silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

482 Comments

  1. NAMA : WINDA AYU FRATIWI
    KELAS : 6C
    NIM: 856791662
    Setelah saya menonton dan mengamati video tersebut tentang operasi hitung,terbatasnya media pembelajaran yang di pakai kurangnya pembukaan pada saat memulai pembelajaran seperti mengucapkan salam, pengecekan kehadiran siswa dan belom menciptakan suasana yang nyaman terhadap siswa.

  2. menurut pendapat saya ,penguasaan materi kepada murid sudah jelas ,tetapi sebaiknya pada awal pembelajaran hendaklah seorang guru melakukan pembukaan ,seperti menyapa siswa ,menanyakan kabar ,dan setelah itu sebaiknya di awal siswa jugak harus diajak untuk melakukan ice breaking karna bertujuan untuk membuat anak semangat ,dan saat proses berlajar berlangsung siswa tidak mengantuk ,dan kemudian setelah itu baru guru memberitahukan kepada siswa akan materi pembelajaran apa yang akan mereka pelajari ,dan selain itu dalam vidio tersebut kurangnya metode pembelajaran yang menarik ,sehingga anak hanya pokus mendengarkan gurunya saja saat menjelaskan ,dengan adanya metode tanya jawab ,dapat membantu siswa untuk memacu pemahaman yang ia dapat saat menyimak penjelasan yang diberikan ibu guru tersebut.
    Ada baiknya guru tersebut dapat menggunakan media pembelajaran agar siswa yang ia ajarkan dapat lebih mengerti apa itu operasi hitung. Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

  3. Nama: Indah Dwi Pratiwi Damanik
    Nim: 859873138
    menurut pendapat saya ,penguasaan materi kepada murid sudah jelas ,tetapi sebaiknya pada awal pembelajaran hendaklah seorang guru melakukan pembukaan ,seperti menyapa siswa ,menanyakan kabar ,dan setelah itu sebaiknya di awal siswa jugak harus diajak untuk melakukan ice breaking karna bertujuan untuk membuat anak semangat ,dan saat proses berlajar berlangsung siswa tidak mengantuk ,dan kemudian setelah itu baru guru memberitahukan kepada siswa akan materi pembelajaran apa yang akan mereka pelajari ,dan selain itu dalam vidio tersebut kurangnya metode pembelajaran yang menarik ,sehingga anak hanya pokus mendengarkan gurunya saja saat menjelaskan ,dengan adanya metode tanya jawab ,dapat membantu siswa untuk memacu pemahaman yang ia dapat saat menyimak penjelasan yang diberikan ibu guru tersebut.Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa. Akan tetapi guru tersebut lebih baik menggunaan media pembelajaran agar siswa dapat lebih mengerti .

  4. Menurut saya, dalam penyampaian materi dari video diatas sangat mudah dipahami siswa dan guru juga menguasai materi yang diajarkan. Akan tetapi, dalam penyampaian materi tidak ada pendahuluan
    Kemudian, alangkah baiknya jika disertai dengan ice breaking biar siswa tidak merasa bosan.

  5. Nama : Deskha Dwi Kartika
    NIM : 858085981
    UPBJJ PONTIANAK

    Menurut saya, guru mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran dan siswa terlihat aktif menjawab ketika guru bertanya dan mampu mengkondisikan siswa dengan baik sehingga suasana kelas tanpak tenang. Kekurangan yang saya dapat dalam video guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan juga kurangnya pemanfaatan media.

  6. Nama : Atik Dina Naseha
    NIM : 857747726

    Setelah menonton dan menganalisis video pembelajaran tersebut, saya menyimpulkan bahwa guru sudah sesuai sintaks pembelajaran dengan memulai kegiatan refleksi terhadap materi sebelumnya, seperti penjumlahan dan pengurangan, sebelum melanjutkan ke materi baru tentang sifat-sifat operasi hitung. Penyampaian materi dilakukan dengan jelas melalui pemberian contoh langsung yang relevan, serta pembelajaran sudah melibatkan partisipasi siswa secara aktif dengan memberi kesempatan untuk menuliskan jawaban di papan tulis dan bertanya jika ada hal yang belum dipahami. Kegiatan belajar berlangsung dalam suasana yang kondusif dengan interaksi yang cukup baik antara guru dan siswa. Namun demikian, ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan, seperti pentingnya membuka pembelajaran dengan salam dan doa untuk membangun suasana positif sejak awal, melakukan pengecekan kehadiran siswa, serta menyisipkan aktivitas penyemangat atau ice breaking agar siswa lebih siap mengikuti pelajaran. Guru juga perlu memberikan apresiasi yang lebih kepada siswa yang aktif agar mendorong partisipasi siswa lainnya. Mengingat tidak semua siswa terlihat antusias untuk maju ke depan, pendekatan yang lebih bervariasi bisa digunakan agar semua siswa terlibat. Selain itu, disarankan agar guru menyiapkan dan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai alat evaluasi atau alat bantu untuk mengukur sejauh pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari secara lebih menyeluruh.

  7. Nama:susi herlina silitonga
    Nim :860241575
    Izin memberikan pendapat, menurut pendapat saya dari vidio tersebut, guru sudah menyampaikan pelajaran dengan baik, terlihat dari cara ibu tersebut dalam pengenalan sifat sifat operasi hitung dengan cara langsung memberikan praktek sehingga siswa bisa lebih mengerti. Terlihat dengan cara tersebut siswa lebih respon untuk berintetaksi ,dalam vidio juga terlihat guru menguasai materi yang akan di ajarkan. Akan tetapi kelengkapan proses mengajar dalam vidio tersebut kurang lengkap seperti pembukaan awal .

  8. Nama : sopiana
    NIM : 817266672
    Kelas A
    Pokjar Sidomulyo UT UPBJJ LAMPUNG

    Di dalam Video tersebut tampak guru sedang menyampaikan materi kepada siswa SD mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama siswa diberikan soal-soal hitungan dan menghitung hasilnya. Siswa tersebut belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Dan pada penggalan kedua, siswa diberi penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

    Kelebihan :
    a. Sebelum memulai pelajaran, guru pengulangan materi sebelumya, seperti penjumlahan dan pengurangan.
    b. Guru menjelaskan/menyampaikan materi tentang sifat operasi hitung dengan memberikan contoh langsung
    c. Guru banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan untuk menjawab dan menuliskan sifat dari operasi hitung dengan tujuan supaya siswa aktif dalam pembelajaran.
    d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi sifat dari operasi hitung yang belum dimengerti.
    e. Adanya kaloborasi yang baik dan terciptanya kelas yang kondusif

    Kelemahan :
    a. Guru tidak melakukan salam, dan kegiatan do’a sebelum pembelajaran
    b. Guru tidak mengecek kehadiran siswa, ice breaking, atau memotivasi siswa sebelum pembelajaran
    c. Guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju ke depan.
    d. Tidak semua siswa antusias untuk maju ke depan
    e. Guru tidak memberikan Lembar Kerja Siswa sebagai tolak ukur pemahaman siswa atas materi yang disampaikan

  9. Nama : Yantiria Halawa
    NIM : 859881221
    Salut : Damai Idanogawo

    Setelah saya menonton video tersebut,di dalam kegiatan pembuka,tidak terdapat salam pembuka akan tetapi langsung di dalam kegiatan inti. Sehingga siswa tidak dapat menanggapi materi pelajaran dengan baik.
    Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Akan tetapi pada akhir kegiatan guru sudah memberikan motivasi kepada siswa dengan cara mengajak siswa untuk belajar di rumah.

  10. Nama : Yantiria Halawa
    Nim : 859881221
    Salut : Damai Pokjar Idanogawo

    Menurut pendapat saya,setelah menonton video tersebut di dalam pembukaan atau kegiatan pendahaluan tidak terdapat salam pembuka.Sehingga siswa merasa vakum atau tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran dengan baik.
    Akan tetapi di dalam kegiatan penutup guru sangat baik untuk memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajak siswa untuk belajar di rumah.

Leave a Reply