silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut.  Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu  Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…

Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri.  Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

229 Comments

  1. Nama : Ni Kadek Ria Carmanita Dewi
    NIM : 859043274
    Prodi : PGSD

    Ijin memberikan pendapat terkait video pembelajaran di atas.
    Sebelumnya, sampai saat ini saya belum pernah mengalami masalah seperti itu. Dari pengalaman saya mengajar, ada beberapa hal yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semua terkait cara mengajar yang menarik, yaitu :
    1. Seorang guru harus memberikan motivasi pada awal pembelajaran agar semangat siswa meningkat dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Variasikan metode mengajar seperti kurangi metode mengajar ceramah dan lebih banyak praktik atau diskusi, simulasi, projek, kerja kelompok, serta gunakan metode mengajar yang lebih interaktif dan multimedia seperti penayangan cerita dalam bentuk video. Guru harus berinovasi dalam membuat konten edukatif yang menarik. Misalnya, membuat presentasi interaktif, skenario drama, atau even eksperimental yang relevan dengan topik pembelajaran. Hal ini dapat membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan diminati oleh siswa.
    3. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan seperti sesekali ajaklah siswa belajar di luar kelas, serta pastikan ruang kelas cukup ventilasi, hening, dan terorganisir.
    4. Ajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar dengan bertanya-tanya dan memberikan feedback yang konstruktif. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi dan minat siswa dalam pembelajaran.
    5. Lakukan penilaian yang tidak hanya fokus pada hasil akhir tapi juga pada proses belajar, sehingga guru dapat mengetahui bagaimana siswa belajar. Penilaian ini juga dapat membantu meningkatkan motivasi siswa dengan memberikan umpan balik yang relevan.

    Sekian beberapa hal yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semua.
    Terima kasih.

  2. Nama : Risbiani suadah
    Nim : 855731291
    Prodi : PGSD

    Izin menanggapi mengenai video diatas :
    1. Video diatas menunjukan kegiatan belajar mengajar yang kondusif.
    2.materi yang disampaikan cukup menarik.
    3.materi tersampaikan dengan baik dengan adanya media gambar ,dan metode mengajar ceramah.
    4.anak – anak antusias serta dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dari awal hingga akhir.
    5. Saran saya perlunya ice breaking dan media tambahan serta keterkaitan anak anak dalam pembelajaran juga perlu agar semakin menarik .

    Terimaksih

  3. Nama : Fitri Anggraini
    NIM : 857031242
    PRODI : S1-PGSD
    JUDUL : Membaca cerita secara bergilir
    SALUT SIMPANG PEMATANG

    Menurut pendapat saya setelah melihat video diatas peran guru di dalam cerita tersebut bagus yang mana pada awalnya guru memberikan petunjuk tugas apa yang akan mereka laksanakan selain itu juga guru mengondisikan keadaan kelas yang beberapa siswa nya ribut serta mengambil mainan siswa tersebut dengan menggunakan bahasa yang halus sehingga siswa tidak marah ataupun tersinggung.

    Kemudian guru juga membuat kesepakatan yang mana jika ada yang membuat kegaduhan atau keributan siap untuk menggantikan teman nya di depan bercerita dan yang terakhir guru memberikan nasihat untuk kepada para siswa yang ingin istirahat agar tidak bermain di jalan serta jajan sembarangan.

    Tetapi ada satu yang kurang yaitu tidak membaca doa sebelum mulai pembelajaran.

  4. NAMA : LAILA ROFI ANNISA
    NIM : 857030717

    Hasil analisis dari video diatas adalah

    Kelebihan : Guru menggunakan gambar tokoh utama, seperti Timun Mas dan raksasa jahat, untuk membantu siswa memahami cerita. Ini menunjukkan upaya guru untuk menyediakan ilustrasi yang relevan dengan materi. Guru berusaha membangun interaksi dengan siswa, termasuk kesepakatan tentang konsekuensi jika siswa membuat keributan. Ini menunjukkan bahwa komunikasi dua arah cukup baik. Kita melihat guru mencoba mengatasi gangguan di kelas, misalnya saat siswa bermain sendiri, dengan menyita mainan secara bijaksana tetapi tidak memberikan hukuman keras kepada siswa

    Kekurangan : Guru tidak memberikan kata-kata pembuka seperti salam, doa, atau absensi selama pelajaran berlangsung, dan suasana kelas kurang harmonis. Akhir pembelajaran juga tidak dilakukan dengan baik. Bahasa yang digunakan guru terlalu formal, sehingga menyulitkan siswa yang lebih muda untuk memahami konten pengajaran. Diperlukan metode pengajaran yang lebih santai dan sesuai usia agar siswa dapat lebih mudah memahami isi pelajaran.

    Hal unik yang terjadi : Hal unik yang terjadi di video tersebut adalah belum ada peserta didik yang bercerita di depan kelas tetapi sudah istirahat dan guru tidak melakukan pembukaan salam pada awal pembelajaran.

    Rekomendasi perbaikan : Guru harus mengawali pembelajaran dengan salam, doa, dan absensi untuk menciptakan suasana kelas yang teratur. Guru dapat menambahkan kegiatan seperti tepuk semangat, permainan peran, atau lagu untuk meningkatkan konsentrasi dan antusiasme siswa. Guru dapat menggunakan alat peraga modern seperti video animasi atau buku bergambar untuk menarik perhatian siswa. Gunakan bahasa sederhana dan selipkan humor atau candaan ringan agar anak-anak lebih tertarik mengikuti pelajaran.

  5. Nama : Cecelia Irma Ratu
    Nim : 825806847
    Prodi :PGSD

    Isin untuk memberikan pendapan dan menanggapi
    Menurut saya vidio pembelajaran ini sangat bagus, dan masih ada beberapa kendala yang ditemuakan atau tidak dilakukan guru agar mengambil minat siswa saat melakukan pembelajaran, saat pembelajaran dimulai harus memberikan motifasi dan awalan doa sebelum pelaksanaan belajar berlangsung, dan pada akhir pembelajaran harus memberikan nilai pada pelajaran siswa agar siswa merasa senang dengan pembelajaran.
    untuk materi yang disampaikan sangat bagus, guru memberikan penjelasan tentang judul pembelajaran, guru meberikan nasehat kepada siswa pada akhir pembelajaran.

  6. Nama: Elsa Laurina Putri
    NIM: 858844901
    Prodi: PGSD

    Mohon izin memberikan pendapat terkait video pembelajaran di atas:
    Menurut pendapat saya, dari video di atas memperlihatkan ruangan yang kurang kondusif, karena di awal guru tidak memberikan salam, do’a, dan mengecek kehadiran, dari video tersebut siswa belum memiliki minat dalam membaca cerita di depan kelas, padahal gambar di papan tulis cukup menarik, tetapi siswa masih kurang fokus dan sering kali berbicara sendiri, menurut saya siswa alangkah lebih baiknya diberikan lembar bacaan bergambar masing-masing. Dan untuk akhir pembelajaran guru juga tidak menutup pembelajaran dengan salam maupun do’a.
    Sekian terima kasih.

  7. Nama: Lini Pratiwi
    Nim: 860107885
    Upbjj: UT Medan
    Pokjar: Labusel

    Izin menanggapi video diatas,
    1. Menurut saya proses belajar dalam video sudah cukup bagus, hanya saja sepertinya guru kurang dalam memberikan semangat dan motivasi kepada siswa sehingga siswa sebagian besar masih tidak konsentrasi dan kurang bersemangat dalam belajar, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya dapat dilakukan dengan game-game kecil yang dapat melatih konsentrasi siswa serta menumbuhkan semangat siswa untuk memahami pelajaran.
    2. Sebaiknya sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai dilakukan dengan berdo’a terlebih dahulu, hal ini dapat melatih siswa untuk selalu mengingat sang pencipta pada saat kapanpun.
    3. Melakukan saaan kepada siswa, tanya jawab kepada siswa seperti bagaimana kabar mereka, mengenai pernah atau tidaknya mereka membaca sebuah cerita, dan cerita apa saja yang pernah mereka baca.
    4. Sebaiknya menyediakan media belajar yang lebih menarik agar mereka tidak hanya menebak gambar yang ada di papan tulis saja, media menarik lainnya dapat berupa buku cerita, kartu bergambar,dll.

  8. Nama: Lini Pratiwi
    Nim: 860107885
    Upbjj: UT Medan
    Pokjar: Labusel

    Izin menanggapi video diatas,

    1. Menurut saya proses belajar dalam video sudah cukup bagus, hanya saja sepertinya guru kurang dalam memberikan semangat dan motivasi kepada siswa sehingga siswa sebagian besar masih tidak konsentrasi dan kurang bersemangat dalam belajar, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya dapat dilakukan dengan game-game kecil yang dapat melatih konsentrasi siswa serta menumbuhkan semangat siswa untuk memahami pelajaran.

    2. Sebaiknya sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai dilakukan dengan berdo’a terlebih dahulu, hal ini dapat melatih siswa untuk selalu mengingat sang pencipta pada saat kapanpun.

    3. Melakukan sapaan kepada siswa, tanya jawab kepada siswa seperti bagaimana kabar mereka, mengenai pernah atau tidaknya mereka membaca sebuah cerita, dan cerita apa saja yang pernah mereka baca.

    4. Sebaiknya menyediakan media belajar yang lebih menarik agar mereka tidak hanya menebak gambar yang ada di papan tulis saja, media menarik lainnya dapat berupa buku cerita, kartu bergambar,dll.

  9. Nama: Lini Pratiwi
    Nim: 860107885
    Upbjj: UT Medan
    Pokjar: Labusel

    Izin menanggapi video diatas,
    1. Menurut saya proses belajar dalam video sudah cukup bagus, hanya saja sepertinya guru kurang dalam memberikan semangat dan motivasi kepada siswa sehingga siswa sebagian besar masih tidak konsentrasi dan kurang bersemangat dalam belajar, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya dapat dilakukan dengan game-game kecil yang dapat melatih konsentrasi siswa serta menumbuhkan semangat siswa untuk memahami pelajaran.
    2. Sebaiknya sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai dilakukan dengan berdo’a terlebih dahulu, hal ini dapat melatih siswa untuk selalu mengingat sang pencipta pada saat kapanpun.
    3. Melakukan sapaan kepada siswa, tanya jawab kepada siswa seperti bagaimana kabar mereka, mengenai pernah atau tidaknya mereka membaca sebuah cerita, dan cerita apa saja yang pernah mereka baca.
    4. ⁠Sebaiknya menyediakan media belajar yang lebih menarik agar mereka tidak hanya menebak gambar yang ada di papan tulis saja, media menarik lainnya dapat berupa buku cerita, kartu bergambar,dll.

  10. Nama : Lini Pratiwi.
    NIM : 860107886.
    UPBJJ : UT Medan.
    Pokjar : Labusel

    Izin menanggapi video diatas,
    1. Menurut saya proses belajar dalam video tersebut cukup bagus, hanya saja sepertinya guru kurang dalam memberikan semangat dan motivasi kepada siswa sehingga siswa sebagian besar masih tidak konsentrasi dan kurang bersemangat dalam belajar, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya dapat dilakukan dengan game-game kecil yang dapat melatih konsentrasi siswa serta menumbuhkan semangat siswa untuk memahami pelajaran.

    2. Sebaiknya sebelum belajar mengajar dimulai dilakukan dengan berdo’a terlebih dahulu, hal ini dapat melatih siswa untuk selalu mengingat sang pencipta pada saat kapanpun.

    3. Melakukan sapaan kepada siswa, tanya jawab kepada siswa seperti bagaimana kabar mereka, mengenai pernah atau tidaknya mereka membaca sebuah cerita, dan cerita apa saja yang pernah mereka baca.

    4. Sebaiknya menyediakan media belajar yang lebih menarik agar mereka tidak hanya menebak gambar yang ada di papan tulis saja, media menarik lainnya dapat berupa buku cerita, kartu bergambar, dll.

Leave a Reply