Sinopsis
Bercerita adalah salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk menarik minat belajar siswa. Metode ini akan jauh lebih menarik dan meningkatkan semangat siswa untuk belajar bahasa Inggris jika cerita tersebut disajikan dalam sebuah film. Program video yang pembelajaran bahasa Inggris dengan pokok bahasan “Learning A Narrative Story From A Film “ ini memperlihatkan bagaimana kreativitas guru dalam pengunaan film sebagai media pembelajaran. Guru menayangkan sebuah film dimana siswa diminta untuk menonton film tersebut. Namun tentu saja guru memberikan kegiatan pembelajaran lain yang membuat siswa berlatih bahasa Inggris melalui media film tersebut. Metode pembelajaran dengan menggunakan film ini akan lebih memancing daya imajinasi dan konsentrasi siswa sehingga mereka menikmati suasana belajar dan pastinya membuat mereka termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran. Nah, bagaimana cara menggunakan media film untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris? Anda dapat menyimak tayangan video berikut. Selamat menyimak!
–
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video proses pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum. Alangkah baiknya jika diberikan apersepsi agar peserta didik lebih siap menerima materi pembelajaran kata – kata sapa dari guru cukup baik untuk membangkitkan semangat belajar.
Jika pertanyaan – pertanyaan tertulis tentang cerita dalam tayangan video dibagikan setelah penayangan, akan lebih baik karena para siswa akan menyerap lebih banyak hal –hal yang perlu diketahuai dari tayangan video tersebut mereka terima sebelum penayangan, maka para siswa hanya akan terfokus atau terkonsentrasi pada hal –hal yang dipertanyakan saja.
Penggunaan tayangan video sebagai media pembelajaran sangat baik, karena dapat mengurangi kejenuhan peserta didik. Apalagi tayangan video disesuaikan dengan perkembangan usia mereka, sehingga dalam menutup pembelajaranpun menyenangkan yang membuat siswa semangat untuk mengikuti proses pembelajaran pada topik – topik berikutnya.
Secara umum proses pembelajaran cukup baik. Sangat disayangkan peserta didik sudah dikondisikan terlebih dahulu, sehingga suasana proses pembelajaran menjadi kaku.
Ratih Kusumastuti.
Dalam video tersebut, siswa menonton film dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, yang membantu meningkatkan pemahaman mereka tentang cerita dan kosa kata bahasa Inggris. Manfaat mempelajari kisah naratif dari menonton film adalah: 1. Peningkatan daya imajinasi melalui film yang membantu siswa lebih mudah membayangkan alur cerita; 2. Motivasi belajar melalui penggunaan film membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif; 3. Pemahaman kontekstual yaitu siswa dapat melihat penggunaan bahasa Inggris dalam konteks nyata.
Video ini memberikan wawasan yang sangat menarik tentang penggunaan film sebagai metode pembelajaran bahasa Inggris. Pendekatan ini tidak hanya kreatif tetapi juga efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Menonton film memungkinkan siswa untuk belajar bahasa Inggris secara kontekstual dan lebih alami, mengembangkan keterampilan mendengarkan, berbicara, serta meningkatkan kosakata. Guru yang tampil dalam video menunjukkan cara memadukan film dengan aktivitas pembelajaran lainnya, seperti latihan menulis, yang membuat proses belajar lebih interaktif dan menyenangkan. Saran saya, sebaiknya guru memilih film yang sesuai dengan level bahasa siswa dan memastikan konten film mendukung tujuan pembelajaran. Terus gunakan metode ini untuk menciptakan suasana belajar yang dinamis dan inspiratif. Secara keseluruhan, video ini sangat bermanfaat dan layak untuk dijadikan referensi bagi para guru.