silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….
Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
–
–
–
–
Nama : FUTRI SRI WAHYUNI
Nim : 858921308
Pokjar : Giri
Pada video tersebut seorang guru sedang melakukan pembelajaran dikelas. Terlihat guru berupaya menciptakan suasana belajar yang kondusif melalui berbagai strategi, seperti media pembelajaran dan pendekatan yang menyenangkan. Guru juga tampak memberi ruang bagi siswa, khususnya ketua kelas untuk ikut berperan aktif sejak awal kegiatan.
Guru juga membagikan kelompok dengan menggunakan modul tersebut sebagai sumber belajar, juga menjadi poin penting dalam pembelajaran. Guru membimbing siswa memahami materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia“. Siswa juga terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran, mereka berpartisipasi dalam diskusi dan menunjukkan minat terhadap materi yang disampaikan oleh guru tersebut.
Namun, akan lebih menarik meskipun menggunakan media pembelajaran, guru cenderung menggunakan metode yang sama sehingga berpotensi menimbukan kebosanan pada siswa. Sebaiknnya guru dapat menggunakan media visual seperti gambar atau video agar suasana kelas lebih hidup dan siswa dapat memahami media visual.
Kesimpula dari analisis Video “Menciptakan Suasana Kelas Kondusif” dari GPO UT memberikan wawasan penting bagi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Dengan pendekatan yang humanis, penggunaan media pembelajaran yang menarik, dan interaksi positif, guru dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Nama : FUTRI SRI WAHYUNI
Nim : 858921308
Pokjar : Giri
Pada video tersebut seorang guru sedang melakukan pembelajaran dikelas. Terlihat guru berupaya menciptakan suasana belajar yang kondusif melalui berbagai strategi, seperti media pembelajaran dan pendekatan yang menyenangkan. Guru juga tampak memberi ruang bagi siswa, khususnya ketua kelas untuk ikut berperan aktif sejak awal kegiatan. Guru juga membagikan kelompok dengan menggunakan modul tersebut sebagai sumber belajar, juga menjadi poin penting dalam pembelajaran. Guru membimbing siswa memahami materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia“. Siswa juga terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran, mereka berpartisipasi dalam diskusi dan menunjukkan minat terhadap materi yang disampaikan oleh guru tersebut. Namun, akan lebih menarik meskipun menggunakan media pembelajaran, guru cenderung menggunakan metode yang sama sehingga berpotensi menimbukan kebosanan pada siswa. Sebaiknnya guru dapat menggunakan media visual seperti gambar atau video agar suasana kelas lebih hidup dan siswa dapat memahami media visual. Kesimpula dari analisis Video “Menciptakan Suasana Kelas Kondusif” dari GPO UT memberikan wawasan penting bagi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Dengan pendekatan yang humanis, penggunaan media pembelajaran yang menarik, dan interaksi positif, guru dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Nama Gusniat Zai
Nim 859885544
Menurut tanggapan saya dalam vidio diatas menampilkan seorang guru sedang melakukan proses pembelajaran dengan suasana kelas yang tenang dan nyaman.dalam vidio tersebut guru mengajak siswanya belajar aktif dan melibatkan siswanya untuk lebih mendalami disetiap materi pembelajaran yang disampaikan,
Nama Gusniat Zai
Nim 859885544
Menurut tanggapan saya dalam vidio diatas menampilkan seorang guru sedang melakukan proses pembelajaran dengan suasana kelas yang tenang dan nyaman, dalam vidio diatas juga guru tetap mengajak siswanya untuk aktif dalam menyampaikan tanggapan dan saran mereka dengan cara guru tetap mengontrol siswa terlihat tertib dan tenang. Dengan cara guru menciptakan suasana kelas yang kondutif,siswa juga dengan mudah memahami dan mengerti pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Nama : Uswatun Hasanah
NIM : 877956071
Pokjar : Sampang
Video diatas menampilkan guru yang sedang melangsungkan kegiatan mengajar di kelasnya, terlihat memberi tugas kelompok kepada muridnya dimana didalam kelas tersebut terlihat menciptakan suasana kelas yang kondusif dan nyaman membuat siswa menjadi fokus dalam mendalami dan memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Guru juga menyampaikan pembelajaran dengan jelas dan tepat sehingga mudah dipahami oleh siswa.
Inti penting dalam video tersebut.
– Guru memberikan arahan tempat yang sesuai untuk memmbagi kelompok disetiap siswanya
– Guru membangun kelas yang kondusif agar siswanya nyaman untuk belajar
– guru memberi kesempatan menjawab terhadap siswanya dengan begitu siswa menjadi lebih paham apa yang sedang mereka pelajari
– suasana yang nyaman dapat berpengaruh terhadap kegiatan belajar.
Yang perlu ditingkatkan lagi dengan
memberikan kegiatan quiz untuk lebih mengasah kemampuan siswa nya. Dan perlu sedikit memanfaatkan suasana sekitar agar lebih baik lagi.
Lebih mendekatkan lagi hubungan terhadap siswanya agar siswa merasa nyaman.
Terimakasih 🙏
Nama : Eva Arnas
NIM : 877312497
Pokjar : Sampang
Menurut pendapat saya tentang video diatas bahwasanya kelas terpantau cukup kondusif. Adanya kelas yang kondusif karena adanya guru yang mengamati murid dengan baik dengan adanya kelompok untuk mendiskusikan pelajaran dan membuat pertanyaan bagi siwa yang kurang faham sehingga murid nyaman untuk belajar. Selain itu guru harus menggunakan beberapa cara seperti menggunakan video ataupun praktek serta membuat kuis, supaya siswa bisa mengamati pelajaran dengan dengan baik.
Terima kasih🙏
Nama: Indah Lestari Alam
NIM: 859419772
Pokjar: Makassar
Pada video tersebut menampilkan seorang guru yang sedang melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas yang berjalan efektif dan nyaman. Tampak guru yang memberikan penjelasan materi dan siswa yang lumayan aktif dengan suasana kelas yang tetap aman. Pada video guru memberikan penguatan materi di awal pembelajaran dan memberikan motivasi sehingga siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru selalu melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan membentuk kelompok dan memberikan penguatan kepada siswa untuk bisa melakukan diskusi dan mengemukakan pendapat mereka.
Beberapa cara yang dilakukan guru:
* Guru membangun hubungan yang positif dengan siswa, memberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat.
* Metode belajar yang variatif, memberikan kepercayaan kepada siswa untuk membentuk kelompok sendiri dan bemain peran.
* Pengelolaan kelas yang tidak monoton.
Hal yang perlu dikembangkan oleh guru dalam pembelajaran:
* Guru bisa membuat media pembelajaran yang lebih menarik dengan memanfaatkan teknologi. Misalnya, dengan media video atau gambar yang lebih nyata.
* Guru memilih metode belajar yang lebih interaktif.
* Memulihkan semangat siswa dengan memberikan ice breaking di sela2 pembelajaran, agar siswa tidak bosan.
Video tersebut menggambarkan kondisi kelas saat guru menjelaskan materi dengan metode diskusi.
Metode ini dapat membantu menciptakan suasana yang kondusif dengan melakukan
1. Menciptakan suasana kelas yang nyaman, aktif dalam berpartisipasi,membangun sikap yang positif dengan sikap yang ramah dan hangat.
2. Membuat kesepakatan bersama didalam kelas dan mengapresiasi setiap usaha yang dilakukan oleh setiap siswa.
Nama: Adisti Yasmina
NIM: 857363291
Kondisi Pembelajaran
Siswa terlihat tidak siap mengikuti pembelajaran, dibuktikan dengan keaktifan siswa membaca buku dan menjawab pertanyaan guru dengan benar, namun, ada saja beberapa murid yang terlihat asyik dengan aktivitasnya sendiri.
Kelemahan
Guru tidak memberi komentar apapun terhadap jawaban siswa
Guru tidak menjelaskan apapun tentang materi yang akan dipelajari
Kelebihan
Terlihat suasana kelas cukup aktif namun tetap terkontrol. Guru menggunakan pendekatan interaktif, mengajak siswa berdiskusi, dan memberikan pujian ketika siswa menjawab pertanyaan.