silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Jihan Asla Suryana
Nim : 856484954
Pokjar : Dumai
Pada video pembelajaran tersebut ada beberapa poin yang menurut saya perlu menjadi bahan pertimbangan dalam menyampaikan konsep dasar matematika. Pertama, guru sudah baik dalam menyampaikan teori dasar mengenai sifat operasi hitungnya, namun baiknya setelah menyampaikan teori, guru tidak terburu-buru untuk menyampaikan teori selanjutnya, perbanyak terlebih dahulu contoh-contoh soal yang bervariatif untuk disampaikan kepada peserta didik, agar peserta didik dapat lebih memahami konsep secara sistematis. selain itu, semakin banyak peserta didik diberikan contoh soal mereka akan terstimulus dan tertantang pemahamannya, sehingga teori yang disampaikan akan dipahami dengan tepat.
Kedua, dalam belajar matematika baiknya guru tidak bertanya kepada peserta didik secara tersurat apakah mereka sudah memahaminya atau belum, karena mayoritas peserta didik yang belum memahami cenderung tidak memberikan reaksi atau malah mengikuti temannya yang sudah paham, karena ada rasa takut yang membuat peserta didik enggan untuk bertanya. Solusinya, buatlah latihan soal singkat seperti yang telah diberikan dicontoh soal dengan menunjuk beberapa atau semua peserta didik. Sehingga dengan demikian guru dapat menganalisis dengan baik siapa saja peserta didik yang sudah memahami dan belum memahami. Karena pada dasarnya peserta didik memiliki kemampuan kognitif yang berbeda, maka perlakuannya pun harus berbeda. Dengan solusi tersebut dapat membantu guru untuk memberikan motivasi dan semangat dalam memahami pembelajaran kepada peserta didik secara merata.
Nim : 856485623
Assalamualaikum, Wr, Wb
Izin menyampaikan pendapat, Setelah saya melihat, mendengarkan ataupun mendengarkan video pembelajaran diatas tentang memahami sifat pada operasi hitung, pembelajaran yang sudah dilakukan Guru diatas cukup bagus. Tidak menutup kemungkinan ada kekurangan dan juga ada kelebihannya. diantaranya:
Kekurangan
Guru tidak menggunakan media pembelajaran, atau alat peraga yang mampu menunjang dan mempermudah guru dala mengajar.
Kelebihan
Setelah saya melihat video sudah memberikan tujuan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung, yang di mana telah tergambarkan pada saat siswa maju ke depan dengan memberikan jawaban yang benar .
Nama:suci afidah
Nim:856443095
Program studi:PGSD
UPBJJ: UT PEKANBARU
POKJAR:Duri
Assalamu’alaikum izin menyampaikan pendapat,setelah saya lihat
Kelebihannya:guru sangat baik dalam memberikan materi ajar di depan kelas yang membuat siswa aktif dalam kegiatan tanya jawab, serta guru pandai dalam memilih bahan ajar yang mudah diajarkan kepada siswa.
Kekurangan nya:guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran ke siswa serta kesimpulan dari hasil pembelajaran tersebut.
Saran:hendaknya guru memberikan tujuan dan kesimpulan dalam materi pembelajaran kepada siswa agar siswa tersebut tambah mengerti akan materi yang diajarkan tersebut.
Pada video pembelajaran tersebut, guru cukup baik dalam melakukan kegiatan pendahuluan untuk membuka pembelajaran. Guru sudah mampu membuat kaitan yakni pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya berupa penjumlahan dan pengurangan yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa, sehingga hal tersebut akan dapat membuat pelajaran yang disajikan lebih bermakna. Pada kegiatan inti, guru sudah dapat melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, dimana hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran juga akan lebih bermakna bagi siswa. Tampak guru sangat menguasai materi pembelajaran yang disampaikan. Pada kegiatan penutup guru juga tampak telah menyimpulkan pembelajaran atau menyampaikan inti pelajaran.
Dari hasil pengamatan saya tentang vidio di atas
1. Reaksi anak – anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sangat bagus, anak – anak menyimak dengan seksama penjelasan guru serta ikut aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
2. Secara keseluruhan vidio megajar ini yang saya dapat simpulkan adalah ibu guru dalam menerangkan atau memaparkan materi sudah sangat bagus, namun menurut saya ada hal yang sedikit kurang dalam kegiatan pelasanaan yang diajarkan oleh ibu guru dalam vidio ini kurangnya memberikan semangat dan memberikan contoh dari pemaparan tersebut.
3. Secara keseluruhan vidio kegiatan mengajar oleh ibu guru, saya dapat mengabik kesimpulan bahwa ibu guru memiliki kelebih dapam menguasai suasana ruangkelas dan mengajak anak- anak untuk tetap fokus dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
4. Dari hasil pengamatan saya, saya berterimakasi kepada ibu guru yang ada di vidio tersebut, dari vidio tersebut saya mendapat tambahan ilmu cara mengajar dan memaparkan materi serta menguasai suasan ruang kelas, namau alangkah baiknya lagi ibu guru tidak terlalu seriu dan memberika semangat dengan membuat tepuk semangat agar anak- anak tidak terlalu jenuh dalam belajar
Nama : Nengah Darmajaya
Nim : 859145725
PRODI : PGSD
UPBJJ : 78 MATARAM
Dari hasil pengamatan saya tentang vidio di atas
1. Reaksi anak – anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sangat bagus, anak – anak menyimak dengan seksama penjelasan guru serta ikut aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
2. Secara keseluruhan vidio megajar ini yang saya dapat simpulkan adalah ibu guru dalam menerangkan atau memaparkan materi sudah sangat bagus, namun menurut saya ada hal yang sedikit kurang dalam kegiatan pelasanaan yang diajarkan oleh ibu guru dalam vidio ini kurangnya memberikan semangat dan memberikan contoh dari pemaparan tersebut.
3. Secara keseluruhan vidio kegiatan mengajar oleh ibu guru, saya dapat mengabik kesimpulan bahwa ibu guru memiliki kelebih dapam menguasai suasana ruangkelas dan mengajak anak- anak untuk tetap fokus dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
4. Dari hasil pengamatan saya, saya berterimakasi kepada ibu guru yang ada di vidio tersebut, dari vidio tersebut saya mendapat tambahan ilmu cara mengajar dan memaparkan materi serta menguasai suasan ruang kelas, namau alangkah baiknya lagi ibu guru tidak terlalu seriu dan memberika semangat dengan membuat tepuk semangat agar anak- anak tidak terlalu jenuh dalam belajar
Nama : NURKOMARIA PURNAMASARI
NIM : 859173344
UPBJJ : Mataram
POKJAR : Kabupaten Bima
Setelah menganalisis video pembelajaran matematika kelas IV SD tanggapan saya antara lain:
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah siswa terlihat tidak antusias dalam pembelajaran tersebut.
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah
1. Tidak adanya kegiatan pendahuluan pada proses pembelajaran tersebut
2. Guru kurang memberikan penjelasan tentang materi tersebut.
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah
1. Guru mengaitkan materi yang diajarkan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan selanjutnya
2. Guru melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam menjawab soal.
Saran upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah
1. Guru harus menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang lebih menarik
2. Guru melakukan kegiatan pendahuluan pada proses pembelajaran
3. Guru memberikan penjelasan tambahan agar siswa lebih memahami lagi materi tersebut.
Demikian tanggapan saya setelah menganalisis video tersebut. Terima kasih.
Bismillah … Izin menanggapi
Dari video tersebut, tampak ada komunikasi dua arah atau interaktif yang bagus antara guru dan siswa, yang berarti menunjukkan antusiasme siswa dalam belajar. Secara keseluruhan, tidak ada kelemahan yang signifikan, Namun, bisa dilakukan salah satu upaya agar siswa dapat lebih memahami proses penghitungan sifat bilangan bulat itu, yakni dengan membuat asosiasi terhadap setiap posisi angka pada rumus sifat operasi hitung bilangan bulat.
Terima kasih
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Nama : Rudi Purnomo S.Pd
NIM : 858858361
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : Malang
Ijin menaggapi Video Pembelajaran tentang Sifat Operasi Hitung seperti dalam tayangan video diatas.
Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru diats cukup antusias dibuktikan dengan siswa yang trlibat aktif untuk maju mengerjakan dan menyelesaikan soal yang diberikan oleh Guru. Beberapa siswa juga terlihat hanya memperhatikan dan menyimak penjelasan guru dikelas dikarenakan suasana kelas masih tertuju pada penjelasan guru saja.
KELEMAHAN : Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran diatas menurut saya terletak pada Alur pembelajaran yang dilakukan, Guru belum melaksanakan kegiatan awal pembelajaran seperti : Menyapa siswa, memberikan motivasi siswa, menyampaikan Tujuan pembelajaran dan metode penilaian yang akan dilakukan, namun guru sudah melakukan apersepsi sederhana dimana guru mengaitkan materi yang akan dipelajari siswa dengan materi sebelumnya yaitu penjumlahan dan pengurangan, Guru sebaiknya mengaitkan materi penjumlahan dan pengurangan dengan kondisi dan kegiatan sehari sehari siswa, misalkan tentang traksaksi jual beli, menerima uang kembalian itu termasuk dalam operasi penjumlahan dan pengurangan.
Selain itu pembelajaran yang berlangsung masih Teacher Centered/berpusat pada guru, sehingga siswa lain lebih pasif dan hanya menyimak penjelasan dan ceramah dari guru tersebut.
KELEBIHAN : Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran diatas menurut saya Guru sudah menjelaskan Konsep dasar pada sifat Operasi Hitung Bilangan yaitu Sifat Komutatif, Sifat Distributif, dan Sifat Asosiatif pada penjumlahan, dan perkalian. Pemahaman konsep pada siswa sangat penting dilakukan guru untuk menanamkan Meaningfull Learning pada siswa. Selain itu Guru juga melakukan Fedback dan kesimpulan terkait sifat asosiatif(pengelompokan ) pada operasi hitung perkalianbersama siswa dikelas dan mengajak beberapa siswa untuk terlibat aktif menyelsaikan soal dipapan tulis.
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah ketika Guru memberikan kesimpulan terhadap materi yang iajarkan kepada siswa masih lebih dominan bahwa itu kesimpuan guru sendiri, belum melibatkan siswa, misalkan guru memberikan pertanyaan pemantik kepada siswa, bagaimana sifat komutatif kita gunakan sehari hari? Kemudian meminta siswa mengaitkan dengan materi, dan meminta siswa untuk menyimpulkan secara keseluruhan
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah :
1. Melakukan Asesmen dan pemetaan kemampuan dan gaya belajar pada setiap siswa terait materi Sifat Operasi Hitung, hal ini sangat penting agar Guru mampu menfasilitasi setiap belajar siswa sesuai kemampuan masing masing siswa dikelas, misalkan Siswa dengan kemampuan belajar kurang, mendapatkan drill materi atau pendekatan belajar yang berbeda dengan siswa yang kemampuan belajarnya tinggi
2. Melakukan Refleksi dan mengaitkan materi sifat operasi Hitung bilangan dengan kehiduan sehari hari siswa, hal ini untuk melatih kemampuan bernalar siswa dan kemampuan untuk mengevaluasi hasil belajar setiap siswa
3. Menerapkan Model Pembelajaran Student Centered /Pembeajaran Berpusat pada siswa dimana model ini akan menjadikan pembelajaran lebih berpihak pada siswa, bukan guru menjadi penceramah, akan tetapi guru hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa. Misalkan setiap siswa dibagi beberapa kelompok, setiap kelompok diberikan permasalahan sehari hari yang berkaitan dengan sifat komutatif operasi hitung bilangan, kemduain setiap siswa menelaah dan mengeksplorasi kegiatan sehari hari yang berkaitan dengan sifat operasi hitung bilangan. Kemudian guru dan siswa sama sama menyimpulkan dan guru memberikan feedback atas penyampaian sswa, model ini akan lebih menekankan siswa untuk aktif dalam pembelajaran
4. Menggunakan sumber sumber dan refernesi pembelajaran yang bervariatif bagi siswa, mengingat setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda beda, guru sebaiknya menyiapkan sumber belajar berupa modul cetak, modul online, dan lembar kerja siswa sebagai dasar penialaian pencapaian hasil belajar nantinya.
Dari video pembelajaran yang dilakukan pada video ini ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dan juga kekurangan guru tersebut didalam mengajar diantaranya adalah guru tersebut mampu mendefinisikan sebagian materi pembelajaran dengan gaya bahasa yang ringkas,jelas dan mudah dipahami oleh siswa.Namun disebagian materi pembelajaran guru tidak dapat menjelaskan materi dengan baik.
Selain itu guru tersebut sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut serta aktif didalam pembelajaran dengan meminta kepada siswa untuk memberikan contoh dari macam macam sifat.
Namun yang perlu dikoreksi adalah disebagian sifat operasi hitung guru meminta kepada siswa untuk memberikan contoh terlebih dahulu padahal materi tentang sifat tersebut belum dijelaskan kepada siswa.kegiatan ini tepat agar anak dapat menemukan pengetahuan.akan tetapi seharusnya anak harus diberi kesempatan terlebih dahulu untuk mencari pengetahuan tersebut.
Selanjutnya guru pun sudah mampu didalam membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara guru memberikan penguatan dari hasil contoh yang ditulis oleh siswa di depan kelas.
Sekian dan Terima Kasih.🙏