silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Megaocvi Akhira Prahasari
    Nim : 858746458

    Kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak. Dimulai pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas. Dengan pengguaan pemberian stiker juga dapat melatih atau memotivasi kejujuran pada anak didik.

  2. Nama : Nofianti Ester
    Nim : 858415568
    Prodi : PGPAUD

    Pentingnya membangun karakter jujur pada anak usia dini agar anak kelak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik serta dapat dipercaya semua orang.
    pada video tersebut guru sudah kreatif menggunakan berbagai macam media dalam berbagai kegiatan pembelajaran serta anak diberikan reward ketika mampu menyelesaikan tugasnya dengan menggunakan penjepit jemuran.

  3. Nama : Elly nurhayati
    NIM : 858294981
    Prodi : PGPAUD
    Vidio yang sangat inspiratif, mengajarkan kejujuran pada anak dengan memakai penjepit jemuran. Di awal kegiatan ketika fokus anak masih full guru sudah menjelaskan tentang pentingnya kejujuran,dengan demikian nasehat ini pasti akan terekam dengan baik di memori otak anak walaupun mereka sambil berkegiatan.Dengan ringan tanpa menekan anak pasti akan jujur karena senang akan mendapat tanda penjepit jemuran.

  4. NAMA MAHASISWA : MAYFRIZAYENI
    NIM : 859877056
    DARI VIDEO “MELALUI PENJEPIT RAMBUT”

    disini ketiga kegiatan yang diberikan guru sudah tepat sesuai perkembangan anak usia dini . guru juga sudah tepat menerapkan nilai kejujuran sebelum memulai kegiatan pembelajran di lakukan. anak-anak juga di biasakan jujur saat dapat menyelesaikan kegiatan pembelajaran atau tidak dapat menyelesaikan kegiatan pembelajaran.
    guru juga sangat baik dalam memotivasi murid dengan memberikan penjepit jemuran bagi yang sudah menyelesaikan kegiatan

  5. Nama : Putri Dewi Ningtyas
    NIM : 857765043

    Pendapat saya video tersebut sangat menginspirasi para guru dalam memecahkan masalah saat sulit mengontrol jumlah murid yang terlalu banyak didalam kelas, guru dapat mencontoh kreativitas tersebut untuk menenamkan ke displinan pada setiap anak.

  6. Nama : A. Dewi Yuliana Sari
    Nim : 859421492
    Prodi : PGPAUD

    Menurut saya, dalam video tersebut bagus apa yang guru tersebut ajarkan sesuai dengan perkembangan anak usia dini dan sangat menginspirasikan bagi guru” PAUD lainnya. Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini sangat penting untuk membentuk karakter yang baik dan integritas di masa depan.

  7. F I T R I
    859409908

    MELALUI PENJEPIT RAMBUT
    kejujuran harus diajarkan sedini mungkin, pada jenjang usia TK contoh sederhana yaitu pada saat mengerjakan kegiatan yang diberikan bu guru anak-anak harus jujur mengatakan jika tidak atau belum bisa melakukannya , anak yang berani berkata terus terang akan terbawa sampai dia besar atau dewasa nanti.
    Sekian Terima kasih …..

  8. Cara memberikan stiker ataupun dengan penjepit cukup baik , akan tetapi perlu di berikan pengertian juga mengapa stiker dan mengapa penjepit, dan dengan menerangkan bahwa hal tersebut hanyalah suatu simbol, tapi inti dari kesemuanya ini adalah kejujuran. Kejujuran lebih baik dilakukan, daripada kita berbohong atau menutupi satu hal yang tidak baik, karena akibatnya dapat menjadi tidak baik, bagi kita atau bagi orang lain. Hal tersebut perlu ditekankan kepada anak anak.

  9. Ika Setyorini
    PGPAUD
    857522534
    MK : Profesionalitas Guru

    Cara memberikan stiker ataupun dengan penjepit cukup baik , akan tetapi perlu di berikan pengertian juga mengapa stiker dan mengapa penjepit, dan dengan menerangkan bahwa hal tersebut hanyalah suatu simbol, tapi inti dari kesemuanya ini adalah kejujuran. Kejujuran lebih baik dilakukan, daripada kita berbohong atau menutupi satu hal yang tidak baik, karena akibatnya dapat menjadi tidak baik, bagi kita atau bagi orang lain. Hal tersebut perlu ditekankan kepada anak anak.

  10. NAMA : RINA YULIYANTI
    NIM : 858291528
    Assalamualaikum wr.wb.
    Menurut saya, video tersebut sudah sangat bagus. Guru mengajarkan nilai kejujuran pada anak usia dini diawal sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan menyuruh anak berkata jujur. Apabila sudah selesai tugasnya katakan sudah, dan sebaliknya apabila belum selesai anak diminta jangan berkata bohong bahwa tugasnya sudah selesai. Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya. Dengan begitu, guru dapat melihat apakah tugas yang diberikan kepada anak sudah sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak didik. Tindakan tersebut sudah sangat tepat untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini.
    Sekian dan Terima Kasih
    Wassalamualaikum wr.wb.

Leave a Reply