silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan dapat memahami dan mengungkapkan makna pantun, baik dari sudut agama, budi pekerti, lingkungan hidup, seni musik, seni rupa, dan sebagainya.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Zulfahnur Z.F., M.Pd.
–
–
–
–
Nama : M Arqom Rosyada
NIM : 857935335
Prodi : PBSI Semester 6
Dari tanyangan pembelajaran pantun di atas. Memadukan keterampilan berbahasa seperti menyimak, membaca, berbicara, dan menulis menjadi salah satu cara untuk menjelaskan pantun kepada siswa. Seperti kita ketahui bersama bahwa membuat pantun atau memahaminya tidak semudah memahami dan membuat puisi modrn. Dalam tanyangan tersebut guru belum menjelaskan apa itu ciri-ciri pantun, karena menurut kami pengertian pantun tidak terlepas dari ciri-ciri pantun. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka, dan dapat mengunakan metode pembelajaran seperti berkelompok atau mengukan media-media lain pembelajaran lain seperti roda pantun dsb.
Nama : Alfa Tania Sekar Pramesty
NIM : 856983089
Pokjar : Banjar Agung
1. Bagaiman reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja,sabaiknya pendidik menjelaskan macam-macam pantun dan menjelasakn amanat disetiap pantun itu berbeda.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya bagaimana cara pendidik mengajak siswa untuk mengapati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.
4. Hal-Hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menurut saya hal unik tersebut terjadi setika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok,hal tersebut tentunya terjadi karna keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihandari guru yang anda amati dari tayangan video,upaya apa saja yang dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikut? (digunakan pula oleh kelompok mahasiswa yang tidak bisa mengekses internet sama sekali)
Tentunya untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan membuat LKPD agar tentunya pembelajarn tersebut lebih menarik dan menyenangkan.Alat dan media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk kelompok mahasiswa yang tidak ada akses internet sama sekali.
Dari video pembelajaran tersebut, memadukan keterampilan berbahasa seperti menyimak, membaca, berbicara, dan menulis menjadi salah satu cara untuk menjelaskan pantun kepada siswa. Seperti kita ketahui bersama bahwa membuat pantun atau memahaminya tidak semudah memahami dan membuat puisi modern. Kelemahannya yaitu guru belum menjelaskan apa itu ciri-ciri pantun, karena menurut kami pengertian pantun tidak terlepas dari ciri-ciri pantun. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang. Kelebihan dari tayangan video tersebut yaitu guru sudah melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa membaca pantun
NAMA : SUSANTI ANGGRAINI
NIM : 856984478
PRODI : S1 PGSD
POKJAR : WAY TUBA
Kelebihan : menurut saya , guru menyampikan materi dengan jelas, detail dan menjelaskan ciri – ciri pantun
kekurangan ; guru tidak memberikan penjelasan mengenai macam – macam pantun yang lainnya
saran : seharusnya guru memadukan keterampilan lainnya seperti , menulis dan membaca
Nama : tutut handayani
Nim: 856753806
Prodi: S1 pdgsd
Pokjar: Gelumbang
Dari video pembelajaran tersebut, memadukan keterampilan berbahasa seperti menyimak, membaca, berbicara, dan menulis menjadi salah satu cara untuk menjelaskan pantun kepada siswa. Seperti kita ketahui bersama bahwa membuat pantun atau memahaminya tidak semudah memahami dan membuat puisi modern. Kelemahannya yaitu guru belum menjelaskan apa itu ciri-ciri pantun, karena menurut kami pengertian pantun tidak terlepas dari ciri-ciri pantun. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang. Kelebihan dari tayangan video tersebut yaitu guru sudah melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa membaca pantun
Nama : tutut handayani
Nim: 856753806
Prodi: S1 pdgsd
Pokjar: Gelumbang
Dari video pembelajaran tersebut, kita memadukan keterampilan dengan berbahasa seperti menyimak, membaca, berbicara, dan menulis menjadi salah satu cara untuk menjelaskan pantun kepada siswa. Seperti kita ketahui bersama bahwa membuat pantun atau memahaminya tidak semudah memahami dan membuat puisi modern. Kelemahannya yaitu guru belum menjelaskan apa itu ciri-ciri pantun, karena menurut kami pengertian pantun tidak terlepas dari ciri-ciri pantun. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang. Kelebihan dari tayangan video tersebut yaitu guru sudah melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa membacakan pantun
Nama : Rada Rohnikasari
Nim : 856823246
Ubjj : Bengkulu
Pokjar: ketahun
Dari vidio di atas Memadukan keterampilan berbahasa seperti menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. cara untuk menjelaskan pantun kepada siswa Seperti yang kita ketahui bersama bahwa membuat pantun atau memahaminya tidak melebihi pemahaman dan membuat puisi modern. Dalam tayangan tersebut guru belum menjelaskan apa itu ciri-ciri pantun, karena menurut kami pengertian pantun tidak terlepas dari ciri-ciri pantun. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik.
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu peserta didik/siswa antusia mengikuti pembelajaran
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu kurangnya menguasai kelas, dan kurangnya menguasai Teknik pembelajaran dak akhirnya pembelajaran hanya bersifat monotonn saja.
3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah penyajian materi sudah baik, sehingga lebih mudah dipahami oleh peserta didik.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran, seperti guru menggabungkan beberapa materi pembelajaran yaitu keterampilan berbahasa, seperti membaca, menyimak, berbicara, dan menulis.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu Penggunaan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, seperti permainan kata, peran-peran, atau permainan peran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembuatan pantun, serta berikan kesempatan kepada siswa untuk membagikan dan membacakan pantun mereka di depan kelas. Ini akan membantu membangun kepercayaan diri mereka dan meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia. Dengan mengimplementasikan upaya-upaya tersebut, diharapkan kualitas kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam pembelajaran pantun, dapat meningkat secara signifikan.
Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang
Nama : Alvina Tri Atmi
Nim : 855863301
Pokjar : Simalungun
▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, sebaiknya pendidik menjelaskan macam-macam pantun dan menjelaskan amanat disetiap pantun itu berbeda. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang
▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.
▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menurut saya hal unik tersebut terjadi ketika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok, hal tersebut tentunya terjadi karena keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan membuat LKPD agar tentunya pembelajarn tersebut lebih menarik dan menyenangkan.Alat dan media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk kelompok pelajar yang tidak ada akses internet sama sekali.