silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Yeni Kartini
    NIM : 857784763
    Program studi : PGPAUD UT

    Nilai-nilai kejujuran memang harus ditanamkan sejak dini, dengan kebiasaan melakukan kejujuran, maka sampai dewasa pun anak akan teringat dengan nilai kejujuran yang sudah diajarkan. Dengan cara sederhana (memberikan penjepit baju pada anak yang sudah menyelesaikan tugasnya) merupakan salah satu cara yang unik.

  2. Nama : SALMIAH
    Nim. : 859403416
    Judul video: Melalu penjepit jemuran
    Menurut saya cara guru menanamkan kejujuran pada anak dengan menggunakan jepit jemuran sudah bagus dan juga menjelaskan kepada anak untuk berkata jujur,seperti anak jujur kalau sudah menyelesaikan tugasnya atau berkata jujur jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh ibu guru
    Kalau saran saya mungkin bisa juga menggunakan gambar emoticon tersenyum ,yang di rekatkan ke baju anak, supaya anak bisa termotivasi untuk berkata jujur Krn biasa anak- anak senang dengan gambar2.

  3. Nama:Trisnawati
    Nim:859171935
    Memang harus di tanamkan pada anak usia dini tentang nilai-nilai kejujuran,dengan membiasakan melatih kejujuran pada anak usia dini,maka dewasanya mereka akan terbiasa,dalam sikap & berprilaku jujur,contoh cara sederhana:memberikan penjepit baju pada seorang anak yang sudah dapat menyelesaikan tugasnya,itu merupakan salah satu prilaku yang unik

  4. Dalam vidio tersebut, cara guru menenemkan nilai kejujuran sangatlah menarik, penting memang untuk kita sebagai guru menanamkan nilai kejujuran sejak dini.
    Dan dengan cara-cara sederhana seperti dalam vidio anak akan mudah paham dan mengerti karna di jelaskan dengan cara sesederhana mungkin.

  5. Nama: Shirley
    NIM: 8570566126
    Prodi : FKIP AKPMM 122
    Setelah menonton video di atas terlihat guru tersebut sudah tepat memberikan stimulasi menanamkan disiplin dan aturan, serta kejujuran pada siswa dengan memberikan kegiatan yang mudah dilakukan oleh anak dan meminta anak untuk menyelesaikan seluruh kegiatan tepat waktu. Pada awal kegiatan guru memberikan arahan kepada siswa agar mereka jujur dan disiplin dalam menyelesaikan kegiatan. Selain itu guru juga memberikan hadiah atau reward bagi anak yang telah menyelesaikan tugas dengan baik . Tugas yang diberikan oleh guru sudah sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak dan juga merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak sehingga anak dapat termotivasi untuk menyelesaikan setiap tugas dengan semangat dan maksimal.
    Kelebihan dari video tersebut:
    a. Guru sudah tepat dalam mengajar ketika mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya.
    b. Guru telah memotivasi anak-anak agar semangat dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
    c. Guru telah menyiapkan apresiasi bagi anak karena anak dapat menyelesaikan tugas dengan baik dengan mengambil penjepit dan menempelkan dibajunya. Hal ini diharapkan dapat memotivasi anak untuk menyelesaikan kegiatan tersebut
    d. Kegiatan dalam video ini sudah cukup baik karena dapat menanamkan disiplin dan aturan melalui perlombaan siapa yang mampu menyelesaikan
    Kekurangan dari Video GPO tersebut:
    a. Jumlah anak dalam kelas tersebut terlalu banyak jika dibandingkan dengan area kelasnya. Sebaiknya kapasitas siswa disesuaikan dengan luas kelas dan usia anak sehingga pembelajaran berjalan lebih efektif. Akibatnya anak tidak menyelesaikan pekerjaan yang menjadi kewajibannya karena guru sulit mengontrol
    b. Guru perlu mengevaluasi terkait jumlah kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Sebaiknya jangan terlalu banyak kegiatan. Agar anak dapat mendalami dan menikmati kegiatan tanpa terburu-buru oleh waktu yang terbatas.

  6. nama : karnelia ali
    nim : 859404654
    prodi : PGPAUD S1

    dalam video tersebut guru memotivasi anak dalam menyelesaikan tugasnya dengan jujur. Anak akan berusaha menyelesaikan tugasnya dengan baik dan anak akan mendapat tanda penjepit jemuran dari gurunya sebagai tanda sudah menyelesaikan tugasnya. Sebaliknya anak yang tidak dapat menyelesaikan tugasnya akan diberi tugas lain.

  7. Nama: Ernita Sarinie
    NIM: 857452287
    Prodi: S1 PG PAUD

    Dalam video tersebut, guru menyampaikan tentang kejujuran dengan memberikan pengertian sederhana di awal kegiatan anak-anak, sehingga akan terekam oleh anak tentang makna kejujuran yang di ajarkan oleh ibu guru. Dalam video itu juga, menginspirasi bagaimana mengapresia penghargaan kepada anak yang jujur dengan memakaikan penjepit jemuran ke baju anak. Hal ini akan memberikan motivasi bagi mereka untuk terus mempraktikkan nilai kejujuran.

  8. Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
    Serta pembelajaran tersebut juga sangat bagus untuk mengajarkan anak sebuah nilai kejujuran sejak usia sedini mungkin

  9. Kegiatan yang d lakukan sangat bagus dan bermanfaat bagi anak2.. Banyak pelajaran yang d dapat oleh anak-anak dengan pembelajaran ini. Dan dapat menciptakan rasa percaya diri anak dan menanamkan rasa jujur..

  10. Nama : Alvina Fitra Rambe
    NIM : 856088412
    Menam dan membiasakan hal – hal baik pada manusia dimulai sejak usia belia sehingga akan memberi dampak terhadap terbentuknya sikap jujur dan cara berprilaku yang sesuai dengan kaidah norma – norma di masyrakat.

Leave a Reply