Similar Posts
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Seni Secara Terpadu
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Nurma Yunita Apriyanti
Nim : 856746026
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Palembang
Setelah saya menyaksikan video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut menurut saya terdapat kelemahan dan kelebihan pada pembelajaran tersebut,kelemahannya seperti : Guru tidak mengucapkan salam dan tidak membimbing peserta didik berdoa,guru tidak mengecek kehadiran peserta didik,apersepsi sudah dilakukan tapi tidak mengecek kesiapan peserta didik sebelum bernyanyi, seperti fokus peserta didik apakah sudah siap untuk bernyanyi,guru sudah menggunakan media pembelajaran berupa media gambar, tetapi ada baiknya menggunakan media yang lebih menarik lagi seperti media visual yang ditampilkan oleh proyektor sehingga dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran,Guru langsung menuliskan huruf didepan tanpa menjunkukkan huruf apa itu di kertas abjad,Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran,Tidak menyampaikan kesimpulan,Tidak memberikan umpan balik dan materi pertemua selanjutnya
kelebihan Pembelajaran dalam Video : Guru mengajak peserta didik bernyanyi yang akan meningkatkan semangat peserta didik,Menggunakan media gambar,Menuliskan huruf satu persatu,Membimbing peserta didik dengan cara mengarahkan saat melakukan pembelajaran agar peserta didik tidak kesulitan,Meminta peserta didik membaca tulisan tersebut kemudian menuliskannya,Membantu peserta didik menulis dengan memegang tangannya.sekian
Nama : NURMADINA RAJAB
ya bene
NIM : 859501615
PRODI : PGSD-S1 (semester 6)
Setelah saya menyimak dan melihat video tersebut tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat. Saya dapat mengambil pelajaran bahwa dalam mengajarkan anak untuk menulis haruslah benar-benar penuh dengan kesabaran dan sebagai guru kita juga harus dapat menjalin interaksi dengan anak didik kita agar dalam proses pembelajaran mereka tidak takut untuk bertanya kepada guru itu sendiri.
Dari video ini juga saya dapat, mempelajari bahwa dalam mengajar anak untuk menulis ada banyak cara tergantung dengan kebutuhan peserta didik itu sendiri. Serta, saya juga dapat menangkap bahwa sebagai guru janganlah pernah abai terhadap peserta didik yang tidak cepat tanggap dalam menerima pelajaran tetapi kita harus merangkul dan mengajarkan mereka sampai bisa seperti teman=temannya yang lain.
TERIMA KASIH
Nama : Arifinanda Pane
Nim : 855994974
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
Program Studi : S1-PGSD
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, saya dapat menarik kesimpulan bahwa perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, seperti membantu memegang tangan siswa untuk menulis di kertas, di tepung, di pasir, atau di angkasa. Selain itu, untuk mengatasi kesulitan siswa menulis, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Kesulitan menulis juga dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan.
Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam menulis.
nama : Dewi Maria Sinaga
Nim : 856032391
prodi : PGSD
pokjar: Serdang Bedagai
upbjj : UT Medan
izin menanggapi video
menurut saya video yang ditampilkan sudah sangat menarik di terapkan dikelas. guru berusaha membangkitkan semangat belajar siswab dengan bernyanyi terlebih dahulu sebelum belajar. guru juga menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk siswa belajar menulis contohnya tepung, buku dl
sekian tanggapan saya, terimakasih
Nama : Ikhda Putri Nur Islamiati
NIM : 857841602
Prodi : PGSD
Pokjar : Purwantoro
UPBJJ : Universitas Terbuka Surakarta
Mohon izin bp/ibu, untuk saya menanggapi video yang berkaitan dengan “kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat”.
Pada video tersebut telah menampilkan ibu guru yang menarik dan bersemangat dalam mendidik peserta didiknya. Di sini terlihat pada tatapan awal mengajar ibu guru kepada anak didiknya yang begitu antusias dengan di iringi menyanyi lagu tentang keluarga (ayah ibu). Selain itu, ibu guru juga mengkaitkan suku kata dalam lagu dimana kata-kata tersebut berhubungan dengan keluarga. Ibu guru juga menggunakan alat peraga berupa gambar. Pada gambar tersebut tertulis kata ayah/ibu, gambar di perlihatkan dan anak mengeja bersama-sama. Setelah itu, ibu guru mengajari anak-anak untuk menulis. Ibu guru merangsang daya pikir anak untuk mengingat bentuk-bentuk huruf dan mangajak nya menulis di papan tulis. Dan pada akhirnya, anak-anak meniru tulisan ibu guru yang ada di papan tulis.
Di samping hal tersebut, dalam video tersebut menyebutkan bahwa penyebab kesulitan menulis permulaan adalah sebagai berikut :
a. Anak malas dan bosan
b. Kurang konsentrasi
c. Kurang perhatian guru
d. Tidak ada media pembelajaran
e. Anak tergolong slow learner
f. Kelainan motorik halus
g. Kurang latihan
Ibu guru melakukan pendekatan kepada siswa yang sekiranya siswa tersebut mengalami kesulitan dalam menulis.
Dalam hal ini, solusi yang di perlu di perhatikan adalah bahwa ketika menemui murid yang mengalami hal demikian maka :
*Bagi yang kesulitan menulis : guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada murid untuk latihan menulis berulang-ulang terutama menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak.
*Bagi anak yang tidak dapat menulis/lambat menulis guru dapat membatu tangan anak, membantu menulis di pasir, tepung, dan di angkasa.
*Untuk mengatasi kesulitan menulis, di perlukan media pembelajaran seperti gambar, lagu, buku tulis garis lima, buku gambar, pasir, tepung dan lain-lain.
*Metode menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat perlu menggunakan metode yang bervariasi pula.
*Meningkatkan interaksi dengan berbagai cara seperti tatapan, sentuhan, tepukan, memegang tangan murid dan lain-lain.
Dengan demikian, video yang telah di tampilkan tersebut mampu memberikan motivasi dan semangat tersendiri untuk kami yang melihat, sehingga nanti kedepannya akan berusaha semaksimal mungkin mampu membantu siswa yang mengalami kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Sekian tanggapan dari saya,
Terimakasih.
Nama : RISVA YURINA
Nim : 856976685
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Setelah saya menyaksikan video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut menurut saya terdapat kelemahan dan kelebihan pada pembelajaran tersebut,kelemahannya seperti : Guru tidak mengucapkan salam dan tidak membimbing peserta didik berdoa,guru tidak mengecek kehadiran peserta didik,apersepsi sudah dilakukan tapi tidak mengecek kesiapan peserta didik sebelum bernyanyi, seperti fokus peserta didik apakah sudah siap untuk bernyanyi,guru sudah menggunakan media pembelajaran berupa media gambar, tetapi ada baiknya menggunakan media yang lebih menarik lagi seperti media visual yang ditampilkan oleh proyektor sehingga dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran,Guru langsung menuliskan huruf didepan tanpa menjunkukkan huruf apa itu di kertas abjad,Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran,Tidak menyampaikan kesimpulan,Tidak memberikan umpan balik dan materi pertemua selanjutnya
kelebihan Pembelajaran dalam Video : Guru mengajak peserta didik bernyanyi yang akan meningkatkan semangat peserta didik,Menggunakan media gambar,Menuliskan huruf satu persatu,Membimbing peserta didik dengan cara mengarahkan saat melakukan pembelajaran agar peserta didik tidak kesulitan,Meminta peserta didik membaca tulisan tersebut kemudian menuliskannya,Membantu peserta didik menulis dengan memegang tangannya.sekian
Nama : Riska Widiyanti
Nim : 856991387
Prodi : PGSD S1
Setelah saya menonton video tersebut pendapat saya guru sudah sangat bagus dalam memberikan materi, penggunaan media gambar sebagai alat untuk pembelajaran cukup bagus untuk menarik minat siswa dalam belajar. saat awal pembelajaran guru mengajak siswa menyanyi lagu ayah dan ibu membuat anak senang sehingga saat belajar anak pun tidak susah untuk menulis kalimat ayah dan ibu.
Adapun Kelebihan dan kekurangan dari video tersebut yaitu
Kelebihan :
a. guru sudah sangat menguasai materi
b. guru sudah meningkatkan interaksi seperti menghampiri siswa sehingga anak merasa diperhatikan
c. guru sangat telaten dalam menjelaskan perkata penulisan yang benar
d. dengan adanya media gambar dan tulisan Ayah Ibu sebagai media pembelajaran siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
e. guru juga membantu mengarahkan siswa yang kesulitan dalam menulis. f. pendekatan atau interaksi kepada siswa juga sangat baik.
Kelemahan :
a. saat awal pembelajaran tidak ada pembukaan dan penyapaan kepada siswa.
b. banyak siswa yang tidak fokusdan merasa bosan saat belajar.
c. kurangnya media pembelajaran yang digunakan
d. tidak ada kesimpulan terakhir dalam pembelajaran.
e. tidak ada salam penutup
Terimakasih.
Nama : Kholid Amrullah
Nim : 85841896
Pokjar : Bontang
Setelah saya menyimak apa dalam video utersebut, bebrapa hal baru telah saya pelajari, terutama mengenai siswa yang keseluitan dalam menulis huruf suku kata, Guru melakukan ice breaking sebelum memulai pembelajaran. setelah itu Guru mneyajikan gambar yang mereka mudah ketahui dan tetap di bimbing, kemudian Guru mendapati bebrapa siswa yang kesulitan ataupun malas, dll. maka metode atau inisatif yang di lakuakan menurut saya sudah tepat, mulai dari memperhatikan setiap siswa dan memberikan metode cara menulis
Nama: Muthi’ah
NIM : 858306302
POKJAR : AMUNTAI
Setelah menyaksikan video pembelajaran di atas, kesimpulan saya adalah yang dilakukan guru tersebut sudah baik,tetapi harus sesuai dengan rpp yang dibuat,bagaimana membuka kelas,inti dan menutup kelas.Pendekatan guru kepada siswa juga sangat penting untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Guru juga harus memberikan motivasi dan pujian kepada siswa.Dalam penggunaan media Seperti gambar,lagu serta buku juga sudah cukup menarik untuk kelas rendah.
Nama : SEPTI
Nim : 856733961
Prodi : S1 PGSD
Menurut pendapat saya mengenai video tersebut yang dapat saya amati pembelajaran bahasa indonesia dalam hal kesulitan menulis huruf , suku kata, kata dan kalimat. Guru seharusnya memberi apresiasi kepada siswa agar dapat memotivasi semangat belajar siswa, sehingga disaat guru menjelaskan pelajaran siswa tidak ada yang sibuk sendiri atau pun ngantuk dll.
Guru juga harus memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba menulis kedepan kelas supaya siswa memiliki tantangan dan keingintahuan yang besar, sehingga menciptakan suasana kelas yang aktif dan menarik untuk siswa