Similar Posts
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Nama: Dwi Prabandari Putri
NIM: 877767951
UT Daerah Palembang
Setelah mengamati video dengan judul “Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”, terdapat beberapa kelemahan dari video pembeljaran tersaji, diantaranya:
1. Pada video pembelajaran yang tersaji, di kegiatan pembukaan tidak melakukan beberapa tahapan awal seperti berdoa, presensi dan penjelasan tentang capaian pembelajaran yang diharapkan dalam kegiatan pembelajaran.
2. Guru juga belum mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.
3. Media pembelajaran yang digunakan berupa gambar-gambar dengan warna monoton sehingga sedikit membosankan dan dinilai kurang variatif untuk peserta didik kelas rendah.
Selain dari kelemahan, terdapat beberapa kelebihan dari video pembelajaran tersaji, diantaranya:
1. Cara penyampaian Guru dalam menuliskan huruf kepada peserta didik cukup baik, sehingga peserta didik dapat dengan cepat memahami tata cara penulisan huruf tersebut.
2. Guru membimbing peserta didik dengan baik, kemudian memberikan kalimat-kalimat pujian sebagai motivasi bagi peserta didik agar peserta didik semakin semangat dalam kegiatan belajar.
Saran:
Guru dapat menyediakan media pembelajaran dengan gambar yang lebih variatif dan dengan warna-warna yang cerah agar pesreta didik menjadi semakin tertarik untuk belajar dan memperhatikakn penjelasan Guru.
Sekian pendapat yang dapat saya sampaikan, Terimakasih
Nama : Lisnawati
NIM : 856594445
Pokjar : Kota Jambi
Menurut saya melihat vidio di atas :
1. Guru tidak mengajak peserta didik untuk berdo’a
2. Guru tidak menanyakan kehadiran peserta didik
3. Guru dalam menyampaikan pembelajaran sudah baik, dengan menggunkan media gambar
NAMA : DELFISMEN WARUWU
NIM : 856060992
Pada video di atas izin memberikan tanggapan.
1. kelemahan
*guru tidak memberi salam saat memulai pembelajaran
*sebelum memulai pembelajaran belum berdoa
*guru belum menunjukkan strategi apa yang diguanakan dalam memediasi kesuliatan siswanya dalam menulis huruf, susku kata,dan kalimat.
*guru hanya memperlihatkan bagaimana menulis huruf dan kata.
2. kelebihan
* guru mengajar secara jelas dan kreatif dalam menggunakan media sehingga siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran.
* guru melakukan pendekatan belajar dengan cara perhatian.
sekian dan terimakasih
Nama : Anggi Putri Andriyani
Nim : 877601136
Setelah menonton video pembelajaran tersebut, guru sudah mengawali pelajaran dengan baik dari awal sampai akhir, guru tersebut menggunakan metode yang berbeda sehingga siswa mudah mengerti guru tersebut juga sangat sabar dan telaten dalam menghadapi siswa untuk membantu siswa dalam mengeja dan membaca sehingga siswa mudah mengerti dan menangkap apa yang diajarkan oleh guru.
Kelemahan dalam video tersebut yaitu guru lupa mengucapkan salam terlebih dahulu dan guru hendaknya mengajak siswa untuk berdo’a sesuai agama dan kepercayaan masing-masing sebelum memulai pelajaran sesuai dengan pedoman pada RPP yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Kelebihan Pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru tersebut yaitu guru mengajar dengan jelas dan kreaktif dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran dan juga guru tersebut memberi perhatian dan pendekatan kepada siswa sehingga mudah ditangkap apa yang diajarkan oleh guru tersebut.
Assalammualaikum wr wb
Perkenalkan
Nama : Reza Wahyu Maisar
NIM : 856288373
izin menanggapi video diatas:
Setalah saya menonton video tentang kesulitan menulis huruf, suku kata dan kalimat di kelas rendah diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru dalam video tersebut sudah melakukan strategi pembelajaran yang baik, menyenangkan dan efektif. Dimana saat melakukan pembelajaran guru sudah menggunakan media gambar untuk membantu siswa mengasosiasikan kata dengan objek, menggunakan alat bantu seperti buku tulis bergaris, mengamati cara siswa menulis untuk menentukan area kesulitan mereka, memberikan umpan balik yang membangun untuk meningkatkan motivasi dan tidak lupa juga guru tersebut memberi pujian untuk setiap kemajuan siswanya, dan pengenalan suku kata diajarkan dengan cara bernyanyi, sehingga siswa menjadi lebih mudah mengingat. Dengan pendekatan yang terstruktur dan penuh perhatian tersebut, diharapkan agar siswanya dapat mengatasi kesulitan menulis dan bisa meningkatkan kemampuan mereka. Tetapi sayangnya dalam video tidak di jelaskan atau ditayangkan pemberian materi yang bisa digunakan untuk latihan sisswa di rumah atau melibatkan orang tua untuk membantu siswanya berlatih di rumah.
Sekian analisis dari saya
Assalammualaikum wr wb.
Assalammualaikum wr wb
Perkenalkan
Nama : Reza Wahyu Maisar
NIM : 856288373
zin menanggapi video diatas:
Setalah saya menonton video tentang kesulitan menulis huruf, suku kata dan kalimat di kelas rendah diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru dalam video tersebut sudah melakukan strategi pembelajaran yang baik, menyenangkan dan efektif. Dimana saat melakukan pembelajaran guru sudah menggunakan media gambar untuk membantu siswa mengasosiasikan kata dengan objek, menggunakan alat bantu seperti buku tulis bergaris, mengamati cara siswa menulis untuk menentukan area kesulitan mereka, memberikan umpan balik yang membangun untuk meningkatkan motivasi dan tidak lupa juga guru tersebut memberi pujian untuk setiap kemajuan siswanya, dan pengenalan suku kata diajarkan dengan cara bernyanyi, sehingga siswa menjadi lebih mudah mengingat. Dengan pendekatan yang terstruktur dan penuh perhatian tersebut, diharapkan agar siswanya dapat mengatasi kesulitan menulis dan bisa meningkatkan kemampuan mereka. Tetapi sayangnya dalam video tidak di jelaskan atau ditayangkan pemberian materi yang bisa digunakan untuk latihan sisswa di rumah atau melibatkan orang tua untuk membantu siswanya berlatih di rumah.
Sekian tanggapan dari saya
Assalammualaikum wr wb.
Assalammualaikum wr wb
Perkenalkan
Nama : Reza Wahyu Maisar
NIM : 856288373
izin menanggapi video diatas:
Setalah saya menonton video tentang kesulitan menulis huruf, suku kata dan kalimat di kelas rendah diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru dalam video tersebut sudah melakukan strategi pembelajaran yang baik, menyenangkan dan efektif. Dimana saat melakukan pembelajaran guru sudah menggunakan media gambar untuk membantu siswa mengasosiasikan kata dengan objek, menggunakan alat bantu seperti buku tulis bergaris, mengamati cara siswa menulis untuk menentukan area kesulitan mereka, memberikan umpan balik yang membangun untuk meningkatkan motivasi dan tidak lupa juga guru tersebut memberi pujian untuk setiap kemajuan siswanya, dan pengenalan suku kata diajarkan dengan cara bernyanyi, sehingga siswa menjadi lebih mudah mengingat. Dengan pendekatan yang terstruktur dan penuh perhatian tersebut, diharapkan agar siswanya dapat mengatasi kesulitan menulis dan bisa meningkatkan kemampuan mereka. Tetapi sayangnya dalam video tidak di jelaskan atau ditayangkan pemberian materi yang bisa digunakan untuk latihan sisswa di rumah atau melibatkan orang tua untuk membantu siswanya berlatih di rumah.
Sekian tanggapan dari saya
Assalammualaikum wr wb.
Assalammualaikum wr wb
Perkenalkan
Nama : Reza Wahyu Maisar
NIM: 856288373
zin menanggapi video diatas:
Setalah saya menonton video tentang kesulitan menulis huruf, suku kata dan kalimat di kelas rendah diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru dalam video tersebut sudah melakukan strategi pembelajaran yang baik, menyenangkan dan efektif. Dimana saat melakukan pembelajaran guru sudah menggunakan media gambar untuk membantu siswa mengasosiasikan kata dengan objek, menggunakan alat bantu seperti buku tulis bergaris, mengamati cara siswa menulis untuk menentukan area kesulitan mereka, memberikan umpan balik yang membangun untuk meningkatkan motivasi dan tidak lupa juga guru tersebut memberi pujian untuk setiap kemajuan siswanya, dan pengenalan suku kata diajarkan dengan cara bernyanyi, sehingga siswa menjadi lebih mudah mengingat. Dengan pendekatan yang terstruktur dan penuh perhatian tersebut, diharapkan agar siswanya dapat mengatasi kesulitan menulis dan bisa meningkatkan kemampuan mereka. Tetapi sayangnya dalam video tidak di jelaskan atau ditayangkan pemberian materi yang bisa digunakan untuk latihan sisswa di rumah atau melibatkan orang tua untuk membantu siswanya berlatih di rumah.
Sekian analisis dari saya
Assalammualaikum wr wb.
Nama : Andari
Nim : 877603527
Setelah menonton video diatas, hal-hal yang saya temukan dalam video yaitu guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti kegiatan orientasi, apersepsi, dan juga motivasi. Untuk proses pembelajarannya masih berpusat pada guru (teacher center), alangkah baiknya ketika proses pembelajaran siswa lebih dilibatkan lagi ketika pembelajaran berlangsung, seperti siswa diminta untuk maju kedepan untuk menuliskan huruf secara mandiri. Guru juga tidak melakukan kegiatan penutupan.
Adapun kelebihan dari video diatas adalah guru sudah melakukan ice breaking dengan baik yang mana sudah menjadi pemantik untuk memulai pembelajaran sekaligus untuk menumbuhkan semangat anak-anak dalam pembelajaran.
Nama : ALDA DESKA PUTRI
Nim : 877762422
Assalamualaikum wr.rb
Izin mengomentari video pembelajaran di atas. Dari video yang saya putar dapat saya simpulkan bahwa ada beberapa kelemahan pada video tersebut diantaranya adalah dalam kegiatan pendahuluan guru tidak memeriksa kehadiran siswa, tetapi langsung menjelaskan materi pembelajaran.
Guru belum menunjukkan strategi apa yang digunakannya dalam memediasi kesulitan menulis huruf, kata, suku kata, dan kalimat. Namun terdapat Kelebihan pembelajaran dalam Video tersebut adalah
guru mengajar secara jelas dan kreatif dalam menggunakan media, sehingga siswa aktif dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.