silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…
Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri. Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
Nama : Dewi Susanti
NIM : 855853973
Izin menanggapi dari video tersebut :
Menurut analisis saya, ada beberapa hal yang belum dilakukan ibu tersebut, dan kekurangan dari guru tersebut :
1. Guru tidak melakukan kegiatan apersepsi terlebih dahulu.
2. Sebelum memulai pembelajaran, tidak melakukan kegiatan bernyanyi dulu, ataupu ice breaking, untuk menumbuhkan semangat siswa, mengingat kegiatan “Membaca Cerita Secara Bergilir” di kelas rendah/kelas 1.
3. Guru tidak kondusif mengatur siswa, ataupun guru yang mengajarkan tidak membawa suasana yang nyaman untuk peserta didik, sehingga murid ribut dan tidak teratur.
4. Tidak membuat media pembelajaran, mungkin teknologi disekolah itu kurang, namun bisa diupayakan dengan berbagai cara seharusnya.
NAMA : RITA YULIYANI
NIM : 857452667
Semester : 8
pokjar : centeh
ijin menanggapi setelah mengamati video tersebut permasalahan yang terdapat video tersebut adalah :
– guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu
– guru tidak bisa mengkondisikan kelas sehingga anak – anak kurang memperhatikan apa yang dijelaskan.
– terlihat guru belum mencapai kegiatan inti yaitu melibatkan anak bercerita di depan kelas
– kurangnya ice breaking/games untuk menarik perhatian anak.
– guru kurang menguasai kelas sehingga anak – anak menjadi sibuk sendiri dan sibuk ngobrol dengan temannya
– kurang nya media pembelajaran
NAMA : RITA YULIYANI
NIM : 857452667
semester : 8
pokjar : centeh
ijin menanggapi video pembelajaran di atas, ada beberapa permasalahan :
– kurangnya apersepsi di awal pembelajaran
– guru kurang dalam mengkondisikan kelas sehingga siswa asik sendiri mengobrol ketika guru menjelaskan
– guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– kurangnya ice breaking / games untuk menarik perhatian siswa
– guru belum mencapai kegiatan inti yaitu melibatkan siswa untuk bercerita di depan kelas
– kurangnya media pembelajaran
Nama : Irna sari siregar
Nim : 856028843
Upbjj : Medan
Assalamualaikum…
Setelah saya melihat serta mengamati video tersebut,media maupun metode yang digunakan guru tersebut sudah cukup baik. Namun,masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi bahkan di perbaiki dalam media maupun metode yang digunakan dalam mengajar,agar menarik minat belajar siswa sehingga,tujuan pembelajaran yang dilakukan dapat tercapai dengan efektif dan efisien / baik.
Nama : IRNA SARI SIREGAR
Nim : 856028843
Prodi : S1- PGSD
Upbjj : MEDAN
Pokjar: ASAHAN
Assalamualaikum….
Setelah saya melihat serta mengamati video tersebut,media maupun metode yang digunakan guru tersebut cukup baik. Namun,masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi bahkan diperbaiki dalam media maupun metode yang digunakan dalam mengajar,agar menarik minat belajar siswa sehingga, tujuan pembelajara dapat tercapai dengan efektif dan efisien/ baik.
Nama : Isra Nibras Nurjannah Nim : 855746238 Pokjar : Sidomulyo Program Studi: PGSD-S1 Semester: 6 Kelas : B, Menurut pendapat saya setelah melihat video diatas, “Membaca cerita secara bergilir, adalah tentang kekurangan : penguasaan guru terhadap materi yang dibahas sehingga menjadikan kelas tersebut kurang kondusif, cara mengatasi agar siswa fokus terhadap apa yang di sampaikan oleh guru adalah dengan cara guru dapat memulai awal pembelajaran dengan berdoa dan menyiapkan materi dengan baik dan semenarik mungkin, melakukan apersepsi dan melakukan ice breaking agar siswa dapat fokus pada pembelajaran. Kelebihan : siswa terlihat sangat antusias dan semangat mengikuti pelajaran materi yang disampaikan oleh guru.
Nama : Destri Ananda Nurlita Putri
Nim : 857319417
Prodi : PGSD S1
Upbjj : Bogor
Izin menanggapi video ini, setelah menonton video. Kelebihan dari video ini, guru terlihat cukup baik dalam menggambar, yang akan menarik perhatian anak, ketika banyak guru lain yang hanya menggunakan buku sebagai media.
Terlihat juga guru tersebut tidak melakukan kegiatan awal seperti berdoa, absensi dan lainnya. Sehingga kondisi murid belum kondusif dengan urutan kegiatan yang tertukar, sebaiknya di jelaskan dan dicontohkan dahulu materi yang akan dipelajari dan bagaimana cara mengerjakannya, lalu menugaskan siswa untuk berkelompok dan bercerita di depan secara bergantian.
Baik terimakasih
Nama : Kiki Puspitasari
NIM : 856082246
UPBJJ : Batam
Analisis dari vidio diatas “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas” suasana kelas menjadi bosan dan tidak aktif karena guru tidak melakukan kegiatan awal seperti, mengucapkan salam, membaca do’a sebelum belajar, melakukan absensi, menanyakan kabar,serta menyanyikan lagu kebangsaan. Dan Materi yang di sampaikan tidak cukup jelas sehingga tidak tercapainya tujuan dalam pembelajaran.
ada baiknya menurut saya,guru harus menguasai materi sebelum melakukan pembelajaran dan pembelajaran diawali dengan kegiatan awal seperti memberi salam,membaca doa sebelum belajar,mengabsen siswa,menanyakan kabar serta memberi motivasi kepada siswa . Dan dapat memanfaatkan media yanng kreatif agar anak belajar dengan senang dan aktif .
NAMA : BEAUTI ZAHRA TU NISA
NIM
NAMA : BEAUTI ZAHRA TU NISA
NIM : 855736133
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR: KOTAAGUNG
izin menanggapi video, setelah saya menonton video di halaman gpo dengan judul video “MEMBACA CERITA SECARA BERGILIR”
ringkasan video : Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar denan mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru mengawali pembelajaran dengan memperkenalkan materi terlebih dahulu. Setelah itu guru memberikan contoh berupa gambar tokoh utama yaitu Timun Mas dengan Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri. kemudia guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.
reaksi siswa : siswa memberikan reaksi yang baik saat guru menasihati, tetapi ada beberapa siswa yang tidak kondusif.
kelemahan guru :
(1) guru tidak memulai atau mengawali pembelajaran dengan baik dimana tidak ada doa dan motivasi kepada siswa
(2) guru tidak mengalokasikan waktu sehingga materi yang diberikan belum tersampaikan dengan baik namun harus terpotong jam istirahat
(3) guru belum membagi kelompok siswa namun langsung meminta siswa untuk maju perkelompok.
kelebihan guru :
(1) guru menerangkan materi di awal pembelajaran dengan menggunakan gambar sehingga siswa lebih mudah memahami
(2) guru dapat mengondisikan kelas dengan baik
(3) guru dapat menciptakan interaksi yang baik dengan siswa
(4) guru mencoba melatih keberanian siswa dengan meminta siswa maju kedepan
(5) guru memastikan bahwa siswa paham apa yang di sampaikan
(6) guru tidak menggunakan kekerasan dalam menegur siswa tapi memberi hukuman ringan yang mendidik.
hal unik : siswa membawa mainan kedalam kelas sehingga tidak fokus dalam belajar, guru menyita mainan siswa dan menasihatinya
usul :
(1) guru sebaikanya memulain pembelajaran dengan salam dan doa
(2) guru sebaikanya lebih bisa mengalokasikan waktu dengan baik agar pembelajaran dapat diselesaikan tepat waktu
(3) guru sebaiknya membuat inovasi baru agar siswa lebih tertarik dengan materi pembelajaran.