silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.
–
Pakar Dosen
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir Suroyo, M.Sc.
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.
Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.
Cukup sesuai walau belum maksimal.
Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Nama : MARTHA RENSA ELITA AWAWANGI
NIM : 815230935
Menurut saya pembelajarannya SDH baik,Cmn dipembelajaran sebaiknya di mulai dgn kegiatan awal,Berdoa,mengambil absen,memberikan pertanyaan pemantik.Di kegiatan pembelajaran ada pembagian kelompok tapi Tdk di berikan tugas bekerja secara klmpk.di akhir pembelajaran Tdk ada refleksi pembelajan.
NAMA : ARMY ANJELINA SIRAIT
NIM : 855867244
Dari pengamatan saya terhadap video pembelajaran diatas memiliki kekurangan seperti diawal pembelajaran guru tidak mengajak siswa untuk berdoa padahal alangkah lebih baiknya berdoa dan mendata siswa supaya guru lebih mengenal para siswa serta tidak adanya ice breaking padahal ice breaking itu dapat membuat para siswa lebih bersemangat sebelum memulai pembelajaran
dibalik kekurangan pasti ada kelebihan seperti halnya guru menguasai materi pembelajaran seperti mengenalkan kepada para siswa mengenalkan benda – benda serta deskripsinya yang mudah untuk dipahami para siswa- siwanya serta contoh benda-benda yang ada disekitarnya.sehingga siwa dapat lebih aktif dalam pembelajaran tentang mengenal benda benda serta mampu mendeskripsikannya.
Nama : Siska Herlina
Nim : 856826503
Dari pengamatan saya pada video pembelajaran diatas yaitu :
*Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran:
– guru menggunakan berbagai macam media pembelajaran seperti kursi,buku,bola,kotak pensil dan penghapus sebagai media untuk mendeskripsikan suatu benda.
– Siswa/siswi tampak antusias dalam menjawab pertanyaan dari guru.
– siswa/siswi merespon penjelasan guru dengan baik.
*Kelemahan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran:
– guru tidak melakukan doa saat pembuka dan penutup dalam pembelajaran.
– guru terlihat kurang semangat saat mengajar di kelas.
– guru tidak mengucapkan salam pada akhir pembelajaran.
Nama : Dea Adetria Putri
Nim : 858826326
Pokjar : Musi
Dalam pembelajaran video tersebut sudah sangat baik, guru mampu menjelaskan manteri dengan jelas dengan cara menggunakan contoh deskripsi benda-benda yang konkret dan memanfaatkan benda yang ada disekitar, sehingga siswa dapat dengan mudah untuk memahami apa yang telah disampaikan guru pada materi tersebut.
sekian tanggapan dari saya, Terimakasih.
Nama : Dea Adetria Putri
Nim : 858826326
Pokjar : Musi
Dalam pembelajaran video tersebut sudah sangat baik, guru mampu menjelaskan manteri dengan jelas dengan cara menggunakan contoh deskripsi benda-benda yang konkret dan memanfaatkan benda yang ada disekitar, sehingga siswa dapat dengan mudah untuk memahami apa yang telah disampaikan guru pada materi tersebut.
sekian tanggapan dari saya, Terimakasih
Nama : FADILLAH M SANUSI
NIM : 859951342
Semester : 6
Pokjar : Kotamobagu
UPBJJ UT : Manado
Setelah saya menonton dan mengamati video pembelajaran tersebut ada beberapa yang saya pahami.
1. Terlihat para murid begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung.
2. Guru telah melakukan metode tanya jawab yang memicu suasana kelas ada timbal balik.
3. Guru telah mendeskripsikan benda secara jelas sehingga peserta didik mudah memahaminya.
4. Namun Guru kurang dalam memberikan ekspresi sehingga kelas terasa kurang menarik.
5. Tidak adanya penguatan setelah siswa berani maju di depan mendeskripsikan benda.
Nama : Tiara Putri
Nim : 856028725
Hasil pengamatan video yang sudah saya lakukan adalah:
Ada kelebihan dan ada juga kekurangan dalam video
1. Kelebihan dari video
– Guru menyapa seluruh siswa dengan baik
– Guru menyampaikan materi pelajaran
– Guru telah memberikan apresiasi berupa stimulus pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran
– Guru telah memberikan tugas ke siswa sesuai dengan materi pelajaran.
2. Kelemahan dari video:
– Guru tidak mempersiapkan atau membuat kelas menjadi kondusif terlebih dahulu
– Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdoa dan memberi absen
– Guru tidak melakukan ice breaking atau bernyanyi yang tujuannya untuk menumbuhkan semangat siswa
– Guru tidak menanyakan materi pelajaran sebelumnya.
Nama : Putri Nur Agustina
Nim : 858928705
Dalam video tersebut seharusnya mulai dari awal guru menyampaikan tujuan pembelajaran terdahulu,agar siswa mempunyai gambaran materi yang akan dipelajari. Guru perlu melakukan apersepsi kepada siswa agar mengingat Kembali materi yang di pelajari sebelumnya dalam video tersebut tidak melakukan apersepsi. Memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat dalam menjalani pemebelajaran. Menjelaskan materi yang dipelajari dengan memberikan contoh bagaimana cara mereka dalam mendeskripsikan benda pada sekitar dan lebih tepatnya menggunakan alat agar mudah dipahami.
Nama : Lidya Aswidya
NIM : 856082174
UBJJ-UT Batam
kelebihan :
menurut saya, video tersebut sudah baik dan siswa dapat menanggapi dengan cepat apa yang guru tersebut tanyakan. siswa juga sudah dapat memahami tentang deskripsi sebuah benda. Guru tersebut menggunakan media pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi, dan menyampaikannya dengan sangat jelas. guru juga memberikan kesempatan kepada salah satu siswa untuk mendeskripsikan tentang sebuah benda, agar siswa lebih terlatih untuk tampil di depan kelas. Guru dan siswa siswa tersebut juga memiliki interaksi yang baik sehingga tidak ada rasa kecanggungan di antara siswa dan guru.
kekurangan :
Dari video tersebut saya amati guru tersebut tidak memulai proses pembelajaran dengan berdoa untuk kelancaran. Lalu tidak menanyakan kabar siswa dan absen untuk menganalisis kesiapan belajar siswa. Guru juga tidak memberikan pertanyaan pemantik di awal sehingga siswa memulai pembelajaran tanpa adanya persiapan. dalam pembentukan kelompok, guru juga tidak memberikan tugas apapun. guru juga tidak menyelipkan ice breaking untuk mencairkan suasana pembelajaran. guru juga tidak memberikan motivasi dan refleksi pembelajaran di akhir guna memberikan motivasi kepada siswa.
keunikan:
Dalam video tersebut saya menemukan beberapa keunikan yaitu kelas tersebut masih menggunakan papan tulis kapur, dan minimnya media pembelajaran di kelas tersebut.
Nama : Rijaya Sitohang
Nim : 855862958
Pokjar : Humbahas
UPBJJ : Medan
Hasil pengamatan saya
secara pengajarannya sudah tepat
dalam menggambarkan bentuk,warna,ukuran setiap benda yang ada di kelas.
namun masih ada kekuranggannya dalam mimik wajah guru tersebut dalam mengajar
sehingga suasana hati murid jadi tidak menentu
ditambah lagi dengan awalan dan akhirannya seperti doa pembuka dan doa penutup.