silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Dhea Amarthia
    Nim : 857158235
    Prodi : PAUD (AKPMM)

    Assalamualaikum
    menurut saya menanamkan nilai-nilai kejujuran sejak usia dini sangatlah penting bagi kehidupan anak kedepannya ,cara menanamkan kejujuran pada anak dalam video tersebut sangatlah efektif , dengan guru memakai cara penjepit jemuran pada anak usia dini sangtlah bagus ,meyakini anak bahwa kejujuran juga dapat membangun kepercayaan diri dari orang lain ,melatih diri untuk mengatakan kebenaran meskipun kadang sulit ,dan tidak menjadikan kebohongan sebagai becandaan .

  2. Nama: Felintia Gustina
    Nim: 856610381
    Program Studi: Pgpaud

    Pemberian tugas sesuai kemampuan dan perkembangan anak sangat baik, begitupun penerapan kejujuran bagi anak sejak dini sangat berguna sekali untuk pembentukan moral anak kedepannya.

  3. Nama : Ayu Vidiyah Palupy
    NIM : 856818323
    Prodi : S1 PGPAUD

    Setelah melihat dan mengamati video tersebut, Menurut saya kegiatan menanamkan kejujuran pada anak menggunakan penjepit jemuran sangat efektif dalam menumbuhkan kejujuran anak usia dini.
    Dengan memberikan contoh langsung kepada anak maka akan mudah tertanam nilai kejujuran itu pada diri anak.
    Karena anak terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.
    Dengan menanamkan ilmu sejak dini akan lebih mudah untuk diserap oleh anak, dan ditanamkan hingga mereka dewasa, sehingga menjadi suatu kebiasaan yang baik.

  4. Nama : Desi Suhartini
    NIM : 856839302
    Prodi : PGPAUD S1 masukan

    Kejujuran juga menjadi salah satu kunci untuk anak bisa dipercaya oleh semua orang. Nah, kenapa penanaman sikap jujur harus dilakukan sejak dini? Sebab penanaman ilmu sejak dini akan lebih mudah untuk diserap oleh anak, dan ditanamkan hingga mereka dewasa, sehingga menjadi suatu kebiasaan yang baik.

  5. Menurut saya video pembelajaran ini sudah cukup baik, guru memberikan motivasi ke anak didiknya untuk mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik dan benar, selain itu juga guru mengajarkan kepada anak didiknya untuk selalu berkata jujur meskipun belum mengerjakan tugas yang diberikan.menurut saya baiknya guru bercerita sedikit mengenai nilai nilai kejujuran dan dampak buruknya jika anak berbohong

  6. Nama : Solekhah Yuni Rezekiana
    NIM : 857784749
    Prodi : S1 PGPAUD UT UPBJJ Surakarta Pokjar Boyolali

    Sikap jujur perlu ditanamkan kepada anak sejak dini, karena kejujuran ini akan melatih anak dalam sikap bertanggung jawab dan melaksanakan tugasnya.
    Dengan cara yang dilakukan guru menggunakan penjepit jemuran ini sangat menarik, karena guru memanfaatkan barang-barang diskeitar yang dikenal oleh anak didik. Kelebihan dari video ini adalah anak dapat termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya dan mendapatkan penghargaan tersebut, kondisi pembelajaran juga menjadi aktif, interaktif dan kompetitif.
    kelamahannya adalah anak yang masih memiliki ketrampilang yang kurang akan berusaha meyelesaikan tugasnya secara asal-asalan karena ingin menyelesaikan tugas dengan cepat dan menerima hadiah, dan ketika seluruh kegiatan selesai beberapa anak yang tidak dapat menuntaskan tugasnya dengan baik akan merasa kurang percaya diri karena perolehan jepit yang tidak sebanyak temannya (membandingkan diri).

  7. Nama : Ika Susanti
    Nim : 857972372
    Pokjar : Wonosari
    Prodi : PGPAUD BI
    Menurut pengamatan saya mengenai vidio pembelajaran melatih anak bersikap jujur dengan penjepit jemuran sudah baik karena anak bisa tahu bagaimana bersikap jujur terhadap siapapun dan dilingkungan rumah / bersama keluarga juga terbiasa jika sudah tertanam sejak dini .

  8. Nama: Widya Fiamita_NIM:857068452_Prodi:PGPAUD S1 AKPMM.
    Setelah menonton video di atas terlihat guru tersebut sudah tepat memberikan stimulasi menanamkan disiplin dan aturan, serta kejujuran pada siswa dengan memberikan memberikan beberapa kegiatan yang mudah dilakukan oleh anak dan meminta anak untuk menyelesaikan seluruh kegiatan tepat waktu. Pada awal kegiatan guru memberikan arahan kepada siswa agar mereka jujur dan disiplin dalam menyelesaikan kegiatan yang diberikan. Guru juga memberikan hadiah atau reward bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya. Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini. . Sehingga anak-anak dapat termotivasi untuk melakukan hal tersebut. Dan diharapkan bagi anak-anak yang belum mampu mengungkapkan pendapat dapat melakukan hal yang sama.
    Demikian, terima kasih.. tetap semangat..!! 🙂

  9. nama : a. Nur azirah masariba
    nim : 859416293
    program studi : S1 PGPAUD UT

    menurut saya cara guru menjelaskan kepada anak didik pada video tersebut sudah benar yakni dengan mengajak anak didik untuk berperilaku jujur dalam proses kegiatan pembelajaran. Tetapi di video terlihat anak sudah fokus mengerjakan tugasnya jadi anak tidak terlalu fokus dengan apa yang ibu guru katakan, dan juga akan lebih baik jika anak yang diberi kesempatan memasang penjepit jemuran sendiri kebajunya di mana anak ingin memasangnya dll dan apabila anak kesulitan maka guru dapat membantunya setidaknya biarkan anak memilih dan mencoba memakai penjepitnya sendiri. Terima kasih

  10. Nama : Yuliana Indah Budi Pratiwi
    NIM : 858166916
    Prodi : PGPUAD BI

    Menurut pendapat saya menanamkan nilai kejujuran itu sangat penting bagi anak usia dini dengan cara yang sederhana dan tanpa anak menyadari bahwa anak sudah memiliki nilai kejujuran tersebut. Salah satunya seperti pada conton video ini, di awal pembelajaran guru harus menekankan bahwa anak harus melakukan semua kegiatan yang disediakan loeh guru, dan anak dengan sendirinya melakukan itu karena anak ingin mendapatkan apresiasi dari guru dalam bentuk jepitan, dimana semakin banyak jepitan yang didapat maka anak telah menyelesaikan banyak kegiatan.

Leave a Reply