Similar Posts
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Nama : Musyarofah
Nim : 858989995
Dari pengamatan saya terhadap video https://gurupintar.ut.ac.id/membaca-untuk-mendapatkan-informasi, yaitu :
Siswa sangat antusias dalam belajar tetapi masih ada beberapa siswa yang kurang fokus dalam belajar.
Dalam pembelajaran tersebut ada kelemahan dan kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu:
a) Beberapa kelemahan dalam proses pembelajaran tersebut adalah:
b) Guru belum mengucapkan salam pembuka.
c) Guru belum memeriksa kehadiran siswa, sehingga tidak terlihat berapa siswa yang hadir dan tidak hadir.
d) Guru belum memberikan motivasi semangat belajar siswa
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu :
a) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b) Guru menggunakan media pembelajaran saat pembelajaran
c) Guru melakukan inovasi pembelajaran dengan bermain sambil belajar sehingga siswa tidak bosan saat belajar.
Yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran setelah melihat tayangan vidio tersebut adalah
a) Guru harus melakukan apersepsi pada kegiatan awal pembelajaran yaitu, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional dan memeriksa absen siswa.
b) Guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.
c) Guru bertanya apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan
d) Guru harus melakukan evaluasi pembelajaran
e) Guru menutup pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa
f) Guru membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif
Nurjannah
857002391
UPBJJ Bandar Lampung
Dalam video pembelajaran ‘Membaca Untuk Mendapatkan Informasi’ menunjukkan beberapa masalah yaitu guru tidak memberikan insentif, tugas rumah atau evaluasi kepada siswa, dan siswa lebih fokus pada alat peraga dari pada materi bacaan.
ini disebabkan oleh kurangnya perhatian guru pada evaluasi dan motivasi. selain itu guru tidak merencanakan tugas dan evaluasi sejak awal.
ketiadaan evaluasi hasil belajar adalah masalah yang dipilih, karena evaluasi sangat penting untuk mengukur bagaimana siswa memahami materi dan memperbaiki proses pembelajaran.
solusinya adalah memasukkan evaluasi di akhir kelas, memberikan tugas rumah dan menekankan betapa pentingnya memahami isi bacaan.
fokus masalah adalah bagaimana evaluasi sistematis dapat meningkatkan hasil pembelajaran membaca?
tujuan perbaikan adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa, meningkatkan metrik pencapaian belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran membaca.
kelebihan dari video :
1. guru menggunakan alat peraga (bakiak) untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton.
2. memberikan suasana baru yang menyegarkan bagi siswa, sehingga mengurangi kejenuhan belajar di dalam kelas.
3. siswa aktif bertanya, membaca, mengikuti perintah guru.
4. menghidupkan kembali permainan tradisional sebagai begian dari media pembelajaran.
kelemahan video:
1. guru tidak melakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran.
2. tidak ada tugas lenjutan membuat siswa kehilangan kesempatan memperdalam materi di rumah.
3. siswa lebih tertarik dengan alat peraga dari pada memahami isi bacaan yang sebenarnya menjadi tujuan utama.
YULIANI MA’RUPI
859821907
UPBJJ KENDARI
Di video pembelajran, guru menyampaikan informasi tentang lomba bakiak sebagai materi pembelajaran. Metode ceramah masih kurang efektif untuk materi wacana Bahasa Indonesia. Namun ,guru menyampaikan tujuan pembelajaran, mengajak peserta didik membentuk kelompok, dan melakukan kegiatan belajar di luar kelas dengan mempraktikkan cara bermain bakiak secara langsung.
4. kelemahan pembelajaran dalam Video :
a. Guru tidak melakukan berdoa dan mengecek absen peserta didik
b. Penjelasan materi kepada siswa mengenai topik yang sedang dipelajari kurang mendalam .
c. Tidak terlihat diskusi saat dibagi kelompok
d. Ekspresi wajah dan tubuh guru terlihat monoton dan kurang hidup.
5. Kelebihan Pembelajaran Video :
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Guru memilih dan menerapkan model pembelajaran berbasi kelompok, Dimana peserta didik akan bekerja sama dan berinteraksi dan menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah.
c. Lokasi pembelajaran di lingkungan sekitar sekolah.
6. hal unik yang terdapat dalam pembelajaran :
Keunikan dalam pembelajaran video ini terletak pada cara guru melaksanakan kegiatan belajar yang sedikit berbeda dari biasanya. Dalam video ini, guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas atau di lingkungan sekolah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga mereka menjadi lebih bersemangat dan tidak sabar menantikan kegiatan belajar berikutnya.
7. rencana pembelajaran yang akan dilakukan
Pertama, guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil. Kemudian, setiap kelompok akan diminta untuk mendiskusikan satu topik mengenai wacana yang sedang dipelajari. Setelah proses diskusi selesai, setiap kelompok akan diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan teman-teman sekelas. Tujuannya adalah agar hasil diskusi tersebut dapat ditanggapi dan diberikan masukan oleh siswa lain.
YULIANI MA’RUPI
859821907
UPBJJ KENDARI
Di video pembelajran, guru menyampaikan informasi tentang lomba bakiak sebagai materi pembelajaran. Metode ceramah masih kurang efektif untuk materi wacana Bahasa Indonesia. Namun ,guru menyampaikan tujuan pembelajaran, mengajak peserta didik membentuk kelompok, dan melakukan kegiatan belajar di luar kelas dengan mempraktikkan cara bermain bakiak secara langsung.
kelemahan pembelajaran dalam Video :
a. Guru tidak melakukan berdoa dan mengecek absen peserta didik
b. Penjelasan materi kepada siswa mengenai topik yang sedang dipelajari kurang mendalam .
c. Tidak terlihat diskusi saat dibagi kelompok
d. Ekspresi wajah dan tubuh guru terlihat monoton dan kurang hidup.
Kelebihan Pembelajaran Video :
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Guru memilih dan menerapkan model pembelajaran berbasi kelompok, Dimana peserta didik akan bekerja sama dan berinteraksi dan menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah.
c. Lokasi pembelajaran di lingkungan sekitar sekolah.
Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran :
Keunikan dalam pembelajaran video ini terletak pada cara guru melaksanakan kegiatan belajar yang sedikit berbeda dari biasanya. Dalam video ini, guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas atau di lingkungan sekolah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga mereka menjadi lebih bersemangat dan tidak sabar menantikan kegiatan belajar berikutnya. 7. rencana pembelajaran yang akan dilakukan Pertama, guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil. Kemudian, setiap kelompok akan diminta untuk mendiskusikan satu topik mengenai wacana yang sedang dipelajari. Setelah proses diskusi selesai, setiap kelompok akan diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan teman-teman sekelas. Tujuannya adalah agar hasil diskusi tersebut dapat ditanggapi dan diberikan masukan oleh siswa lain.
Nama : Inge Dwisasti
NIM : 856022899
kelebihan dari video :
1. guru menggunakan alat peraga (bakiak) untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton.
2. memberikan suasana baru yang menyegarkan bagi siswa, sehingga mengurangi kejenuhan belajar di dalam kelas.
3. siswa aktif bertanya, membaca, mengikuti perintah guru.
4. menghidupkan kembali permainan tradisional sebagai begian dari media pembelajaran.
kelemahan video:
1. guru tidak melakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran.
2. tidak ada tugas lenjutan membuat siswa kehilangan kesempatan memperdalam materi di rumah.
3. siswa lebih tertarik dengan alat peraga dari pada memahami isi bacaan yang sebenarnya menjadi tujuan utama.