Similar Posts
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
NAMA : ALVIN ZEBUA
NIM : 855858546
PRODI : PGSD-S1
UPBJJ : Medan
Menurut analisis saya tentang video diatas yang telah saya tonton yaitu pembelajaran tersebut sudah bagus. mulai dari pembukaan sudah bagus, guru juga sudah memberikan perhatian terhadap siswa. interaksi yang ada didalam kelas antara guru dan siswa pun sudah bagus, guru bertanya siswa banyak yang menjawab. Namun ada juga kekurangan sebagian siswa merasa bosan, ngantuk dan lebih sibuk dengan kegiatan sendiri jadi demikian kita disitu ada beberapa yang masih perlu ditingkatkan misalkan dipertengahan pembelajaran kita mengajak semua siswa untuk menyanyi agar mereka tidak bosan Dan mengantuk dan juga kita harus memberikan mereka games supaya mereka lebih semangat lagi untuk belajar Nya.
NAMA : ASNA WATI
NIM : 859818661
PRODI : PGSD-S1
UPBJJ : KENDARI
Menurut analisis saya tentang vidio pembelajaran di atas, metode yang digunakan sudah baik, proses interaksi antara guru dan siswa juga terjalin dengan baik, ini dapat dilihat dari keaktifan siswa mejawab setiap pertayaan dari guru, siswa lebih percaya diri dalam memulai pembelajaran. guru juga sudah memberikan perhatian yang baik kepada setiap siswa, dan memberikan perlakuan khusus kepada siswa yang kurang dalam menanggapi pelajaran. Namun disini ada beberapa kekurangan, dapat dilihat karna tidak semua siswa yang aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru, ada yang terlihat bosan dan mengantuk, saran saya guru harusnya memberi refleksi dipertengahan kegiatan pembelajaran, seperti mengadakan permainan game dan permainan yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa.
Nama : Wafiq Azizah
NIM : 859641986
PRODI : PGSD
UPBJJ/POKJAR : PALU/PARIGI MOUTONG
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, tanggapan saya mengenai video pembelajaran “Kesulitan Membaca di Sekolah Dasar ” yaitu berdasarkan video yang telah saya simak, guru tersebut telah melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik, pada kegiatan apersepsi terlihat menyanyikan sebuah lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran kemudian guru mencoba memantik siswa dengan beberapa pertanyaan yang membuat siswa menanggapi pertanyaan dengan antusias, guru juga menggunakan media gambar yang dapat dipahami siswa akan tetapi media gambar yang digunakan tersebut bagi saya kurang menarik dalam hal warna dan tentu saja bagi siswa di kelas rendah juga merasa kurang menarik maka dari itu saran dari saya agar media gambar yang digunakan haruslah memiliki warna dan juga corak yang menarik agar siswa lebih antusias dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Desi Dwi Lestari
Nim : 858927577
UPBJJ : Jember
Pokjar : Purwoharjo
Menurut saya dalam vidio pembelajaran siswa terlihat kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, karene ada yang terlihat menguap seperti mengantuk, dan ada juga yang mengobrol dengan teman sebangku. kelemahan dalam pembelajaran tersebut siswa terlihat mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran, dan kurang memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan. kelebihan dalam pembelajaran tersebut, guru sudah kreatif menggunakan media pembelajaran agar dapat membantu memudahkan dalam penjelasan materi. Hal unik dalam pembelajaran tersebut adalah guru menggunakan media gambar untuk mempermudah penjelasan materi dan dengan sabar guru mengunjungi bangku-bangku siswa. Menurut saya yang dapat diusulkan adalah guru dapat menggunakan media pendukung lain, atau pembukaan lain seperti diadakan game atau quis yang lebih menarik, agar siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti kegiatan belajar.
Nama : Rizky Kurnia Ramadhan
NIM : 855736101
PRODI : PGSD
UPBJJ : 20/Bandar Lampung
Dari Vidio diatas yang telah disajikan dan saya tonton, Analisis dan Tanggapan menurut saya Bahwa praktik pembelajaran diatas sudah sangat Baik. Mulai dari Pembukaan, Perhatian Yang sudah Guru berikan terhadap siswa dan juga metode yang dilakukan oleh Guru untuk membimbing siswanya yang memiliki kesulitan dalam materi pembellajaran tersebut. Interaksi antara Guru dengan siswa didalam kelas pun sudah cukup baik, disaat guru bertanya siswapun banyak yang menjawab. Namun menurut saya masih ada sedikit kekurangan, karena sebagian siswa yang terlihat dalam vidio diatas ada yang merasa bosan, kurang bersemangat dan masih ada juga yang sibuk dengan kegiatannya sendiri. sehingga menurut saya ada beberapa yang masih perlu ditingkatkan lagi, misalnya seperti di dalam pertengahan pembelajaran ada waktu Guru mengajak semua siswanya bernyanyi atau game menyesuaikan materi pembelajaran agar mereka para siswa tidak bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
Assalamu’alaikum wr wb, selamat siang, izin menanggapi video di atas.
Nama : Nurmayani
Nim : 858065363
Pokjar : sintang
Semester : kelas A
Menurut analisis saya proses pembelajaran tersebut memiliki kelebihan, Pada saat pembelajaran metode yang digunakan sudah baik, interaksi antara guru dan murid juga terjalin dengan baik, dan guru memberikan perhatian kepada siswanya. Adapun kekurangan yang ada dalam pembelajaran tersebut adalah kurang nya Media yang digunakan oleh guru sehingga menjadi salah satu penyebab kurangnya semangat belajar dari siswa dan menurut saya, dalam pembelajaran juga perlu mengajak siswa bernyanyi bermain game agar mereka kembali bersemangat dan tidak merasa bosan dengan proses pembelajaran.
Sekitarnya dari saya, terimakasih.
Wassalamu’alaikum wr wb
Nama : Ely Kristiani
Nim : 858065965
Prodi: PGSD – S1
Pokjar : Sintang
Semester: 6
Kelas: A
Setelah saya melihat video tersebut, menurut saya kegiatan pembelajaran tersebut sudah baik. Mulai dari Pembukaan, Perhatian Yang sudah Guru berikan kepada siswa dan juga metode yang digunakan guru untuk membimbing siswanya yang memiliki kesulitan dalam materi pembelajaran tersebut. Interaksi antara Guru dengan siswa di dalam kelas sudah cukup baik, saat guru bertanya kepada siswa banyak yang menjawab. Akan tetapi menurut saya masih ada sedikit kekurangan, karena masih ada siswa yang terlihat merasa bosan, kurang bersemangat dan masih ada juga yang sibuk dengan kegiatannya sendiri. sehingga menurut saya ada beberapa solusi yang bisa di terapkan untuk mengatasi hal tersebut, misalnya guru menggunakan media pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam perjalanan, seperti menulis huruf di atas tepung atau pasir, di tengah pembelajaran ada waktu Guru mengajak semua siswanya bernyanyi atau membuat permainan yang sesuai dengan materi pembelajaran agar para siswa tidak bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
Nama : Siti rahayu
Nim : 858961279
Menurut pendapat saya dalam video tersebut guru sudah interaktif dalam melaksanakan pembelajaran,ketika memberikan penjelasan guru sudah menggunakan media yaitu media gambar dan sudah melakukan pendekatan kepada siswa dengan membantu siswa yang kesulitan dalam menulis seperti melakukan sentuhan dengan memegang tangan siswa,memberikan cara mudah dalam menulis huruf dengan cara menggunakan garis bantuan/menebalkan.tetapi siswa sepertinya kurang konsentrasi,tidak bersemangat dan mulai merasa bosan.
yang harus dilakukan guru selain menggunakan media gambar guru juga bisa melakukan latihan melalui bermain untuk mengatasi kesulitan dalam menulis permulaan yaitu dengan melibatkan aktifitas fisik seperti: bermain kartu,melompat dari huruf satu kehuruf lainnya sambil menulis huruf yang telah mereka injak,dan menulis huruf dengan musik.
pada saat anak sudah mulai ada kemajuan dalam menulis huruf kita bisa memberikan pujian dan penguatan positif supaya meningkatkan motivasi mereka untuk terus berlatih,lakukan latihan rutin dan lakukan kolaborasi dengan orang tua dan sekolah.
NAMA : MELISA RAHMAWATI
NIM : 855739898
PRODI : S1 PGSD
POKJAR : SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran di atas, metode yang digunakan guru sudah baik, interaksi antara guru dan siswa juga terjalin dengan baik, dapat dilihat dari keaktifan siswa mejawab setiap pertayaan dari guru, siswa lebih percaya diri dalam memulai pembelajaran. guru juga sudah memberikan perhatian yang baik kepada setiap siswa, dan memberikan perlakuan khusus kepada siswa yang kurang dalam menanggapi pelajaran. Tetapi terdapat beberapa kekurangan dalam proses belajar, tidak semua siswa yang aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru, ada yang terlihat bosan dan ketakutan, saran saya guru harusnya memberi refleksi dipertengahan kegiatan pembelajaran, seperti mengadakan ice breaking atau permainan yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa.
NAMA : MELISA RAHMAWATI
NIM : 855739898
PRODI : S1 PGSD
POKJAR : SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran di atas, metode yang digunakan guru sudah baik, interaksi antara guru dan siswa juga terjalin dengan baik, dapat dilihat dari keaktifan siswa mejawab setiap pertayaan dari guru, siswa lebih percaya diri dalam memulai pembelajaran. guru juga sudah memberikan perhatian yang baik kepada setiap siswa, dan memberikan perlakuan khusus kepada siswa yang kurang dalam menanggapi pelajaran. Tetapi terdapat beberapa kekurangan dalam proses belajar, tidak semua siswa yang aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru, ada yang terlihat bosan dan ketakutan, saran saya guru harusnya memberi refleksi dipertengahan kegiatan pembelajaran, seperti mengadakan ice breaking atau permainan yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa.