Konsep Fotosintesis

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan Jakarta dengan lingkungan sekitar dikelilingi gedung tinggi dan lalu lintas yang ramai. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas 7 sekolah menengah pertama dengan jumlah siswa sekitar 30 orang. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin laki-laki aktif membimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran. Sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah ini cukup lengkap seperti media dan alat peraga yang kondisinya sangat baik dan tertata dengan rapi di kelas. Penerangan di sekolah cukup baik dan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa duduk di tempat duduknya masing-masing yang tertata rapi dengan settingan bangku menghadap ke papan tulis di depan kelas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai kegiatan pembelajaran berbasis project yang dirancang oleh guru dalam tayangan video tersebut.
  2. Apakah sintak model PjBL terlihat jelas dalam tayangan video tersebut?
  3. Apakah syntax pertama yaitu speculation (memulai dengan sebuah pertanyaan) sudah diaplikasikan dengan tepat pada tayangan video tersebut?
  4. Menurut Anda apakah project yang dilakukan oleh siswa sudah tepat untuk merefleksikan model pembelajaran berbasis project?
  5. Bagaimana evaluasi yang bisa dikonstruksikan siswa atas hasil proyek yang telah dilakukan?

Similar Posts

  • Mari Contoh yang Baik

    Sinopsis Melalui metode bermain peran, para siswa diajak untuk memahami topik fenomena sosial dan permasalahannya, khususnya mengenai peredaran narkotika di kalangan remaja. Dengan metode bermain peran, diharapkan siswa dapat lebih menyelami dan memahami topik tersebut. Dalam tayangan video, guru menggunakan format talk show yang diperankan oleh para siswa sebagai orangtua, pelaku narkoba dan pengedar. Dengan…

  • Ayo Berorasi

    Sinopsis Keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat masih menemukan kendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan siswa untuk membiasakan mengemukakan pendapat lewat ide dan gagasannya terutama dalam penggunaan kata-kata. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami membiasakan mengemukakan pendapat lewat berorasi. Siswa diberi kesempatan bersimulasi bermain peran menjadi seorang tokoh…

  • Menentukan Amanat Drama

    Sinopsis Video ini membahas strategi pembelajaran apresiasi drama dengan topic menentukan amanat drama di kelas VIII. Untuk mengetahui stretegi yang tepat untuk pembelajaran tersebut, dalam video ini akan ditampilkan du proses pembelajara. Proses pembelajaran pertama menampilkan proses pembelajaran yang kurang berhasil. Proses pembelajaran kedua adalah alternatif pemecahan masalah yang terdapat dalam proses pembelajaran kedua. Untuk…

  • Bentuk Muka Bumi

    Sinopsis Bentuk muka bumi sebagai dasar pengkajian fenomena keruangan permukaan bumi, sehingga perlu dipahami siswa SMP kelas VII. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan Metode Cooperative Learning tipe Talking Stick. Guru mengajak bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru. Tayangan…

  • Evaluasi Yang Tidak Menyeluruh

    Sinopsis Di awal tayangan video, rekan guru dapat menyaksikan seorang guru yang sedang memberikan soal latihan IPA tentang Daya dari buku cetak dan LKS yang dimiliki para siswa. Dalam video juga ditayangkan seorang guru yang menugaskan seorang siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis, yang dengan cara demikian tentu saja tidak dapat mengukur secara keseluruhan…

  • Elaborasi Dan Konfirmasi Dengan Media Video Interaktif

    Sinopsis Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggunakan media video interaktif untuk pembelajaran Ekosistem. Pembelajaran mengacu pada Rancangan Pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang pada kegiatan intinya berisi tahapan pembelajaran eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Di awal, program menampilkan guru yang telah menggunakan media untuk mengajarkan Ekosistem, namun ia…

12 Comments

  1. Pembelajaran berbasis project atau based learning yang sudah dirancang tersebut sudah sesuai dengan dengan materi fotosintesis. Sintak dalam video tersebut juga sudah jelas terlihat dan speculation juga sudah di sampaikan oleh guru diawal pembelajaran dengan cara menggali lagi pengetahuan pengetahuan umum yang diketahui oleh siswa.

  2. Nama : Dewi Atika Sari
    NIM : 856994827
    Pokjar : Dipasena
    UPBJJ : Bandar Lampung

    1. Pendapat saya mengenai kegiatan pembelajaran berbasis proyek yang dirancang oleh guru dalam tayangan video tersebut sangat positif. Guru telah berhasil menciptakan sebuah proyek yang menantang dan relevan dengan kehidupan nyata, sehingga siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
    2. Model sintak PjBL terlihat cukup jelas dalam tayangan video tersebut. Guru telah mengatur kegiatan pembelajaran dengan tahapan-tahapan yang sesuai dengan model PJBL, termasuk identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan proyek, dan refleksi.
    3. Syntax pertama yaitu spekulasi (memulai dengan sebuah pertanyaan) sudah diaplikasikan dengan tepat pada tayangan video tersebut. Guru mulai dengan memperkenalkan sebuah pertanyaan atau tantangan yang menginspirasi siswa untuk mencari solusi melalui proyek yang mereka jalankan.
    4. Menurut saya, proyek yang dilakukan oleh siswa sudah tepat untuk merefleksikan model pembelajaran berbasis proyek. Proyek tersebut melibatkan siswa dalam mencari solusi atas masalah yang kompleks, memungkinkan mereka untuk berkolaborasi, berpikir kreatif, dan mengembangkan keterampilan lainnya.
    5. Evaluasi yang bisa dikonstruksikan siswa atas hasil proyek yang telah dilakukan dapat mencakup berbagai aspek, seperti efektivitas solusi yang mereka temukan, kemampuan mereka dalam mengkomunikasikan ide-ide secara jelas, serta proses pembelajaran yang mereka alami selama menjalankan proyek. Selain itu, siswa juga dapat melakukan refleksi atas kemajuan mereka, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta merumuskan rencana perbaikan untuk proyek-proyek masa depan.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777