silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama: Yozara Hendri
NIM: 856287554
UPBJJ UT Padang
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah sebagai berikut:
Ada diantaranya siswa yang tertawa (senyum-senyum) saat guru menjelaskan.
Ada juga siswa yang tiduran (menempelkan wajahnya ke meja).
Ada juga siswa yang tidak focus memperhatikan guru saat menjelaskan materi.
Ada siswa yang tidak merespon guru saat guru memberikan pertanyaan.
Ada juga siswa yang tidak menunjukkan ketertarikannya dalam pelajaran yang dijelaskan guru.
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah sebagai berikut:
Guru langsung menjelaskan materi tanpa melakukan keterampilan membuka pembelajaran.
Guru tidak memastikan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Guru juga tidak ada memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Guru hanya mengandalkan metode ceramah.
Guru tidak menampilkan media yang menarik.
Tidak adanya pemusatan perhatian dari siswa.
Guru menjelaskan materi terburu-buru sehingga siswa tidak fokus dan asik sendiri.
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah sebagai berikut:
Guru memberikan tugas berupa menghafalkan perkalian agar siswa dapat fokus dalam pembelajaran.
Guru juga melakukan penjelasan berulang pada materi, sehingga siswa paham terhadap materi yang disampaikan.
Guru sudah bisa membuat siswa fokus dalam pembelajaran.
Guru memberikan umpan balik kepada siswa berupa apresiasi untuk siswa yang mampu menjawab pertanyaan.
Guru memberikan tugas latihan/PR agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan guru.
Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut adalah sebagai berikut:
Guru memberikan media berupa daftar perkalian.
Guru juga memberikan tugas serta sanksi bagi yang tidak mengerjakan.
Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah sebagai berikut:
Membuat media yang lebih menarik, contohnya berupa kartu perkalian.
Jangan memberikan tugas terlalu sering.
Melakukan keterampilan membuka sebagai upaya menarik perhatian dan memotivasi siswa agar tertarik mengikuti pembelajaran.
Mengecek kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran seperti diadakan ice breaking, mengecek kebersihan kelas sebelum dimulainya pembelajaran.
Menggunakan metode pembelajaran yang lebih variatif agar siswa ikut terlibat aktif dalam pembelajaran.
Nama : Sislamiana
Nim : 877629085
Upbjj : Bandar Lampung
Dari hasil pengamatan saya pada video pembelajaran yang telah di sampaikan di awal, siswa tidak memahami prkalian dasar, dimana guru langsung meberikan dan menjelaskan pekalian dengan angka dan melanjutkan dengan menyuruh siswa menhafal, saran saya sebaiknya guru memberikan metode ajar dasar-dasar berhitung dengan menggunakan media misal kelereng atau apapun untuk memancing siswa agar lebih mudah memahami perkalian, karena pada dasarnya siswa harus paham perkalian bukan hanya hafal.Trimakasih
Nama : Raudati jannah sihombing
NIm : 856068808
Prodi : PGSD S1
Menurut pendapat saya bedasarkan pengamatan saya pada vidio diatas bahwa aktifitas pembelajaran perkalian dasar siswa kurang memahami apa yang dijelaskan guru.Faktor yang menyebabkan siswa tidak paham bisa karena siswa tidak hafal dan tahu tentang perkalian dasar.Nah untuk itu saya sebagai guru memberi pendapat untuk menangani permasalahan tersebut dengan memakai alat atau media yang dapat dilihat dan dihitung langsung oleh siswa.
Misalnya dengan batu krikil,lidi dan lain sebagainya yang dapat dimanfaatkan guru sebagai media penghitung.Kemudian bisa juga dengan mengajak siswa menuliskan perkalian di kertas note warna-warni dan menempelkannya di kelas dan di ruang kamar agar siswa bisa melihat setiap saat hingga hapal dengan cepat.Jika siswa monoton hanya menghapal dengan cara membaca mungkin itu sangat sulit.
Jadi kesimpulannya belajar dengan media dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh dengan minat belajar anak.Untuk itu kita sebagai guru harus mampu membaca situasi dan kondisi untuk membuat pembelajaran menjadi semenarik mungkin sehingga siswa semangat untuk belajar.
Terimakasih
nama : sukma tri widia
upbjj bandar lampung
izin menanggapi dan mengomentari isi video di atas
tentang “ kekurangan pengetahuan perkalian dasar “
dari video di atas pada proses awal pembelajaran guru tidak menejelaskan tentang tahapan awal mengenal perkalian.
seperti yg di katakan oleh guru bahwa perkalian adalah penjumlahan yg berulang, namun guru tidak memberikan contoh tahapan proses penjumlahan berulang.
serta dalam video tersebut, guru hanya fokus pada materinya saja, kurangnya berinteraksi dengan anak untuk membawa anak ikut serta dalam pembelajaran, sehingga anak terlihat acuh dan tidak memperhatikan.
guru butuh metode belajar lain selain metode ceramah, dengan lebih aktif ke anak. bisa di lihat setelah guru mulai aktif kepada peserta didik, dan berinteraksi dengan mulai menghafal perkalian, anak pun ikut antusias dan lebih memperhatikan.
Nama : Siti Mutmainah
NIM : 858427168
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yang sedang berlangsung adalah kurangnya respon siswa, orang tertarik, dan tidak konsentrasi serta banyak yang bermalas-malasan.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran pada video di atas yaitu kurang mampu menarik perhatian siswa sehingga siswa kurang berminat akan penjelasan guru, tidak ada apersepsi yang berkaitan dengan materi tersebut, pembelajaran hanya berfokus pada guru, tidak menggunakan media konkrit, penjelasan guru kurang jelas dan terburu-buru.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video tersebut yaitu sudah menguasai materi pembelajaran, menggunakan metode menghafal, memberikan reward kepada siswa ketika mampu menjawab soal, serta dapat mengontrol emosi dan tetap sabar dalam menghadapi siswa yang belum memahami materi yang telah disampaikan.
4. Hal unik dalam video tersebut yaitu ketika guru mencoba berinovatif dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi mudah paham dengan materi yang dijelaskan guru.
5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu guru harus lebih kreatif lagi dalam menyiapkan metode awal sebelum memulai pembelajaran sehingga siswa lebih antusias sejak awal pembelajaran, guru sebaiknya menggunakan media yang dapat menunjang pembelajaran dengan baik, guru sebaiknya melaksanakan kegiatan awal seperti pendahuluan atau apersepsi untuk mengaitkan materi pembelajaran terhadap materi yang akan dipelajari, pembelajaran seharusnya berpusat pada siswa, metode yang digunakan disesuaikan dengan materi pelajaran yaitu perkalian dasar, dan memberikan latihan-latihan awal agar siswa lebih paham dan aktif dalam pembelajaran.
Nama : Hermawansyah
Nim : 821224644
Pokjar : Jambi
Menurut saya, dalam memberikan materi sudah cukup baik, namun diawal pembelajaran hendaknya guru memberikan motivasi-motivasi terlebih dahulu akan pentingnya pelajaran perkalian dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tertanam dalam diri siswa nantinya akan kebutuhan perkalian dalam kehidupan. Selanjutnya guru dapat memberikan kuis sebagai penguatan diakhir pembelajaran dengan pemberian kata motivasi-motivasi yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Nama : Evy Syarifah
NIM : 859944211
Pokjar : Jakarta
Dari video pembelajaran matematika yang saya lihat tentang “Kurang Mengetahui Perkalian Dasar” di SD menurut analisis saya, ada kelebihan dan kekurangannya.
* Adapun kelebihannya adalah:
– Guru dalam proses pembelajaran sudah menggunakan media pembelajaran yaitu dengan menggunakan card perkalian.
– Guru memberikan tugas menhafal perkalian dasar (1-10)
* Dan kekurangannya adalah:
1. Masalah yang ditemukan
– Pada kegiatan memahami operasi hitung perkalian, beberapa anak tidak bisa menjawab soal perkalian yang diberikan oleh guru tersebut.
2. Penyebab permasalahannya adalah:
– Pada proses pembelajaran berlangsung siswa/i kurang fokus dan konsentrasi memperhatikan penjelasan guru.
– Guru tidak jelas menerangkan konsep dasar cara menghitung perkalian. Dimana membentuk konsep dasar berhitung perkalian dalam matematika sangat
diperlukan untuk mengajak belajar menghitung perkalian menjadi lebih bermakna.
– Media yang digunakan kurang bervariasi, sehingga membuat siswa/i merasa bosan.
3. Rencana solusi
– Guru menjelaskan cara berhitung perkalian dengan berkomunikasi secara rutin kepada siswa/i dan terus memberikan latihan-latihan soal serta selalu
memberikan PR agarsiswa/i lebih serig belajar mengulang materi di rumah.
– Guru memberikan tambahanmediapembelajaran yang bervariasi dengan menggunakan media yang konkret.
Dimana membentuk konsep dasar berhitung perkalian dalam matematika sangat diperlukan untuk mengajak belajar menghitung perkalian lebih bermakna
adapun hal yang dianalaisis dari video pembelajaran diatas yaitu guru tidak mengucapkan salam/menyapa kepada siswa, tidak melakukan doa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran, tidak adanya absensi siswa untuk mengecek kehadiran pada saat itu, guru melangsungkan materi tanpa mengenalkan dulu apa itu perkalian dasar dan bagaimana caranya, tidak memperhatikan siswa yang asik mengobrol sendiri, kurangnya daya tarik dalam pembelajaran dan tidak ada ice breaking sehingga siswa jenuh dalam mengikuti belajar dikelas, tidak menggunakan alat peraga untuk mempermudah dalam menjelaskan materi hanya menggunakan metode ceramah.
Nama :Trisna harianja
Nim :859867822
UPBJJ-UT:Medan
Pokjar :Toba
Hasil pengamatan saya dari video pembelajaran kurang mengetahui perkalian dasar guru yang ada dalam video tersebut guru kurang mempersiapkan strategi dalam menjelaskan materi perkalian.jadi minat siswa dalam mempelajari perkalian tidak ada.
Berapa hal yg dapat kita lakukan untuk membangunkan minat belajar siswa dalam mempelajati oerkalian dasar:
-Motivasi Belajar: Video pembelajaran yang menggunakan metode penjumlahan berulang dan demonstrasi visual dapat memotivasi siswa untuk belajar. Misalnya, guru yang sabar dan komunikatif dalam menjelaskan materi perkalian dapat membuat siswa lebih fokus dan tertarik.
-Latihan Aktif: Penggunaan video pembelajaran sering kali dilengkapi dengan latihan soal dan pekerjaan rumah yang dapat membantu siswa mempraktikkan konsep perkalian dasar secara aktif. Ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dan hasil belajar mereka.
Beberapa ekurangan Video Pembelajaran
Minat Siswa: Kurangnya minat siswa dalam materi perkalian dasar merupakan salah satu tantangan utama. Bisa disebabkan oleh kurangnya motivasi dari guru dalam kondisional kelas dan tidak adanya pengulangan materi sebelumnya yang cukup.
Metode Pembelajaran: Metode pembelajaran yang kurang tepat dapat membuat siswa tidak fokus. Misalnya, guru yang tidak menggunakan strategi yang cocok dan tidak memberikan konsep penjumlahan berulang sebelum langsung menuju ke contoh soal perkalian, sehingga siswa tidak mengerti dan tidak bisa menjawab pertanyaan.
Teknik Presentasi: Teknik presentasi yang kurang baik, seperti ukuran tabel perkalian yang terlalu kecil, dapat membuat siswa sulit memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan.
Contoh Mudah: Memberikan contoh perkalian yang mudah, seperti 2 x 4, tanpa langsung memberikan jawaban 8, dapat membantu siswa memahami konsep perkalian secara gradual.
Strategi Motivasional: Menggunakan strategi motivasional seperti memberikan reward kepada siswa yang mendapat nilai tinggi dan sanksi kepada siswa yang tidak mengerjakan PR dapat memotivasi siswa untuk belajar.
Terimakasih
NAMA : PRIMA BUSANA
NIM : 860010293
Izinkan saya memberikan pendapat mengenai hal tersebut.
Pada slide video ke-1, Penggunaan chart sudah tepat, namun guru menggunakan penggaris besar mempunyai kesan mengintimidasi terhadap siswa. Perkalian masih menggunakan satu cara, sehingga kemungkinan siswa masih ada yang bingung atau tidak paham sehingga efeknya ada yang tertawa, terdiam menunduk, dan kurang perhatian.
Pada slide video ke-2, Penggunaan chart sudah tepat dan guru tidak lagi menggunakan penggaris besar, sehingga pembelajaran terkesan lebih natural. Alangkah baiknya, guru juga menggunakan media tambahan untuk mempermudah dalam pemahaman siswa yang bisa diperoleh dengan mudah seperti kerikil, permen, dll. Guru memberikan lebih dari satu cara perkalian sehingga siswa bisa memilih salah satu cara yang lebih mudah. Menjalin tali komunikasi dua arah dengan tanya jawab bersama siswa menjadikan suasana lebih harmonis. Kemudian, guru memberikan motivasi pentingnya belajar matematika serta adanya penguatan terhadap siswa melalui pemberian tugas yang bisa dikerjakan di rumah dan sanksi yang mendidik apabila tidak mengerjakan.