Similar Posts
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Nama : Aja Martina
NIM : 855827011
UPBJJ : Banda Aceh
Dari video yang saya saksikan, menurut pendapat saya tujuan pembelajaran yang hendak dicapai tidak tersampaikan dengan baik. Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menggali informasi tentang pemahaman siswa pada materi yang disampaikan. Metode pembelajaran serta alat peraga yang digunakan guru dalam pembelajaran telah baik dan sesuai dengan topik. Saat kegiatan permainan enggrang berlangsung guru juga telah membimbing jalannya kegiatan. Alat peraga enggrang yang disediakan guru ada beberapa pasang, namun hanya dapat digunakan 1 pasang karena lokasi yang tidak memadai. Lebih baik lagi jika pembelajaran dilakukan di tempat terbuka agar lebih leluasa melakukan kegiatan.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh… Dalam menyampaikan pembelajaran dalam video diatas menurut saya sudah bagus, karna ibu guru sudah menyampaikan Apersepsi, tujuan pembelajaran dan memberikan contoh bagaimana cara memainkan permainan tradisional (Bakiak). Pembelajaran yang di berikan oleh ibu guru dalam video dia atas sangatlah bagus untuk mengenalkan anak dalam permainan tradisional, tepat sekali bahwa permainan ini harus dilakukan secara berkelompok karna tujuan permainan ini, untuk membentuk cara kerjasama yang baik dan kekompakan kelompok.dan ada juga nilai kebudayaan yang bisa di tanamkan kesiswa dalam permainan ini, siswa bisa melestarikan permainan ini. Karna permainan ini, permainan asli budaya Indonesia.
Nama : Sriloisa Nickel Munthe
NIM : 859868523
Menurut saya video metode pengajaran yang dilakukan guru sangat baik dan menarik. Guru memperlihatkan dan mendemontrasikan cara memainkan bakiak. Guru juga membentuk kelompok untuk memupuk kekompakan para siswa. Dalam video guru juga memberikan apresiasi kepada siswa. Hal ini dapat memupuk rasa percaya diri siswa.
Dalam hal ini, siswa tidak hanya tahu permainan bakiak secara pengetuan, tetapi dalam praktik juga.
Terima kasih
• Bagaimana reaksi anak/ siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Pada video siswa terlihat tertib mengikuti pembelajaran. Siswa terlihat lebih antusias saat melih atalat peraga yang telah disediakan guru juga saat kegiatan permainan bakiak berlangsung.
• Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tujuan pembelajaran yang hendak dicapai tidak tersampaikan dengan baik. Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menggali informasi tentang pemahaman siswa pada materi yang disampaikan.
• Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Metode pembelajaran serta alat peraga yang digunakan guru dalam pembelajaran telah baik dan sesuai dengan topik. Saat kegiatan permainan bakiak berlangsung guru juga telah membimbing jalannya kegiatan.
• Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Suasana kelas menjadi ramai saat kegiatan permainan bakiak berlangsung. Alat peraga yang disediakan guru ada beberapa pasang, namun hanya dapat digunakan 1 pasang karena lokasi yang tidak memadai
• Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Saya mengusulkan agar saat pembelajaran berlangsung sebaiknya guru melakukan sesi tanya jawab untuk mengetahui kendala apa yang dirasakan siswa saat bermain bakiak, serta guru dapat mengetahui pemahaman siswa tentang topic pembelajaran.
Nama : Jaridaton
NIM : 855891783
Prodi : 118/ S1 PGSD
NAMA : DWI BAYU SEPTIHADI
NIM : 858422818
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : 50/SAMARINDA
POKJAR : NABILA RAHADATUL
▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Setelah saya melihat video di atas, saya melihat para siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kekurangan ibu guru dalam melakukan pembelajaran yaitu di akhir video tidak ada kegiatan penutupnya, yaitu kegiatan refleksi dan membaca doa akhir pembelajaran.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan ibu guru dalam melakukan pembelajaran yaitu ibu guru dalam menjelaskan materi sangat jelas dan mudah di pahami oleh para siswa. Ibu guru juga memberikan contoh praktek yg di lakukan oleh ibu guru dalam permainan bakiak. Ibu guru membagi para siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3 siswa. Tiap kelompok ada ketua kelompoknya dan tiap kelompok di beri kesempatan untuk mempraktekkan permainan bakiak. Di akhir permainan, tiap kelompok di beri kesempatan untuk mengomentari permainan dari setiap kelompok
▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Saya melihat ibu guru ketika mempraktekkan permainan bakiak, ibu guru turut menggunakan bakiak untuk menjelaskan proses permainan bakiak. Suasana ketika praktek bakiak di lapangan sangat meriah
▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Menurut saya upaya kedepannya yaitu dari semua kegiatan sudah baik, hanya di bagian penutupnya tidak ada kegiatan seperti kegiatan refleksi membaca doa dan salam. Kedepannya sebaiknya setelah kegiatan pembelaran selesai, guru sebaiknya melakukan kegiatan refleksi atau tanya jawab kepada siswa tentang materi yang di pelajari.
Nama : Ainul Hana
NIM : 857155469
UPBJJ : cilandak jaksel
Sore bapak ibu dan rekan2 semua, ijin menanggapi video diatas
Berdasarkan video yang saya saksikan, menurut pendapat saya tujuan pembelajaran yang hendak dicapai belum tersampaikan dengan baik, namun guru sudah mulai melakukan apersepsi sebelum kegiatan inti.
Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menggali informasi tentang pemahaman siswa pada materi yang disampaikan. Metode pembelajaran serta alat peraga yang digunakan guru dalam pembelajaran sebenarnya sudah baik sesuai dengan topik. Saat kegiatan permainan enggrang berlangsung guru juga telah membimbing jalannya kegiatan. Alat peraga enggrang yang disediakan guru ada 3 pasang, namun hanya dapat digunakan 1 pasang karena lokasi yang tidak memadai. Akan jauh lebih baik, jika pembelajaran dilakukan di tempat terbuka agar lebih leluasa melakukan kegiatan, seperti dilapangan olah raga atau halaman sekolah dan dibuat semacam perlombaan sederhana untuk menanamkan jiwa sportivitas siswa juga.
Terima kasih
Aslmkm wr wb
Perkenalkan :
Nama : Ainul Hana
NIM : 857155469
UPBJJ : cilandak jaksel
Sore bapak ibu dan rekan2 semua, ijin menanggapi video diatas
Berdasarkan video yang saya saksikan, menurut pendapat saya tujuan pembelajaran yang hendak dicapai belum tersampaikan dengan baik, namun guru sudah mulai melakukan apersepsi sebelum kegiatan inti.
Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menggali informasi tentang pemahaman siswa pada materi yang disampaikan. Metode pembelajaran serta alat peraga yang digunakan guru dalam pembelajaran sebenarnya sudah baik sesuai dengan topik. Saat kegiatan permainan enggrang berlangsung guru juga telah membimbing jalannya kegiatan. Alat peraga enggrang yang disediakan guru ada 3 pasang, namun hanya dapat digunakan 1 pasang karena lokasi yang tidak memadai. Akan jauh lebih baik, jika pembelajaran dilakukan di tempat terbuka agar lebih leluasa melakukan kegiatan, seperti dilapangan olah raga atau halaman sekolah dan dibuat semacam perlombaan sederhana untuk menanamkan jiwa sportivitas siswa juga.
Terima kasih
Nama : NISA ADDINI
NIM : 856023582
Prodi : S1-PGSD
Judul : Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
Yang dapat saya tanggapi dari video pembelajaran ini, Yang dimana Ibu guru memerankan sebuah permainan bakiak. Sangat baik, yang dimana cara menjelaskan sebuah materinya sangat jelas. Dan pembahasan yang di ambil oleh Ibu guru tentang sebuah permainan bakiak atau disebut dengan Terompah, (permainan tradisional). Cara guru membuat kekompakan dalam memainkan permainan bakiak ini diperlukan dengan adanya kerjasama.
Disini juga Ibu guru membimbing Siswa/i agar tetap terjalin kerja sama dalam memerankan tokoh berdasarkan teks, Sesuai dengan materi yang dibawakan oleh Ibu guru.
Hanya ini dari saya, Terimah kasih:)
Nama : Yusrin Ibrahim
NIM : 856316891
Prodi : S1 PGSD
setelah menyaksikan video proses pembelajaran pada akun GPO, ada beberapa masalah dalam video yang saya putar, pada pembelajaran bahasa indonesia materi memerankan tokoh berdasarkan teks.
Pada awal video diperlihatkan seorang guru yang sedang menyapa siswa didalam kelas demi membangkitkan semangat anak didik. Cara dilakukan oleh guru tersebut sudah baik. Pemberian apersepsi dan motivasi sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Memberikan contoh-contoh nyata disertai media pelajaran sangat diperlukan dan hal tersebut telah terpenuhi dalam video pembelajaran diatas. Sehingga memudahkan siswa selama proses belajar, karena metode ceramah saja tidak cukup baik dalam menunjang proses belajar. Akan tetapi kita juga perlu menggali pengetahuan siswa melalui metode diskusi.
Nama : Etin Herawati
NIM : 858186839
Prodi : Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar(PGSD)
selamat pagi/siang/sore/malam
mohon ijin berpendapat,
setelah mengamati vidio tersebut
*reaksi setiap anak terlihat sangat menyimak,aktif,dan senang mengikuti pembelajaran yang disampaikan gurunya dan mengikuti setiap rangkaian kegiatan pembelajaran.
*kelemahan guru dalam pembelajaran yaitu kurangnya memberikan ruang bagi siswa untuk mengungkapkan pendapat siswa dalam materi pembelajaran sehingga sejauh mana siswa dapat memahami dan menguasai tujuan pembelajaran.
*kelebihan guru dalam pembelajaran secara keseluruhan sudah sangat baik dimana dalam pembukaan pembelajaran guru sudah dapat mengkondisikan kelas dengan baik dan menyampaikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengikuti rangkaian pembelajaran dengan sangat bersemangat.
*keunikan dalam pembelajaran guru dapat mengajak siswa menyukai permaiana tradisonal dengan baik dalam kondisi diera yang sudah sangat maju dan modern.
*saran yang ingin saya usulkan adalah untuk lebih sempurnanya kegitan pembelajaran yaitu supaya metode yang digunakan lebh bervariasi.