silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. NAMA: ARDINA INTAN FADHILLA
    NIM : 857028348
    SEMESTER: 8
    POKJAR : NATAR
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG

    Kelemahan:
    1. guru kurang rapih (tidak menggunakan sepatu).
    2. tidak ada apersepsi.
    3. guru kurang menarik perhatian siswa sehingga siswa gaduh dan tidak memperhatikan guru.

    kelebihan:
    1. menggunakan metode tanya jawab sehingga siswa memperhatikan guru.
    2. memakai media yang cukup tepat.
    3. guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekplorasi benda sekitar.

    saran:
    1. guru sebaiknya menjaga kerapihan diri.
    2. melakukan kegiatan apersepsi.
    3. menambah media lain yang kreatif dan inovatif.
    4. mengadakan ice breaking agar siswa tidak bosan saat belajar.

  2. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban:
    Anak kelas 1 merupakan anak peralihan dari TK ke SD untuk itu perlu hal hal menyenangkan untuk menarik perhatian siswa, sebagai guru juga harus rapih dan ceria. Ketika pembelajaran mesti menggunakan benda konkret agar mudah dipahami anak.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah ketika kita tidak bisa mengetahui cara mengendalikan kelas rendah, guru mesti berpakaian tidak rapih, tidak ada ice breaking yang menyebabkan anak-anak tidak fokus dan bosan saat memulai pelajaran.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban:
    Pada video tersebut kelebihan guru tersebut adalah menampilkan raut wajah yang ceria, berpakaian rapih, melakukan ice breaking dan melakukan pembelajaran dengan benda konkret.

    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    1. Perasaan yang ceria
    2. Ice breaking
    3. Berkomunikasi dengan baik
    4. Reward perkataan pujian
    5. Menggunakan benda konkret

    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban :
    Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sudah sangat bagus, mungkin lebih bagus lagi ketika awal menanyakan kabar, ketika selesai pembelajaran juga melakukan evaluasi pembelajaran.
    Terimakasih

  3. menurut saya kurang tegas saat meminta perhatian bagi peserta didik dan peserta didik kurang tertarik saat pembelajaran berlangsung. Guru juga kurang mempersiapkan materi dan bahan ajar yang tepat sesuai dengan kebutuha peserta didik.

  4. Nama : Dian Novitasari
    Nim: 858812793
    Menurut saya dalam vidio tersebut peseta didik kurang fokus dalam pembelajaran karena guru kurang aktif dalam mengusai kelas dan guru kurang mempesiapkan materi dan bahan ajar yang dibutuhkan peserta didik

  5. Nama : Hartati
    NIM : 857582894
    Semester : 6
    Pokjar : Bumiayu
    UPBJJ : UT Purwokerto

    Menurut pendapat saya, Guru dalam mengajarnya kurang bersemangat, pakainnya juga tidak rapih,bahkan beliau tidak memakai sepatu. Guru adalah model untuk anak didiknya, kalau gurunya rapih dan semangat maka anak didiknya juga akan mencontoh gurunya.Media pembelajaran dan contoh soalnya juga masih kurang, seharusnya ditambahkan contoh lain selain jeruk. Terima kasih

  6. Nama : Trisna Ramadhani
    Nim : 855856725
    Pokjar : Labura

    Menurut saya tentang video ini adalah guru tersebut belum memperhatikan tata cara kerapian dalam berpakaian, dan seharusnya guru sebelum masuk harus melihat kerapian tersebut agar siswa bersemangat dalam memulai pelajaran dan selain itu guru harus membuat beberapa alat peraga agar memacu konsentrasi siswa dalam mengikuti pelajaran tersebut

  7. Nama : Shela alda Evelin
    Nim : 856027762
    Program Studi : S1-PGSD
    Semester : 8
    Pokjar : Binjai
    UPBJJ-UT : Medan
    Video tentang : menarik perhatian siswa
    Menurut saya cara untuk menarik perhatian siswa adalah guru bisa menguasai kelas dan guru harus tegas dalam mengajar selain itu penampilan guru juga harus mencerminkan seorang guru yaitu harus berpakaian rapi dan sopan Dan guru harus membuat suasana kelas terlihat nyaman agar siswa tidak gampang mengantuk ketika belajar dan sehingga tidak terasa waktunya belajar sudah selesai .
    Kekurangan guru pada pembelajaran yang terdapat di video yaitu :
    1. Guru tidak memberikan salam terlebih dulu.
    2. Pakaian guru yang tidak rapi dan kurang menarik.
    3. Guru memakai sandal bukan sepatu.
    4. Guru langsung memberikan materi tanpa memberikan gambaran terhadap konsep materi itu.

    Kelebihan guru di dalam video pembelajaran tersebut yaitu :
    1. guru menggunakan ice breaking (mengajak siswa untuk bertepuk tangan )
    2. guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi pembelajarannya .
    3. guru menggunkan media pembelajaran menggunakan benda nyata ( jeruk ) sehingga memberikan gambaran pada siswa agar siswa dapat mudah mengerti dan mengikuti pembelajaran dengan tertib.

    Cara menarik perhatian siswa untuk belajar menurut saya yaitu :
    1. Terapkan Belajar Sambil Bermain 2. Gunakan Media Pembelajaran yang Menyenangkan 3. Gunakan Model Pembelajaran yang Bervariasi 4. Bernyanyi di Awal Pembelajaran

  8. Nama : Shela alda Evelin
    Nim : 856027762
    Program Studi : S1-PGSD
    Semester : 8
    Pokjar : Binjai
    UPBJJ-UT : Medan
    Video 1 : menarik perhatian siswa
    Menurut saya cara untuk menarik perhatian siswa adalah guru bisa menguasai kelas dan guru harus tegas dalam mengajar selain itu penampilan guru juga harus mencerminkan seorang guru yaitu harus berpakaian rapi dan sopan Dan guru harus membuat suasana kelas terlihat nyaman agar siswa tidak gampang mengantuk ketika belajar dan sehingga tidak terasa waktunya belajar sudah selesai .
    Kekurangan guru pada pembelajaran yang terdapat di video yaitu :
    1. Guru tidak memberikan salam terlebih dulu.
    2. Pakaian guru yang tidak rapi dan kurang menarik.
    3. Guru memakai sandal bukan sepatu.
    4. Guru langsung memberikan materi tanpa memberikan gambaran terhadap konsep materi itu.

    Kelebihan guru di dalam video pembelajaran tersebut yaitu :
    1. guru menggunakan ice breaking (mengajak siswa untuk bertepuk tangan )
    2. guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi pembelajarannya .
    3. guru menggunkan media pembelajaran menggunakan benda nyata ( jeruk ) sehingga memberikan gambaran pada siswa agar siswa dapat mudah mengerti dan mengikuti pembelajaran dengan tertib.

    Cara menarik perhatian siswa untuk belajar menurut saya yaitu :
    1. Terapkan Belajar Sambil Bermain 2. Gunakan Media Pembelajaran yang Menyenangkan 3. Gunakan Model Pembelajaran yang Bervariasi 4. Bernyanyi di Awal Pembelajaran

  9. NAMA : DHENIK RAHMAWATI
    NIM : 858685493
    SEMESTER : 8
    POKJAR : PUTRA BANGSA JOMBANG
    PRODI : S1 PGSD
    UPBJJ: SURABAYA
    Menurut saya,KELEMAHAN :
    1. Guru lebih mendominasi kegiatan belajar sehingga membosankan(monoton) dalam hal menyampaikan pembelajaran.
    2. Guru menjelaskan dengan model ceramah yg kurang variatif sehingga ada anak yang mengantuk,lesu,ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang menjelaskan.
    3. Guru tidak melakukan kegiatan awal yang mampu memfokuskan perhatian siswa untuk siap memasuki proses pembelajaran .
    4. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yg kreatif dan variatif.
    5. Guru kurang menjaga kerapian dalam penampilan
    KELEBIHAN :
    1. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok belajar di kelas untuk melibatkan siswa aktif terlibat dalam pembelajaran.
    2. Guru melibatkan anak secara langsung untuk mengamati objek pembelajaran
    3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi dengan benda-benda yang ada disekitar (mengukur benda-benda yang ada di kelas dengan jengkal atau penggaris) sehingga siswa tidak hanya sekedar menerima materi dari guru namun mampu menemukan sendiri dari hasil pengamatan yang dilakukan secara langsung

    solusi nya yaitu :guru sebaiknya melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru juga menjelaskan pembelajaran dengan menggunakan media yg variatif sesuai materi yang dibawakan bisa dengan gambar, video atau benda konkret(nyata) sehingga anak-anak mudah dalam memahami pembelajaran. Guru dapat pula menggunakan model pembelajaran menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan ice breaking agar suasana kelas menjadi aktif, interaktif dan menyenangkan.

  10. Seorang guru mestinya berpenampilan bersih dan rapi sehingga memberi contoh yang baik bagi siswa dan mampu menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, serta menguasai langkah-langkah pembelajaran mulai dari pendahuluan hingga kegiatan penutup.

Leave a Reply