silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir Suroyo, M.Sc.


Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.

Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.

Cukup sesuai walau belum maksimal.

Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

250 Comments

  1. Nama : VENNY DWI FEBRIAN
    NIM : 857002796
    UPJJ : Way Tuba

    Kelebihan : Suasana yang dibangun guru didalam vidio uni sudah baik,guru sudah menjelaskan dengan tugas dan juga sudah membantu satu persatu siswa dalam metode atau cara membuat sebuah karangan dengan santai tapi pasti dan dapat mudah untuk di mengerti ,walau kurang sedikit dibagian tertentu.
    Kelemahan : vidio tersebut terlihat guru tidak melakukan pendahuluan,Seperti berdoa sebelum pembelajaran dimulai memberi salam dan absen siswa.pada saat menerangkan materi guru hanya memberikan contoh contoh dasar dalam menyusun sebuah karangan.tetapi,ada satu hal yang menurut saya kurang dibagian penjelasan atau dalam memberikan contoh yang akurat untuk sebuah karangan seperti penjelasan dalam sambung menyambung kalinat yang digunakan untuk sebuah karangan
    Deskripsi : vidio tersebut menunjukan metode pembelajaran dalam membuat sebuah karangan.dividio guru sudah menjelaskan mulai dari sebuah tema yang berjudul tamasya lalu guru juga membantu para siswa dalam memilih kata dan kalimat apa saja yang harus ditulis sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas mereka dalam menulis sebuah karangan.
    Saran : guru harus mempersiapkan perencanaan kegiatan pembelejaran dengan terarah

  2. Nama : Hidayati
    NIM : 8204576558
    Kelas : 8B
    Pokjar : Prabumulih
    UPBJJ : Palembang
    Prodi : S1-PGSD
    Tanggapan saya terhadap vidio tentang “Mendeskripsikan Benda-Benda Secara Tepat” untuk pembelajaran di kelas rendah di atas yaitu :
    Pada tahap awal pembelajaran, guru sudah melakukan kegiatan pembukaan dengan memberi salam dan menanyakan kabar siswa, namun terlihat sebagian siswa kurang bersemangat dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Usul saja, sebaiknya untuk mengawali pembelajaran guru bisa menerapkan permainan atau ice breaking untuk menarik perhatian siswa agar mereka bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pemberian materi, guru menggunakan contoh yang kongkrit sehingga siswa dapat lebih mudah mendeskripsikan benda secara tepat, apalagi guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan dan membagi kelompok sehingga mereka dapat bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa dan melatih kerjasama yang baik diantara mereka. Hanya saja guru sebaiknya memberikan apresiasi bagi siswa yang sudah melakukan apa yang diminta oleh guru. Untuk penyampaian tema dalam pembelajaran yaitu cukup jelas dan dapat dipahami oleh siswa, sehingga mereka dapat mendeskripsikan benda, serta belajar mengenai bentuk-bentuk geometri. Dan sebagai pembanding guru hendaknya menampilkan materi bangun datar.

  3. NAMA : SINDI TRI HANDAYANI
    NIM : 857002685
    PRODI : S1-PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Judul : Mendeskripsikan Benda Secara Teapat
    Menurut saya dari video pembelajaran diatas konsep pembelajaran yang dilakukan oleh bu guru hampir baik karena disini bu guru ketika awal memulai pembelajaran tidak dimulai dengan salam dan berdoa terlebih dahulu tetapi bu guru langsung menyapa anak didik dan langsung memberikan pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada anak didik untuk diajak ice breaking atau menyayi dulu agar anak lebih bersemangat untuk belajar. Dari segi pembelajaran disini bu guru memanfatkan benda alam atau benda yang sudah ada untuk sebagai alat peraga jadi bisa membuat anak didik lebih mudah memahami pembelajaran tersebut dan, bu guru juga memberikan kesempatan anak didik untuk menjawab atau maju kedepan menjawab soal dari bu guru. Dari segi interaksi bu guru lebih condong berada ditempatnya.

  4. Nama : Arum Mulya Dewi
    Nim : 857000968
    Prodi : S-1 PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung

    1. Ringkasan Isi Video
    Video pembelajaran ini berjudul Mendeskripsikan Benda Secara Tepat dengan durasi 6:10 menit. Video diawali dengan guru yang menyapa anak-anak dikelas kemudian langsung masuk ke inti materi yang akan disampaikan, kemudian di akhir pembelajaran guru memberi anak-anak tugas berupa mengamati benda yang ada di dalam kamar.

    2. Kelemahan Pembelajaran Dalam Video
    Kelemahan dalam video pembelajaran yang penulis lihat sebagai berikut :
    a) Pembukaan kegiatan pembelajaran sebaiknya guru mengajak anak-anak untuk membaca doa sebelum belajar.
    b) Guru tidak melakukan absensi diawal pembelajaran.
    c) Terlalu monoton, guru diharapkan melakukan kegiatan ice breaking agar suasana dikelas lebih efektif.
    d) Guru tidak memberi apresiasi kepada anak yang berani maju ke depan.
    e) kegiatan belajar mengajar tidak diakhiri dengan doa penutup pembelajaran.

    3. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
    Kelebihan dalam video pembelajaran yang penulis lihat sebagai berikut :
    a) Guru sangat semangat menjelaskan mata Pelajaran yang sedang di pelajari
    b) Anak-anak sangat kompak dan antusias mengikuti kegiatan pembelajaran
    c) Guru memanfaatkan benda di dalam kelas untuk mendeskripsikan benda dalam mata pelajaran

    4. Hal Unik Yang Terdapat Dalam Pembelajaran Video
    Hal unik dalam video pembelajaran yang penulis lihat sebagai berikut :
    a) Guru tidak memberikan apresiasi Ketika ada anak yang berani maju ke depan kelas.
    b) Ada beberapa anak yang tidak memperhatikan penjelesan yang diberikan oleh guru.
    c) Guru tidak melakukan ice breaking selama kegiatan pembelajaran berlangsung

  5. DINI APRILIA PUJI LESTARI
    858569683

    Menururt saya dalam pembelajaran video ini, masih memiliki beberapa kelemahan dianataranya yaitu :
    1. Di awal pembelajaran guru tidak memberikan salam atau ice breaking, guru langsung menyapa siswa dan memberikan materi ajar
    2. Metode pembelajaran sangat membosankan, seharusnya dalam menjelaskan deskripsi benda harus dengan menggunakan lagu
    3. Konsentrasi siswa masih belum bisa stabil, banyak yang tidak memperhatikan gurunya pada saat guru mengajar
    Selain beberapa kelemahan, video pembelajaran ini juga mempunyai beberapa kelebihan diantaranya yaitu :
    1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan kelas dan mendiskripsikan suatu benda yang ada disekitarnya
    2. Guru menyuruh siswa untuk membentuk kelompok, hal ini bertujuan agar pembelajaran lebih menarik.
    3. Guru mendeskripsikan benda tersebut dengan menunjukkan benda-benda nyata seperti kursi, penghapus papan tulis, dsb

  6. Nama : Muhammad Guntur Djai
    NIM : 859762462
    Menurut pengamatan saya setelah saya menonton video pelajaran matematika dengan tema” Mendeskripsikan benda secara cepat ” Untuk tahap awal Guru langsung memberikan salam dan menyapa namun kebanyakan siswa terlihat kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Selanjutnya interaksi antara Guru dan siswa sudah baik, hanya saja ada beberapa siswa yang kurang konsetrasi dan kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. Dalam mendeskripsikan materi terlihat Guru sudah membawakan dengan baik namun Guru terlihat kurang bersemangat dalam membawakan materi.

  7. NAMA : Zainur Rohim
    NIM : 856466687
    PRODI : S1-PGSD
    UPBJJ : Pekanbaru
    Tanggapan saya terhadap vidio tentang “Mendeskripsikan Benda-Benda Secara Tepat” di atas yaitu :
    Pada tahap awal pembelajaran, guru sudah melakukan kegiatan pembukaan dengan memberi salam dan menanyakan kabar siswa, namun terlihat sebagian siswa kurang bersemangat dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Usul saja, sebaiknya untuk mengawali pembelajaran guru bisa menerapkan permaianan atau ice breaking untuk menarik perhatian siswa agar mereka bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pemberian materi, guru menggunakan contoh yang kongkrit sehingga siswa dapat lebih mudah mendeskripsikan benda secara tepat, apalagi guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan dan membagi kelompok sehingga mereka dapat bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa dan melatih kerjasama yang baik diantara mereka. Hanya saja guru sebaiknya memberikan apresiasi bagi siswa yang sudah melaukan apa yang diminta oleh guru. Untuk penyampaian tema dalam pembelajaran yaitu cukup jelas dan dapat dipahami oleh siswa, sehingga mereka dapat mendeskripsikan benda, serta belajar mengenai bentuk-bentuk geometri. Demikian tanggapan saya mengenai vidio di atas semoga, semoga dengan menonton vidio ini kita sama-sama belajar untuk mengupayakan pembelajara yang baik bagi siswa.

  8. Nama:Murianto Iman
    NIM:856467768
    Prodi:S-1 PGSD
    UPBJJ:Pekanbaru
    Menurut saya tentang video ini bagus dan mengandung edukasi yang baik untuk penontonnya,dan juga sangat rinci dan bagus.

  9. 1. Reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan :
    Menurut pendapat saya, reaksi siswa pada vidio kegiatan pembelajaran yaitu diawal pembelajaran ada sebagian siswa yang bosan dan kurang konsentrasi pada materi pembelajaran yang disampaikan guru. Ada juga sebagian siswa yang antusias dan semangat dalam kegiatan belajar. Hal ini karena perbedaan karakteristik dan minta masing-masing siswa.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
    a. Guru tidak mengajak siswa melakukan do’a pada awal dan akhir kegiatan.
    b. Guru tidak mengeceh dahulu kehadiran siswa.
    c. Guru kurang semangat dalam menyampaikan materi saat kegiatan pembelajaran.
    d. Guru tidak menyampaikan materi secara jelas dan detail. Akibatnya, masih banyak siswa yang kurang paham cara mendeskripsikan benda.
    e. pada pembelajaran berbasis kelompok, guru tidak membuat kegiatan berdiskusi supaya anak saling bertukar fikiran. Hal ini membuat anak kurang fokus pada materi pembelajaran.
    f. Guru tidak memberikan kata pujian terhadap siswa yang mau maju dan mendiskripsikan benda.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
    a. Guru mampu menjelaskan pembelajaran dengan menggunakan contoh benda-benda disekitar.
    b. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk maju kedepan dan mendiskripsikan benda di sekitarnya.
    c. Guru mengajak siswa membuat kelompok kecil.
    4. Hal unik yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran :
    a. Terdapat anak yang sibuk bermain dengan temannya.
    b. Beberapa anak yang sibuk sendiri tidak memperhatikan guru
    5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya :
    Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya, guru harus melengkapi langkah-langkah pembelajaran. Guru harus lebih semangan dan jelas dalam menyampaikan materi pembelajaran, serta memberikan kegiatan refleksi pada akhir pembelajaran.

  10. Nama : Y TRIDO ARLINO
    Nim : 857002811

    Reaksi anak ‘terhadap pembelajarar l yang disampaikan I oleh pak guru tersebut lumayan membangur I antusias dan juga bersemangat. Kurangnya ice breaking agar anak” lebih bersemangat dan juga mengabser I terlebih dahulu Kelebihannya beliau memberikan penjelasan terlebih dahulu dalam menulis cerita ataupun memberikan Langkah -langkah dalam menulis cerita. – Hal-hal unik dalam video tersebut adalah Ketika bapak guru memberikan mereka tugas untuk menulis karangan cerita liburan , tetapi mereka mengekspersikar kekesalan dan keluhan mereka Ketika disuruh untuk mengarang cerita tetapi mereka tetap mengerjakannya juga
    Meningkatkan I dengan cara memulainya dengan ice breaking terlebih dahulu agar anak”bersemangat dalam belajar juga menggunakan media sesuai

Leave a Reply