silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

384 Comments

  1. NAMA : RISMA
    NIM : 859762004

    Setelah saya menonton dan menganalisis video tentang memahami sifat pada operasi hitung, saya melihat pada saat guru membuka pelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Saat pembelajaran berlangsung guru kurang berinteraktif dengan siswa. Pada saat guru menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberikan soal. Namun guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan menggunakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan turun, kemudian mengungkapkan bagaimana memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diberikan yaitu sifat-sifat operasi hitung.

  2. Nama : ANDY PRATAMA LASE
    NIM : 856022803

    Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

    Saran dari saya cara menjelaskan sifat-sifat operasi hitung kepada siswa Sekolah Dasar yaitu;
    1. Gunakan contoh-contoh konkret dan benda-benda yang familiar bagi siswa. Misalnya, untuk menjelaskan sifat komutatif pada penjumlahan, Anda dapat menggunakan benda-benda seperti kelereng atau permen.
    2. Lakukan kegiatan praktik untuk memvisualisasikan sifat-sifat operasi hitung. Misalnya, untuk sifat asosiatif pada perkalian, siswa dapat mengatur benda-benda dalam kelompok-kelompok dan melihat bahwa hasilnya tetap sama meskipun cara pengelompokannya berbeda.
    3. Gunakan bahasa yang sederhana dan contoh-contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.
    4. Berikan banyak latihan soal dengan berbagai tingkat kesulitan untuk memastikan pemahaman siswa.
    5. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan pemahaman kepada siswa untuk memastikan mereka memahami konsep yang diajarkan.
    6. Gunakan alat bantu visual seperti gambar atau animasi untuk membantu menjelaskan konsep yang abstrak.
    7. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan dan klarifikasi jika ada yang kurang dipahami.
    9. Hubungkan sifat-sifat operasi hitung dengan konsep matematika lainnya yang relevan, seperti perkalian dan pembagian, untuk memperkuat pemahaman siswa.

    Dan yang perlu diingat, bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, jadi cobalah untuk menggunakan berbagai metode dan pendekatan untuk memastikan semua siswa dapat memahami konsep dengan baik.

  3. Nama : Ita Asmarita
    Nim : 857002922
    Pokjar : Way Tuba
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Kelebihan dari video tersebut adalah guru menjelaskan materi tentang sifat operasi hitung dengan jelas, guru melibatkan siswa agar aktif dalam pembelajaran terlihat dari cara tersebut memberi kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan dan menuliskan sifat dari operasi hitung tersebut. Di akhir pembelajaran, guru memberi kesempatan bertanya bagi siswa yang belum mengerti tentang materi tersebut.
    Kekurangan dari video tersebut adalah pada saat pembelajaran berlangsung, posisi duduk siswa belum benar terdapat beberapa siswa yang meletakkan dagunya di atas meja, selain itu terdapat pula siswa yang terlihat kurang antusias untuk mengikuti pembelajaran Saran perbaikan :
    1. Sebelum pembelajaran dimulai, sebaiknya guru mengatur posisi duduk siswa sesuai dengan posisi duduk yang baik dan dianjurkan.
    2. Sebaiknya guru memberikan motivasi belajar agar antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran lebih merata. Atau gunakan alat peraga agar siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran

  4. menurut saya Untuk membuat video edukatif yang menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai sifat-sifat operasi hitung, berikut adalah beberapa saran mengenai alur dan kontennya:
    1. Pengenalan Soal-Soal Hitungan : Pendahuluan Singkat: Mulailah dengan pengantar singkat yang menarik untuk menarik perhatian siswa. Contohnya, Anda bisa memulai dengan sebuah cerita atau situasi sehari-hari yang melibatkan operasi hitung sederhana.
    2. Berikan beberapa soal hitungan sederhana tanpa menjelaskan sifat-sifat operasi hitung. Soal bisa berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
    3. Minta siswa untuk menghitung hasil dari soal-soal tersebut. Rekam reaksi dan proses berpikir mereka saat mencoba menyelesaikan soal.
    dan yuang terakhir Perhatikan dan rekam jika ada kesulitan atau kebingungan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal. Ini akan membantu untuk mengaitkan pentingnya memahami sifat-sifat operasi hitung di penggalan berikutnya.

  5. nama : MEKI HERYANDI
    NIM : 857018125
    Untuk membuat video edukatif yang menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai sifat-sifat operasi hitung, berikut adalah beberapa saran menurut saya :
    1. Mulailah dengan pengantar singkat yang menarik untuk menarik perhatian siswa. Contohnya, Anda bisa memulai dengan sebuah cerita atau situasi sehari-hari yang melibatkan operasi hitung sederhana.
    2.Berikan beberapa soal hitungan sederhana tanpa menjelaskan sifat-sifat operasi hitung. Soal bisa berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
    3.Minta siswa untuk menghitung hasil dari soal-soal tersebut. Rekam reaksi dan proses berpikir mereka saat mencoba menyelesaikan soal.
    4.Perhatikan dan rekam jika ada kesulitan atau kebingungan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal. Ini akan membantu untuk mengaitkan pentingnya memahami sifat-sifat operasi hitung di penggalan berikutnya.

  6. NAMA : Rizky Andilalah
    NIM : 857002542
    SALUT : WAY TUBA

    Dari menonton dan menganalisis video di atas tentang memahami sifat pada operasi hitung, saya melihat pada saat guru membuka pelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Saat pembelajaran berlangsung guru kurang berinteraktif dengan siswa. Pada saat guru menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberikan soal. Namun guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan menggunakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan turun, kemudian mengungkapkan bagaimana memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diberikan yaitu sifat-sifat operasi hitung.

  7. Reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru
    Secara umum reaksi siswa sangat positif, siswa fokus mendengarkan penjelasan guru dan aktif saat kegiatan belajar berlangsung.
    d. Kelemahan guru dalam pembelajaran
     Tidak ada kegiatan doa sebelum pembelajaran
     Guru tidak memberi salam kepada siswa dan tidak menanyakan kabar siswa
     Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
     Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
     Guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju kedepan.
     Guru tidak memberikan tugas atau pekerjaan rumah kepada siswa
    Kelebihan guru dalam pembelajaran
     Komunikasi antara guru dengan siswa sangat baik, sehingga siswa cukup antusias dalam kegiatan pembelajaran.
     Guru menyampaikan materi dengan baik dan langsung beserta contoh nya
     Guru memberikan ruang untuk siswa maju untuk menjawab pertanyaan yg ada.
    Hal unik
    Ada siswa yang mengintip siswa lainnya menulis.
    Rencana perbaikan yang dapat dilakukan
     Sebelum pembelajaran dimulai, guru sebaiknya mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
     Guru sebaiknya mengecek kehadiran siswa dan mengajak siswa untuk bernyanyi.
     Sebelum masuk pada materi inti, guru sebaiknya menjelaskan tujuan pembelajaran.
     Guru sebaiknya memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju kedepan.
     Guru seharusnya memberi tugas sekolah maupun tugas rumah kepada siswa.

  8. Reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru
    Secara umum reaksi siswa sangat positif, siswa fokus mendengarkan penjelasan guru dan aktif saat kegiatan belajar berlangsung.
    Kelemahan guru dalam pembelajaran
    Tidak ada kegiatan doa sebelum pembelajaran
    Guru tidak memberi salam kepada siswa dan tidak menanyakan kabar siswa
    Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
    Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    Guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju kedepan.
    Guru tidak memberikan tugas atau pekerjaan rumah kepada siswa
    Kelebihan guru dalam pembelajaran

  9. Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

    Saran dari saya cara menjelaskan sifat-sifat operasi hitung kepada siswa Sekolah Dasar yaitu;
    1. Gunakan contoh-contoh konkret dan benda-benda yang familiar bagi siswa. Misalnya, untuk menjelaskan sifat komutatif pada penjumlahan, Anda dapat menggunakan benda-benda seperti kelereng atau permen.
    2. Lakukan kegiatan praktik untuk memvisualisasikan sifat-sifat operasi hitung. Misalnya, untuk sifat asosiatif pada perkalian, siswa dapat mengatur benda-benda dalam kelompok-kelompok dan melihat bahwa hasilnya tetap sama meskipun cara pengelompokannya berbeda.
    3. Gunakan bahasa yang sederhana dan contoh-contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.
    4. Berikan banyak latihan soal dengan berbagai tingkat kesulitan untuk memastikan pemahaman siswa.
    5. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan pemahaman kepada siswa untuk memastikan mereka memahami konsep yang diajarkan.
    6. Gunakan alat bantu visual seperti gambar atau animasi untuk membantu menjelaskan konsep yang abstrak.
    7. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan dan klarifikasi jika ada yang kurang dipahami.
    9. Hubungkan sifat-sifat operasi hitung dengan konsep matematika lainnya yang relevan, seperti perkalian dan pembagian, untuk memperkuat pemahaman siswa.

    Dan yang perlu diingat, bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, jadi cobalah untuk menggunakan berbagai metode dan pendekatan untuk memastikan semua siswa dapat memahami konsep dengan baik.

  10. Menurut analisis saya, dalam video pembelajaran tersebut guru sudah menguasai materi operasi bilangan sepenuhnya. guru juga sudah menyampaikan pemahaman sifat pada operasi hitung dengan baik kepada siswa. pembelajaran dimulai dengan penyampaian materi, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa maju kedepan untuk mengerjakan soal secara spontan. kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. dalam pembelajaran melibatkan siswa. diakhir materi guru juga menanyakan apakah semua siswa sudah paham dengan materi operasi bilangan?
    namun, sebaiknya guru memberikan ice breaking ditengah-tengah pembelajaran agar siswa bisa lebih semangat dan tidak jenuh dalam pembelajaran tersebut.

Leave a Reply