silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Terlihat ibu gurunya sangat sabar dan sangat ramah juga sigap walau anak anaknya banyak…
    Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran. Anak sangat antusias dan bersemangat untuk belajar jujur.
    Ada anak yang tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan 3 pembelajaran anak di kasih arahan oleh guru bahwa harus jujur kalau belum harus jawab belum kalau belum terus jawab sudah berarti itu bohong. Anak anak diberi pengarahan oleh guru.
    Dengan menjepitkan pakaian sederhana bisa menerapkan kejujuran dan ketertiban kedisplinan juga keterampilan.
    Anak juga terlihat antusias dan bersemangat dalam bermain sambil belajar…
    Dalam video tersebut sangat terinspirasi solusi nilai nilai kejujuran anak usia dini.
    Sangat bermanfaat untuk saya terapkan di lembaga saya.
    Anak yang jujur harus di apresiasi karena menanamkan kejujuran harus sejak usia dini agar anak tertanam nilai moral sejak dini.

  2. Nama : Anisa Fauziah
    Nim : 857445876
    Prodi : PGPAUD
    Metode ini sangat bagus dilakukan guna menanamkan sikap jujur dan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oeh guru. Hal serupa telah saya lakukan di kelas dengan menggunakan kalung bintang, anak yang selesai melakukan 1 kegiatan main boleh meminta bintang pada guru sebagai bukti dia sudah selesai mengerjakan tugasnya, untuk kemudian ananda bisa memilih kegiatan main yg lain yang ananda inginkan.sehingga dalam satu waktu pembelajaran jika terdapat 3 ragam main ananda berkesempatan mendapatkan 3 kalung bintang sekaligus jika dapat menyelesaikan tugasnya. Dengan metode ini anak-anak semakin termotivasi dan antusias saat mengerjakan tugas atau ragam main yang ananda lakukan.Sehingga nilai kejujuran dan tanggung jawab akan muncul saat ananda berhasil menyelesaikan tugasnya.

  3. Menanamkan kejujuran kepada anak usia dini sangat penting dan termasuk penanaman nilai moral agama untuk anak sehingga bisa di terapkan di sekolah untuk menanamkan kejujuran dengan cara membudayakan ngantri kepada anak sehingga tertib anak tahu akan kejujuran dan kedisplinan bisa dengan cara memberikan kreasi seni dengan media play dog ,dengan membuat apa saja yang di inginkan anak dan guru menyaksikan nya apa yg di perbuat oleh siswa karena yg di buatnya beda beda sehingga anak jujur buatan siapa itu .bisa juga dengan cara memberikan tanda dengan menggunakan jepitan jemuran sehingga guru memberikan tanda siapa saja anak yg sudah selesai mengerjakan tugasnya dengan jujur kelihatan .nah walaupun dengan cara sederhana tapi anak bisa mengambil pembelajaran tentang kejujuran dari usia dini.

  4. Nama : Wida Jubaedah
    Nim :857470633
    Prodi:Pgpaud

    Metode yang di ajarkan sangat bagus
    Menanamkan kejujuran pada anak usia dini itu sangat penting agar anak teringat sampai dewasa.
    Kejujuran yang ditanamkan sejak dini oleh Keluarga akan tumbuh subur dan terjaga dengan baik dalam setiap diri anak
    Ada beberapa teknik mengajar kejujuran pada anak usia dini adalah
    1. Terapkan dalam kehidupan sehari-hari
    2. Berikan pengetahuan dan keyakinan bahwa tuhan maha melihat
    3.Berikan pemahaman bahwa jujur itu nikmat
    4.Pemberitahuan dan pujian

  5. Nama : nur khasanah
    Nim : 858675138

    Pembelajaran yang sangat luar biasa.
    Kejujuran adalah pemberlajaran yang memang harus di terapkan mulai anak usia dini. Dengan pembelajaran menanamkan kejujuran yang dimana anak diberikan apersepsi apa itu makna kejujuran, anak akan lebih mudah memahami arti kejujuran. Apalagi dalam pembelajaran tersebut anak akan diberikan reward dengan penjepit jika dia selesai mengerjakan tugas dari guru, kemungkinan besar anak akan bersemangat untuk mengerjakan tugas..
    Memberikan tugas yang membawa materi kejujuran pada anak usia dini bisa dilakukan dengan pembelajaran yang di atas video tadi, itu akan menjadi motivasi bagi guru untuk menilai dan mengajarkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini

  6. Nama : Iis Nurmaelani
    NIM : 857446093
    PRODI : PGPAUD

    Metode yang digunakan oleh guru dalam video tersebut sangat efektif dilakukan untuk menanamkan sikap jujur atas tanggyng jawab yang diberikan oleh guru. Hal serupa sering dilakukan oleh guru-guru di Pendidikan anak usia dini, lewat pemberian bintang ketika anak selesai mengerjakan tugas, serta reward lain yang dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar menanamkan sikap jujur dan tanggung jawab dalam tugasnya masing-masing.

    Terimakasih.

  7. Nama: Femi Hemalia Putri
    NIM: 857452524
    Prodi: S1 PGPAUD
    Menurut saya dalam video tersebut, cara guru menjelaskan kepada anak didik sudah benar dan efektif. Dengan cara mengajak/memberikan contoh langsung kepada anak didik untuk berperilaku jujur dalam proses kegiatan pembelajaran.
    Karena kejujuran merupakan salah satu kunci untuk dipercaya oleh orang lain. Dan juga penanaman ilmu kejujuran sejak dini akan lebih mudah di serap oleh anak yang akan mereka tanamkan hingga mereka dewasa dan menjadi satu langkah menanamkan kebiasaan yang baik untuk masa depannya.

  8. Assalamualaikum,
    Nama saya Fitria Indriani, nim 857446061
    Pada kegiatan menanamkan kejujuran pada anak menggunakan penjepit jemuran sangat efektif dalam menumbuhkan kejujuran anak usia dini.
    Dengan memberikan contoh langsung kepada anak maka akan mudah tertanam nilai kejujuran itu pada diri anak.
    Karena anak terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.

  9. Evy Anila Larasati
    858166235
    PG PAUD_BI
    KOTA MADIUN
    Dalam video tersebut guru juga telah mengajarkan kedisiplinan / ketertiban didalam kelas , tanpa guru harus selalu bicara , contohnya seperti diawal pembelajaran guru menggunakan gerakan jarinya kemulut dan berkata “sshhh” anak – anak sudah langsung diam, tentu pembiasaan gerakan ini sudah pastinya selalu diterapkan kepada anak karena melihat gerakan tersebut anak – anak langsung diam tanpa guru membutuhkan waktu yang lama lagi. Sehingga kondisi kelas dalam keadaan aman dan terkendali.
    Anak juga terlihat antusias dan bersemangat dalam bermain sambil belajar…
    Dalam video tersebut sangat terinspirasi solusi nilai nilai kejujuran anak usia dini.
    Sangat bermanfaat untuk saya terapkan di lembaga saya.
    Anak yang jujur harus di apresiasi karena menanamkan kejujuran harus sejak usia dini agar anak tertanam nilai moral sejak dini misal dengan contoh dalam kelas jujur dalam menerjakan tugas yang di berikan guru.

  10. nama : Indah Yani
    NIM : 855877467
    Prodi : PGPAUD

    setelah saya mengamati video tersebut yaitu menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui penjepit jemuran. nilai kejujuran sama halnya pengembangan nilai agama dan moral dan itu sangat penting bagi perkembangan anak usia dini

    kelebihannya yaitu : anak dapat terbiasa bersiakap jujur melalui beberapa kegiatan seperti mewarnai gambar, membuat bentuk dari plastisin, gunting tempel, setelah tugas selesai di beri penjepit jemuran yang di tempel di baju, anak merasa mendapat sebuah riward setelah di beri jepit jemuran jadi anak berlomba untuk menyelesaikan tugas yang di berikan guru.

    kekurangannya yaitu: sebelum guru menjelaskan tentang kejujuran misal pada video anak-anak harus jujur, yang selesai tugasnya di kumpulkan yang belum harus di selesaikan,(1) dalam video anak belum fokus; (2) guru tidak berkeliling melihat cara anak mewarnai, kemudian memberikan sedikit pertanyaan untuk anak pada saat anak menyelesaikan kegiatannya. (3) sebenarnya untuk mengembangkan nilai kejujuran tidak hanya dengan kegiatan mewarnai, gunting tempel, bisa dengan di adakan market place jual beli dengan anak membayar dengan uang sendiri, anak menaruh uang penjualan di tempatnya yang di sediakan.

    kelebihannya yaitu : kegiatan yang di berikan sesuai dengan usia anak, , kegiatan juga menyenangkan untuk anak seperti mewarnai gambar, menggunting tempel, membuat bentuk dari plastisin, dengan memberikan tanda seperti penjepit jemuran jika selesai menyelesaikan tugas.

    Rencana Tindak lanjut :
    alangkah baiknya anak di ajak icebreaking dulu agar anak dapat fokus dan dapat menerima apa yang di bicarakan oleh guru dengan baik.

    demikian pendapat dari saya, terimakasih

Leave a Reply