silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola ritmik lagu tersebut untuk ditempel di papan tulis. Pada pembelajaran topik ini guru sering menyuruh anak langsung memainkan lagu dalam partitur tersebut, tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik tersebut
–
–
–
Keseluruhan bagus dilihat dari cara membuka dan memberitahu tujuan pembelajaran dll.
Arfan Santoso, S.S.
NAMA : DWI BAYU SEPTIHADI
NIM : 858422818
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : 50/SAMARINDA
POKJAR : NABILA RAHADATUL
▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Setelah saya melihat video di atas, saya melihat para siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kekurangan Bapak guru dalam melakukan pembelajaran yaitu di awal video Pak Guru tidak melakukan kegiatan seperti baca doa sebelum belajar dan langsung masuk di materi pembelajaran “memainkan alat musik ritmis dan melodi” dan di akhir video tidak ada kegiatan penutupnya, yaitu kegiatan refleksi dan membaca doa akhir pembelajaran.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan Bapak guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Bapak guru membagi kelompok sesuai dengan alat musik yang di gunakan oleh para siswa agar praktek memainkan alat musik berjalan lancar.
▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
– Saya melihat dalam video tersebut guru mengajak siswa yang sesuai dengan kelompoknya untuk melakukan praktek memainkan alat musik yang sesuai dengan partitut notnya.
– Setelah guru melakukan arahan memainkan alat musik sesuai dengan kelompoknya, guru mengajak untuk bersama memainkan alat musik dengan arahan guru dan menggunakan partiture notnya.
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Menurut saya upaya kedepannya yaitu dari semua kegiatan sudah baik, hanya di bagian penutupnya tidak ada kegiatan seperti kegiatan refleksi seperti penyampaian hasil pembelajaran memainkan alat musik , dan membaca doa dan salam. Kedepannya sebaiknya setelah kegiatan pembelaran selesai, guru sebaiknya melakukan kegiatan refleksi atau tanya jawab kepada siswa tentang materi yang di pelajari.
Nama : Winda Ningsih
NIM : 857531991
UPBJJ : Bandung
Prodi/Sem : PGSD/6
izin memberikan pendapat terhadap video pembelajaran mengenai “Memaikan Alat Musik Ritmmis Maupun Melodis”. Pada video pembelajaran tersebut guru terlihat bersemangat dan mengatur murid dengan baik, misalnya pengelompokkan murid berdasarkan alat musik yang akan dimaikan, serta pemberian aba-aba ataupun instruksi memaikan alat musik secara bergantian antar kelompok alat musik, murid terlihat rapi dan teratur mengikuti instruksi dari guru. Namun di awal pembelajaran guru tidak menjelaskan terlebih dahulu apa itu alat musik ritmis dan alat musik melodis dengan begitu siswa akan mampu memaikan tapi tidak mengetahui apakah alat musik yang dimainkan termasuk ke dalam alat musik ritmis atau melodis.
Nama : Ati Suciati
NIM : 859664399
UPBJJ : Bandung
Prodi/Semester : PGSD/6
izin memberikan pendapat terhadap video pembelajaran mengenai “Memaikan Alat Musik Ritmmis Maupun Melodis”. Berdasarkan analisis dalam video tersebut peserta didik terlihat nyaman, senang, dan kondusif pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Di dalam video tersebut guru membagi peserta didik berdasarkan jenis alat musik yang digunakannya supaya memudahkan peserta didik didalam memainakan alat musik sesuai dengan partitur melodi yang telah dibagikan oleh guru tersebut.
1. Kelemahan:
– Guru seharusnya memberikan penjelasan yang jelas tentang pengertian alat musik ritmis dan melodis
serta perbedaannya. Ini membantu siswa memahami konsep dasar sebelum mereka mulai memainkan
alat musik tersebut.
– Penting bagi guru untuk mendemonstrasikan cara memainkan alat musik secara praktis. Ini membantu
siswa melihat dan mendengar bagaimana alat musik seharusnya dimainkan dengan benar.
– Guru harus secara aktif memantau siswa ketika mereka berlatih atau memainkan alat musik. Ini
termasuk memeriksa teknik mereka dan mendengarkan apakah ada kesalahan not atau ritme. Jika ada
kesalahan, guru harus memberikan bimbingan dan koreksi yang sesuai.
– Guru harus menciptakan lingkungan kelas yang terbuka untuk pertanyaan dan diskusi. Siswa harus
merasa nyaman untuk bertanya jika mereka tidak paham atau ingin berbicara tentang alat musik yang
mereka pelajari.
2. Kelebihan:
– Komunikasi dan suara guru jelas dan dapat ditangkap oleh seluruh anak-anak
– Guru mampu menggunakan perangkat bahasa lisan, gerak tubuh, dan ekspresi wajah dengan baik untuk
menjelaskan konsep atau teknik kepada siswa. Ini membantu siswa memahami dengan lebih baik.
– Guru tampaknya memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik, dan ini tercermin dalam perhatian
siswa selama proses pembelajaran. Kemampuan guru untuk mempertahankan perhatian siswa adalah
kunci dalam pengajaran yang efektif.
– Mengapresiasi siswa setelah mereka selesai belajar alat musik hal ini merupakan tindakan yang positif.
Ini dapat meningkatkan motivasi siswa dan memberikan pengakuan atas usaha mereka.
Nama : Verawati Purba Pak-pak
Nim : 855834135
Prodi/semester : FKIP/ 6
Pokjar : Serdang Bedagai
Upbjj : Medan
Berdasarkan Analisis saya terhadap video diatas, siswa terlihat senang mengikuti materi yang akan diberikan. Beberapa kelemahan dan kelebihan dalam video pengajaran diatas adalah :
1. Kelebihan
* Guru mengelompokkan siswa sesuai dengan alat musiknya
*Bergantian dalam Bermain alat musik yang berbeda-beda
*Media yang digunakan sudah baik dan lengkap termasuk partitur yang akan di gunakan
*Mengapresiasi siswa diakhir pembelajaran
2. Kekurangan
* Sebaiknya sebelum pembelajaran guru memberikan pertanyaan pemantik apa itu alat musik ritmis
* Menjelaskan pengertian dan contoh alat musik ritmis
*Terlebih dahulu mencontohkan cara bermain alat musik ritmis
*Sebaiknya membuka sesi tanya jawab dan diskusi untuk mengetahui pemahaman siswa.
*Aktif melihat siswa ketika siswa memainkan alat musik.
*Terlihat tidak dilaksanakannya salam, doa dan refleksi ketika awal dan akhir pembelajaran.
Nama : Ranita sari
Nim : 855740047
Program studi : PGSD-S1
Semester : 6
Kelas : B
Berdasarkan video yang saya tonton di atas para siswa terlihat sangat antusias dan senang mengikuti pelajaran materi yang akan di berikan namun ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam video pengajaran di atas , kelebihan nya adalah : guru mengelompokkan siswa sesuai dengan alat musiknya , komonikasi guru jelas dan dapat di tangkap oleh seluruh siswa , guru mengapresiasi siswa di akhir pembelajaran dan guru juga tampak memiliki kemampuan untuk menguasai kelas dengan baik mampu mempertahankan perhatian siswa dalam pengajaran yg efektif .
Dan ada pula kekurangan guru dalam video tersebut adalah : guru sebaik nya sebelum memulai pembelajaran memberikan pertanyaan pematik apa itu alat musik ritmis ? Dan guru harus menciptakan lingkungan kelas yang terbuka untuk pertanyaan dan diskusi siswa supaya siswa merasa nyaman untuk bertanya jika mereka kurang paham atau ingin berbicara tentang alat musik yang mereka pelajari .
Sekian penjelasan dari saya wassalamualaikum wr.wb 🙏🙏
Nama : Reni Marisa
NIM : 855742137
Prodi/Semester : PGSD/6B
Pokjar : Sidomulyo
Upbjj : Bandar Lampung
izin memberikan pendapat terhadap video pembelajaran mengenai “Memaikan Alat Musik Ritmmis Maupun Melodis”. Berdasarkan analisis saya dalam video tersebut peserta didik terlihat nyaman, senang, dan kondusif pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Di dalam video tersebut guru membagi peserta didik berdasarkan jenis alat musik yang digunakannya supaya memudahkan peserta didik didalam memainakan alat musik sesuai dengan partitur melodi yang telah dibagikan oleh guru tersebut.
1. Kelemahan:
– Guru seharusnya memberikan penjelasan yang jelas tentang pengertian alat musik ritmis dan melodis
serta perbedaannya. Ini membantu siswa memahami konsep dasar sebelum mereka mulai memainkan
alat musik tersebut.
– Penting bagi guru untuk mendemonstrasikan cara memainkan alat musik secara praktis. Ini membantu
siswa melihat dan mendengar bagaimana alat musik seharusnya dimainkan dengan benar.
– Guru harus secara aktif memantau siswa ketika mereka berlatih atau memainkan alat musik. Ini
termasuk memeriksa teknik mereka dan mendengarkan apakah ada kesalahan not atau ritme. Jika ada
kesalahan, guru harus memberikan bimbingan dan koreksi yang sesuai.
– Guru harus menciptakan lingkungan kelas yang terbuka untuk pertanyaan dan diskusi. Siswa harus
merasa nyaman untuk bertanya jika mereka tidak paham atau ingin berbicara tentang alat musik yang
mereka pelajari.
2. Kelebihan:
– Komunikasi dan suara guru jelas dan dapat ditangkap oleh seluruh anak-anak
– Guru mampu menggunakan perangkat bahasa lisan, gerak tubuh, dan ekspresi wajah dengan baik untuk
menjelaskan konsep atau teknik kepada siswa. Ini membantu siswa memahami dengan lebih baik.
– Guru tampaknya memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik, dan ini tercermin dalam perhatian
siswa selama proses pembelajaran. Kemampuan guru untuk mempertahankan perhatian siswa adalah
kunci dalam pengajaran yang efektif.
– Mengapresiasi siswa setelah mereka selesai belajar alat musik hal ini merupakan tindakan yang positif.
Ini dapat meningkatkan motivasi siswa dan memberikan pengakuan atas usaha mereka.
Nama : Reni Marisa
NIM : 855742137
Prodi/Semester : S-1PGSD/6B
Pokjar : Sidomulyo
Upbjj : Bandar Lampung
“Memaikan Alat Musik Ritmmis Maupun Melodis”. Berdasarkan analisis saya dalam video tersebut peserta didik terlihat nyaman, senang, dan kondusif pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Di dalam video tersebut guru membagi peserta didik berdasarkan jenis alat musik yang digunakannya supaya memudahkan peserta didik didalam memainakan alat musik sesuai dengan partitur melodi yang telah dibagikan oleh guru tersebut.
1. Kelemahan:
– Guru seharusnya memberikan penjelasan yang jelas tentang pengertian alat musik ritmis dan melodis serta perbedaannya. Ini membantu siswa memahami konsep dasar sebelum mereka mulai memainkan alat musik tersebut.
– Penting bagi guru untuk mendemonstrasikan cara memainkan alat musik secara praktis. Ini membantu
siswa melihat dan mendengar bagaimana alat musik seharusnya dimainkan dengan benar.
– Guru harus secara aktif memantau siswa ketika mereka berlatih atau memainkan alat musik. Ini termasuk memeriksa teknik mereka dan mendengarkan apakah ada kesalahan not atau ritme. Jika ada
kesalahan, guru harus memberikan bimbingan dan koreksi yang sesuai.
2. Kelebihan:
– Komunikasi dan suara guru jelas dan dapat ditangkap oleh seluruh anak-anak
– Guru mampu menggunakan perangkat bahasa lisan, gerak tubuh, dan ekspresi wajah dengan baik untuk menjelaskan konsep atau teknik kepada siswa. Ini membantu siswa memahami dengan lebih baik.
– Guru tampaknya memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik, dan ini tercermin dalam perhatian siswa selama proses pembelajaran. Kemampuan guru untuk mempertahankan perhatian siswa adalah kunci dalam pengajaran yang efektif.
– Mengapresiasi siswa setelah mereka selesai belajar alat musik hal ini merupakan tindakan yang positif.Ini dapat meningkatkan motivasi siswa dan memberikan pengakuan atas usaha mereka.
Nama : Reni Marisa
NIM : 855742137
Prodi/Semester : S-1PGSD/6B
Pokjar : Sidomulyo
Upbjj : Bandar Lampung
“Memaikan Alat Musik Ritmmis Maupun Melodis”. Berdasarkan analisis saya dalam video tersebut peserta didik terlihat nyaman, senang, dan kondusif pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Di dalam video tersebut guru membagi peserta didik berdasarkan jenis alat musik yang digunakannya supaya memudahkan peserta didik didalam memainakan alat musik sesuai dengan partitur melodi yang telah dibagikan oleh guru tersebut.
1. Kelemahan:
– Guru seharusnya memberikan penjelasan yang jelas tentang pengertian alat musik ritmis dan melodis serta perbedaannya. Ini membantu siswa memahami konsep dasar sebelum mereka mulai memainkan alat musik tersebut.
– Penting bagi guru untuk mendemonstrasikan cara memainkan alat musik secara praktis. Ini membantu
siswa melihat dan mendengar bagaimana alat musik seharusnya dimainkan dengan benar.
– Guru harus secara aktif memantau siswa ketika mereka berlatih atau memainkan alat musik. Ini termasuk memeriksa teknik mereka dan mendengarkan apakah ada kesalahan not atau ritme. Jika ada
kesalahan, guru harus memberikan bimbingan dan koreksi yang sesuai.
2. Kelebihan:
– Komunikasi dan suara guru jelas dan dapat ditangkap oleh seluruh anak-anak
– Guru mampu menggunakan perangkat bahasa lisan, gerak tubuh, dan ekspresi wajah dengan baik untuk menjelaskan konsep atau teknik kepada siswa. Ini membantu siswa memahami dengan lebih baik.
– Guru tampaknya memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik, dan ini tercermin dalam perhatian siswa selama proses pembelajaran. Kemampuan guru untuk mempertahankan perhatian siswa adalah kunci dalam pengajaran yang efektif.
– Mengapresiasi siswa setelah mereka selesai belajar alat musik hal ini merupakan tindakan yang positif.Ini dapat meningkatkan motivasi siswa dan memberikan pengakuan atas usaha mereka.
Agustini
856577882
Menurut analisis saya pada video ini sebaiknya guru menjelaskan materi yang akan dipelajari di awal pembelajaran agar semua siswa dapat memahami ketika praktek berlangsung
nama : Herlina
NIM : 855736269
Pokjar : kotaagung
UPBJ : Bandar lampung
judul : memainkan alat musik ritmis dan melodi
berdasar analisis saya terhadap video diatas ,
– siswa begitu semangat ketika pembelajaran berlangsung
– guru juga bisa mengendalikan usasana di dalam kelas sehingga siswa bisa merasa nyaman
– siswa juga senang ketika memainkan alat musik