silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….
Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
–
–
–
–
Nama: Mukhamad farid cahayono
Nim : 858720108
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Bojonegoro
Judul Vidio : Menciptakan suasana kondusif di kelas
Ijin menanggapi video pembelajaran tersebut, setelah saya mengamati pembelajaran dalam prosesnya sudah baik namun di sisi lain masih ada kekurangan yaitu kelasnya belum bisa di katakan kondusif sepenuhnya karna para anak didiknya masih ada yang tidak memperhatikan dalam kata lain bermain sendiri sama temannya tapi masih di tahap bisa terkontrol untuk menanggulanginya bisa kita terapkan mengamati dan pahami perilaku setiap siswa terlebih dahulu sebelumnya ngar bisa memperlakukan peserta didik yang tidak kondusif, selain itu kita bisa melakukan ice breaking di tengah-tengah pembelajaran agar siswa tidak jenuh selain itu untuk menarik perhatian siswa dan memutuskan konsentrasi nya lagi.Di sisi lain perlu di apresiasi vidio pembelajaran tersebut sudah bagus karna gurunya dapat membuat peserta didiknya aktif berani menjawab pertanyaan dan menggapinnya. Cukup itu tanggapan dari saya semoga bermanfaat
Nama : Siti Habibah Nurhasanah
Nim : 857443589
Makul : PKP
UPBJJ : Bandung
Judul Video : Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
Kelebihan:
Berdasarkan video yang saya amati terlihat siswa terlihat kegiatan pembelajaran berjalan dengan kondusif, siswa mengikuti proses pembelajaran dengan baik, guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, guru berperan sebagai fasilitator dengan baik dan adanya interaksi antara guru dan siswa.
Kekurangan:
Pembelajaran terlihat kurang menyenangkan, guru tidak memberikan motivasi di awal pembelajaran, dan guru kurang memberikan materi pelajaran.
Ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan
1. memberikan kegiatan pra pembelajan, juga memberikan motivasi di awal pembelajaran
2. Memberikan ice breaking
3. Memyampaikan materi pembelajaran
Nama : Eka Suci Rahayu
NIM : 858564756
Pokjar Pagelaran UPBJJ UT Malang
Pendapat saya :
Dalam video tersebut, guru kurang dapat menciptakan kelas yang kondusif. Di awal guru hanya langsung menyuruh siswa untuk membaca tanpa memberikan penjelasan awal mengenai materi yang dipelajari. dalam pembentukan kelompok, guru juga hanya langsung menyuruh siswa untuk membentuk kelompok sendiri. Padahal ketika siswa membentuk kelompok sendiri, biasanya terjadi ketidakadilan dala kelompok, seperti siswa yang pandai hanya mau dengan yang pandai saja. Seharusnya guru lah yang membentuk kelompok, agar setiap kelompok sama rata kemampuannya.
Terimakasih.
Nama : Chica Savitri Br. Pohan
Nim : 855856313
Makul : Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM)
UPBJJ : Medan
Pokjar: Labuhanbatu utara (labura)
Judul : Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
1. Bagaimana reaksi anak /siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Pada kegiatan pembelajaran kondisi siswa kurang Kondusif. Dan diawal kegiatan, guru tidak melakukan pemberian motivasi atau ice breaking yang dapat menarik minat belajar siswa dan membuat kelas tidak terlihat begitu kaku.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam pembelajaran?
Secara keseluruhan kelemahan guru dalam kegiatan pembelajaran dari awal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal dengan baik, tidak ada nya kegiatan menyapa siswa, kegiatan berdoa, memotivasi siswa, atau kegiatan apersepsi yang dapat membuat siswa tidak merasa terlalu tertekan, serta tidak adanya penyampaian tujuan pembelajaran.
3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam video tersebut dalam melakukan pembelajaran?
Dalam video tersebut guru terlihat sangat membimbing siswa dalam berdiskusi kelompok, dan dalam mempresentasikan hasil diskusi mereka, serta membimbing pelajaran dengan cara bermain peran.
4. Hal hal unik apa saja yang ditemukan dalam video dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
Dalam video pembelajaran tersebut terlihat bahwa guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang memfokuskan pada ke aktif an siswa dalam belajar,seperti dengan memadukan antara diskusi kelompok dan bermain peran.
5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut saya guru harus melakukan kegiatan awal yang baik pada proses pembelajaran dengan melakukan menyapa, mencek kehadiran, kegiatan berdoa sebelum belajar, kegiatan apersepsi, pemberian motivasi, serta dapat melakukan pemberian ice breaking kepada siswa dengan tujuan membuat siswa senang atau bahagia terlebih dahulu sehingga nantinya siswa dapat menerima pelajaran dengan baik serta siswa tidak akan merasa bahwa pembelajaran yang dilakukan kaku ataupun merasa tertekan selama proses pembelajaran berlangsung dan dapat menarik perhatian minat belajar siswa.
Nama : Nurlita Fitrianti
NIM. : 858827041
Pokjar Kota Kediri
Judul video : Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Pada awal kegiatan pembelajaran pada video terlihat sudah cukup kondusif dan siswa cukup memperhatikan guru. Selain itu, siswa juga lebih cepat tanggap dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran pada video tersebut adalah kurang humoris dan ceria sehingga siswa terlihat tegang dalam proses pembelajaran. Pada awal pembelajaran guru tidak dapat memberikan suasana kelas yang menyenangkan, guru langsung memberikan tugas kepada siswa tanpa menjelaskan dan mereview pembelajaran yang sudah diajarkan untuk memperkuat pemahamannya. Pada pertengahan pembelajaran terlihat siswa yang mulai bosan dengan mengobrol sendiri dengan temannya.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran pada video tersebut adalah guru mampu menciptakan suasana yang kondusif di kelas, sehingga siswa menjadi lebih disiplin dalam memperhatikan perintah guru. Pada pembelajaran IPS yang terbilang memiliki materi bacaan yang banyak, guru menggunakan metode diskusi untuk memudahkan siswa dalam menanggapi suatu tugas.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Siswa SD menjadi disiplin dan kondusif dengan adanya guru yang pendiam dan disipin. Padahal seusia anak SD sangat minim untuk nurut dengan perintah guru.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
1) Guru harus bisa menguasai kelas dan membuat kelas lebih nyaman dan kondusif. Misalnya, pada awal pembelajaran guru perlu melakukan kegiatan ice breaking untuk menarik perhatian siswa agar siswa lebih mudah dan tidak bosan dalam menerima pembelajaran.
2) Guru harus bersikap ceria dan humoris terhadap siswa untuk membangkitkan semangat serta sering memberikan motivasi agar siswa lebih tertarik pada proses pembelajaran.
3) Guru harus menciptakan suatu inovasi seperti menggunakan media dan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Metode diskusi kelompok sangat cocok digunakan untuk anak SD memberikan pemahaman pada siswa dalam memecahkan masalah secara kelompok.
Nama : Junima Wati Waruwu
Nim : 856037351
MK : Pemantapan Kemampuan Guru Profesional
UPBJJ UT MEDAN
SALUT DAMAI IDANOGAWO NIAS
Judul Video
MENCIPTAKAN SUASANA KELAS KONDUSIF
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru??
Pada kegiatan pembelajaran sesuai video di atas menurut saya Siswa kurang kondusif, gimana kondusif merupakan memberi peluang pada hasil yang diinginkan yang bersifat mendukung. Dari awal kegiatan guru tidak memberikan motivasi yang dapat menarik minat belajar siswa sehingga siswa kurang kondusif dan kelas terlihat begitu kaku.
Pada awal kegiatan sebenarnya bukan masalah jika harus menyuruh-nyuruh siswa melaksanakan sesuatu misalnya mengambil buku di lemari buku, dan lain sebagainya, namun menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan mendukung itu juga termasuk dari bagaimana cara guru bisa mendekatkan diri kepada siswa. Sebenarnya pada saat membagi buku pelajaran yang dibagikan kepada masing-masing siswa itu ada baiknya jika guru itu sendiri yang langsung membagikan buku tersebut agar bisa langsung dekat dengan siswa-siswinya dalam kelas.
2. Secara keseluruhan Apa saja kelemahan guru dalam pembelajaran?
Kelemahan guru dalam pembelajaran sesuai video tersebut adalah pada awal kegiatan pembelajaran guru tidak menyapa siswa, tidak berdoa tidak memberikan motivasi kepada siswa ataupun apresiasi pada saat siswa menjawab pertanyaan sehingga membuat siswa merasa tidak nyaman serta tidak ada tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam video tersebut dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru sesuai video tersebut adalah guru membimbing siswa berdiskusi kelompok serta presentasi hasil dari diskusi dan membimbing pembelajaran dengan cara bermain peran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video dari guru saat melaksanakan pembelajaran??
Sesuai video tersebut guru dapat menggunakan metode pembelajaran fokus pada keaktifan siswa serta dapat memadukan diskusi kelompok.
5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut pendapat saya yang dilakukan guru sesuai video di atas untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah
– melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan cara menyapa siswa
– mengajak siswa berdoa
– mengecek
– Serta memberikan hiburan berupa lagu sebelum memulaikan pembelajaran
– memberikan apresiasi dan motivasi
– memberikan tugas dan bersama-sama menyelesaikan tugas atau diskusi itu sendiri secara bersama-sama antara guru dan peserta didik.
Dan tentunya segala sesuatu hal tersebut agar proses pembelajaran berlangsung nyaman menarik serta menarik perhatian minat belajar siswa dan menciptakan kelas yang kondusif.
Terimakasih 🙏
Kurangnya Kondusivitas Kelas dan Strategi Pembentukan Kelompok yang Kurang Tepat dalam Video Pembelajaran:
Video tersebut menunjukkan beberapa kekurangan dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan strategi pembentukan kelompok yang kurang tepat.
Pertama, guru langsung menyuruh siswa membaca materi tanpa penjelasan awal. Hal ini dapat membuat siswa kebingungan dan kesulitan memahami materi yang akan dipelajari. Pemberian penjelasan awal oleh guru sebelum membaca materi dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan memahami konteks pembelajaran.
Kedua, guru hanya menyuruh siswa untuk membentuk kelompok sendiri tanpa arahan yang jelas. Hal ini berpotensi menimbulkan ketidakadilan dalam kelompok, seperti siswa yang pandai hanya mau berkelompok dengan yang pandai saja. Sebaiknya guru lah yang membentuk kelompok dengan mempertimbangkan kemampuan dan karakteristik siswa agar tercipta kelompok yang seimbang dan optimal dalam proses belajar mengajar.
Saran Perbaikan:
Guru memberikan penjelasan awal sebelum siswa membaca materi.
Guru memberikan arahan yang jelas dalam pembentukan kelompok, seperti membagi kelompok berdasarkan kemampuan atau karakteristik siswa.
Guru melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses belajar mengajar dalam kelompok.
Nama : Yunita
Nim : 856980621
setelah saya mengamati pembelajaran dalam prosesnya sudah baik namun di sisi lain masih ada kekurangan yaitu kelasnya belum bisa di katakan kondusif sepenuhnya karna para anak didiknya masih ada yang tidak memperhatikan dalam kata lain bermain sendiri sama temannya tapi masih di tahap bisa terkontrol untuk menanggulanginya bisa kita terapkan mengamati dan pahami perilaku setiap siswa terlebih dahulu sebelumnya agar bisa memperlakukan peserta didik yang tidak kondusif, selain itu kita bisa melakukan ice breaking di tengah-tengah pembelajaran agar siswa tidak jenuh selain itu untuk menarik perhatian siswa dan memutuskan konsentrasi nya lagi.Di sisi lain perlu di apresiasi vidio pembelajaran tersebut sudah bagus karna gurunya dapat membuat peserta didiknya aktif berani menjawab pertanyaan dan menanggapi nya.
Ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan
1. memberikan kegiatan pembelajaran, juga memberikan motivasi di awal pembelajaran
2. Memberikan ice breaking
3. Menyampaikan materi pembelajaran
Sekian pendapat dari saya terima kasih
Nama : Meishy Gersbby
Nim :859786762
UPBJJ UT Medan
Assalamualaikum Wr.Wb.
Setelah saya melihat isi video di atas. Bahwasanya guru mengajar menggunakan pembelajaran variasi tetapi guru memberikan tugas kepada anak dengan ekspresi datar dan biasa aja. Menurut pemahaman saya setelah mempelajari pembelajaran variasi guru aktif dan siswa juga aktif dalam arti guru memberikan pembelajaran dengan percaya diri dan semangat, agar siswa memahami apa yg kita berikan kepada siswa.
Pentingnya untuk memahami bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam menangkap pembelajaran. Sebagai siswa cepat memahami materi pembelajaran sedangkan sebagian yang lain membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempelajari tugas yang diberikan. Sebagai guru yang terlibat langsung di kelas suasana semestinya kita bisa memahami perbedaan dan menunjukkan rasa peduli terhadap siswa agar suasana kelas tetap menyenangkan.
Terimakasih.
NAMA: MERI FORTI MUNTE
NIM:856053854
UPBJJ:MEDAN
Menciptakan suasana kondusif dalam sebuah kegiatan pembelajaran sangat perlu dilakukan . Hal ini untuk menunjang kelancaran proses dari kegiatan belajar mengajar. Namun sebagai seorang guru saya sering menghadapi keadaan yang mana siswa kurang kondusif sehingga proses pembelajaran tidak berjalan lancar. menciptakan suasana kelas yang kondusif dapat dilakukan dengan beberapa metode salah satunya, menggunakan metode kelompok . Dengan metode kelompok dapat memberikan ruang bagi siswa untuk aktif dalam menyampaikan pendapat. Hal ini juga membuat siswa memiliki peran masing masing sehingga membuat siswa fokus terhadap peran yang dimiliki. Tentunya hal tersebut dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif. Selain hal itu Sebagai seorang guru saya biasanya menggunakan media yang menarik agar siswa tidak bosan selama pembelajaran berlangsung, karena apabila siswa merasa bosan akan menimbulkan keributan oleh peserta didik.