis huruf c dan menyuruh murid menarik garis dari atas membentuk huruf a dan juga dengan huruf lainnya seperti membentuk huruf y dimulai dari dari menuliskan huruf u dan menarik garis dari atas kebawah untuk membentuk huruf y dan juga huruf-huruf lainnya.
    b. Menurut saya guru bisa lebih hemat dengan menggambarkan huruf-huruf dengan pola gambar yang mirip dengan huruf tersebut, karena siswa atau murid pemula belum kenal semua huruf sehingga kurang efektif dalam pembelajarannya.
    Kelebihan pembelajaran dalam video
    Kelebihan guru dalam video adalah :
    a. Guru menggunakan metode bervariasi
    b. Guru menggunakan alat bantu yang tepat seperti gambar ayah dan ibu
    c. Guru sudah berinteraksi dengan murid. Menuntun tangan murid untuk menulis, inovatif dan kreatif.
    Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran adalah :
    Ketika guru mengajarkan murid untuk penulisan huruf-huruf dengan cara menuliskan huruf c untuk membentuk huruf a dengan cara menarik garis. Kita tau bahwa murid juga belum tentu mengenal huruf c karena dalam alphabet huruf dimulai dengan huruf a. kenapa bisa siswa dikenalkan dulu huruf c dari pada huruf a ? atau huruf c untuk membentuk pola huruf a, berarti dalam video tersebut semua murid sudah mengenal huruf, bukan pemula lagi.
    Rancangan perbaikan yang dapat dilakukan
    – Guru harus bisa lebih baik dalam menyampaikan materi
    – Guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih semangat lagi dalam belajar.

  8. NAMA : BUNGA AGUWANGI FIRDAUS
    NIM : 858893248
    PRODI :S1 PGSD
    Saya akan menanggapi terkait video tentang “kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat”.
    Adapun kelemahan guru dalam memulai pembelajaran :
    . Guru belum mengucapkan salam
    . Guru tidak mengabsensi murid
    . Guru tidak mengajak murid berdoa terlebih dahulu
    . Guru tidak menanyakan pelajaran sebelumnya (apersepsi)
    . Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    *Kelebihan*
    • guru di Vidio tersebut mampu membangkitkan semangat siswa dalam belajar dengan mengajak siswa nya bernyanyi terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
    • saat proses pembelajaran guru tersebut mengajar menggunakan media , yaitu media gambar . dengan begitu sangat mudah untuk di pahami
    siswa.
    • guru tersebut juga mengarahkan siswa disaat ada yang kesulitan dalam menulis.
    nah dari video tersebut saya bisa menarik kesimpulan yakni sebelum mengajak anak untuk menulis kita harus membangun semangatnya terlebih dahulu melalui ice breaking. kemudian dilanjut dengan membaca bersama dengan media yang mendukung. lalu menulis bersama-sama. sebenarnya memang menjadi tantangan tersendiri bagi kelas rendah terkait belajar menulis dan membaca. maka dari itu kita sebagai guru kelas rendah harus terampil saat pembelajaran berlangsung

  9. NAMA : SITI NUR
    NIM : 856027597
    MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
    UPBJJ : UT MEDAN
    POKJAR : BINJAI

    Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
    Setelah saya menyimak video tentang “Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”, menurut saya video singkat tersebut sudah memberikan pembelajaran yang yang cukup baik, sama halnya dengan video pertama guru mampu menarik perhatian siswa dengan mengajak bernyanyi bersama-sama sehingga siswa bersemangat dan siap untuk melaksanakan pembelajaran. Guru juga terlihat antusias dan memberikan perhatian kepada seluruh siswa. Namun saya memahami mungkin dari video singkat ini tidak cukup waku untuk menampilkaan pembukaan kelas yang semestinya seperti salam, doa, mengecek kehadiran dan memberikan motivasi di awal pembelajaran. Anak- anak semangat dalam pembelajaran tersebu, mengikuti guru yang sedang menjelaskan pembelajaran yang dijelaskan, menjawab pertanyaan guru mengenai huruf yang ditulis membantu siswa untuk terus berpikir tentang huruf. Guru juga sangat baik saat menjelaskan pembelajaran kepada anak murid, guru memberikan solusi kepada anak yang kurang dalam huruf, suku kata dan kalimat dengan cara menghampiri anak tersebut, mengajari secara langsung dan membantu memegang tangan anak saat menulis. Disamping itu video singkat ini membantu saya melihat sisi penyebab kesulitan anak menulis dan memberikan solusi yaitu sebagai berikut :
    PENYEBAB KESULITAN ANAK MENULIS ADALAH :
    1. Anak malas
    2. Bosan
    3. Kurang konsentrasi
    4. Kurang perhatian guru
    5. Tidak menggunakan media pembelajaran
    6. Pembelajaran lambat /slow learner
    7. Kelainan motorik halus
    8. Kurang latihan

    SOLUSI MENGATASI KESULITAN MENULIS PERMULAAN YAITU :
    1. Memberi kesempatan latihan berulang-ulang menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat
    2. Gunakan media pembelajaran untuk menulis
    3. Gunakan metode bervariasi
    4. Meningkatkan interaksi seperti tatapan, sentuhan, tepukan, memegang tangan murid

    Inilah hasil analisis video kasus pembelajaran dari Portal Guru Pintar Online yang saya buat, saya mengharapkan dukungan dan bimbingan dari tutor. Terimakasih pihak UT yang sudah menyediakan portal guru pintar online yang membantu kami sebagai guru pemula yang banyak belajar dari portal ini. Sekian lebih dan kurang saya mohon maaf.

  10. Nama : Agustin Auliya Sari
    NIM : 856974438
    Pokjar: Kotaagung Barat (Tanggamus-Lampung)

    Setelah menonton Vidio yang berjudul Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” menurut saya ada beberapa kelemahan didalamnya, diantaranya:
    a) Tidak adanya kegiatan pendahuluan yaitu guru tidak mengartikan salam,mengajak siswa
    berdoa,mengecek kesiapan siswa
    Guru tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk menulis di papan tulis sebagai contoh siswa
    lain
    b) Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran.
    c) Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
    d) Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.

    Kelebihan Pembelajaran dalam video Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
    1) Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
    2) Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, ​​guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
    3) Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
    4) Guru kreatif murid menjadi aktif
    5) Mekongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.

Leave a Reply