silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Alvina Fitra Rambe
    NIM : 856088412
    Prodi : PGPAUD BI

    Menam dan membiasakan hal – hal baik pada manusia dimulai sejak usia belia sehingga akan memberi dampak terhadap terbentuknya sikap jujur dan cara berprilaku yang sesuai dengan kaidah norma – norma di masyrakat.

    0
    0
  2. Nama : Dian ayu puspita
    Nim : 859407019
    Melalui Penjepit Jemuran
    Guru harus mengajarkan kepada anak tentang kejujuran sedini mungkin. Dan mengatakan kepada anak untuk berkata jujur, apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan sebaliknya anak berkata benar jika tidak dapat menyelesaikan tugasnya, guru dapat memberikan stiker,hadiah dan penjepit jemuran bagi anak yang berkata jujur.

  3. Nama : Rosa Linda Febriyanti
    NIM. : 858703781

    Anak anak harus mengenal sifat jujur dari sejak dini, hal ini akan menjadikan anak mempunyai sifat jujur kedepannya dalam melakukan apapun. Ketika dalam menyelesaikan tugasnya, kadang masih ada anak yang berkata sudah selesai namun ternyata belum mengerjakan sama sekali, hal ini anak sudah kurang dalam bersifat jujur sehingga guru harus mengajarkan sifat jujur pada anak.

  4. nama : farihatmi
    nim : 858279839
    prodi : S1 PGPAUD

    Penanaman sikap jujur pada anak penting diajarkan kepada anak sejak dini karena sikp tersebut akan menjadi suatu kebiasaan baik bagi anak dimasa akan datang . pemanfaatan jepitan jemuran kepada anak menurut saya sangat kreatif membuat anak semangat mengerjakan tugasnya dengan sikap jujur.

  5. Nama: IDA NURDIANA
    NIM:856210222
    Prodi:PG PAUD

    Videonya sangat inspiratif sekali dengan menggunakan penjepit jemuran guru bisa menanamkan kejujuran kepada anak dan memiliki beberapa kelebihan yaitu:
    -cara yang diberikan guru untuk menanamkan sikap jujur pada anak dengan menggunakan jepitan jemuran sudah bagus.
    – pembelajaran yang diberikan guru sudah sesuai dengan perkembangan anak
    – cara guru untuk lebih dekat dengan anak sudah bagus.

  6. nama: siska triana taslim
    nim : 859405348
    prodi : pgpaud
    seri menanamkan nilai kejujuran anak melalui penjepit jemuran menurut saya metode yang diterapkan sudah bagus karena dengan begitu mereka tau jika mendapatkan itu sebuah penghargaan karena melakukan perilaku yang baik sehingga anak akan berlomba-lomba melakukannya namun alangkah baiknya anak di berita bahwa jepitan ini cukup bahaya dan dapat melukai jika tidak digunakan dengan benar
    mungkin hanya itu dari saya sekian terima kasih

  7. Nama:Wafiq Azizah
    Nim:859404235
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarohkatuh..
    Dengan menggunakan metode pembelajaran seperti pada contoh anak diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai kejujuran pada anak sehingga akan menjadi kebiasaan anak dimasa yang akan datang
    Terimakasih..

  8. Nama : Jumriati Bachri
    Nim : 859402833
    Pokjar : Barru
    PGPAUD
    Menurut saya kegiatan pembelajaran di dalam video tersebut sangat menarik dan kreatif, anak-anak melalukan kegiatan yang tidak hanya menstimulus aspek perkembangan motorik,kognitif, dan seni tetapi ada nilai moral juga yang harus distimulasi yaitu anak-anak belajar untuk bersikap jujur. Dari video ini saya belajar yaitu kita sebagai guru harus lebih kreati dan inovatif lagi dalam menggunakan media yang ada disekitar kita dengan baik, kami biasanya memberikan applaus kepada mereka apabila mereka mamou menyelesaikan tugasnya dengan baikdan sebagai mana itu bisa menjadi reward atas perkerjaan yang mereka kerjakan.

  9. nama : soesy mayang sary
    nim : 858728317
    dari video diatas dapat kita lihat bahwa Menurut saya video mengenai menanamkan nilai kejujuran diatas sangat kreatif yang mana guru tidak hanya menstimulus aspek perkembangan motorik, kognitif, dan seni, tetapi ada nilai moral juga yang harus di stimulus yaitu dengan mengajarkan anak-anak untuk bersikap jujur. Dalam video juga terlihat sudah ada interaksi timbal balik antara guru dan murid dimana guru mengajarkan tentang kejujuran kepada anak sedangkan anak mengerjakan tugas yg diberikan guru. Dengan konsep kejujuran ini sangatlah penting untuk diterapkan disekolah agar anak-anak bisa bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

  10. Menurut saya, menanamkan sikap jujur pada anak sejak dini sangat penting karena sikap tersebut akan menjadi suatu kebiasaan baik bagi anak dimasa yang akan datang.
    Melalui pemanfaatan penjepit jemuran guru harus, mengajarkan kepada anak tentang kejujuran sendiri mungkin dan mengatakan kepada anak untuk berkata jujur apabila anak untuk berkata jujur, apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugas nya dengan baik sebaliknya anak berkata benar jika tidak dapat menyelesaikan tugasnya, guru dapat memberikan stiker atau hadiah, dan penjepit jemuran bagi anak yang berkata jujur.

Leave a Reply