silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir Suroyo, M.Sc.


Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.

Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.

Cukup sesuai walau belum maksimal.

Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

322 Comments

  1. NAMA : GHINA SALSABILA
    NIM : 857114875
    PRODI : PGSD SEMESTER 6

    Setelah mengamati video diatas pendapat saya adalah materi yang dijelaskan sudah cukup baik dan lengkap serta pengenalan nama nama benda yang ada di lingkungan sekitar juga sudah baik.

    Kelebihan yang saya amati divideo tersebut ialah :
    a. Guru sudah baik dalam kegiatan awal pembuka dan murid sangat antusias untuk memulai pembelajaran.
    b. Guru membuat kelompok untuk murid untuk saling berdiskusi untuk kerja sama.
    c. Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda tersebut .
    d. Guru meminta murid untuk maju menjelaskan contoh pengenalan tentang deskripsi papan tulis agar semua murid dikelas diajarkan untuk aktif.

    Namun kekurangan yang saya amati adalah sebaiknya pada saat pembelajaran diawali dengan salam, menyapa siswa dan berdoa atau juga bisa ditambah ice breaking agar membangun konsentrasi dan semangat belajar siswa, guru juga tidak mengelola kelompok untuk berdiskusi sehingga ada salah satu anak yang tidak fokus mengikuti pembelajaran.

  2. Nama EKO MARIYADI
    Nim 837607643
    Pokjar Jenggawah UPBJJ JEMBER
    Menurut saya
    Guru sudah baik dalam kegiatan awal pembuka dan murid sangat semangat untuk memulai pembelajaran.
    Dan guru membuat kelompok belajar supaya anak anak menjadi semangat untuk berdiskusi
    Guru memberi contoh benda dan mengenal kan kepada siswanya

    Dan seharusnya ketika pembukaan awal dikasih ice breaking supaya anak anak lebih semangat lagi dan suasana kelas menjadi semangat untuk belajar.

  3. Assalamualaikum.
    Nama : Apriani Kurniadi
    Nim : 856983136
    Pokjar : Banjar Agung provinsi Lampung
    Dalam video ini guru mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan sangat jelas dan antusias, guru juga melakukan tanya jawab dengan siswa sehingga siswa menjawabnya dengan semangat pula. Siswa juga tidak takut dan malu ketika di suruh maju ke depan kelas dan mendeskripsikan benda-benda yang ada di sekitar. Kekurangannya adalah tidak adanya absensi/mengecek kehadiran siswa, tidak aktifnya kelompok siswa sehingga tidak adanya diskusi antar siswa, dalam pendahuluan terdapat salam tapi diakhir pembelajaran tidak ada salam.
    Terima kasih
    Wassalamualaikum.Wr.Wb.

  4. Nama : RENI FAJRIYATI
    NIM : 857604681
    Program Studi: SI-PGSD- BI SEMESTER 2

    Siswa sangat antusias terhadap kegiatan pembelajaran yang menarik , kreatif dan terampil ,guru juga sudah memberikan pembelajaran dengan contoh yang konkret / nyata dengan memanfaatkan benda yang ada disekitar sebagai media pembelajaran sehingga membuat siswa siswa ingin tahu dan aktif dalam pembelajaran, siswa dapat mudah memahaminya dan mendeskripsikan benda disekitar.
    Divideo ini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju mendeskripkan benda tersebut . Disini guru menunjukan agar anak berani dan percaya diri ini sangat bagus dan menginspirasi guru lainnya.
    Kekurangan divideo ini guru tersebut tidak memulai kegiatan pembelajaran dengan apresiasi seperti berdoa, bernyanyi agar dapat memotivasi siswa dan membangun konsentrasi siswa .
    Guru tersebut juga tidak bisa mengelola diskusi setiap kelompok yang dibuatnya, karena banyak siswa yang berbicara dan tidak memperhatikan pembelajaran, ada juga yang bermain sendiri. Kesimpulan / penjelasan kepada siswa juga belum diterapkan yang bertujuan untuk mengingat materi yang diajarkan tersebut. Berdoa sebelum pulang tidak diterapkan divideo ini.

  5. Nama : Al Adamus Firdaus
    Nim : 858901764
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Giri

    Hasil analisis saya, dalam kegiatan pembuka pelajaran tidak diawali dengan kegiatan yang dapat menarik perhatian atau konsentrasi siswa terhadap pembelajaran. Kegiatan apresepsi juga tidak tampak. Guru langsung masuk pada materi.bahasa yang digunakan pun tampak kaku, kurang membangun suasana keakraban pada siswa, mengingat kegiatan ada di kelas rendah.

    Di dalam kegiatan inti guru sudah memanfaatkan media dan alat peraga yang ada di sekitar siswa. Guru juga sudah melibatkan beberapa siswa dalam pembelajaran meski guru masih tetap lebih mendominasi.

    Di akhir kegiatan guru tidak menggiring siswa untuk membuat kesimpulan yang dapat memantapkan pemahaman siswa terhadap konsep materi. Guru juga tidak memberikan motovasi belajar pada siswa. Tetapi guru telah melakukan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan PR pada siswa.

  6. Nama: Trisni Sri Emawati
    Nim: 857795544
    Program Studi PGSD-S1
    UPBJJ: Surakarta

    Menurut saya video pembelajaran ini bagus dan guru sangat aktif dalam upaya meningkatkan perhatian kepada siswa SD kelas rendah melalui contoh bagaimana cara mendiskripsikan benda-benda konkret yang ada di sekitar kelas, contohnya: kursi, kotak penghapus, bola.
    Gurupun juga sudah menjelaskan asal benda-benda yang telah disebutkan tadi. Siswa langsung bisa memahami dengan jelas.
    Namun belum terlihat maksimal, karena penguasaan kelas masih dalam kelompok besar
    Kemudian guru membimbing setiap kelompok yang tujuannya dapat mendiskripsikan benda-benda tersebut secara tepat.

  7. Nama: Trisni Sri Emawati Nim: 857795544 Program Studi PGSD-S1 UPBJJ: Surakarta

    Menurut saya video pembelajaran ini bagus dan guru sangat aktif dalam upaya meningkatkan perhatian kepada siswa SD kelas rendah melalui contoh bagaimana cara mendiskripsikan benda-benda konkret yang ada di sekitar kelas, contohnya: kursi, kotak penghapus, bola. Gurupun juga sudah menjelaskan asal benda-benda yang telah disebutkan tadi. Siswa langsung bisa memahami dengan jelas. Namun belum terlihat maksimal, karena penguasaan kelas masih dalam kelompok besar Kemudian guru membimbing setiap kelompok yang tujuannya dapat mendiskripsikan benda-benda tersebut secara tepat.

  8. Nama: Trisni Sri Emawati
    Nim: 857795544
    Program Studi PGSD-S1
    UPBJJ: Surakarta

    Menurut saya video pembelajaran ini bagus dan guru sangat aktif dalam upaya meningkatkan perhatian kepada siswa SD kelas rendah melalui contoh bagaimana cara mendiskripsikan benda-benda konkret yang ada di sekitar kelas, contohnya: kursi, kotak penghapus, bola.
    Gurupun juga sudah menjelaskan asal benda-benda yang telah disebutkan tadi. Siswa langsung bisa memahami dengan jelas.
    Namun belum terlihat maksimal, karena penguasaan kelas masih dalam kelompok besar
    Kemudian guru membimbing setiap kelompok yang tujuannya dapat mendiskripsikan benda-benda tersebut secara tepat.

  9. Menurut saya video pembelajaran diatas sudah bagus didalam video tersebut menjelaskan bagaimana konsep mendiskripsikan benda secara tepat. Seperti contohnya : bola, kursi , kota penghapus. Pembelajaran dibuka oleh guru dengan mengucapkan salam dan menyapa siswa. Didalam video tersebut guru menjelaskan mengenai pengenalan benda.
    Disini guru meminta siswa untuk membentuk kelompok.
    Selanjutnya guru

  10. Nama : Marisi Mega Sihombing
    Nim : 856075803
    Program studi PGSD-S1
    UPBJJ : Batam

    Menurut saya video pembelajaran diatas sudah bagus didalam video tersebut menjelaskan bagaimana konsep mendiskripsikan benda secara tepat. Seperti contohnya : bola, kursi , kota penghapus. Pembelajaran dibuka oleh guru dengan mengucapkan salam dan menyapa siswa. Didalam video tersebut guru menjelaskan mengenai pengenalan benda.
    Disini guru meminta siswa untuk membentuk kelompok.
    selanjutnya guru memberikan tugas dalam bentuk 1 lembar kertas yang di dalamnya sudah berisi gambar. Siswa diminta untuk mendiskripsikan benda sesuai dengan gambar yang telah disiapkan oleh guru.
    Guru juga meminta siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat di video ketika guru meminta salah satu siswa untuk maju dan mendiskripsikan benda yaitu papan tulis.
    kemudian pembelajaran tersebut ditutup dengan doa.

Leave a Reply