silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. NAMA: Petrisia Getih Ayuningsih
    NIM : 857583721
    KELAS : A2
    SEMESTER: 6
    POKJAR : Slawi
    UPBJJ : Purwokerto
    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa di awal video adalah kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa tampak bosan dengan proses pembelajaran. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah dalam bentuk berkelompok, siswa lebih terlihat kondusif. Siswa tampak lebih bersemangat dan tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar.
    KELEMAHAN :
    1. Guru lebih mendominasi kegiatan belajar sehingga membosankan(monoton) dalam hal menyampaikan pembelajaran.
    2. Guru menjelaskan dengan model ceramah yg kurang variatif sehingga ada anak yang mengantuk,lesu,ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang menjelaskan.
    3. Guru tidak melakukan kegiatan awal yang mampu memfokuskan perhatian siswa untuk siap memasuki proses pembelajaran .
    4. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yg kreatif dan variatif.
    5. Guru kurang menjaga kerapian dalam penampilan
    KELEBIHAN :
    1. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok belajar di kelas untuk melibatkan siswa aktif terlibat dalam pembelajaran.
    2. Guru melibatkan anak secara langsung untuk mengamati objek pembelajaran
    3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi dengan benda-benda yang ada disekitar (mengukur benda-benda yang ada di kelas dengan jengkal atau penggaris) sehingga siswa tidak hanya sekedar menerima materi dari guru namun mampu menemukan sendiri dari hasil pengamatan yang dilakukan secara langsung
    SOLUSI :
    Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru menjelaskan pembelajaran dengan menggunakan media yg variatif sesuai materi yang dibawakan bisa dengan gambar, video atau benda konkret(nyata) sehingga anak-anak mudah dalam memahami pembelajaran. Guru dapat pula menggunakan model pembelajaran menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan ice breaking agar suasana kelas menjadi aktif, interaktif dan menyenangkan. Guru sebaiknya tidak terlalu mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa tidak hanya sebagai objek pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk aktif terlibat dalam pembelajaran.
    Selain itu penampilan seorang guru juga harus diperhatikan sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran.

  2. Di dalam video tersebut awalnya guru masuk dengan tidak mengetuk pintu dan berbicara kurang tegas saat meminta perhatian para murid. Murid merasa kurang tertarik dan tetap dengan kegiatannya. Guru juga tidak menyapa murid dan langsung mengarah ketempat duduk. Seharusnya yang dilakukan guru adalah sebaiknya ketuk pintu kelas untuk menarik atensi siswa, lalu menyapa siswa dengan obrolan-obrolan ringan seperti di pertengahan video. Jika dirasa siswa sudah mulai fokus, berikan beberapa media untuk memulai pelajaran seperti di dalam video.

  3. Nama ; Sucita Wulandari
    Nim :857000746
    Pokjar : Waytenong
    Semester : 6
    Di dalam video dpat dianalisis ada pertanyaan bagaimana Cara menarik siswa untuk belajar yaitu dnwgan cara mengiapkan media pembelajaran,tahapan-tahapan nya adalah sebagai berikut. :
    1. Guru Pintar harus mengetahui dengan jelas media itu dipilih untuk tujuan apa
    2. Pemilihan media pembelajaran harus objektif, bukan semata-mata karena Guru Pintar menyukainya atau sekedar selingan/hiburan saja.
    3. Dalam memilih media pembelajaran harus didasarkan atas pertimbangan
    untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa
    4. Dalam memilih media dalam kegiatan belajar mengajar, hendaknya dipilih secara tepat dengan melihat kelebihan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu
    5. Sesuai dengan metode mengajar dan materi pelajaran
    6. Guru mengenal betul ciri-ciri dan masing-masing media
    7. Sesuai dengan kondisi fisik lingkungan siswa.

  4. Nama: IIS AISYAH
    Nim: 856761233

    Pada vidio yang pertama memperlihatkan bahwa siswa masih ribut dan tidak memperhatikan gurunya. Guru pun kurang kreatif dan tidak memberikan ice breaking sehingga para siswa tidak memperhatikan guru itu. Disisi lain dengan pakaian guru yang kurang rapi dan hanya memakai sendal saja, itu termasuk hal yang tidak baik dan tidak untuk di contoh para guru lain.
    Pada video kedua, terlihat guru yanv bersemangat dengan memberi aba-aba kepada siswa, yaitu dengan memberikan ice breaking, sehingga siswa lebih memperhatikan gurunya. Guru juga sangat kreatif dengan menggunakan media buah jeruk untuk pembelajaran matematika. Pakaian guru pun terlihat sopan dan enak dipandang.
    Terima kasih🙏

  5. Nama : INDAH JULIATUN
    NIM : 855856488
    Prodi : PGSD S1

    Berdasarka video diatas menunjukkan tidak tertariknya siswa atau kurangnya perhatian siswa terhadap guru salah satunya disebabkan kurang menariknya kurang berpariatifnya pembukaan yang dibawakan oleh guru tersebut sehingga siswa tidak terfokus pada guru Yang pertama guru masuk ke kelas dengan berpakaian kurang rapi dan dari segi penampilan kuarang menarik, tidak memakai sepatu.

  6. Nama : SRI WULANDARI
    Nim : 855742929
    Semester: 6
    Pokjar : Way Tenong
    Dari tayangan vidiio tersebut, menurut pendapat saya ;
    a. ketika memasuki kelas dan mulai pembuakan kelas guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang apa yang akan kita ajarkan kepada siswa tersebut.
    b. materi sesuai dengan yang kita jelaskan.
    c. menarik perhatian anak agar tidak bermain dengan teman nya.

  7. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban:
    Anak kelas 1 merupakan anak peralihan dari TK ke SD untuk itu perlu hal hal menyenangkan untuk menarik perhatian siswa, sebagai guru juga harus rapih dan ceria. Ketika pembelajaran mesti menggunakan benda konkret agar mudah dipahami anak.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah ketika kita tidak bisa mengetahui cara mengendalikan kelas rendah, guru mesti berpakaian tidak rapih, tidak ada ice breaking yang menyebabkan anak-anak tidak fokus dan bosan saat memulai pelajaran.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban:
    Pada video tersebut kelebihan guru tersebut adalah menampilkan raut wajah yang ceria, berpakaian rapih, melakukan ice breaking dan melakukan pembelajaran dengan benda konkret.

    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    1. Perasaan yang ceria
    2. Ice breaking
    3. Berkomunikasi dengan baik
    4. Reward perkataan (hebat, keren, pandai)
    5. Menggunakan benda konkret

    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban :
    Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sudah sangat bagus, mungkin lebih bagus lagi ketika awal menanyakan kabar, ketika selesai pembelajaran juga melakukan evaluasi pembelajaran.
    Terimakasih

  8. Nama : Nor Azirawati
    NIM : 856234941
    Kelas : C
    Semester : 6
    Pokjar : Harau
    UPBJJ : Padang
    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa pada awal video tidak baik karena siswa hanya fokus pada dirinya sendiri dan teman-temannya, siswa asik bercerita dan bermain bersama temannya serta tampak tidak tertarik dengan kehadiran gurunya. Reaksi siswa untuk video selanjut itu sudah baik karna guru sudah merubah metode pada awal pembelajarannya, siswa jadi lebih tertarik dan antusias dan pada pembelajaran selanjutnya siswa tampak lebih semangat lagi karna guru mengajak siswa untuk memecahkan persoalan yang ditanyakan oleh guru
    2. Kelemahan
    – Guru tidak memberikan salam pada awal masuk kelas
    – Sebelum memulai pembelajaran guru tidak mengabsen serta tidak juga mengajarkan siswa untuk berdoa terlebih dahulu
    – Proses belajar agak monoton
    3. Kelebihan
    – Penggunaan jeruk untuk media pembelajaran sudah baik karna siswa jadi lebih tertarik
    4. Hal unik
    Guru memakai sandal yang sebenarnya hal itu kurang lazim
    5. Sebaiknya sebelum masuk kelas guru harus lebih menguasai materi yang akan diajarkannya serta dalam proses belajar lebih baik ditambahkan sesi bermain yang masih ada kaitannya dengan materi terlebih untuk anak kelas rendah

  9. NAMA : NILAM FATMA DIASTIKA
    NIM : 857627768
    POKJAR : MREBET
    UPBJJ : PURWOKERTO

    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Kehadiran guru tidak direspon oleh anak, karena anak asik bermain sendiri dengan teman sebangkunya.

    2. KELEMAHAN
    Kelemahan :
    1. kurangnya kedisiplinan guru dalam berpakaian, sehingga dapat memberikan contoh tdk baik untuk anak2
    2. Guru tidak menetapkan aturan yg jelas pd saat memulai pembelajaran, sehingga suasana kelas menjadi kurang kondusif.
    3. Kurang memahami karakter siswa,
    4. Guru tidak menerapkan apersepsi dalam proses pembelajaran

    3. KELEBIHAN
    Kelebihan :
    1. Dalam proses pembelajaran, metode yg digunakan sudah cukup baik. Yaitu dgn memberikan pertanyaan pemantik dan menggunakan media dalam pembelajaran sehingga anak2 lebih tertarik

    4. HAL UNIK
    Hal unik :
    Penggunaan media belajar yg unik, yaitu dgn menggunakan benda2 sekitar, seperti jeruk, batu baterai. Sehingga anak2 lebih tertarik dalam proses pembelajaran

    5. Yg disusulkan :
    1. Guru harus lebih disiplin lg dalam berpenampilan, agar memberikan contoh yg baik terhd anak2
    2. Dalam proses pembelajaran, sebaiknya siswa dilibatkan dalam praktik menggunakan media pembelajaran

    6. Kesimpulan :
    Cara guru menarik perhatian siswa adalah melalui pembelajaran yang menarik. Pembelajaran akan dapat menarik perhatian siswa jika menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.

  10. Nama : Lisnawarni Fransiska Manik
    NIM : 859778339
    Menurut saya tentang video tersebut, guru kurang memperhatikan kerapian nya dalam hal berpakaian, setelah masuk ke dalam kelas seharusnya guru melihat kesiapan siswa dalam hal akan memulai pelajaran, lalu membuat beberapa alat peraga yang membuat siswa penasaran, sehingga siswa akan tetapi fokus untuk mengikuti pelajaran tersebut.

Leave a Reply