silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami hasil perpangkatan tiga dari 1 sampai 10.
Mery Novianti
Pakar Dosen
Penjelasannya cukup menarik, namun ada baiknya dijelaskan pula bahwa hasil penarikan angka 3 dari bilangan tersebut adalah bilangan bulat positif.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Pakar Guru
Guru sudah sangat baik dan detail sekali dalam menjelaskan materi. Diawal pembelajaran juga guru sudah memastikan bahwa anak sudah mengerti bagaimana mencari akar Pangkat 3 dari bilagan yang kurang dari 1000. Untuk kelas tinggi anak sudah dapat diberikan hafalan dalam perkalian, namun harus dipastikan juga bahwa anak sudah memahami konsep perkalian itu sendiri. Kekurangan dari tayangan ini adalah guru kurang banyak melibatkan siswa dalam menjelaskan materi. Dalam memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal.
Ade Kosasih (Guru SDN Malangbang Cimalaka)
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, namun sudah ada apersepsi dan tujuan belajar yang disampaiakan. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah. Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat dibuat permainan, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah. Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai. Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih menarik lagi, kemudian tahapan penyelesaian soal lebih di perjelas lagi, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.
Fitria Handayani (SD Dharma Karya)
NAMA : VIVI PUSPITASARI
NIM : 856482642
PRODI : PGSD BI S1
UPBJJ : PEKANBARU
POKJAR : DUMAI
Dalam video tersebut tampak jelas saat guru menjelaskan cara / trik mudah mencari akar pangkat 3 yang lebih dari 1000.
Misalnya :
∛1.331 = …..
Trik atau cara mudahnya :
1. Tentukan bilangan yang paling depan dari 1.331 yaitu angka 1 dan jika bilangan tersebut dipangkatkan 3 hasilnya tidak melebihi dari angka 1 Tetapi harus mendekati angka 1. Bilangan nya yaitu 1 karena 1 dipangkat kan 3 hasilnya juga 1 = 1 x 1 x 1 = 1
2. Cari bilangan yang paling belakang dari 1.331 , carilah sebuah bilangan dari 1- 10 yang dipangkatkan 3 hasilnya angka 1 yaitu 1 karena 1 dipangkatkan 3 hasilnya adalah 1 yaitu 1 x 1 x 1 = 1
Sehingga ∛1.331 = 11
Dapat dibuktikan dengan 11 x 11 x 11 = 1.331
Contoh lain :
∛4.913 = ….
Sama dengan trik contoh diatas yaitu :
1. Cari bilangan pangkat 3 yang paling depan tidak boleh melebihi dari angka 4
contohnya : 1 x 1 x 1 = 1 jika 2 x 2 x 2 = 8. Jadi angka 2 jika dipangkatkan 3 hasilnya 8 sudah melebihi 4 sehingga yang mendekati angka 4 yaitu 1. Jadi kita ambil angka 1
2. Cari bilangan yang paling belakang dari 4.913 dari 1-10 apabila dipangkatkan 3 hasilnya ujung bilangannya adalah 3 sehingga diperoleh angka 7 karena 7 dipangkatkan 3 yaitu 7 x 7 x 7 = 343 memiliki angka ujungnya 3. sehingga kita ambil angka 3
Jadi ∛4.913 = 17
daopat dibuktikan jika 17 x 17 x 17 = 4.913
NAMA : SITI FATIMATUL LUTFIA
NIM : 858815932
PRODI : PGSD
Dari video yang berdurasi kurang lebih 6 menit tersebut. Cara guru dalam menyampaikan materi sangat jelas dan detail. Di awal pelajaran guru juga sudah menyinggung materi yang lalu dengan cara guru sudah memastikan bahwa siswanya sudah mengetahui bagaimana akar pangkat 3 dari bilangan yang kurang dari 1.000, dan guru sudah menjelaskan tujuan diawal pembelajaran bahwa mereka akan membahas tentang materi akar pangkat 3 lebih dari 1.000. Siswa juga sudah diminta untuk mengamati contoh soal yang dituliskan guru dipapan tulis (Literasi,Creativity and Innovation) kemudian guru menjelaskan materi tersebut kepada siswanya (Communication).
Namun, guru dalam video tersebut kurang melibatkan siswa untuk lebih aktif lagi dalam pembelajaran, seperti meminta siswa memberikan contoh lain bagaimana mencari materi akar pangkat 3 dan juga guru sebaiknya memberi kesempatan siswa untuk mengerjakan soal secara mandiri (Critical Thinking and Problem Solving). Dalam memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.
Penjelasan guru dalam video tersebut sudah detail dan jelas.
Namun kurang melibatkan siswa dalam materinya, seperti memberi siswa latihan soal materi sejenis.
Nama : SAVIRA AULIA
NIM : 858808951
Program Studi : PGSD
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, dapat dikatakan bahwa sebenarnya untuk menjelaskan kepada siswa jika dalam mencari akar pangkat 3 dari bilangan diatas 1000 tidaklah sulit, yang terpenting guru mampu menyampaikan materi tersebut dengan baik dan sederhana kepada siswa sehingga siswa mampu menerima dan memahami penjelasan mengenai materi tersebut dan dapat mengerjakan soal yang berkaitan dengan akar pangkat 3 dengan baik dan benar. Serta jika dalam penyampaian materi tersebut dengan menggunakan cara yang menarik maka siswa pun juga akan lebih antusias dalam memperhatikan penyampaian materi tersebut.
Terima kasih
NAMA : VIDIYANTI LAILA SARI
NIM : 858821517
PRODI : PGSD
Dalam video di atas menurut saya guru telah menyampaikan materi secara baik dan mudah dipahami. Pada kegiatan pembuka guru menyampaikan tujuan pembelajaran yakni mencari akar pangkat 3 dari bilangan lebih dari 1000. Guru juga membuat kaitan dengan pembelajaran sebelumnya. Hanya saja kegiatan pembukaan kurang menarik dikarenakan guru tidak menyapa siswa dengan semangat, tidak membangkitkan motivasi belajar kepada siswa, serta kurang menarik perhatian siswa. Pengajaran tidak menggunakan alat peraga sehingga kurang menarik perhatian siswa dan sedikit membosankan. Ditambah lagi dengan guru yang cenderung menggunakan metode ceramah menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar. Dan yang terakhir, dalam video tersebut guru tidak memberikan soal latihan yang dikerjakan secara mandiri oleh siswa. Saran untuk perbaikan yaitu kegiatan dimulai dan diakhiri dengan berdo’a, guru bisa mencoba menggunakan alat peraga seperti pakapati (papan akar pangkat tiga) untuk mengaktifkan peran siswa, guru memberikan lembar kerja peserta didik secara mandiri yang berisi latihan soal mengenai penarikan akar pangkat tiga lebih dari 1000 agar dapat mengetahui bagaimana tingkat pemahaman tiap siswa. Dari hasil evaluasi tersebut guru dapat memberikan tindak lanjut yang harus dilakukan seperti memberi PR, dan sebagainya.
Mungkin bisa diberi analisis anda mengenai kelebihan dan kekurangan video serta saran perbaikan!
NAMA: KUNI AGUSTI MASRUROH
NIM: 858812872
PROGRAM STUDI: S-1 PGSD
UPBJJ: UT MALANG
POKJAR: AMANAH GARUM
Dalam video pada kegiatan pendahuluan tidak diperlihatkan guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa serta tidak menanyakan kehadiran siswa. Namun guru menyinggung mengenai pembelajaran minggu lalu. Cara guru menjelaskan sangat mudah dipahami oleh siswa. Siswa dilibatkan untuk menyelesaikan soal untuk mencari akar pangkat 3 dari bilangan lebih dari 1000. Kelemahan lainnya tidak adanya kegiatan penutup dan penugasan kepada siswa untuk menilai seberapa pahamnya siwa mengenai materi akar pangkat 3 dari bilangan lebih dari 1000.
Nama : Lydia Doris Fransiska Simare-mare
Nim : 859875719
Prodi : S1 PGSD (BI )
Pokjar : Medan
Menurut pendapat saya : apa yang dilakukan guru tersebut sudah sangat baik dan jelas dalam mencari akar pangkat 3 yang lebih dari 100
Penjelasan sangat singkat dan jelas dengan menggunakan cara yang cepat dengan dasar pangkat tiga 1-10 dan bilangan kubik 1-10
Hanya memperhatikan bilangan depan dan bilangan belakang dari akar pangkat tiga bilangan yang akan dicari.
Dengan demikian siswa lebih mudah memahaminya
NAMA : ANDI JULI HARTANTO
NIM : 857603142
PRODI : PGSD BI S1
UPBJJ : PURWOKERTO
POKJAR : SLAWI
Menurut pendapat saya : apa yang dilakukan guru tersebut sudah sangat baik dan jelas dalam mencari akar pangkat 3 yang lebih dari 1.000
Penjelasan sangat singkat dan jelas dengan menggunakan cara yang cepat dengan dasar pangkat tiga 1-10 dan bilangan kubik 1-10
Hanya memperhatikan bilangan depan dan bilangan belakang dari akar pangkat tiga bilangan yang akan dicari.
Mungkin perlu ditambahkan lagi penjelasan mengenai perubahan angka satuan pada bilangan 1-10 yang dipangkatkan tiga dengan hasil pangkat tiganya. Jadi bisa menambah wawasan dan pemahaman siswa mengenai materi akar pangkat tiga
Misal
Angka satuan bilangan pangkat tiga (A3) Angka satuan hasil pangkat tiga
13 = 1 x 1 x 1 = 1
23 = 2 x 2 x 2 = 8
33 = 3 x 3 x 3 = 27
43 = 4 x 4 x 4 = 64
53 = 5 x 5 x 5 = 125
63 = 6 x 6 x 6 = 216
73 = 7 x 7 x 7 = 343
83 = 8 x 8 x 8 = 512
93 = 9 x 9 x 9 = 729
103 = 10 x 10 x 10 = 1000
Perubahan angka satuan pada pangkat tiga dan hasilnya
2 8
3 7
7 3
8 2
Angka satuan pada pangkat tiga dan hasilnya
1 1
4 4
5 5
6 6
9 9
0 0
Dengan demikian siswa memiliki konsep pemahaman yang lengkap dan utuh.
NAMA : MEITA RIZKI INDRIANI
NIM : 856998326
KELAS : A (semester 6)
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : SIDOMULYO
Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran diatas, Guru sudah menyampaikan materi secara baik dan mudah dipahami dan dapat memberikan trik cepat menghitung akar pangkat 3 lebih dari 1000 dengan cara siswa harus hafal dan memahami akar pangkat 3 dari 1-10. Mungkin perlu ditambahkan lagi penjelasan mengenai perubahan angka satuan pada bilangan 1-10 yang dipangkatkan tiga dengan hasil pangkat tiganya. Jadi bisa menambah wawasan dan pemahaman siswa mengenai materi akar pangkat tiga
Misal
Angka satuan bilangan pangkat tiga (A3) Angka satuan hasil pangkat tiga
13 = 1 x 1 x 1 = 1
23 = 2 x 2 x 2 = 8
33 = 3 x 3 x 3 = 27
43 = 4 x 4 x 4 = 64
53 = 5 x 5 x 5 = 125
63 = 6 x 6 x 6 = 216
73 = 7 x 7 x 7 = 343
83 = 8 x 8 x 8 = 512
93 = 9 x 9 x 9 = 729
103 = 10 x 10 x 10 = 1000
Perubahan angka satuan pada pangkat tiga dan hasilnya
2 8
3 7
7 3
8 2
Angka satuan pada pangkat tiga dan hasilnya
1 1
4 4
5 5
6 6
9 9
0 0
Dengan demikian siswa memiliki konsep pemahaman yang lengkap dan utuh.