silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….
Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
–
–
–
–
Nama : Ambar Sri Rahayu
NIM : 857041118
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif seorang guru perlu menerapkan peraturan kelas diawal pembelajaran. Peraturan tersebut harus ditaati dan tidak boleh dilanggar oleh para siswa dikelas. Dengan ada nya peraturan diawal diharapkan kondisi kelas akan kondusif selama proses pembelajaran.
Nama : Nila Niamilah
NIM : 857699689
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Proses pembelajaran yaitu interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya. Sehingga terjadilah proses informasi menjadi keterampilan, pengetahuan dan sikap pada diri anak sebagai hasil dari proses pembelajaran, mulai dari pola interaksi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan sumber pembelajaran dan lainnya.
Adapun cara untuk membangun lingkungan yang kondusif dalam pembelajaran di antaranya yaitu; Pertama menata ruang kelas belajar, untuk menciptakan pembelajaran kondusif, diperlukan penataan kelas yang baik dan tepat.
Pasalnya ruang kelas merupakan lingkungan utama untuk menciptakan kegiatan belajar dan mengajar yang menyenangkan. Ruang belajar yang bersih, nyaman dan tertata dengan rapi akan mendukung suasana belajar yang baik pula. Kedua, kita dapat menyusun letak bangku dan meja belajar di kelas sesuai dengan kebutuhan dan situasi ruangan.
Misalnya, ketika kita menginginkan penjelasan dan visualisasi materi yang kita ajarkan dapat dilihat seluruh siswa di tengah kita dapat menyusun bangku menjadi bentuk bulat atau U. Jika cara-cara penataan kelas tersebut sudah kita kuasai, bukan tidak mungkin misi kita untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif akan tercapai.
Nama : Nila Niamilah
NIM : 857699689
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Adapun cara untuk membangun lingkungan yang kondusif dalam pembelajaran di antaranya yaitu; Pertama menata ruang kelas belajar, untuk menciptakan pembelajaran kondusif, diperlukan penataan kelas yang baik dan tepat.
Pasalnya ruang kelas merupakan lingkungan utama untuk menciptakan kegiatan belajar dan mengajar yang menyenangkan. Ruang belajar yang bersih, nyaman dan tertata dengan rapi akan mendukung suasana belajar yang baik pula. Kedua, kita dapat menyusun letak bangku dan meja belajar di kelas sesuai dengan kebutuhan dan situasi ruangan.
Misalnya, ketika kita menginginkan penjelasan dan visualisasi materi yang kita ajarkan dapat dilihat seluruh siswa di tengah kita dapat menyusun bangku menjadi bentuk bulat atau U. Jika cara-cara penataan kelas tersebut sudah kita kuasai, bukan tidak mungkin misi kita untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif akan tercapai.
Nama : Nila Niamilah
NIM : 857699689
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Pasalnya ruang kelas merupakan lingkungan utama untuk menciptakan kegiatan belajar dan mengajar yang menyenangkan. Ruang belajar yang bersih, nyaman dan tertata dengan rapi akan mendukung suasana belajar yang baik pula. Kedua, kita dapat menyusun letak bangku dan meja belajar di kelas sesuai dengan kebutuhan dan situasi ruangan.
Misalnya, ketika kita menginginkan penjelasan dan visualisasi materi yang kita ajarkan dapat dilihat seluruh siswa di tengah kita dapat menyusun bangku menjadi bentuk bulat atau U. Jika cara-cara penataan kelas tersebut sudah kita kuasai, bukan tidak mungkin misi kita untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif akan tercapai.
Nama: Dwi Indah Lestari
NIM: 857041092
PRODI: PGSD-S1
UPBJJ: Bandar Lampung
MATA KULIAH: PKP
Mengkondusifkan kelas bukanlah suatu hal yang mudah, karena terdapat banyak sekali karakteristik anak-anak yang berbeda-beda. Diperlukan sebuah cara yang jitu untuk dapat membuat kelas menjdi kondusif.
Berdasarkan video diatas, ada beberapa kekurangan dan juga kelebihan yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar, seperti :
KEKURANGAN :
– Saat awal masuk pembelajaran, guru belum menanyakan kabar dari siswa dan juga belum mengecek kehadiran/absen
– belum menjelaskan materi dan langsung membagi kelompok
– kurangnya interaksi guru dengan siswa
– saat diakusi kelompok guru tidak menanyakan kesulitan yang dihadapi
– saat akhir pembelajaran, guru belum memberikan feed back pembelajaran.
Kelebihan :
– Guru dapat mengkondusifkan kelas sehingga, siswa dengan baik dan siswa bisa menjadi tenang.
– Menenrapkan role model (bermain peran)
Saran :
– Hendaknya guru menjelaskan materi terlebih dahulu untuk merangsang siswa sebelum melanjutkannya dalam diskusi kelompok.
– lebih aware dengan siswa dan memberikan umpan balik saat akhir pembelajaran.
Terimakasih
Nama : Siti Dinny Haandayani
NIM : 857150327
Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas yaitu dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan peran dari guru dan siswa. Dalam hal ini peran guru sangatlah penting mengingat proses pembelajaran yang memakan waktu cukup lama dan dilakukan secara berkala. seperti yang kita lihat dari video diatas terlihat reaksi anak/siswa terkadang sibuk sendiri/ tidak memperhatikan seperti lebih senang mengobrol, bercanda, dan bermain sendiri dengan teman lainnya. Adapun kelemahan guru yaitu kurang tepat/ monoton dalam memberikan metode pembelajaran. Sedangkan kelebihan guru yaitu dapat menjadi ruang bagi siswa dalam mengeksplore pengetahuan baru. Hal unik dari video diatas yaitu menggunakan pembelajaran kelompok sehingga siswa dapat saling bertukar pendapat dengan teman lainnya. Dengan demikian upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran diatas yaitu metode yang digunakan lebih divariasikan contohnya kita dapat melakukan metode kelompok dengan metode demonstrasi, selain metode tanya jawab kita dapat menayangkan sebuah video contoh ‘persiapan kemerdekaan indonesia’ .
Nama : Titi Asmidawati
Nim : 859540008
Prodi :PGSD BI
Pokjar : kota agung barat
Mata kuliah:PKP
untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif seorang guru perlu menerapkan peraturan kelas diawal pembelajaran. Peraturan tersebut harus ditaati dan tidak boleh dilanggar oleh para siswa dikelas. Dengan ada nya peraturan diawal diharapkan kondisi kelas akan kondusif selama proses pembelajaran.
Pasalnya ruang kelas merupakan lingkungan utama untuk menciptakan kegiatan belajar dan mengajar yang menyenangkan. Ruang belajar yang bersih, nyaman dan tertata dengan rapi akan mendukung suasana belajar yang baik pula. Kedua, kita dapat menyusun letak bangku dan meja belajar di kelas sesuai dengan kebutuhan dan situasi ruangan.
Nama : MELFIRA DEVITA
NIM : 855992884
UPBJJ UT : MEDAN
POKJAR : BINJAI
Didalam proses pembelajaran di kelas, tak luput dari masalah seperti yang dipaparkan i video tersebut. Siswa kerap tidak fokus dan menjadi tidak kondusif. Maka dari itu peran guru sangat diperlukan dalam mengatasi masalah tersebut. Guru dapat mewujudkan suasana kelas yang kondusif dengan mengubah metode belajar, pendekatan, ice breaking dan lain sebagainya.
Terima kasih.
Nama : Hafezh Al Hakim
NIM: 856809854
Kelas: PGSD BI
Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas yaitu dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan peran dari guru dan siswa. Dalam hal ini jika kita menggunakan Metode mengajar yang tepat siswa juga akan fokus dengan pembelajaran nya. Kita sebagai guru ingi kelas kita menjadi kondusif maka di awal pembelajaran kita berikan denga nyanyian dahulu atau mini games agar anak sedari awal sudah merasa senang dengan pembelajarannya.
Nama : Hafezh Al Hakim
NIM: 857159466
Kelas: PGSD BI
Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas yaitu dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan peran dari guru dan siswa. Dalam hal ini jika kita menggunakan Metode mengajar yang tepat siswa juga akan fokus dengan pembelajaran nya. Kita sebagai guru ingi kelas kita menjadi kondusif maka di awal pembelajaran kita berikan denga nyanyian dahulu atau mini games agar anak sedari awal sudah merasa senang dengan pembelajarannya.