silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Nurhikma Ramadani
Semester : 8
PGSD UT MAKASSAR
Dalam video pembelajaran terlihat bahwa sebagian besar siswa tampak gaduh, bosan, dan tidak fokus saat menerima materi perkalian dasar. Hal ini disebabkan oleh tidak dilakukannya apersepsi, motivasi, dan ice breaking oleh guru sebelum memulai pembelajaran. Ketidaksiapan mental siswa dan suasana kelas yang kaku membuat mereka kurang semangat dan sulit memahami materi. Namun, penggunaan media chart dan melibatkan siswa secara aktif membuat KBM menjadi menarik, efektif, dan mudah dipahami.
Nama : Aliran Trirahmat Zebua
NIM : 859884678
Pokjar : Idanogawo
Selamat malam, saya akan memberikan tanggapan terhadap video seri pembelajaran mata pelajaran Matematika SD dengan topik konsep dasar perkalian. Dalam video pembelajaran yang ditampilkan, terlihat suasana belajar yang cenderung pasif sehingga siswa tampak kurang termotivasi dan mudah merasa bosan. Salah satu kelemahan yang terlihat adalah tidak adanya kegiatan apersepsi, pemberian motivasi, maupun ice breaking sebelum memasuki inti materi. Padahal, hal-hal tersebut penting untuk membantu siswa lebih fokus, termotivasi, serta dapat mengurangi kejenuhan dan ketegangan dalam belajar.
Di sisi lain, kelebihan dari pembelajaran ini adalah guru sudah melibatkan siswa dalam kegiatan tanya jawab, yang dapat merangsang mereka untuk berpikir dan berani menyampaikan pendapat. Sebagai solusi, guru sebaiknya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menggunakan media pembelajaran yang interaktif, menerapkan metode yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, serta menunjukkan antusiasme saat mengajar agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif, efektif, dan efisien.
Terimakasih
Nama : Jurita Nababan
Nim. : 856086021
Prodi. : PGSD
Semester: 6
Ijin saya akan memberikan tanggapan terhadap video pembelajaran matematika dengan topik konsep dasar perkalian
Kelemahan yang terlihat dalam video tersebut :
1. Guru terlalu sangat serius dalam mengajar apalagi saat memegang penggaris besar membuat siswa seperti ada rasa takut.
2. Saat mengajarkan perkalian pada tahap pertama guru menyampaikan bahwa konsep perkalian itu adalah penjumlahan berulang namun pada saat latihan soal guru tidak melakukan konsep itu membuat anak kurang memahaminya
3.perhatian siswa tidak terarah terhadap pembelajaran sehingga membuat mereka susah memahami pembelajaran tersebut
Kekuatan dalam video tersebut:
1. Guru mengulang kembali dan melakukan konsep yang benar sehingga siswa dapat memahami pelajaran yang diajarkan.
2. Pada tahap ke 2 guru sudah dapat menarik perhatian siswa, dan melibatkan siswa dalam sesi tanya jawab sehingga meningkatkan antusias mereka mengikuti pembelajaran .
Tambahan yang dilakukan Bu guru Menurut saya untuk memastikan siswa paham dengan materi yang dipelajari sebaiknya disuruh kedepan untuk mengerjakan latihan soal dengan melakukan konsep yang sudah diajarkan, supaya kita tahu siswa paham atau cuma menghapal perkalian saja.
Kelebihan:
1. Guru juga sudah menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Guru sudah menggunakan media pada pembelajaran
3. Guru mengusai materi yang diajarkan
Kekurangan:
1. Pada Pembukaan pembelajaran guru tidak mengarahkan siswa untuk melakukan berdoa , mengambil absen, menanyakan kabar sebelum memulai
pembelajaran dan memberikan ice breaking kepada siswa untuk lebih semangat.
2. Diawal pembelajaran guru tidak bisa mengkondisikan kelas,
3. Pembelajaran kurang efektif karena siswa tidak memperhatikan guru yang sedang menerangkan pelajaran.
Nama : Tiara Tania
Prodi : PGSD
Pokjar Binjai UPBJJ UT Medan
izin menanggapi video pembelajaran tersebut. Pada awal pembelajaran tidak adanya ice breaking terlebih dahulu sehingga siswa kelihatan tidak bersemangat dan kurang fokus. Guru tersebut tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu untuk memotivasi dan membuat siswa semangat untuk belajar.
untuk materi yang diberikan sudah menggunakan media belajar berupa poster perkalian. Namun sebaiknya guru bisa menggunakan media yang lebih mendukung seperti media papan perkalian karena pada materi perkalian media ini dapat memberikan dampak positif
dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui media pembelajaran ini siswa di tuntut aktif dalam pembelajaran agar lebih memahami materi yang akan disampaikan. Sehingga siswa mampu berpikir aktif dalam pemahaman hasil belajar matematika dan dapat merangsang siswa lebih bersemangat dalam belajar.Selain itu, guru juga tidak menguasai kelas karena siswa terlihat ada yang mengobrol, bermain dan mengantuk saat guru menjelaskan materi.
saran : Membangun suasana yang aktif terlebih dahulu sehingga siswa bersemangat dalam belajar. Menambahkan media yang bisa merangsang siswa berfikir aktif agar mudah memahami pelajaran.
Nama : Tiara Tania
Prodi : PGSD
Pokjar Binjai UPBJJ UT Medan
izin menanggapi video pembelajaran tersebut. Pada awal pembelajaran tidak membangun suasana terlebih dahulu sehingga siswa kelihatan tidak bersemangat dan kurang fokus. Guru tersebut tidak melakukan kegiatan awal untuk memotivasi dan membuat siswa semangat untuk belajar.
untuk materi yang diberikan sudah menggunakan media belajar berupa poster perkalian. Namun sebaiknya guru bisa menggunakan media yang lebih mendukung seperti media papan perkalian karena pada materi perkalian media ini dapat memberikan dampak positif
dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui media pembelajaran ini siswa di tuntut aktif dalam pembelajaran agar lebih memahami materi yang akan disampaikan. Sehingga siswa mampu berpikir aktif dalam pemahaman hasil belajar matematika dan dapat merangsang siswa lebih bersemangat dalam belajar.Selain itu, guru juga tidak menguasai kelas karena siswa terlihat ada yang mengobrol, bermain dan mengantuk saat guru menjelaskan materi.
saran : Membangun suasana yang aktif terlebih dahulu sehingga siswa bersemangat dalam belajar. Menambahkan media yang bisa merangsang siswa berfikir aktif agar mudah memahami pelajaran.
nama: rima lestari
nim: 858080904
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan :
Di awal pembelajaran anak sangat acuh terhadap pembelajaran matematika yang
sedang di terang kan oleh guru, ada yang memperhatikan namun terlihat seperti
bosan, dan ketika guru bertanya pada siswa tersebut siswa tidak bisa menjawab
karena siswa tidak memperhatikan guru ketika menerangkan. Meskipun guru tersebut
sudah menggunakan media chadr untuk membantu siswa memahami materi perkalian
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
Dalam video tersebut guru kurang menguasai kelas ,karena dapat di lihat dari banyak
anak yang tidak memperhatikan guru saat memberikan materi dan banyak anak yang
mainan sendiri. anak juga kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena
guru kurang kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran. guru juga kurang
memberikan motivasi dalam belajar terhadap anak. dan guru menuntut anak agar bisa
padahal banyak siswa yang belum paham. guru kurang berkomunikasi dengan anak di
dalam kelas. metode yang diberikan kurang berhasil karena kurang dimaksimalkan
dalam pembelajaran. Guru tidak mengarahkan siswa pada materi yang dibahas Guru
kurang mendetail menjelaskan materi Guru memberikan sanksi kepada anak yang
tidak mengerjakan tugas
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
Guru sudah menggunakan media untuk menjelaskan pembelajaran dan berusaha
mengajak anak agar tidak bosan didalam Pelajaran matematika, dan guru memberikan
ketegasan sedikit agar anak bisa focus belajar. Guru sabar dalam memberikan materi
terhadap anak yang belum paham. guru juga terus berinovasi dalam berkomunikasi
terhadap anak agar antusias terhadap materi terus berkembang.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut yaitu dari guru melaksanakan
pembelajaran. Pembelajaran lebih aktif ketika guru mengarahkan perhatian siswa
kepada pembelajaran yang akan dibahas dan guru lebih banyak mengajukan
pertanyaan dan tanya jawab dengan siswa.
5. Saran : Sebaiknya guru sebelum melakukan pembelajaran, saat pembuka guru
memberikan ice breaking dan selalu memotivasi siswa agar selalu semangat dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran dan guru harus menguasai seluruh kelas agar siswa
memperhatikan semuanya. dan anak tidak bermain sendiri ketika pembelajaran
sedang berlangsung. Dan metode yang digunakan agar menarik perhatian siswa
supaya tidak membosankan. Guru bisa menggunakan media pembelajaran lain untuk
menjelaskan materi perkalian yang bisa lebih asik dan hidup lagi didalam kelas dan
guru juga bisa mengganti dengan memberi reward kepada murid yang mengerjakan
pekerjaan rumah dibandjnv memberi sanksi kepada anak yang tidak mengejerjakan pr
karna anak bisa lebih semangat jika diberi reward.
NAMA : APRILIA PERMATA SARI
NIM : 857038711
POKJAR : SIMPANG PEMATANG
Pada video tersebut terlihat reaksi siswa yang kebingungan, dan belum paham dengan penjelasan gurunya hal ini disebabkan karena siswa kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru. Kelemahan dari video tersebut guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti kurangnya persiapan pembelajaran seharusnya guru pada awal pembelajaran melakukan dengan kegiatan pembukaan dengan sapaan, atau menanyakan kabar pada siswa.
Kelebihan dari video diatas tersebut adalah guru menggunakan media pembelajaran seperti gambar perkalian, guru mengajak siswa untuk menghalalkan perkalian yang ada pada gambar. Menurut saya hal yang ada pada video tersebut adalah pada awal kegiatan pembelajaran guru bisa menggunakan kegiatan pembukaan seperti sapaan atau menanyakan kabar kepada peserta didik tidak ada menggunakan kegiatan pembukaan seperti doa pembuka, mengecek kehadiran siswa atau menanyakan siswa sudah siapa apa belum untuk memulai kegiatan pembelajaran. Sebagai solusi guru sebaiknya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menggunakan media pembelajaran yang interaktif, menerapkan yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan serta menunjukkan antusiasme saat mengajar agar menciptakan lingkungan belajar yang positif, efektif, dan efisien.
Sekian terimakasih
Nama : Nur Hidayah
NIM : 858527812
Sinopsis
Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya saksikan. Menampilkan seorang guru yang sedang melakukan pembelajaran matematika mengenai konsep dasar perkalian dengan alat peraga, berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola tersebut, guru mempraktekkan jual beli dalam kehidupan sehari-hari sehingga anak dengan mudah memahami konsep perkalian. Tanggapan mengenai video tersebut : Kelebihan – Guru melakukan interaksi pada siswa melalui tanya jawab materi pembelajaran. – Guru melaksanakan tugas dengan baik. – Guru bersikap ramah pada siswa. Kelemahan – Guru tidak melakukan apersepsi. – Pembelajaran monoton, ada beberapa siswa yang tidak fokus memperhatikan penjelasan guru. – Cenderung bersifat hafalan sehingga banyak anak yang terlihat bingung ketika menjaawab pertanyaan. – Ukuran media yang digunakan terlalu kecil, sehingga siswa yang duduk di belakang tidak melihat media yang digunakan. Saran yang membangun – Sebelum pembelajaran perlu melakukan apersepsi untuk membangun pemahaman awal siswa. – Guru perlu melakukan inovasi pembelajaran yang mendukung sepert media kartu perkalian, maupun memanfaatkan Teknologi yang sedang berkembang. – Perlu menggunakan pembelajaran aktif dan kreatif seperti pembagian kelompok, agar siswa dapat meningkatkan interaksi sosial dengan siswa lain di kelas. – Guru perlu melakuakn gerakan berpindah posisi seperti ke belakang, supaya tidak ada siswa yang asyik bermain sendiri ketika guru menjelaskan materi pembelajaran. – Guru Perlu memberikan latihan soal untuk memberikan pemahaman yang kuat pada materi perkalian dasar bagi siswa dengan alat peraga seperti batu, permen, buah. – Guru dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, misal dengan melihat benda yang ada di sekitar lingkungan.
Nama : Saka Wiguna
Nim : 857029103
Pokjar : Sidomulyo
Izin menanggapi video di atas
Dalam video ini, pembelajaran terlihat kurang menarik sehingga membuat siswa tampak malas dan bosan. Salah satu kekurangannya adalah guru tidak memberikan apersepsi, motivasi, atau ice breaking sebelum mulai mengajar. Padahal, hal-hal tersebut penting untuk membuat siswa lebih fokus, semangat, dan tidak tegang saat belajar.
Meski begitu, ada juga hal positif dari video ini. Guru sudah mencoba mengajak siswa berdiskusi lewat tanya jawab, yang bisa membantu siswa berpikir dan berani menyampaikan pendapat.
Sebagai solusi, guru bisa menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan metode yang sesuai dengan karakter siswa. Selain itu, guru juga perlu menunjukkan semangat saat mengajar agar suasana kelas jadi lebih positif dan pembelajaran berjalan lebih efektif.