silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : INDAH JULIATUN
    NIM : 855856488

    Vidio tersebut berhasil membuat peserta didik fokus terhadap pertanyaan yang diberikan oleh guru karna vidio tersebut mengajak peserta didik untuk memberikan respon kepada guru sehingga pembelajaran di dalam kelas menjadi aktif sebagai seorang guru harus mempersiapkan diri sebelum melakukan proses belajar mengajar

  2. Nama :Trisna Ramadhani
    Nim :855856725
    Pokjar :salut permata labura

    Menurut saya terkait vidio yang saya tonton tadi. Sebaiknya kita harus menarik perhatian siswa dengan menggunakan media yang berwarna untuk menarik minat siswa . Sehingga guru akan lebih mudah dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan kemudian dalam penggunaan media. Pembelajaran tersebut harus bersifat inovatif mampu meningkatkan konsentrasi dalam menyerap pembelajaran yang disampaikan guru tersebut. Sebaiknya penyampaiannya guru harus lebih menarik rakam mendukung tercapainya pembelajaran serta memberikan apresiasi bagi siswa dalam menyelesaikan pembelajaran

  3. NAMA : DENDY GUNAWAN
    NIM : 856620035
    UPBJJ : UT JAMBI
    PRODI : S1 PGSD
    Seorang guru mestinya berpenampilan bersih dan rapi sehingga dapat memberikan contoh yang baik bagi siswa dan mampu menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta menguasai langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan awal hingga kegiatan penutup.

  4. Nama : Maya Dwi Kurniawati
    Nim. : 855748525
    Pokjar sidomulyo

    1. Diawal vidio atau pembelajaran suasana kelas tidak kondusif, dan guru kurang bisa membuat anak tertarik atau menarik perhatian siswa saat pertama kali masuk kelas tersebut, kesiapan guru harus diperhatikan, terutama dari pemampilan seorang guru, yaitu dengan rapih dan terlihat segar dan bersemangat (power) sehingga memacu anak untuk tertarik dengan pembelajaran yang akan disampaikan guru.
    2. Interaksi dengen siswa dengan ceria, dan menggunakan benda atau alat bantu ajar agar anak lebih tertarik dan lebih memahami apa yang disampaikan oleh guru.
    Seorang guru harus kreatif inofatif dan guru juga harus bisa masuk dunia siswa, agar siswa lebih akrap dengan guru dan guru pun mudah muntuk menyampaikan materi yang di ajarkan.
    Terimakasih🙏

  5. Nama:AMIR ARDI
    NIM:855743264
    Menurut pendat saya.Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
    Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

  6. Nama : Shofiatun Istiqomah
    NIM : 858967857
    POKJAR : Bondowoso
    setelah saya menonton video diatas, sebagai seorang guru yang mengajar dikelas rendah khususnya kelas 1 sangat diperlukan untuk memperhatikan kerapian diri. siswa kelas 1 merupakan kelas transisi atau peralihan yang mana sangat perlu memilih pembelajaran mana yang cocok untuk siswa dan siswi tersebut.
    jika dilihat di awal video sang guru masuk dengan pakian yang tidak rapi dan tidak bersepatu, tidak melakukan pembukaan kelas yang menyenangkan, seperti menyapa siswa , memancing siswa dengan alat pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik dan asik sendiri dengan kegiatannya masing masing.

  7. Nama : Inayatur Robbany
    Nim :8775314895
    Pokjar: Garum
    UPBJJ : Malang
    Pada Pembelajaran tersebut menurut pendapat saya dalam menarik perhatian siswa adalah kurang tepat dikarenakan:
    1. Guru kurang memperhatikan kerapian dalam berpakaian dan tidak memakai sepatu yang dimana akan dicontoh siswa
    2. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan hal yang dapat menarik perhatian siswa
    3.Guru terlalu fokus menjelaskan tanpa melibatkan siswa yang dimana membuat siswa merasa jenuh dan kurang memperhatikan.

  8. Nama : Vira destriana
    Nim : 855738929
    Menurut saya vidio tersebut sebaiknya kita harus menarik perhatian siswa dahulu sebelum memulai pembelajaran dengan cara bernyanyi dan bertanya jawab supaya anak anak lebih tertarik dengan materi yang akan di sampaikan

  9. Nama : ARDI WIRANATA
    NIM : 858880961
    Program Studi : PGSD – S1
    POKJAR : WULUHAN
    UPBJJ : JEMBER

    Pada awal video yang menyebabkan tidak tertariknya siswa atau kurangnya perhatian siswa terhadap guru salah satunya disebabkan kurang menariknya kurang berpariatifnya pembukaan yang dibawakan oleh guru tersebut sehingga siswa tidak terfokus pada guru, untuk menarik perhatian dari paras siswa guru harusnya masuk ke kelas tersebut dengan wajah yang ceria menyapa siswa dengan riang serta mengajak siswa bertanya jawab dengan bermain sebelum melakukan pembelajaran kemudian guru harusnya memaparkan materi dulu menjelaskan tentang matematika yang akan diajarkannya kemudian lalu menggunakan media yang berupa benda-benda yang konkrit dan berupa benda-benda yang sering mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari juga yang dapat menarik perhatian siswa pembelajaran yang sedang disampaikan oleh guru.

    Dalam menarik perhatian siswa kelas 1 untuk fokus pada apa yang akan disampaikan oleh guru maka guru haruslah kreatif dalam menyediakan media dan juga apa saja materi yang akan disampaikan oleh guru. membuat variasi dalam penyampaian sehingga dapat menarik perhatian siswa saat guru sedang menjelaskan materi yang akan dipelajari oleh siswa.

    Karena anak-anak pada tahap usia ini
    anak berpikir pada tingkat simbolik dan juga masih baru saja bisa mengubah, menggabungkan, memisahkan ide atau pikiran.

  10. Nama : Ade Mahyuni Siregar
    Nim : 856054587
    Pokjar : labusel

    Menurut saya terkait video yg saya lihat, bahwa divideo pertama, guru belum mampu mengkondisikan anak-anak dengan tenang, dan sangat terlihat di video pembelajaran pertama, guru masuk ke kelas dengan tampilan yg kurang rapi, mulai dari pakaian kurang rapi, sampai sendal yg kumuh (tidak memakai sepatu) . Sebagai seorang guru, menurut saya perlu memperhatikan penampilan agar tetap terlihat rapi dan siap dalam memulai pembelajaran. Dan terlihat di video pembelajaran pertama, siswa siswi juga tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran yg dilakukan oleh guru, untuk itu sebagai seorang guru, guru harus memberikan metode pembelajaran yg menarik perhatian siswa dengan cara mencuri perhatian siswa dengan memberikan salam semangat agar terkondisi kelas yg kondusif, diiringi dengan pertanyaan-pertanyaan pemantik yang membuat kesan siswa menyenangkan dan tidak jenuh.

    Untuk video pembelajaran kedua, guru terlihat rapi, dan terlihat sangat siap dalam memasuki kelas, mulai dari memberikan sapaan hangat, pertanyaan pemantik tentang penjumlahan dan pengurangan. Dengan memberikan contoh terkait dengan menggunakan contoh buah jeruk, dan contoh mngenai ban kendaraan yg membuat siswa sangat tertarik dalam mengikuti setiap pembelajaran yg diberikan oleh guru. Menurut saya metode pembelajaran kedua ini sangat bagus untuk memancing minat belajar siswa agar pembelajaran tetap berjalan lancar dan tidak terlalu monoton (metode ceramah).

Leave a Reply