silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar, kemudian membagi kelas menjadi beberapa kelompok siswa, meminta masing-masing kelompok untuk mengamati objek yang diminati dan guru memberikan bimbingan mereka agar bisa membagi informasi dengan kelompok lain.

Rusdianto

Dalam tampilan video sesi awal  materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Dalam tampilan tersebut guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga mengakibatkan siswa kelihatan tidak berminat terhadap pembelajaran, mengantuk, tidak semangat dan acuh tak acuh terhadap pembelajaran guru. Dalam sesi perbaikan materi pembelajarannya adalah mengukur, terlihat guru sudah membangun interaksi dengan siswa, tanya jawab, pemberian tugas, anak mencoba mengukur bidang yang ada di sekitar. Hanya kekurangannya adalah cara mengukur setelah menggunakan jaritangan, sebaiknya dilanjutkan dengan ukuran yang standar, misalnya menggunakan penggaris atau meteran.

Komentar secara Umum: Dalam tampilan video sesi lanjut terlihat bahwa suasana belajar ai dalam kelas tampak hidup siswa semangat mengikuti pembelajaran.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Masih tetap teacher center dan sudah mulai menggunakan kegiatan aplikatif yang berkaitan dengan tema materi.
  2. Sudah cukup sesuai untuk peserta didik.
  3. Sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Pakar Dosen
Pakar Guru

Similar Posts

1,502 Comments

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Saya Mahasiswa bernama Nurul Janah Intan Permatasari dengan NIM : 857164887
    Izin menanggapi video pembelajaran ini
    Dengan menonton video ini kita sebagai guru dapat menambah wawasan untuk bisa membuat suasana pembelajaran menjadi kondusif aktif interaktif dan kreatif. Dengan memberikan solusi yang dapat membuat pembelajaran menjadi kondusif dan menyenangkan.

    Akan tetapi sebagai seorang guru juga perlu membuat refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan, agar guru dapat mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan dan meningkatkan kemampuan pembelajaran selanjutnya.

  2. Nama: Khairunnisa
    Nim : 858081178
    *Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang di lakukan oleh guru adalah mereka di bagi dalam beberapa kelompok, dan di tugas kan untuk mengukur benda yang ada di sekitar dengan penggaris atau jengkal. Pendekatan pada lingkungan siswa, menggunakan benda-benda konkret membuat siswa tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran sampai selesai
    *Setelah saya melihat video tersebut bahwa kelemahannya adalah:
    a.guru terlalu monoton saat melakukan pembelajaran
    b. Guru tidak memberikan apresiasi dan menanyakan kesiapan siswa sebelum melakukan pembelajaran
    c. Suasana kelas tidak kondusif
    *Setelah saya melihat video tersebut, bahwa kelebihan nya adalah guru tersebut menggunakan metode diskusi yang mana lebih cenderung siswa aktif dalam pembelajaran dan di anggap siswa menarik dalam melakukan pembelajaran
    *Hal unik yang terdapat dalam video tersebut adalah divideo tersebut Langsung di berikan cuplikan yang mana video tersebut memberikan solusi permasalahan saat pembelajaran berlangsung
    *Upaya yang dapat diusulkan adalah
    a.sebelum memulai pelajaran ada baik nya guru mengajak siswa untuk berdoa
    b. Guru sebaik nya melakukan apresiasi dan menanyakan Persiapan siswa sebelum memulai pembelajaran

  3. Assalamualaikum saya izin menjawab menyampaikan pendapat saya

    Analisis Video : Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
    Nama : Muhammad Naufal Dwika
    NIM : 857137113
    UPBJJ : Jakarta

    Dari video yang sudah saya tonton menurut pendapat saya guru harus menciptakan suasana belajar yang kreatif dan inovatif dengan cara membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kemudian membimbing peserta didik untuk bercerita kepada teman sekelompoknya dan memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengekplorasikan benda-benda di sekitarnya sehingga mendorong terbentuknyamotivasi belajar yang tinggi dalam pembelajaran yang mengasyikkan tersebut. Kemudian,usulan saya yaitu guru diharapkan sebisa mungkin menghindari suasana yang tegang. Jikaingin menanyakan sesuatu kepada siswa hendaknya guru memperhatikan kesiapan siswadalam belajar dan tidak memarahi siswa serta kondisi kelas yang belum tertib menjadi pertimbangan guru. Sebaiknya guru menggunakan cara apersepsi yang lebih tepat sepertimenunjukkan beberapa benda yang erat kaitannya dengan materi. Kemudian, guru harusmembiasakan memulai pembelajaran dengan memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya materi belajar yang akan dipelajari dan kaitannya dengan lingkungan sekitarnya

  4. Nama : Rahmawati Nortriana
    NIM : 858021133

    Pada video yang disampaikan tersebut, disimpulkan bahwa pada saat menyampaiakn materi seorang guru perlu untuk memperhatikan kondisi dan keadaan siswa. Seorang guru perlu untuk melakukan terobosan dan kreatifitas seperti mengajarkan praktek langsung sehingga murid-murid berinteraksi dan berkontribusi langsung dalam proses belajar mngajar. Perlu diperhatikan, saat ini anak akan lebih tertarik jika proses belajar itu melalui metode praktik bukan hanya dari membaca namun variasi guru menyampaiakn materi. Terimakasih

  5. Dari video yang berjudul Membangun Suasana Aktif, Interaktif, Dan menyenangkan yang saya amati adalah
    terlihat di awal pembelajaran guru langsung memberikan soal tanpa memperhatikan apakah kelasnya sudah kondusif atau belum. karena ada beberapa siswa masih terlihat ada anak yang tidur,mengobrol . Guru juga belum melakukan apersepsi dan motivasi apa pentingnya mempelajari materi tersebut, dan apa kaitannya dengan kehidupan sehari-hari yang dapat memunculkan aktivitas siswa yang lebih interaktif dan kegiatan pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru juga masih menggunakan cara yang konvensional dalam menjelaskan materi walaupun pada perbaikan pembelajaran guru tersebut membentuk kelompok kecil sehingga siswa sudah mulai aktif pada kelompoknya. Solusi untuk memperbaiki masalah tersebut guru dapat menggunakan metode ataupun model pembelajaran yang bervariasi yang sesuai dengan perkembangan zaman dan keadaan siswa pada masing-masing sekolah sehingga aktivitas belajar siswa meningkat dan pada akhirnya hasil belajar siswa juga meningkat, Guru dapat menumbuhkan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Matematika.

  6. Assalamualaikum.
    Nama : M.Rezki Awalludin
    Nim :856827014
    Salut. :Rejang Lebong
    Upbjj. : Bengkulu

    Jawab
    Kelebihan dari pidio di atas
    1.Penyampaian Materi Jelas dan Teratur
    Penjelasan di videonya runtut banget, mulai dari tujuan pembelajaran sampai ke contoh aktivitas. Jadi gampang banget buat ngikutin dan ngerti.

    2.Visual dan Suara Mendukung
    Tampilan di video cukup informatif, audionya juga jelas. Nggak bikin pusing atau ngantuk pas nonton.

    3.Contoh Langsung dari Dunia SD
    Video ini ngasih contoh kegiatan yang pas banget buat anak SD, seperti main bareng, diskusi kelompok, dan ice breaking. Praktis dan bisa langsung dipakai guru di kelas.

    4.Bikin Suasana Belajar Jadi Asik
    Videonya juga ngajak guru bikin suasana belajar yang aktif, seru, dan interaktif. Ini penting banget biar anak-anak semangat belajar.

    5.Bahasanya Ringan dan Gampang Dimengerti
    Bahasa yang dipakai santai dan nggak ribet, cocok buat semua guru, mau dari latar belakang apa pun.

    Kekurangan dari pidio di atas
    1.Visual Kurang Variatif
    Videonya kebanyakan cuma pakai slide dan narasi aja, jarang banget nampilin cuplikan kegiatan nyata di kelas. Padahal kalau ada footage langsung, pasti bakal lebih menarik dan hidup.

    2.Kurang Interaktif
    Topiknya sih tentang pembelajaran interaktif, tapi videonya sendiri kurang ngajak penonton buat ikut mikir. Nggak ada pertanyaan, nggak ada ajakan mikir sejenak—jadinya agak pasif.

    3.Nggak Ada Ringkasan di Akhir
    Pas videonya selesai, langsung berakhir gitu aja tanpa ada kesimpulan atau rangkuman. Sayang banget, soalnya jadi nggak terlalu nempel di kepala poin-poin pentingnya.

    4.Penyampaian Kurang Bervariasi
    Cara ngomongnya agak datar di beberapa bagian. Kalau suaranya lebih bervariasi atau intonasinya lebih dinamis, mungkin penonton bisa lebih fokus dan nggak cepat bosan.

  7. Nama : Annisa Fitri
    Nim. 859870845
    Pokjar : binjai

    setelah melihat video diatas:
    menurut saya,ketika kita ingin mengajar suatu mater i pembelajaran kepada anak kita harus terlebih dahulu,membuka awal pembelajaran atau melakukan kehiatan pendahuluan terlebih dahulu.misalnya dengan memberikan salam/menyapa siswa dengan senyuman,kemudian ajak para siswa untuk berdo’a terlebih dahulu agar suasana pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
    selain itu,berdasarkan video diatas juga kita sebagai guru harus mampu mengelola kelas dengan baik,alangkah baiknya kita sebagai guru memberikan semangat atau memberikan ice breaking agar mereka lebih semangat dan senang mengikuti suatu pembelajaran yang akan kita bawakan.memberikan motivasi berupa ice breaking merupakan hal yang penting kita lakukan sebagai guru karena dengan hal itu pasti akan membuat para siswa untuk antusias dan juga fokus kepada gurunya dan siswa juga akan tidak mudah bosan dan ngantuk.
    kemudian, berdasarkan video diatas jika kita ingin menjelaskan suatu pembelajaran kepada siswa,hal yang ada di video menurut saya kurang tepat.
    karena di dalam video tersebut guru tidak menggunakan menggunakan metode pembelajaran yang diharapkan.didalam video tersebut guru hanya menjelaskan kepada siswa dengan menerapkan metode ceramah saja tanpa menggunakan alat peraga. menurut saya,dengan kita menjelaskan suatu materi pembelajaran kepada siswa kita sebagai guru kita perlu menjelaskannya dengan menggunakan suatu alat veraga atau media yang menarik,karena dengan Menggunakan alat peraga dalam mengajar memberikan banyak keuntungan, antara lain meningkatkan pemahaman siswa, membuat pembelajaran lebih menarik, dan membantu siswa mengingat informasi lebih lama. selain itu juga Alat peraga juga bisa membantu guru untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka.
    kita pun sebagai guru akan mendapat kan suatu keuntungan jikalau menggunakan alat veraga ketika sedang menjelaskan kepada siswa contohnya seperti Alat peraga membantu memvisualisasikan konsep abstrak sehingga siswa lebih mudah memahami materi pelajaran. Misalnya, menggunakan model anatomi tubuh untuk menjelaskan sistem organ manusia. kemudian,Alat peraga dapat menggugah minat siswa dan membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Ini dapat membantu mengurangi kebosanan dan meningkatkan motivasi belajar.

  8. Nama : Miftahul jannah
    Nim : 859504001
    Setelah menonton video tersebut dapat disimpulkan kelemahannya
    -guru tidak membiasakan siswa untuk berdoa
    -guru tidak membiasakan menyanyikan lagu nasional
    -guru tidak membiasakan ice breaking terlebih dahulu
    -guru tidak memberikan apresiasi
    -guru tidak menanyakan siswa sebelum melakukan pelajaran
    -guru terlalu monoton sehingga siswa jadi bermalas-malasan.
    Saya lebih setuju dengan video yang selanjutnya guru tersebut menggunakan metode diskusi yang mana lebih cenderung siswa aktif dalam pembelajaran dan dianggap siswa menarik dalam melakukan pembelajaran, sehingga tidak ada siswa yang mengantuk, semua ikut bekerja sama dalam menjalankan tugas yang diberikan guru, bahkan ada siswa yang menunjukkan inisiatif sendiri untuk melakukan tugas lainnya yang berkaitan dengan pelajaran tersebut. dari video tadi bisa diambil kesimpulan bahwa seorang guru haruslah menggunakan metode pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik bagi peserta didik sehingga peserta didik merasa tidak bosan dengan metode yang diajarkan oleh guru, semua peserta didik bisa ikut aktif dalam pembelajaran bahkan bisa mengembangkan inisiatif pada diri mereka masing-masing.

  9. NAMA : ANNISA FITRI
    NIM : 859870845
    POKJAR : BINJAI

    setelah melihat video diatas:
    menurut saya,ketika kita ingin mengajar suatu mater i pembelajaran kepada anak kita harus terlebih dahulu,membuka awal pembelajaran atau melakukan kehiatan pendahuluan terlebih dahulu.misalnya dengan memberikan salam/menyapa siswa dengan senyuman,kemudian ajak para siswa untuk berdo’a terlebih dahulu agar suasana pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
    selain itu,berdasarkan video diatas juga kita sebagai guru harus mampu mengelola kelas dengan baik,alangkah baiknya kita sebagai guru memberikan semangat atau memberikan ice breaking agar mereka lebih semangat dan senang mengikuti suatu pembelajaran yang akan kita bawakan.memberikan motivasi berupa ice breaking merupakan hal yang penting kita lakukan sebagai guru karena dengan hal itu pasti akan membuat para siswa untuk antusias dan juga fokus kepada gurunya dan siswa juga akan tidak mudah bosan dan ngantuk.
    kemudian, berdasarkan video diatas jika kita ingin menjelaskan suatu pembelajaran kepada siswa,hal yang ada di video menurut saya kurang tepat.
    karena di dalam video tersebut guru tidak menggunakan menggunakan metode pembelajaran yang diharapkan.didalam video tersebut guru hanya menjelaskan kepada siswa dengan menerapkan metode ceramah saja tanpa menggunakan alat peraga. menurut saya,dengan kita menjelaskan suatu materi pembelajaran kepada siswa kita sebagai guru kita perlu menjelaskannya dengan menggunakan suatu alat veraga atau media yang menarik,karena dengan Menggunakan alat peraga dalam mengajar memberikan banyak keuntungan, antara lain meningkatkan pemahaman siswa, membuat pembelajaran lebih menarik, dan membantu siswa mengingat informasi lebih lama. selain itu juga Alat peraga juga bisa membantu guru untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka.

  10. Nama: Siti Sa’adah
    NIM: 857503717
    UPBJJ: Bandung
    Pokjar: Majalengka

    Setelah menyimak video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konsentrasi belajar adalah:
    1. Kurang variasinya cara mengajar guru dari mulai model, metode, teknik, media, dll
    2. Pembelajaran terlalu berpusat pada guru, sehingga keterlibatan peserta didik terbatas
    Sehingga solusi yang dijelaskan menurut saya sudah tepat, dengan membagi kelompok siswa dalam beberapa kelompok akan menjadikan siswa aktif belajar dengan menjalankan tugasnya masing-masing. Selain itu siswa dapat mengeksplor apa yang ada disekitarnya, menjadikan pembelajaran tidak membosankan karena siswa bisa dapat belajar dengan bebas. Dibandingkan dengan hanya teori yang dijelaskan contohnya 4 + 4 = 8, pembelajaran yang lebih kontekstual akan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Kemudian dari segi menegur siswa terutama siswa kelas 1 hendaknya tidak dilakukan demikian, guru bisa mengadakan ice breaking atau jeda pembelajaran.

Leave a Reply