Similar Posts
Learn a Narrative Story From a Film
Sinopsis Bercerita adalah salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk menarik minat belajar siswa. Metode ini akan jauh lebih menarik dan meningkatkan semangat siswa untuk belajar bahasa Inggris jika cerita tersebut disajikan dalam sebuah film. Program video yang pembelajaran bahasa Inggris dengan pokok bahasan “Learning A Narrative Story From A Film “…
Belajar Dari Peta
Sinopsis Pada video ini memperlihatkan bagaimana guru memaksimalkan penggunaan peta sebagai media pembelajaran IPS. Siswa diupayakan dapat menemukan sendiri esensi belajar dengan peta baik secara individu maupun dalam kelompok. Setelah Anda menyimak dengan seksama tayangan video tersebut, tentu Anda akan mencoba menggunakan metode tersebut dalam pembelajaran IPS yang menjadi tanggungjawab Anda. Namun perlu diperhatikan antara…
Bentuk Muka Bumi
Sinopsis Bentuk muka bumi sebagai dasar pengkajian fenomena keruangan permukaan bumi, sehingga perlu dipahami siswa SMP kelas VII. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan Metode Cooperative Learning tipe Talking Stick. Guru mengajak bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru. Tayangan…
Tidak Meratanya Pengetahuan Dasar Siswa dalam Kelas
Sinopsis Program ini menggambarkan seorang guru yang kesulitan untuk memulai pelajaran karena siswa dalam kelasnya memiliki tingkat pengetahuan yang tidak merata. Upaya yang dilakukan guru dalam program ini adalah meminta siswa untuk mempelajari materi dikrumah sebelum materi tersebut diajarkan keeseokan harinya. Selain itu guru juga memberikan tugas-tugas secara individual agar siswa dapat lebih memahami yang…
Mengenal Bentuk Segitiga Berdasarkan Sisi dan Besaran Sudut
Sinopsis Video ini memperlihatkan strategi pembelajaran untuk mempermudah siswa SMP belajar mengenal berbagai bentuk segitiga. Strategi pembelajaran berbasis lembar kerja berupa kertas yang sudah berisi gambar berbagai berbentuk segitiga yang dipersiapkan oleh guru untuk masing-masing siswa. Gambar segitiga berwarna dalam bentuk kerangka maupun masif. Lembar kerja ini dijadikan objek oleh guru dan siswa untuk menjelaskan…
Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau
Sinopsis Didalam ruangan laboratorium IPA suatu SMP tampak beberapa kelompok siswa sedang melakukan percobaan, sebagian kelompok tampak tidak serius dalam melakukan percobaan, mereka saling mengobrol dan tertawa, sebagian siswa hanya menonton temannya yang sedang bekerja melakukan percobaan. Bagaimana Seorang guru dapat mengaktifkan siswanya? Agar selama kegiatan praktikum berjalan dengan baik dan semua aktif, Guru tersebut…
Nama Mahasiswa : Wahyu Nengsih
NIM : 501574187
Prodi : Magister Pendidikan Dasar (MPDr)
UPBJJ : Medan
Dari video di atas yaitu tentang Kontrak nilai Sikap , dimana peraturan yang dilanggar oleh peserta didik adalah kedisiplinan datang tepat waktu dan berpakaian dengan tidak rapi. Pelanggaran tersebut sudah sering terjadi di sekolah, dan solusi dan ditawarkan dalam video adalah dengan adanya Kontrak Nilai Sikap. Menurut saya itu bagus, karena diawal mungkin perlu penguatan dan konsekuensi ( Punishment) juga, namun seiring berjalannya waktu itu akan menjadi kebiasaan siswa .
Saya pernah melakukan itu untuk menanggulangi sampah yang berserakan di sekolah , dan anak anak sangat sulit diajak atau diarahkan untuk membersihkannya . Sehingga, saya membuat program Tabungan Sampah. Setiap sebulan sekali, hasil tabungan sampah yang diambil anak anak di rekapitulasi. Bagi siswa dengan tabungan sampah yang diambil terbanyak, akan mendapat penghargaan sebagai PAHLAWAN KEBERSIHAN.
Nama : Dimas Fauzi Septyawan
NIM : 501223288
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Bogor
Sikap dan perilaku peserta didik di sekolah dapat bervariasi tergantung pada individu masing-masing. Namun, ada beberapa sikap dan perilaku yang diharapkan umumnya dari peserta didik di sekolah. Berikut adalah beberapa contoh sikap dan perilaku yang diharapkan dari peserta didik:
1. Disiplin
2. Kerja keras
3. Tanggung jawab
4. Kerjasama
5. Menghormati
6. Percaya diri
7. Etika
8. Kreativitas
Penting bagi sekolah dan pendidik untuk memberikan contoh dan membimbing peserta didik dalam mengembangkan sikap dan perilaku yang positif di sekolah. Pendidikan karakter dan pembelajaran sosial-emosional juga dapat membantu peserta didik memahami pentingnya sikap dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
Nama : NUR AZIZAH
NIM : 510333173
Prodi : MPDR
UPBJJ : Malang
Dari video di atas telah dipaparkan mengenai tindakan kurangnya kedisiplinan siswa misalnya siswa datang terlambat, siswa kurang bertanggung jawab atas tugas yang sudah diberikan, dan siswa menggunakan pakaian yang kurang rapi,
Dengan diterapkan sistem kontrak penilaian, diharapkan siswa dapat bersikap : Disiplin, Kerja keras, Tanggung jawab, Kerjasama, Menghormati, Percaya diri, Etika, dan Kreativitas
Penting bagi sekolah dan pendidik untuk memberikan contoh dan membimbing peserta didik dalam mengembangkan sikap dan perilaku yang positif di sekolah. Pendidikan karakter dan pembelajaran sosial-emosional juga dapat membantu peserta didik memahami pentingnya sikap dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
Nama: Eva ROHMIYATI
Nim:044366572
Program ini menyajikan sebuah video pembelajaran tentang contoh sikap atau perilaku yang kurang terpuji dari siswa, seperti terlambat, kurang disiplin dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan berpakaian kurang rapih. Video ini juga menawarkan solusi dengan menampilkan bagaimana seorang guru dapat memberikan contoh kontrak nilai sikap berdasarkan pendekatan yang efektif.
Bagian akhir dari video ini menampilkan cara-cara yang efektif bagi seorang guru untuk menghadapi siswa dengan sikap atau perilaku yang kurang terpuji. Berikut beberapa contoh strategi yang dapat digunakan oleh guru:
Komunikasi Terbuka: Guru dapat memulai dengan mengadakan percakapan pribadi dengan siswa yang bersangkutan. Dalam percakapan ini, guru dapat mengungkapkan keprihatinan terhadap sikap atau perilaku siswa dengan cara yang tidak menghakimi. Guru dapat bertanya tentang alasan di balik sikap atau perilaku tersebut dan mendengarkan dengan penuh perhatian.
Jelaskan Konsekuensi: Guru perlu menjelaskan konsekuensi dari sikap atau perilaku yang kurang terpuji tersebut. Misalnya, jika seorang siswa terlambat, guru dapat menjelaskan bagaimana itu dapat mengganggu proses pembelajaran kelas dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi siswa lain. Penting untuk menjelaskan konsekuensi secara objektif dan dengan tidak menghakimi.
Diskusi Kelas: Guru dapat memfasilitasi diskusi kelompok di kelas tentang pentingnya disiplin, ketepatan waktu, dan berpakaian rapih. Dalam diskusi ini, siswa dapat berbagi pandangan mereka dan mencari solusi bersama. Ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk merasa terlibat dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya sikap yang baik dalam konteks pendidikan.
Contoh Perilaku Positif: Guru perlu memberikan contoh perilaku positif kepada siswa. Guru dapat menunjukkan sikap yang diharapkan dalam hal ketepatan waktu, disiplin, dan berpakaian yang rapih. Guru dapat menggunakan situasi nyata atau studi kasus untuk menunjukkan dampak positif dari sikap yang baik terhadap kehidupan siswa di masa depan.
Kontrak Nilai Sikap: Guru dapat mengajukan kontrak nilai sikap kepada siswa yang berisi kesepakatan bersama tentang sikap yang diharapkan dan konsekuensi yang akan dihadapi jika siswa tidak mematuhi kontrak tersebut. Kontrak ini harus disusun secara bersama-sama dengan melibatkan siswa dan orang tua atau wali murid. Hal ini akan membantu siswa merasa bertanggung jawab atas perilaku mereka dan memahami konsekuensi dari tindakan mereka.
Dalam program ini, ditampilkan contoh nyata mengenai kontrak nilai sikap dan bagaimana guru menggunakan pendekatan yang efektif untuk memfasilitasi kontrak tersebut. Tujuannya adalah agar siswa dapat memahami pentingnya sikap yang baik dan menyadari konsekuensi dari perilaku yang kurang terpuji, sehingga mereka dapat melakukan perubahan yang positif.
NAMA : RAPIPIN
NIM : 857228901
PRODI : PKM
POKJAR : BALARAJA
UPBJJ : SERANG
Menurut analisis saya pribadi untuk vidio diatas ialah sikap dan prilaku anak didik yang perlu di perbaiki atau harus di tindak lanjuti seperti ;
1.tidak disiplin dengan datang terlambat ,
2. tidak disiplin dan tidak bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas,
3. dan etika dalam berpakian dengan menggunakan seragam yang kurang rapi
dan saya setuju dan termotivasi dengan vidio tersebut juga memberikan solusi buat seorang guru yaitu memberikan skor atau nilai sikap berdasarkan perilaku anak didik yang tidak terpuji .
karekter anak didik sendiri, itu bermacam macam atau beragam kita sebagai guru harus memiliki wawasan yang lebih terbuka dengan memberikan penjelasan atau memeberikan arahan yang baik untuk anak didik sendiri agar mereka bisa mengerti dan bisa menerima dengan baik akan arahan yang gurunya sampaikan dalam mendidik karakter anak masing masing.
contoh
– siswa datang terlambat , guru dapat bertanya secara pribadi, apa yang membuat anak tersebut bisa terlambat masuk kekelas ,tanyakan alasanya dan kusekuesi yang akan dia dapatkan jika itu terulang lagi.
– tidak mengumpulkan tugas , dalam hal ini bisa jadi kelalaian atau kurangnya tanggung jawab anak didik dalam mengerjakan tugas ,bisa jadi juga anak didik masih belum mengerti dengan penjelasan yang di berikan guru nya dalam mengajar.di masalah ini guru bisa lebih terbuka lagi atau mengajak komunikasi ke anak didik apa yang membuat mereka kesulitan dalam mengerjakan tugas tersebut dan memberi arahan dan solusi terbaik. kerja sama siswa dan guru adalah satu kesatuan berhasil atau tidak nya proses belajar mengajar.
– menggunakan seragam yang kurang rapi, dalam hal ini termasuk melanggar tata tertib sekolah yang telah ditentukan .
sebagai guru harus memberikan pengertian bahwa pakaian rapi di sekolahan penting dapat memebrikan kesan baik
,sopan,dan membuat siswa lebih di hargai.
Nama : Yopi sulastri
Nim: 856820344
Ass…Dari video di atas telah dipaparkan mengenai tindakan kurangnya kedisiplinan siswa misalnya siswa datang terlambat, siswa kurang bertanggung jawab atas tugas yang sudah diberikan, dan siswa menggunakan pakaian yang kurang rapi,
Dengan diterapkan sistem kontrak penilaian, diharapkan siswa dapat bersikap : Disiplin, Kerja keras, Tanggung jawab, Kerjasama, Menghormati, Percaya diri, Etika, dan Kreativitas.
karekter anak didik sendiri, itu bermacam macam atau beragam kita sebagai guru harus memiliki wawasan yang lebih terbuka dengan memberikan penjelasan atau memeberikan arahan yang baik untuk anak didik sendiri agar mereka bisa mengerti dan bisa menerima dengan baik akan arahan yang gurunya sampaikan dalam mendidik karakter anak masing masing.