Sinopsis
Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.
–
–
–
–
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Harimurti
Nama : DENNY WATI GEA
NIM : 860104951
JURUSAN : PG PAUD
Tanggapan saya tentang video yang berjudul menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui karcis parkir adalah,video ini sangat membantu dalam mengatasi anak yang tidak tertib. Ibu guru memberikan karcis parkir untuk menyimpan mainan yang telah dibawa anak-anak dari rumah. Pembelajaran atau kegiatan dapat berjalan dengan tertib. Setelah menonton video ini saya dapat 1 pengalaman cara menertibkan anak yang ribut di saat proses belajar sedang berlangsung.
Nama: Sunthi Suranthi Affifa
NIM: 858482282
Saya merasa pendekatan ini sangat kreatif dan sesuai dengan dunia anak-anak. Dengan menggunakan karcis parkir sebagai alat bantu, anak-anak diajak untuk memahami konsep antre, bergiliran, dan tanggung jawab dalam konteks yang mereka kenal, yaitu bermain. Hal ini tidak hanya membuat proses belajar menjadi menyenangkan, tetapi juga membantu anak-anak memahami pentingnya ketertiban dan keteraturan dalam kehidupan sehari-hari.
Nama : Diana khairani waruwu
Nim :860106242
Saya telah menonton video dengan topik “Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Karcis Parkir”. Video ini sangat menarik karena memperlihatkan bagaimana guru membimbing anak untuk tertib dan mengikuti aturan melalui kegiatan nyata yang menyenangkan. Anak-anak belajar mengambil dan mengembalikan karcis secara bergiliran saat bermain sepeda. Kegiatan ini tidak hanya melatih keteraturan, tetapi juga membangun kesadaran moral dan tanggung jawab sejak dini. Ini merupakan contoh asesmen otentik yang sangat baik karena guru dapat menilai langsung perilaku dan perkembangan anak dalam konteks nyata, bukan hanya berdasarkan hasil tertulis.
Nama : Farida Desyana Putri
NIM : 877682508
UPBJJ : Purwokerto
Pada tugas ini saya menonton Pada bagian Membentuk Ketaatan Peraturan Anak Usia dini dan dengan judul ” Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan Pada Anak Usia Dini Melalui karcis parkir “. Pada video ini guru PAUD dapat menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui karcis parkir. Secara umum tayangan video ini menarik dan dapat memberi inspirasi untuk penendik anak usia dini. Pembiasaan dan kegiatan-kegiatan yang menarik dapat membantu siswa menjadi lebih bersemangat dalam sekolah. Dengan memberikan karcis parkir guru dapat akan lebih mudah dalam menertibkan peserta didik pada saat akan bermain atau mungkin istirahat supaya anak tidak saling berebut. Tetapi sebaiknya guru memberikan apresiasi kepada seluruh siswa yang sudah mengikuti peraturan pada hari itu, supaya anak terkesan bahwa dirinya bisa (mampu).
nama ; HARVINA
NIM ; 859818543
pokjar ; kulisusu
dari video yang saya tonton diatas secara tidak langsung megajarkan kira mengatasi dan cara membuat anak teratur dan tertarik dengan kegiatan yang kila laksanakan cara guru diatas mengunakan trik karcis parkiran , itu memiliki tujuan yang baik untuk anak didik misalnya untuk membentuk karakter yang disiplin , tanggung jawab dan dapat mengelola diri sendiri , dengan memiliki rasa disiplin anak akan lebih muda belajar , mengikuti aturan dan beradaptasi dengan lingkungan
Pada seri pembelajaran PAUD “Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui karcis parkir” dapat menjadikan salah satu solusi pendidik dalam mengatur ketertiban di dalam kelas, mulai dari mengambil mainan hingga menyimpannya kembali ketempat semula, hal ini juga secara tidak langsung dapat mengembangkan aspek kognitif anak, dengan mengenal angka dan warna pada karcis parkir yang di dapatnya.
Ini bisa menjadi ide untuk para pendidik untuk menanamkan konsep keteraturan dan ketertiban pada anak usia dini
Nama: Kristiani Lase
Nim: 860108396
UPBJJ: Medan
Izin menanggapi video diatas Setelah menonton video ini dapat diambil kesimpulan bagaimana cara menghadapi anak-anak saat kegiatan belajar kerena mereka miliki sifat yang berbeda-beda. Dalam hal ini guru Paud dapat menanamkan ketertiban dan ketaatan pada anak usia dini dengan menggunakan karcis parkir. Dengan menggunakan metode ini bukan cara satu-satunya cara untuk menanamkan ketertiban kepada anak usia dini namun banyak Metode lain. Dengan adanya seri Pembelajaran guru pintar online para pendidik dapat memanfaatkan untuk melakukan pada anak-anak
Demikian tanggapan saya terimakasih 🙏😊
Nama : Indana Rahma Aulya
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Tanggapan saya :
– Program ini berfokus pada perkembangan moral yang menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan lebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
Video tersebut memberikan pendekatan yang menarik dalam membangun disiplin dan keteraturan di lingkungan PAUD, metode yang dipakai sangat kreatif dan menarik, meningkatkan kemandirian pada anak didik, dan membantu guru dalam mengelola aktivitas dikelas.
– Saran dari saya, guru sebaiknya tidak terlalu dominan dalam proses pembelajaran, tetapi lebih berperan sebagai fasilitator yang membimbing anak secara alami, memberikan lebih banyak kesempatan bagi anak untuk berinisiatif dalam menggunakan sistem karcis parkir.
Bisa menambahkan variasi dalam metode pembelajaran.
Sekian dan Terimakasih….
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Setelah melihat video menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir, metode pembelajaran yang unik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari seperti inibisa membuat anak lebih tertarik dan terlibat dalam proses belajar.
Nama : Sri Utami
NIM : 878197109
UPBJJ : Kota Malang
Dalam video yang saya tonton yakni seri menanamkan ketaatan peraturan PAUD melalui penggunaan karcis parkir, adalah sebuah inovasi yang dapat membantu anak-anak memahami pentingnya mengikuti aturan sejak dini. Video ini sangat menarik dan memberi inspirasi kepada pendidik paud untuk menanamkan taat pada aturan di kelas, mungkin bisa dimodifikasi dengan desain yang menarik kartunya, pemberian reward bagi anak yang tertib.