silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Izin menanggapi
Arsy Ilahi 856819508
UPBJJ BENGKULU
POKJAR LEBONG
Kegiatan yg dilakukan guru tersebut sudah sesuai dengan tema dan dilakukan dengan runtun sesuai dengan langkah yg ada.Guru juga memberikan aturan di awal kegiatan,guru menjelaskan kegiatan dan memberikan apresiasi kepada anak yg sudah jujur dan taat dengan aturan yg diberikan.Di kegiatan ini walaupun bermain tetapi tetap memberikan pengajaran tentang betapa pentingnya jujur kepada diri sendiri dan oranglain.
Nama : DEVI KARTIKA SARI
NIM : 857667399
Program stydy : S1 PG PAUD
Pada video tersebut dimana menampilkan trik dan cara bagaimana menanamkan kejujuran anak usia dini melalui penjepit jemuran sangat efektif di terapkan.bagi lembaga tk yang memiliki jumlah anak didik yang banyak. Nilai kejujuran sangat penting di tanamkan sejak usia dini untuk menumbuhkan karakter penerus bangsa yang jujur.
Jjejfrh
Nama : Khifdiyah
Nim : 857749049
Prodi : S1-PGPAUD
Ijin mengomentari GPO tentang Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran, terlihat pendidik sangat sabar dan telaten membimbing anak didik dikelas. anak didik pun sangat antusias dalam mengikuti arahan pendidik walaupun masih ada satu dua anak yang belum fokus. karena ciri dan karakteristik belajar anak usia dini berbeda dengan yang lainnya. anak memiliki bawaan, minat, kapasitas/kemampuan serta latar belakang kehidupan masing-masing dan menjadi sifat anak yang bersifat unik. dengan penanaman kejujuran yang dimodifikasi dengan kegiatan bermain, anak akan lebih paham dalam penerapan dalam kesehariannya. untuk lebih mendalam lagi, pendidik bisa menggunakan metode literasi tentang kisah-kisah nabi atau karakter anak tentang kejujuran, dapat pula dengan memutarkan video mengenai kisah maupun keutamaan anak jujur. dengan media penjepit anak lebih bersemangat dalam penggunaannya, karena membutuhkan kooordinasi otot-otot jari tangan serta fokus pada pandangan mata saat menjepitkan ke bajunya.
Nama : Fajar Maulina
NIM : 855882817
Program Studi : S1 PGPAUD
Menurut saya vidio pembelajaran Membentuk nilai kejujuran anak usia dini “melalui penjepit jemuran” sangat bagus dan menginsprirasi guru Paud terkhususnya saya sendiri, bagaimana cara melihat kejujuran anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan kepada anak dengan cara memberikan reward penjepit kertas ketika anak sudah menyelesaikan tugasnya. Pemberian reward ini dapat meningkatkan semangat anak dan memotivasi anak agar dapat menyelesaikan tugas yang di berikan. Dalam vidio ini ada 3 kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan gambar bendanya diwarnai. Menggunakan pemberiaan reward penjepit kertas guru lebih mudah mengetahui kejujuran anak yang sudah menyelesaikan tugas yang diberikan dan juga mengatasi kesulitan guru dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh tugas yang dikerjakan anak. Selain itu anak juga dapat menjaga ketertiban dan keteraturan di dalam kelas.
Nama : Fajar Maulina
NIM : 855882817
Program studi : S1 PGPAUD
Menurut saya vidio pembelajaran Membentuk nilai kejujuran anak usia dini “melalui penjepit jemuran” sangat bagus dan menginsprirasi guru Paud terkhususnya saya sendiri, bagaimana cara melihat kejujuran anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan kepada anak dengan cara memberikan reward penjepit kertas ketika anak sudah menyelesaikan tugasnya. Pemberian reward ini dapat meningkatkan semangat anak dan memotivasi anak agar dapat menyelesaikan tugas yang di berikan. Dalam vidio ini ada 3 kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan gambar bendanya diwarnai. Menggunakan pemberiaan reward penjepit kertas guru lebih mudah mengetahui kejujuran anak yang sudah menyelesaikan tugas yang diberikan dan juga mengatasi kesulitan guru dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh tugas yang dikerjakan anak. Selain itu anak juga dapat menjaga ketertiban dan keteraturan di dalam kelas.
Nama: Elih Solihat
NIM: 857454692
UPBJJ : BANDUNG
Setelah menonton video di atas terlihat guru tersebut sudah tepat memberikan stimulasi menanamkan disiplin dan aturan, serta kejujuran pada siswa dengan memberikan kegiatan yang mudah dilakukan oleh anak dan meminta anak untuk menyelesaikan seluruh kegiatan tepat waktu. Pada awal kegiatan guru memberikan arahan kepada siswa agar mereka jujur dan disiplin dalam menyelesaikan kegiatan. Selain itu guru juga memberikan hadiah atau reward bagi anak yang telah menyelesaikan tugas dengan baik . Tugas yang diberikan oleh guru sudah sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak dan juga merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak sehingga anak dapat termotivasi untuk menyelesaikan setiap tugas dengan semangat dan maksimal.
Kelebihan dari video tersebut:
a. Guru sudah tepat dalam mengajar ketika mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya.
b. Guru telah memotivasi anak-anak agar semangat dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
c. Guru telah menyiapkan apresiasi bagi anak karena anak dapat menyelesaikan tugas dengan baik dengan mengambil penjepit dan menempelkan dibajunya. Hal ini diharapkan dapat memotivasi anak untuk menyelesaikan kegiatan tersebut
d. Kegiatan dalam video ini sudah cukup baik karena dapat menanamkan disiplin dan aturan melalui perlombaan siapa yang mampu menyelesaikan
Kekurangan dari Video GPO tersebut:
a. Jumlah anak dalam kelas tersebut terlalu banyak jika dibandingkan dengan area kelasnya. Sebaiknya kapasitas siswa disesuaikan dengan luas kelas dan usia anak sehingga pembelajaran berjalan lebih efektif. Akibatnya anak tidak menyelesaikan pekerjaan yang menjadi kewajibannya karena guru sulit mengontrol
b. Guru perlu mengevaluasi terkait jumlah kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Sebaiknya jangan terlalu banyak kegiatan. Agar anak dapat mendalami dan menikmati kegiatan tanpa terburu-buru oleh waktu yang terbatas.
Nama : Puryanti
NIM : 857707374
video pembelajaran mengenalkan sikap kejujuran melalui jepit jemuran ini sangat inspiratif sekali, pemberian jepit jemuran bagi yang sudah menyelesaikan permainannya ini secara halus mengajarkan anak agar mempunyai sikap jujur, tanpa harus kita tanya ke anak, kita sudah bisa melihat siapa saja yang sudah menyelesaikan permainannya. video ini sangat bermanfaat dan tips ini bisa di aplikasikan oleh pendidik maupun orangtua waktu pembelajaran di sekolah maupun dirumah. mungkin biar lebih menarik lagi kita bisa pakai jepit rambut atau jepit baju yang kita modif ada gambar-gambar lucu, biar anak makin tertarik dan bangga mendapatkannya.
Menurut pendapat saya mengenai video tersebut dalam mengenalkan kejujuran pada anak dengan cara memakaikan capitan agar memberi tanda pada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas dengan yang belum selesai mengerjakan tugas itu dapat dikatakan efektif, namun sedikit masukan dari saya selain menggunakan capitan untuk penanda ibu guru dapat menuliskan nama yang sudah mengerjakan dan menceklis pada buku absen anak. Serta guru membantu mengkondisikan anak-anak yang belum selesai mengerjakan dan memberikan motivasi agar anak lebih semangat untuk menyelesaikannya.
Lina widyaningsih (857601228)
Metode yang digunakan pada pembelajaran di video tersebut sudah bagus dan menginspirasi, dengan menggunakan metode tersebut anak belajar untuk jujur dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oeh guru. Dengan pemberian penjepit sebagai penanda anak yang sudah selesai, itu merupakan pacuan bagi anak yang belum selesai agar dia lebih semangat untuk mengerjakan tugas yang diberikan dan mendapatkan penjepit yang sama seperti teman-teman lainnya, itu yang menumbuhkan rasa saing anak dan mengajarkan anak untuk berbuat jujur.