silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan dapat memahami dan mengungkapkan makna pantun, baik dari sudut agama, budi pekerti, lingkungan hidup, seni musik, seni rupa, dan sebagainya.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Zulfahnur Z.F., M.Pd.
–
–
–
–
Nama : Alvina Tri Atmi
Nim : 855863301
Pokjar : Simalungun
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, sebaiknya pendidik menjelaskan macam-macam pantun dan menjelaskan amanat disetiap pantun itu berbeda. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menurut saya hal unik tersebut terjadi ketika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok, hal tersebut tentunya terjadi karena keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan membuat LKPD agar tentunya pembelajarn tersebut lebih menarik dan menyenangkan.Alat dan media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk kelompok pelajar yang tidak ada akses internet sama sekali.
Nama : Alvina Tri Atmi
Nim : 855863301
Pokjar : Simalungun
Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, sebaiknya pendidik menjelaskan macam-macam pantun dan menjelaskan amanat disetiap pantun itu berbeda. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang
Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.
Menurut saya hal unik tersebut terjadi ketika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok, hal tersebut tentunya terjadi karena keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan membuat LKPD agar tentunya pembelajarn tersebut lebih menarik dan menyenangkan.Alat dan media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk kelompok pelajar yang tidak ada akses internet sama sekali.
Nama : Alvina Tri Atmi
Nim : 855863301
Pokjar : Simalungun
Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, sebaiknya pendidik menjelaskan macam-macam pantun dan menjelaskan amanat disetiap pantun itu berbeda. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang
Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.
Menurut saya hal unik tersebut terjadi ketika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok, hal tersebut tentunya terjadi karena keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan membuat LKPD agar tentunya pembelajarn tersebut lebih menarik dan menyenangkan.Alat dan media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk kelompok pelajar yang tidak ada akses internet sama sekali.
Nama : Alvina Tri Atmi
Nim : 855863301
Pokjar : Simalungun
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran
tersebut.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran:
Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, sebaiknya pendidik
menjelaskan macam-macam pantun dan menjelaskan amanat disetiap pantun itu berbeda. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun
kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran lebih aktif dan menarik.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran
Menurut saya hal unik tersebut terjadi ketika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok, hal tersebut tentunya terjadi karena keaktifan
siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas
kegiatan pembelajaran berikutnya
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan membuat
LKPD agar tentunya pembelajarn tersebut lebih menarik dan menyenangkan.Alat dan media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk kelompok pelajar
yang tidak ada akses internet sama sekali.
Nama : Fitriani siregar
Nim : 856020261
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran
tersebut.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran:
Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, sebaiknya pendidik
menjelaskan macam-macam pantun dan menjelaskan amanat disetiap pantun itu berbeda. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun
kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran lebih aktif dan menarik.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran
Menurut saya hal unik tersebut terjadi ketika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok, hal tersebut tentunya terjadi karena keaktifan
siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas
kegiatan pembelajaran berikutnya
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan membuat
LKPD agar tentunya pembelajarn tersebut lebih menarik dan menyenangkan.Alat dan media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk kelompok pelajar
yang tidak ada akses internet sama sekali.
Nama : Fitriani siregar
Nim : 856020261
Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, sebaiknya pendidik menjelaskan macam-macam pantun dan menjelaskan amanat disetiap pantun itu berbeda. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang
Nama : Sri Wulandari
Nim : 855864446
Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Menurut saya penjelasan yang di sampaikan pendidik sudah cukup bagus dan anak-anak mudah memahaminya. Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.
Nama : Dewi
Nim : 857532078
Pokjar : Temanggung
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, sebaiknya pendidik menjelaskan macam-macam pantun dan menjelaskan amanat disetiap pantun itu berbeda. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menurut saya hal unik tersebut terjadi ketika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok, hal tersebut tentunya terjadi karena keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan membuat LKPD agar tentunya pembelajarn tersebut lebih menarik dan menyenangkan.Alat dan media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk kelompok pelajar yang tidak ada akses internet sama sekali.
Nama : Dewi
Nim : 857532078
Pokjar : Temanggung
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, sebaiknya pendidik menjelaskan macam-macam pantun dan menjelaskan amanat disetiap pantun itu berbeda. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menurut saya hal unik tersebut terjadi ketika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok, hal tersebut tentunya terjadi karena keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan membuat LKPD agar tentunya pembelajarn tersebut lebih menarik dan menyenangkan.Alat dan media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk kelompok pelajar yang tidak ada akses internet sama sekali
NAMA: FEBRI YOGI HARGIARTO
NIM: 860009726
PROGDI: PGSD S1
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Menurut pendapat saya bahwa reaksi anak cukup tertarik dan senang terhadap materi pembelajaran pantun yang diberikan oleh guru, disini anak cukup aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru.
2. Kelemahan dan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran:
– Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
Pendapat saya bahwa penjelasan guru tersebut sudah cukup baik, namun hanya saja guru tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, dan juga Kurang jelas dalam menyampaikan evaluasi dan penegasan materi di akhir pembelajaran kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran lebih aktif dan menarik.
– Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
Menurut saya cara guru mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik, sebab siswa terlihat sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut. Guru juga dapat menjelaskan dengan baik materi pembelajaran, termasuk sajak dan intonasi, Selain itu, metode pembelajaran pantun juga dapat meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, Meningkatkan kreativitas siswa, Mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.
3. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran:
Menurut pendapat saya hal unik dalam video tersebut terjadi saat semua siswa di perintah oleh guru untuk membentuk kelompok dan secara bersamaan berdiri, dengan begitu siswa berperan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut.
4. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas
kegiatan pembelajaran berikutnya
Menurut pendapat saya untuk dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran guru bisa menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan membuat
LKPD agar pembelajaran tersebut lebih menarik.