silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

107 Comments

  1. Nama : Murniwati Waruwu
    Nim : 859886435
    Prodi : S-1 PGSD
    Upbjj : Medan

    Setelah saya menonton dan menyimak video pembelajaran ini pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan topik “Memerankan tokoh berdasarkan teks”, maka saya memberi tanggapan yakni :
    1. Dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran, menurut saya sudah bagus demikian juga bagaimana cara ibu guru memberikan contoh alat permainan bakiak seperti apa sih, dengan diberikan contoh secara nyata maka anak-anak tidak bingung. Dan juga dipraktekkan langsung oleh ibu guru dan dua orang siswanya. Bagaimana cara menggunakan alat permainan bakiak.

    2. Bu guru juga menjelaskan tugas masing-masing pemain bakiak, ada yang berperan sebagai pemimpin regu yang diposisikan paling depan dan dua orang lainnya berada dibelakang ketua regu.

    3. Dalam permainan bakiak ini juga diajarkan bagaimana kekompakan terjalin antar sesama anggota sehingga permainan bakiak dapat dilakukan dengan seseru mungkin. Tentunya dengan langkah kaki yang bersamaan maka permainan bakiak dapat dimainkan.

    3. Permainan ini juga merupakan permainan tradisional yang banyak di minati baik itu dari anak-anak, remaja bahkan orangtua, tentunya permainan ini akan tetap dilestarikan walaupun pada era perkembangan teknologi saat ini banyak contoh permainan yang dilakukan secara modern.
    Kekurangan dari video ini menurut saya tidak ada jadi sudah cukup baik.

    Demikian saja tanggapan saya pada video pembelajaran ini. Terima kasih

  2. Nama : Anita Humayroh
    NM : 857138115

    Hasil analisis video :
    Pembelajaran Bahasa Indonesia tidak hanya terbatas pada membaca dan menulis, tetapi juga melibatkan kegiatan ekspresif seperti memerankan tokoh berdasarkan teks. Salah satu cara menarik untuk mengembangkan keterampilan berbicara, memahami watak tokoh, dan membangun kerja sama antarsiswa adalah melalui kegiatan bermain peran (role play).
    Dalam kegiatan ini, siswa diberi teks naratif atau dialog yang mengangkat tema “Bermain Bakiak”. Teks tersebut menggambarkan suasana permainan tradisional yang melibatkan kerja sama dan semangat sportivitas. Sebelum praktik, siswa melakukan diskusi kelompok untuk memahami isi teks, karakter tokoh, alur cerita, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya seperti kebersamaan, gotong royong, dan kekompakan.
    Setelah diskusi, siswa memerankan tokoh dari teks tersebut secara langsung, baik di dalam kelas maupun di luar ruangan. Untuk memperkuat makna, kegiatan dilanjutkan dengan praktik langsung bermain bakiak, sehingga siswa tidak hanya memahami isi teks secara teoritis, tetapi juga merasakan pengalaman nyata dari permainan tersebut.
    Kegiatan ini mendorong siswa untuk:
    1. Mengembangkan pemahaman terhadap karakter tokoh dalam teks.
    2. Menyampaikan dialog dengan intonasi dan ekspresi yang sesuai.
    3. Melatih kerja sama dan komunikasi melalui permainan bakiak.
    4. Menghubungkan isi teks dengan pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari.

    Dengan menggabungkan diskusi dan praktik langsung, pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi lebih menyenangkan, bermakna, dan kontekstual.

  3. NAMA : RANDA NURPRIDA SIMBOLON
    NIM : 856056939
    POKJAR : DAIRI

    setelah saya mengamati video, cara penyampaian materi yang dilakukan oleh guru sangat baik. Video ini memperlihatkan metode pengajaran yang lebih interaktif. Guru menggunakan metode diskusi yang berhasil melibatkan semua siswa dalam proses belajar mengajar. Hal ini menciptakan suasana kelas yang lebih dinamis dan membuat siswa lebih fokus, yang menunjukkan bahwa guru mampu menguasai kelas dengan baik.

  4. setelah saya menonton vidio pembelajaran ” memerankan tokoh berdasarkan teks, ” guru berhasil menciptakan suasana kelas yang kondusif,dengan siswa yang antusias dan aktif dalam menjawab serta bermain bakiak dan dari vidio ini bisa menjadi motivasi bagi saya untuk mengajar di kelas
    1 kelebihan:
    – media yang digunakan guru sangat tepat dan kreatif untuk memancing semangat belajar siswa
    – metode yang di gunakan sudah tepat tidak hanya berpusat pada guru saja namun siswa terlibat aktif baik individu maupun kelompok
    – Respon siswa terhadap pembelajaran juga cukup bagus karena pembelajaran diselingi dengan permainan
    2 kelemahan:
    – pada kegiatan pembukaan guru tidak berdoa
    – Guru tidak mengecek kehadiran siswa
    – Guru tidak menanyakan kabar siswa pada saat itu
    – Guru tidak memberikan tanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari sebelumnya
    – Tidak ada kegiatan penutup pembelajaran

  5. Nama : Ufairoh Afifatul Butsainah
    Nim: 857730629
    Prodi: S1 PGSD Semester 8

    Refleksi terhadap penerapan pembelajaran yang terdapat pada video adalah sebagai berikut:
    1. Apakah kegiatan membuka
    pelajaran yang dilakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik? Jawaban :
    Pada kegiatan membuka pelajaran guru menyapa, mengarahkan dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik, sehingga siswa terlihat siap untuk mengikuti pembelajaran dan memperhatikan setiap hal yang disampaikan oleh guru.

    2. Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang disajikan?
    (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah,atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?)
    Jawaban:
    Siswa sangat antusias dan responsif karena materi beserta bahan ajar yang digunakan oleh guru menarik dan hal tersebut membuat siswa senang. Materi yang disampaikan guru juga sesuai dengan kurikulum adanya.

    3. Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan?
    (Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan?)
    Jawaban:
    Media pembelajaran yang digunakan oleh guru sudah sesuai dan mempermudah siswa memahami serta menguasai kompetensi/materi yang diajarkan oleh guru.

    4.Bagaimana tanggapan siswa terhadap
    metode/teknik pembelajaran yang di
    gunakan?
    Jawaban:
    Siswa terlihat antusias dan responsif, hal tersebut sangat terlihat dari gestur wajah serta respon siswa terhadap materi yang diajarkan.

    5. Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/instruksi yang berikan dengan baik?
    Jawaban:
    Ya, siswa dapat menangkap penjelasan/instruksi yang guru berikan dengan baik, sehingga saat praktek dilakukan siswa dapat menguasainya dengan sangat baik.

  6. Nama : Murniwati Waruwu
    Nim : 859886435
    UPBJJ : Medan

    Setelah saya menonton video pembelajaran diatas, dengan judul “Memerankan tokoh berdasarkan teks” maka saya memberikan tanggapan yakni :
    1. Dari awal hingga akhir pembelajaran sudah bagus dan menarik.
    2. Guru memberikan contoh sandal bakiak sebagai media yang dapat dipraktekkan langsung penggunaannya.
    3. Guru menjelaskan tokoh peran dari sandal bakiak sebagai ketua regu dan siapa yang menjadi anggota regu.
    4. Dengan alat tradisional ini siswa diajarkan bagaimana menjalin rasa kekekompakkan dalam menggunakan sandal bakiak.
    tentunya permainan ini akan terus dilestarikan walaupun pada era perkembangan teknolgi saat ini banyak contoh permainan yang dilakukan secara modern.
    demikian tanggapan saya pada video diatas. Terimakasih.

  7. dalam penyampaian pembelajran sangatlah baik akan tetapi masih ada kekurangan dimana memprakteknya harus di luar ruangan agar anak semua memahami serta kekurangan alat media sehingga suaranya kadang bagus kadang tidak terdengar, disini juga anak semua tidak bisa merasakan secara langsung permaianan tersebut sehingga kemungkinan tidak terampil semua.

  8. Nama : Anissa Pramugi Septiyaningrum
    NIM : 857136602

    Menurut saya video diatas adalah contoh pembelajaran yang sangat efektif. Guru tersebut sudah menerapkan metode pembelajaran yang tepat. Pada pembelajaran tersebut memang tidak cocok jika hanya menggunakan metode ceramah saja. Karena siswa SD masih belajar dengan melihat bukti benda konkrit, bukan hanya sekedar dibayangkan saja. Guru tersebut sudah berhasil menyampaikan pembelajaran tersebut dengan metode diskusi sekaligus mempraktikkan sesuai dengan teks yang telah dibaca siswa dan hasil diskusi yang telah dikerjakan. Pembelajaran lebih terasa menarik, interaktif dan menyenangkan. Siswa pun menjadi lebih termotivasi untuk belajar.

  9. NAMA :ABIDATUS SHALIHATI
    NIM :877963242

    Setelah saya nonton video “Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks” dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan judul “Permainan Bakiak” dapat diambil kesimpulan, bahwa belajar tidak hanya sekedar menoton membaca, dan menulis saja, yang membuat para siswa jenuh dan ngantuk, tapi dalam video ini menjurus tentang praktek, yang mana dengan melakukan praktek, kita dapat memahami konsep dan teori dengan mudah, lebih baik, lebih mendalam, dan para siswa semangat dalam belajar, jadi penting bagi dewan guru untuk memadukan teori dengan praktek dalam proses belajar.

Leave a Reply