Similar Posts
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Nama : Yeyen widyana
Nim : 857015398
Prodi : 118/ PGSD-S1
Upbjj : Bandar Lampung
Pokjar : Sragi
Materi : membaca untuk mendapatkan informasi
1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu siswa tersebut merasa senang dengan inovasi baru dalam belajar yaitu dengan melakukan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas. Sehingga siswa merasa ada suasana belajar baru yang lebih menyenangkan.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Tidak melakukan ice breaking untuk memantapkan memulai pembelajaran
2. Tidak melakukan doa sebelum belajar
3. Tidak adanya absensi
4. Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus di capai siswa
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Menemukan inovasi baru dalam belajar sehingga tidak terkesan membosankan
2. Mengajak siswa berinteraksi tanya jawab dalam kelas
3. Melakukan literasi
4. Membantu siswa menemui informasi dalam bacaan
5. Membimbing siswa untuk mengamati dan menilai siswa yang lain dalam melakukan praktik
6. Menggunakan alat peraga dalam pembelajaran
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
Guru tersebut dapat memberikan contoh bagaimana cara menggunakan alat peraga yang beliau bawa, sehingga memancing siswa untuk mengikuti bagaimana penggunakan alat peraga tersebut yang belum di ketahui siswa sebelumnya.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu bagaimana guru tersebut dapat melakukan kegiatan awal pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif dalam menarik perhatian siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Tahap pembelajaran dari awal sampai akhir harus tersusun rapi sesuai dengan RPP dan tujuan pembelajaran terhadap materi yang akan diajarkan. Dapat dengan mengunakan berbagai macam metode pembelajaran yang saat ini sudah banyak sekali , sehingga mengurangi kejenuhan siswa dalam belajar.
NAMA : ABDUL AZIZ SAFEI
NIM : 857455322
UPBJJ BANDUNG
Menurut pendapat saya setelah Mengamati isi video di GPO ini
Membaca adalah salah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari suatu yang di tulis, karena semakin banyak membaca, maka semakin banya pula informasi yang kita peroleh.
Dari vidio di atas guru memberikan informasi melalui media secara langsung seperti bakiak. Nah yang dimana guru bertanya langsung kepada siswa apa yg di pegang nya dan guru menyuh siswa membaca buku tentang bakiak yang dimana ada di buku tanpa menjelaskan terlebih dahulu.
dan Setelah itu guru menyuruh anak untuk melakukan permainan secara langsung dan cara memain bakiak tersebut.
Setelah melakukan kegiatan hari ini guru memberikan informasi. Pentingnya membaca buku untuk mendapatkan informasi dari mana saja.
terimakasih
Nama : DARNILA
Nim : 856620991
Pokjar : Merangin
Berdasarkan hasil pengamatan penulis terhadap Video yang berjudul”Membaca Untuk Mendapatkan informasi” Disini guru memberikan informasi melalui media secara langsung seperti bakiak. Nah dimana guru bertanya langsung kepada siswa apa yg di pegang nya dan guru menyuh siswa membaca buku tentang bakiak yg ada di buku tanpa menjelaskan terlebih dahulu. Setelah itu guru menyuruh anak untuk melakukan permainan secara langsu dan cara memain kan nya.
Ketika guru mengubah pembelajaran didalam kelas menjadi pembelajaran diluar kelas, siswa bersemangat dalam melakukan pembelajaran, dan ketika guru mengajak praktik siswa pun lebih disiplin, aktif, ceria dan lebih efektif dalam menangkap informasi saat temannya sedang melakukan praktik.
– Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran:
Guru tidak mengucapkan salam di awal proses pembelajaran.
Guru tidak mengajak siswa untuk berdo’a
Guru tidak melakukan absensi untuk mengecek kehadiran siswa.
Guru tidak menanyakan kabar siswa.
Guru tidak mengajak siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengucapkan Pancasila.
Guru tidak menghubungkan pembelajaran kemarin dengan pembelajaran hari ini.
Guru kurang jelas dalam menjelaskan materi pembelajaran.
– Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran:
Guru mengajak siswa untuk belajar diluar kelas
Guru mengajak siswa untuk belajar secara berkelompok
Guru menyebutkan tujuan pembelajaran
Respon guru cepat saat menjawab pertanyaan yang diajukan siswa
Guru mengamati siswa dalam proses pembelajaran
Guru menggunakan alat peraga dalam permainan bakiak
Guru mengajak siswa bermain untuk menghindari kejenuhan
Guru dalam penyampaian materi menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga mudah dipahami oleh siswa.
– Hal unik yang terdapat pada video pembelajaran:
Pembelajaran yang dilakukan oleh guru cukup menarik dengan mengajak anak bermain bersama di luar kelas untuk memudahkan mereka dalam mendapatkan informasi.
Guru mempraktekkan permainan sebelum siswa bermain.
Nama: Fathia Akmala silva
Kelas: 8 a pgsd akpmm
Nim:857117999
Setelah saya mengamati dan merangkum apa yang ada didalam vidio tersebut,terdapat beberapa kelebihan dan kelemahannya
Diantara nya: kelebihanan:
1.guru mengajak siswa nya membaca/literasi terlebih dahulu sebelum melaksanakan pembelajaran di luar kelas
2. Siswa menjadi senang karena belajar di luar kelas
3. Membantu siswa dalam mencari informasi dari bacaan yaitu dengan cara mengamati secara langsung dengan melakukan praktik anak menjadi mengetahui hal yang baru
4.guru membimbing siswanya untuk menilai temen sekelasnya
5. Siswa menjadi memiliki teman kelompok dan dapat menilai kelompok lain
Kelemahannya:
1. Guru tidak mengucapkan salam
2. Guru tidak mengajak siswa nya berdoa
3.guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
4.guru tidak menanyakan kabar siswanya
5. Mungkin sebagian siswa ketika belajar di luar kelas,menjadi gaduh yang akan berujung belajarnya menjadi tidak efektif
Nama : Albertha Lidwinda Luro Keraf
NIM : 859277472
UPBJJ UT KUPANG
1. Hasil analisis saya terhadap video pembelajaran yang ada di menu laboratorium pembelajaran pada portal gurupintar.ut.ac.id, yang berjudul Membaca untuk Mendapatkan Informasi adalah sebagai berikut :
– Tujuan Pembelajaran
Video ini bertujuan membantu siswa mengembangkan keterampilan membaca untuk menemukan informasi penting dalam teks.
– Penyajian Materi
Materi disajikan dengan menggunakan contoh teks yang relevan dan mudah dipahami. Video juga menjelaskan konsep dengan jelas dan terstruktur.
– Teknik Membaca
Video memperkenalkan teknik membaca seperti skimming dan scanning, menjelaskan cara dan kapan menggunakan teknik-teknik ini.
– Penggunaan Media
Video menggunakan alat bantu visual seperti slide dan grafik yang mendukung penjelasan, menggunakan informasi lebih mudah dipahami
– Interaksi dengan penonton
Video melibatkan penonton melalui pertanyaan dan latihan, sehingga mereka bisa mencoba teknik membaca yang diajarkan
– Penilaian dan Umpan balik
Video memberikan latihan kecil atau kuis diakhir untuk menilai pemahaman penonton dan memberikan umpan balik konstruktif
– Kesimpulan
Video merangkum poin-poin utama dan memberikan arahan lebih lanjut atau sumber tambahan bagi penonton yang ingin memperdalam pemahaman mereka.
Nama : Rini Apriyanti
NIM : 857780268
Prodi : PGSD
Setelah melihat dan mengamati tentang video pembelajaran tersebut. Guru memberikan materi dengan tema membaca menggunakan alat peraga yaitu bakiak. Guru memberikan pertanyaan pemantik kepada siswa dan siswa dapat menjawab dengan baik.
Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi terlebih dahulu, lalu guru memanfaatkan lingkungan sekolah untuk pembelajaran diluar kelas. Hal ini membuat siswa antusias mengikuti pelajaran.
Dalam pembelajaran ini guru tidak hanya memberikan materi melalui ceramah namun dengan praktek langsung tentang cara menggunakan alat peraga tersebut. Disini siswa dapat melihat langsung kegunaan alat peraga setelah siswa selesai membaca, sehingga tujuan untuk mendapatkan informasi dari hasil bacaan tercapai.
Nama : Annisa Yuliana Balinda
NIM : 877839919
UPBJJ : Bandung
Assalaamu’alaykum warrahmatullahi wabaarakatuh. Perkenalkan Saya Annisa Yuliana Balinda, akan mendiskusikan video yang telah saya analisis adalah video yang berjudul : “Membaca untuk mendapatkan informasi”. Seri Pembelajaran SD- Pelajaran Bahasa Indonesia.
Dalam video yang saya tonton, seorang guru akan mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang wacana yaitu perlombaan permainan bakiak. Sebelum mengajar di kelas, guru tersebut tidak melakukan kegiatan pembuka seperti meminta anak memimpin berdoa, tidak melakukan absensi dan juga tidak menanyakan kabar sehingga tidak tahu mengenai keadaan peserta didik pada saat itu.
Saat kegiatan apersepsi, guru tersebut sudah baik dengan cara memberikan pertanyaan ke Peserta didik, “apakah bakiak itu”?, dan juga memberikan contohnya.
Tetapi untuk mendapatkan informasinya, guru tidak memberikan rangsangan/umpan balik. Peserta didik hanya disuruh membaca wacana yang ada di halaman 45. Sehingga guru tidak mengetahui apakah peserta didik sudah memahami wacana yang dibacanya atau belum. Dan apakah peserta didik sudah bisa mendapatkan informasi yang cukup jelas atau belum terhadap wacana yang dibacanya. Jadi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut, tidak menggairahkan siswa.
Untuk mengatasi proses pembelajaran yang tidak menggairahkan, guru bisa mengadakan variasi pembelajaran misalnya dengan mengajak peserta didik belajar di luar kelas. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan topik pembelajaran, dan juga dipersiapkan guru dengan matang agar jelas manfaat dan tujuannya.
Sebelumya, peserta didik diperintahkan untuk membaca terlebih dahulu materi apa yang akan diajarkan. Pada video ini, buku halaman 45 selama 10 menit. Setelah itu membagikan kelompok terdiri dari 2-3 orang per kelompok. Kemudian untuk menjawab pertanyaan mengenai materi yang diajarkan, tentang “Bakiak” dan menjawab pertanyaannya, peserta didik diajak untuk belajar di luar kelas, dengan cara bermain di halaman sekolah dan tidak lupa membawa buku catatan.
Kelebihan bermain di luar kelas:
1. Peserta didik bisa merasakan langsung pengalaman mencoba bakiak diluar kelas bukan hanya melalui teks bacaan saja.
2. Menumbuhkan gairah sehingga semangat belajar peserta didik meningkat.
3. Bisa melihat kesalahan yang dilakukan dalam permainan bakiak
4. Anak-anak bisa menggali informasi dan menerapkan bacaannya dengan pengalaman mencoba langsung.
5. Membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.
Kebosanan dalam pembelajaran sering menimbulkan ketidak tertarikan pembelajaran. Maka variasi pembelajaran di luar kelas, yang diciptakan oleh guru adalah solusinya.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama : Sayudi
NIM : 859876892
Pokjar : Simalungun
Membahas Video GPO Pembelajaran Bahasa Indonesia Mengenai Materi “Membaca untuk Mendapatkan Informasi”
Menurut Pendapat saya bahwa pada awal sebelum memulai pembelajaran harus memulainya dengan mengucapkan Salam, Membaca Doa, dan mengabsen peserta didik terlebih dahulu, kemudian literasi membahas pembelajaran yg telah dilakukan pada hari sebelumnya. kemudian Melakukan Refleksi pembelajaran yang telah dilakukan dan menutup pembelajaran dengan memberikan tugas / PR, serta membaca doa ketika pembelajaran selesai dilakukan.
Nama : Yetty Permata
Nim : 878212036
UPBJJ : Palembang
Assalamualaikum Wr. Wb
Setelah saya memperhatikan video mengajar tersebut, ada beberapa hal yang kurang saat berjalannya pembelajaran, contohnya seperti tidak adanya membaca doa bersama sebelum memulai peajaran, idak adanya absensi untuk mengetahui kehadiran siswa.
Tapi ada yg menarik saat pembelajaran yaitu adanya alat peraga yaitu bakiak sehingga siswa sangat bersemangat dan aktif dalam belajar. Guru juga mengajak siswa belajar diluar sehingga siswa tidak bosan, dan respon gurunya juga baik saat menanggapi siswa bertanya.