Similar Posts
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Nama : Annisa Meityas Nuryana
NIM : 857809556
Pokjar : UPBJJ UT Surakarta
Semester : 6
Dari video yang saya amati diatas, menurut secara keseluruhan guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik. Guru melakukan variasi pembelajaran dengan mengajak siswa bernyanyi, pengelolaan kelas yang dilakukan guru juga sudah cukup bagus, sehingga kelas menjadi interaktif. Guru juga tidak hanya menyampaikan pembelajaran, tetapi juga memberikan contoh. Selain itu, guru juga sudah menggunakan media pembelajaran. Namun, alangkah baiknya apabila guru akan melakukan pembelajaran, sebaiknya diawali dengan mengajak siswa untuk berdoa bersama serta mengecek kehadiran siswa. Selain itu guru juga dapat mengenalkan abjad-abjadi kepada siswa terlebih dahulu sebelum pembelajaran inti dimulai. Kegiatan pengenalan abjad dapat dilakukan dengan cara mengajak siswa bernyanyi abjad ataupun dengan media kardus atau yang lainnya yang ditempel dengan abjad-abjad. Guru juga dapat menggunakan video pembelajaran agar siswa lebih tertarik terhadap pembelajaran yang dilakukan.
Nama : Tika Hardiyanti
NIM : 857495096
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : Bandung
Izin menanggapi video pembelajaran tersebut 🙏
Dari keseluruhan proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik, diawali dengan bernyanyi bersama bertujuan untuk menarik minat peserta didik semangat belajar. Media pembelajaran cukup mendukung untuk berlangsungnya proses pembelajaran.
Namun, ditengah video terlihat ada peserta didik yang menguap dan ada posisi duduk yang terlihat malas dikarenakan bosan menulis dan menunggu giliran untuk dihampiri guru memperlihatkan gambar/suku kata. Apabila waktunya cukup dan supaya peserta didik tidak bosan, guru dapat memberikan tugas yang menyenangkan seperti menembalkan huruf/kata yang ada gambarnya.
Contohnya: menebalkan huruf/kata “AYAM” diikuti dengan gambar Ayam sehingga, selain menebalkan tulisan peserta didik bisa langsung mengetahui bahwa kata tersebut berbunyi ayam.
Terima kasih 😊
Setelah saya menyimak video di atas, metode pembelajaran yang disampaikan oleh Bu guru tersebut sudah tepat. Memberi penjelasan dengan lugas dan jelas, terperinci, dan menggunakan media pembelajaran yang memudahkan siswa memahami dan menulis. Walaupun ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan namun Bu guru telah membantu, menuntun dan mendampingi anak dalam menulis huruf sehingga siswa belum bisa atau lambat menulis akhirnya bisa menulis huruf dengan baik. Bu guru juga perlu memberikan PR agar anak-anak dapat berlatih menulis di rumah. Dengan demikian orang tua setiap anak dapat dilibatkan dan mereka pun dapat membantu mendampingi, serta mengajari dan meningkatkan kemampuan menulis anak mereka agar bisa lebih baik dan tidak ketinggalan dari anak-anak lainnya yang sebaya dikelas.
Nama : Oktaviarizki Listyoadi
NIM : 858784229
Semester : 8
Setelah saya melihat video diatas, saya dapat menyimpulkan beberapa kelebihan dan kelemahan yang ada pada video tersebut, yaitu :
Kelebihan :
1. Guru menggunakan media yang cukup jelas sehingga siswa bisa mengerti tentang pelajaran yang disampaikan
2. Menggunakan Bahasa yang jelas, baik dan tidak bertele-tele sehingga siswa bisa mudah mengerti apa yang disampaikan oleh guru
3. Menggunakan strategi pembelajaran dengan menyanyi sehingga siswa menjadi lebih bersemangat
4. Langsung memberikan contoh dan menjelaskan satu persatu jika ada kesalahan pada pekerjaan siswa
Kekurangan :
1. Guru tidak mengawali kelas dengan berdoa
2. Tidak ada sesi tanya jawab sehingga siswa kurang bisa menyampaikan pendapat/menanyakan hal kurang dipahami
3. Tidak mengondisikan kelas saat kelas ramai
4. Tidak mengabsen kehadiran siswa
Berikut yang dapat saya sampaikan, terimakasih
Nama : Siti Sbhodifah
NIM : 858862125
Setelah saya menyimak video pembelajaran diatas, menurut saya sudah sangat bagus namun ada beberapa yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran apalagi dikelas rendah yaitu kelas 2 SD.
Sebagai seorang guru kita harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan bervariasi agar anak-anak tidak merasa jenuh atau bosan terhadap apa yang kita ajarkan.
Seorang guru harus lebih banyak menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami..
Sehingga anak” akan lebih semangat belajar.
Selain itu, Kita juga memberikan apresiasi kepada siswa seperti pujian dan motivasi serta menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua.
Terimakasih
Nama : Imam Nurprasetyo
NIM : 857311254
Setelah menyimak video pembelajaran yang berjudu Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat. berdasarkan analisis saya permasalahan yang terjadi pada pembelajaran tersebut yaitu :
1. Kurang fokusnya siswa saat guru menyampaikan materi yang dipelajari. Siswa terlihat mengobrol, bermalas-malasan, dan tidak memperhatikan kepada gurunya. Permasalahan itu terjadi karena pada awal pembelajaran guru tidak melakukan hal yang membuat siswa menjadi semangat atau termotivasi untuk belajar. Maka solusinya guru bisa melakukan beberapa permainan atau bernyanyi bersama dengan siswa dengan tujuan siswa lebih semangat dan siap untuk menerima pelajaran.
2. Siswa terlihat tidak merasakan pembelajaran yang menyenangkan walaupun guru mampu membimbing dan membantu siswa yang kesulitan, akan tetapi bagi siswa lain yang sudah menguasai dalam belajar menulis terlihat kurang semangat. Pemasalahan itu dikarenakan media pembelajaran yang kurang interaktif dan terlihat membosankan karena siswa hanya diberi tugas untuk mengikuti tulisan yang ada di papan tulis, Maka solusinya dengan memberikan buku pelajaran yang memberikan gambar-gambar yang interaktif sehingga anak tidak merasakan kebosanan dalam mengerjakan tugas menulisnya.
Nama : Lala Falina
NIM : 858777929
Prodi : S1-PGSD (Semester 8)
Setelah melihat video ini, terdapat beberapa kekurangan yaitu:
1. Sebelum memulai pembelajaran, hendaknya guru mengucapkan salam, mengecek kehadiran, dan menanyakan kabar.
2. Hendaknya guru memberi contoh dahulu cara penulisan huruf A sampai Z yang benar. Kemudian baru kita menuliskan contoh sebuah kata atau kalimat.
3. Menarik perhatian anak menggunakan beberapa metode yang bervariasi.
Kelebihan dari video ini yaitu interaksi yang dilakukan oleh guru terhadap siswa sudah baik. Interaksi ini penting untuk menumbuhkan semangat dan konsentrasi anak terhadap pelajaran yang sedang berlangsung. Perhatian guru juga sudah bagus. Guru berkeliling mengecek satu persatu anak yang sedang menulis. Media yang digunakan guru berupa gambar, ini cocok sekali untuk pembelajaran kelas rendah. Gambar dapat menarik perhatian anak.
NAMA : NUR AENI
NIM : 858777105
POKJAR : POKJAR KAB. KEDIRI
UPBJJ : UPBJJ UT MALANG
SEMESTER : 8 PGSD
JUDUL VIDEO : kesulitan menulis huruf suku kata dan kalimat
LINK VIDEO : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/kesulitan-menulis-huruf-suku-kata-kata-dan-kalimat/#comments
Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut, proses dalam pembelajaran sudah berjalan dengan baik, diawali dengan bernyanyi Bersama yang bertujuan untuk menarik minat peserta didik selain itu pengelolaan kelas yang dilakukan guru juga sudah cukup bagus, sehingga kelas menjadi interaktif. Selain itu guru juga sudah menggunakan media pembelajaran.
Namun, ditengah video terlihat ada peserta didik yang terlihat malas dikarenakan bosan dan ada juga siswa terlihat masih kebingungan saat guru menjelaskan materi tersebut. Menurut saya agar peserta didik tidak bosan, guru dapat memberikan metode pembelajaran yang mudah dipahami dan menyenangkan seperti mengajak siswa untuk bermain peran agar menambah semangat belajar siswa
NAMA : NUR AENI
NIM : 858777105
POKJAR : POKJAR KAB. KEDIRI
UPBJJ : UPBJJ UT MALANG
SEMESTER : 8 PGSD
JUDUL VIDEO : kesulitan menulis huruf suku kata dan kalimat
LINK VIDEO : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/kesulitan-menulis-huruf-suku-kata-kata-dan-kalimat/#comments
Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut, proses dalam pembelajaran sudah berjalan dengan baik, diawali dengan bernyanyi Bersama yang bertujuan untuk menarik minat peserta didik selain itu pengelolaan kelas yang dilakukan guru juga sudah cukup bagus, sehingga kelas menjadi interaktif. Selain itu guru juga sudah menggunakan media pembelajaran.
Namun, ditengah video terlihat ada peserta didik yang terlihat malas dikarenakan bosan dan ada juga siswa terlihat masih kebingungan saat guru menjelaskan materi tersebut. Menurut saya agar peserta didik tidak bosan, guru dapat memberikan metode pembelajaran yang mudah dipahami dan menyenangkan seperti mengajak siswa untuk bermain peran agar menambah semangat belajar siswa
NAMA : NUR AENI
NIM : 858777105
SEMESTER : 8 PGSD
Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut, proses dalam pembelajaran sudah berjalan dengan baik, diawali dengan bernyanyi Bersama yang bertujuan untuk menarik minat peserta didik selain itu pengelolaan kelas yang dilakukan guru juga sudah cukup bagus, sehingga kelas menjadi interaktif. Selain itu guru juga sudah menggunakan media pembelajaran.
Namun, ditengah video terlihat ada peserta didik yang terlihat malas dikarenakan bosan dan ada juga siswa terlihat masih kebingungan saat guru menjelaskan materi tersebut. Menurut saya agar peserta didik tidak bosan, guru dapat memberikan metode pembelajaran yang mudah dipahami dan menyenangkan seperti mengajak siswa untuk bermain peran agar menambah semangat belajar siswa