Similar Posts
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Nama : Musyarofah
Nim : 858989995
Dari pengamatan saya terhadap video https://gurupintar.ut.ac.id/membaca-untuk-mendapatkan-informasi, yaitu :
Siswa sangat antusias dalam belajar tetapi masih ada beberapa siswa yang kurang fokus dalam belajar.
Dalam pembelajaran tersebut ada kelemahan dan kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu:
a) Beberapa kelemahan dalam proses pembelajaran tersebut adalah:
b) Guru belum mengucapkan salam pembuka.
c) Guru belum memeriksa kehadiran siswa, sehingga tidak terlihat berapa siswa yang hadir dan tidak hadir.
d) Guru belum memberikan motivasi semangat belajar siswa
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu :
a) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b) Guru menggunakan media pembelajaran saat pembelajaran
c) Guru melakukan inovasi pembelajaran dengan bermain sambil belajar sehingga siswa tidak bosan saat belajar.
Yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran setelah melihat tayangan vidio tersebut adalah
a) Guru harus melakukan apersepsi pada kegiatan awal pembelajaran yaitu, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional dan memeriksa absen siswa.
b) Guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.
c) Guru bertanya apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan
d) Guru harus melakukan evaluasi pembelajaran
e) Guru menutup pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa
f) Guru membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif
Nurjannah
857002391
UPBJJ Bandar Lampung
Dalam video pembelajaran ‘Membaca Untuk Mendapatkan Informasi’ menunjukkan beberapa masalah yaitu guru tidak memberikan insentif, tugas rumah atau evaluasi kepada siswa, dan siswa lebih fokus pada alat peraga dari pada materi bacaan.
ini disebabkan oleh kurangnya perhatian guru pada evaluasi dan motivasi. selain itu guru tidak merencanakan tugas dan evaluasi sejak awal.
ketiadaan evaluasi hasil belajar adalah masalah yang dipilih, karena evaluasi sangat penting untuk mengukur bagaimana siswa memahami materi dan memperbaiki proses pembelajaran.
solusinya adalah memasukkan evaluasi di akhir kelas, memberikan tugas rumah dan menekankan betapa pentingnya memahami isi bacaan.
fokus masalah adalah bagaimana evaluasi sistematis dapat meningkatkan hasil pembelajaran membaca?
tujuan perbaikan adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa, meningkatkan metrik pencapaian belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran membaca.
kelebihan dari video :
1. guru menggunakan alat peraga (bakiak) untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton.
2. memberikan suasana baru yang menyegarkan bagi siswa, sehingga mengurangi kejenuhan belajar di dalam kelas.
3. siswa aktif bertanya, membaca, mengikuti perintah guru.
4. menghidupkan kembali permainan tradisional sebagai begian dari media pembelajaran.
kelemahan video:
1. guru tidak melakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran.
2. tidak ada tugas lenjutan membuat siswa kehilangan kesempatan memperdalam materi di rumah.
3. siswa lebih tertarik dengan alat peraga dari pada memahami isi bacaan yang sebenarnya menjadi tujuan utama.